Bukan Hanya Biar Murah, Ini Alasan Honda BR-V Tak Pakai Cakram Belakang

12/01/2022

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Honda BR-V generasi kedua hadir dengan segudang fitur canggih, sayangnya ia tetap belum mengusung rem cakram di roda belakang, lantas apa sih alasannya?

Honda All New BR-V seakan menancapkan standar baru di kelas LSUV. Ia hadir dengan fitur mumpuni dan segala kelebihan yang membuatnya cukup unggul dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya. Jelas ini akan membuat para rivalnya bertekuk lutut bila tidak melakukan ubahan.

Honda All New BR-V 2022

BR-V generasi kedua ini masih pakai rem tromol di roda belakang

Namun ada satu hal yang sedikit mengganjal, yakni penggunaan rem belakang yang masih pakai sistem drum alias tromol. Alih-alih menggunakan sistem rem cakram yang lebih terlihat keren dan mampu melepas panas dengan lebih baik. Tapi Honda BR-V masih pakai tromol. Apa sih alasannya?

Performa Pengereman Tetap Mencukupi

Selain karena faktor harga yang bisa lebih ditekan, ternyata ada beberapa alasan teknis yang menyebabkan para insinyur Honda masih yakin menggunakan sistem pengereman ini. Hal ini disebutkan langsung oleh Honda saat kami menghadiri media drive Honda BR-V ke Jawa Tengah.

Honda All New BR-V Media Drive 2022

Diajak ke luar kota seperti ini performa remnya dinilai masih oke

“Karena untuk pengerman sudah mencukupi dengan rem tromol, selain itu tunning dari BR-V juga untuk family car, dan juga untuk menekan harga jual,” tukas Yoshihiko Eguchi, selaku Product Planning & Development Senior Manager Honda kepada tim Cintamobil.com.

Sekilas Kelebihan & Kekurangan Rem Tromol

Kelebihan dari rem tromol adalah bidang kontak antara kampas rem dengan drum tromol yang lebih besar membuat pengereman tetap pakem. Sehingga daya cengkram rem lebih kuat untuk menghentikan mobil.

Media Drive Honda All New BR-V 2022

Rem tromol bukan tanpa kekurangan

Tak heran SUV besar hingga pick up double cabin masih mengandalkan rem jenis ini. Sayangnya, kelebihan tersebut harus dikompensasi dengan kemampuan melepas panas dan kotoran yang tidak sebaik rem jenis cakram. Desain yang tertutup juga membuat kotoran sering kali terjebak di dalam rumah tromol.

>>> Inilah Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V 2022

Didukung Segudang Fitur Keamanan

Tapi konsumen BR-V terbaru ini tentu tak perlu khawatir walau Honda BR-V hanya dibekali dengan peranti pengereman tromol di roda belakang. Sebab ia menggendong segudang fitur keamanan baik aktif maupun pasif yang menjamin keamanan Anda sekeluarga ketika berkendara dengan mobil ini.

Honda CR-V Turbo dan Honda All New BR-V

Fitur keselamatan Honda BR-V kini (nyaris) setara CR-V

Adapun fitur-fitur canggih tersebut adalah Honda SENSING™, Lead Car Departure Notification System, Collision Mitigation Braking System, Road Departure Mitigation, Lane Keeping Assist, Honda Lane Watch, hingga fitur keamanan pasif seperti Advanced Compatibility Engineering™ Body. Bila Anda penasaran terhadap apa yang disajikan fitur ini, kami sudah jelaskan lengkap di ulasan mendalam mengenai review Honda All New BR-V.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top