Land Rover Defender 2021 Hadirkan Mesin Plug-in Hybrid

09/09/2020

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Land Rover Defender 2021 Hadirkan Mesin Plug-in Hybrid
Belum genap setahun setelah generasi L663 Defender terbaru meluncur, Land Rover Defender 2021 sudah diperkenalkan dengan menghadirkan mesin plug-in hybrid.

Land Rover menghadirkan beberapa pembaharuan penting pada Land Rover Defender 2021, meskipun model off-roader tersebut baru dijual kurang dari setahun setelah pembaruan terakhirnya. Kali ini, ada trim baru yang diperkenalkan dari Defender 90 yang menggunakan wheelbase yang lebih pendek serta kehadiran mesin plug-in hybrid yang ditawarkan.

Trim Defender X-Dynamic

Land Rover 90 2021 pada awalnya direncanakan untuk diluncurkan bersamaan dengan Defender 110 yang lebih panjang. Tetapi pandemi COVID-19 menggagalkan rencana tersebut. Dan di penghujung tahun, Land Rover akhirnya memperkenalkan edisi terbaru dari Defender 90 dengan kehadiran trim Defender X-Dynamic.

interior Land Rover Defender 2021 berwarna hitam
Trim baru Defender X-Dynamic mendapatkan jok sintetis Robustec

>>> Land Rover New Defender 2020 Masuk Asia Pekan Depan

Trim baru ini akan diposisikan di antara varian Base Defender dan Defender X. Mendapatkan lengkungan roda Gloss Black dan skid plate “Silicon Satin”, tampilan dalamnya juga mendapatkan aksen jok sintetis Robustec. Kulit sintetis ini dipercaya mampu mengurangi keausan pada jok sehingga membuatnya lebih tahan lama.

Dengan ukuran 436 mm lebih pendek, proporsi Defender 90 yang lebih gesit membuatnya lebih menyenangkan untuk diajak bermanuver dibandingkan Defender 110 yang lebih panjang dan lebih ramah keluarga. Namun Defender 90 ditawarkan dengan plihan lima atau enam kursi. Pilihan enam kursi memungkinkan bagian tengah kursi baris depan menjadi konsol lipat ketika tidak digunakan.

>>> Review Land Rover Defender Works V8 2018 Indonesia

Mesin plug-in hybrid

Ubahan paling baru terletak pada kehadiran plug-in hybrid yang hanya tersedia pada Defender 110 yang lebih panjang. Model baru ini akan mendapatkan mesin bensin 2.0 dengan motor listrik 105 kW. Disebut dengan Defender P400e dan menjadi Defender tercepat dengan waktu 0-100 tercatat 5,6 detik, atau lebih cepat setengah detik dari P400.

Peningkatan mesin yang digunakan membuat P400e bisa menempuh sekitar 43 kilometer tanpa menggunakan mesin pembakaran internal. Baterai 19,2 kWh yang diguanakn dapat diisi dari 0 hingga 80% hanya dalam setengah jam menggunakan pengisi daya cepat 50 kW.

mobil baru Land Rover Defender 2021 berwarna putih
Mesin plug-in hybrid bisa berkendara 43 km tanpa mesin konvensional

Versi PHEV memang tidak bisa menggunakan tujuh kursi di dalam kabin. Begitu juga dengan ruang bagasi yang dipangkas menjadi 2.127 liter, dari sebelumnya 2.277 liter. Penambahan motor listrik juga membuat bobor mobil lebih berat. Namun ground clearance tidak berubah dan bisa mengarungi air hingga ketinggian 900 mm.

Dengan pandemi COVID-19 masih berlangsung di beberapa negara, besar kemungkinan peluncuran Land Rover Defender 2021 akan dilakukan pada aawal tahun 2021 mendatang. Walaupun belum ada kepastian lebih lanjut tentang tanggal peluncuran edisi pembaruan Defender ini.

>>> Berita mengenai mobil baru seluruh dunia paling lengkap lainnya

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Aston Martin Valhalla dan Land Rover di Trailer No Time to Die Kedua

05/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Setelah lama tanpa kabar, info tentang penayangan film terbaru James Bond yang dibintangi Daniel Craig akhirnya dipastikan pada trailer No Time to Die terbaru.

Lihat juga

Mobil Off-road Terbaik, Jeep Wrangler, Land Rover Defender, atau Mercedes-Benz G-Class?

31/08/2020

Jual beli

5 menit

Diantara Jeep Wrangler Rubicon, Land Rover New Defender 110, atau Mercedes-Benz G350d, manakah mobil off-road terbaik? Berikut hasil pengujian ketiga mobil ini.

Lihat juga

Modifikasi Suzuki Jimny Disulap Jadi Land Rover Defender

02/08/2020

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Suzuki Jimny dari Damd ini cukup unik karena mobil diubah menjadi Land Rover Defender namun dengan ukuran mungil.

Lihat juga

Land Rover New Defender 2020 Masuk Asia Pekan Depan

30/07/2020

Mobil baru

5 menit

Land Rover New Defender 2020 akan mulai menjajaki pasar di kawasan Asia pada 7 Agustus 2020. Peluncuran model baru Land Rover ini berlangsung secara digital.

Lihat juga

Jaguar Land Rover Kembangkan Teknologi Layar Sentuh Predictive Touch

23/07/2020

Pengemudian

4 menit

Jaguar Land Rover mendevelop teknologi layar sentuh tanpa kontak dengan predictive touch, konsep ini dapat mengurangi penyebaran virus di dalam kabin mobil dan meningkatkan fokus pengemudi.

Lihat juga