Hyundai Punya Mobil Reli Baru, i20 N Rally2

23/10/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Hyundai Punya Mobil Reli Baru, i20 N Rally2
Disiapkan sebagai suksesor i20 R5 yang sudah beroperasi sejak 2015, Hyundai menghadirkan i20 N Rally2 sebagai mobil reli untuk customer team mulai 2021.

Tak butuh waktu lama setelah generasi terbaru Hyundai i20 N meluncur, Hyundai Motorsport sudah menyiapkan armada mobil balap terbaru untuk berlaga di kompetisi reli, yakni i20 N Rally2, yang jadi suksesor i20 R5 yang sudah mengabdi sejak 2015.

>>> Hyundai perkenalkan generasi terbaru i20, hot-hatchback dengan aura reli

Hyundai i20 untuk keperluan reli

Hyundai i20 N Rally2 mengambil basis dari hot-hatchback i20 N generasi terbaru, yang baru saja diperkenalkan. Bedanya, sebagai mobil balap reli tentu ada beberapa ubahan yang didapat i20 N spesifikasi Rally2 ini, mulai dari powertrain, kaki-kaki, dan aerodinamika.

Secara tampilan, perbedaan antara i20 N Rally2 dengan Hyundai i20 N versi jalanannya cukup kentara. Mengoptimalkan aerodinamika mobil, bodykit mobil dibuat lebih agresif, overfendernya makin lebar, dan spoiler yang semakin besar.

Tampilan depan Hyundai i20 N Rally2

Tampilan samping Hyundai i20 N Rally2

Tampilan belakang Hyundai i20 N Rally2

Tampilan i20 N Rally2 dari berbagai sisi

Mesin yang digunakan sama seperti i20 N normal, yakni 1.6 liter turbo, tapi girboksnya masih mempertahankan unit sequential 5-percepatan dari i20 R5. Dan untuk menunjang performa handling, Hyundai i20 N Rally2 diberi improvement suspensi dan damper.

“Hyundai i20 R5 adalah mobil pertama buatan Hyundai Motorsport untuk divisi Customer Racing, dan i20 N Rally2 menunjukkan perkembangan kami selama lima tahun terakhir sejak divisi ini dibuat,” ujar Team Principal Hyundai Motorsport, Andrea Adamo.

“Setiap area dari mobil ini adalah improvement dari pendahulunya, hal ini berkat desain yang dibuat oleh tim yang terdiri dari desainer dan insinyur.

>>> Hyundai perkenalkan center side airbag untuk cegah pengemudi dan penumpang saling benturan saat kecelakaan

Disiapkan sebagai mobil WRC2

Berbagai peningkatan yang didapat Hyundai i20 N Rally2 sangatlah penting untuk kategori baru ini, yang menggantikan R5 sebagai regulasi berbagai kejuaraan nasional dan regional, serta WRC2 dan WRC3.

Saat ini, i20 N Rally2 tengah bersiap untuk fase pengujian berkepanjangan mulai akhir bulan ini, dengan pengiriman pertama dan homologasi akhir dijadwalkan rampung pertengahan 2021.

Mobil balap WRC Hyundai i20 Coupe

Hyundai belum mengganti model i20 Coupe WRC yang terbukti cukup kompetitif

“Fokus utama kami saat ini adalah menguji mobil dan mendevelop lebih jauh tiap aspek mobil untuk meningkatkan performa dan ketahanan mobil, sembari memastikan tim yang memakai i20 N Rally2 dapat meraih hasil sebaik mungkin tahun depan,” lanjut Adamo.

Sementara itu, tim balap Hyundai Motorsport WRC masih menggunakan Hyundai i20 Coupe yang sudah digunakan sejak 2017 dengan Thierry Neuville dan Ott Tanak sebagai andalan.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top