Mazda Masih Simpan Asa Sportscar Baru Penerus RX8

28/10/2019

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Mazda Masih Simpan Asa Sportscar Baru Penerus RX8
Telah menjadi rumor selama beberapa tahun terakhir, Mazda akhirnya buka suara terkait rencananya untuk menghadirkan suksesor sportscar bermesin rotary penerus RX-8.

Rumor seputar sportscar baru Mazda, suksesor RX-7 dan RX-8 menjadi salah satu bahan pembicaraan hangat di dunia otomotif, khususnya saat pabrikan Jepang itu memamerkan mobil konsep RX-9 2015 lalu.

>>> Mazda pamerkan konsep mobil listrik MX-30 di Tokyo Motor Show

Setelah lama bergulir tanpa kejelasan, akhirnya Mazda buka suara terkait rencana menghasilkan sportscar rotary terbaru mereka. Hal ini diungkapkan oleh Ichiro Hirose dan Ikuo Maeda, dua petinggi Mazda yang menangani divisi R&D dan desain.

Mazda RX-7 FD warna putih

Mazda masih menggarap penerus RX-7 yang legendaris itu

Keduanya memastikan Mazda masih fokus pada proyek sportscar bermesin rotary, lebih jauh Maeda menambahkan bahwa pihaknya sudah mulai kehabisan waktu untuk merealisasikan suksesor RX-7 dan RX-8.

>>> Pilihan mobil terbaik bisa Anda temukan di sini

“Ini merupakan pertanyaan sulit, tapi kami tak pernah menyerah pada mimpi itu. Rasanya sudah terlalu lama, ya kan?” ujar Ikuo Maeda ketika ditanya seputar pengembangan sportscar baru Mazda.

“Saya tahu waktu terus berjalan, dan lingkungan (pasar) bisa berubah. Kita harus melihat apakah lingkungan masa depan dapat menerima sebuah sportcar dengan tangan lapang. Jadi kami paham, kami saat ini berpacu dengan waktu.”

Desain sasis Mazda RX-9 yang telah dipatenkan

Kelahiran generasi terbaru sportscar Mazda diperkuat dengan sasis yang telah dipatenkan

Selain pernyataan kedua petinggi Mazda itu, ada bukti lain bahwa mereka masih menyimpan rencana untuk suksesor RX-8. Belum lama berselang, majalah otomotif di Jepang melaporkan bahwa sportscar baru Mazda akan dibangun menggunakan platform khusus, mereka juga sudah mengajukan paten untuk desain sasis baru dengan penggunaan suspensi double-wishbone.

>>> Berita seputar mobil baru dapat Anda lihat di sini

Namun, biaya pengembangan sportscar baru dengan platform seperti ini tentu sangat mahal, dan akan sulit dijangkau bagi pabrikan seperti Mazda. Namun, mereka yakin pasar akan menerima sportscar dengan mesin rotary Mazda, dan membuatnya sesukses RX-7 dan RX-8.

Mesin Rotary yang digunakan Mazda RX-7

Mesin rotary yang menjadi ciri khas sportscar Mazda

Sebenarnya, Mazda juga mempertimbangkan kolaborasi dengan pabrikan lain dalam riset dan pengembangan sportscar barunya, sama seperti Toyota yang menggandeng Subaru dalam development Toyota 86, dan BMW yang menghasilkan Toyota Supra. Namun, sampai saat ini Mazda mengaku belum mendapat tawaran dari pabrikan lain.

“Masih ada banyak penggemar sportscar, jadi saya pikir cara (merealisasikan projek ini) adalah memahami suara dan tekad para penggemar sportscar, dan menjadikan hal ini sebagai faktor untuk menghadirkan sportscar baru,” tambah Maeda.

“Kami saat ini belum memiliki rencana (kolaborasi) sama sekali, tapi saya merasa kami perlu melihat berbagai cara untuk merealisasikan (proyek sportscar), karena hal pentingnya adalah benar-benar menawarkan sportcar itu ke pasaran.”

>>> Berita otomotif terlengkap bisa Anda lihat di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Tokyo Motor Show 2019: Mazda MX-30 Konsep Mobil Listrik Pertama Milik Mazda

23/10/2019

Event - Promosi

4 menit

Konsep Mazda MX-30 merupakan crossover listrik pertama Mazda dengan pintu belakang berdesain seperti Mazda RX-8.

Lihat juga

Cari Mazda 2 Pintu di Pasar Mobil Bekas Tanah Air, Mana yang Termurah?

18/10/2019

Jual beli

3 menit

Mazda yang dikenal dengan desain Jinba Ittai memiliki filososi desain yang mengesankan, termasuk varian mobil sport atau dua pintu. Bagi Anda yang ingin mencari mobil dua pintu Mazda, model apa saja yang patut dipertimbangkan?

Lihat juga

Modifikasi Mazda MX-5 Miata, Hell Kitty Bermesin Dodge Charger Hellcat

09/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Mazda MX-5 Miata yang satu ini terbilang ekstrim. Hal itu lantaran mobil yang dijuluki sebagai "Hell Kitty" itu sudah dijejalkan mesin Dodge Charger SRT Hellcat.

Lihat juga

Ramaikan Persaingan TCR, Mazda Perkenalkan Mazda 3 TCR

02/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Setelah beberapa tahun terakhir meramaikan IMSA kelas DPi, Mazda menambah portofolionya dengan memperkenalkan Mazda 3 TCR yang akan memulai debutnya tahun 2020.

Lihat juga

Mengenal Teknologi 'Anti Getar' Di Mesin Diesel Modern Mazda

29/08/2019

Mobil baru

5 menit

Mesin diesel memang identik dengan torsi besar, irit bahan bakar namun kelemahannya adalah suara mesinnya lebih berisik dari mesin bensin dan lebih getar. Pabrikan asal Jepang ini telah mengimplementasikan hasil pengembangan mereka tentang teknologi anti getar di mesin diesel modern Mazda ini.

Lihat juga