Inikah 2 Mobil Baru Honda yang Bakal Meluncur di Indonesia?

26/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
PT Honda Prospect Motor membagikan teaser mobil baru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat melalui unggahan video siluet pada akun Instagram resmi mereka.

Teka-teki mobil baru Honda perlahan-lahan mulai terjawab. Sebelumnya, kami sempat berspekulasi saat PT Honda Prospect Motor (HPM) membagikan undangan peluncuran mobil baru secara virtual pada kami beberapa waktu lalu. Apakah mereka akan meluncurkan HR-V atau Mobilio Terbaru?

Beberapa hari kemudian, Honda pun menjawab spekulasi kami melalui video teaser yang mereka unggah pada akun Instagram resmi mereka @hondaisme. Dalam video tersebut, terlihat dua mobil dengan siluet sedan dengan lampu belakang yang sedang menyala.

Selamat Datang Era Sedan Honda

Mobil pertama memiliki grafis lampu dengan desain meliuk ke bawah seperti Honda City versi Hatchback yang diluncurkan beberapa bulan lalu. Sedangkan mobil yang satu lagi memiliki grafis lampu berdesain huruf L terbalik yang mengisyaratkan Honda Civic generasi terbaru.

>>> Mobil Baru Honda Bawa Fitur Google Assistant Mulai Tahun Depan

Gambar Teaser Honda City Sedan

Dari siluetnya, kami tebak bahwa mobil baru Honda ini adalah City Sedan

Jika tebakan kami benar, maka duo sedan Honda inilah yang akan diluncurkan pada Kamis, 28 Oktober 2021 mendatang. Seperti yang kita tahu, dahulu mobil sedan memang kurang diminati karena pajaknya yang lebih tinggi.

Tetapi, dengan berlakunya regulasi terbaru yang menentukan pajak kendaraan berdasarkan emisi. Wajar jika Honda ingin mengembalikan era sedan di Tanah Air melalui peluncuran City Sedan dan Civic terbaru.

Seperti Apa Spesifikasinya?

Sampai saat ini, HPM masih bungkam mengenai detail spesifikasi kedua sedan tersebut. Jadi, kami akan berasumsi bahwa powerunit yang akan digunakan kemungkinan besar serupa dengan yang sudah diluncurkan di negara-negara tetangga.

Gambar Mesin Honda City

Mesin L15ZF yang digunakan oleh City Hatchback

>>> Pajaknya Kini Setara Toyota Avanza Dkk, Harga Sedan Turun Berapa?

Pertama, mari kita bahas Honda City. Kami memprediksi bahwa mobil ini akan tampil dengan desain dan dapur pacu seperti City Sedan yang sudah dipasarkan di Thailand. Artinya, secara tampilan eksterior dan mesin tak akan berbeda jauh dibanding City Hatchback yang sudah dijual di Tanah Air.

Mesin yang kami maksud adalah unit berkode L15ZF 4-silinder DOHC i-VTEC berkapasitas 1.498 cc dengan tenaga 119 HP dan torsi 145 Nm yang disalurkan ke roda depan (FWD) melalui pilihan transmisi CVT dan manual 6-percepatan.

Sedangkan mesin yang digunakan oleh Honda Civic sedikit mengandung teka-teki. Apakah mobil itu menggunakan mesin L15BG seperti Civic di Thailand? Pasalnya, mesin tersebut di-detuned agar bisa menggunakan bahan bakar Ethanol (E85), jadi kami tidak yakin 100%.

Gambar Honda Civic

Apakah Civic di Tanah Air akan menggunakan spek mesin serupa seperti yang dipasarkan di Thailand?

Bisa jadi mesin yang digunakan justru berkode L15B7 yang memiliki tenaga sedikit lebih besar. Setidaknya, kami tahu kedua mesin tersebut DNA-nya masih sama. Yaitu 4-silinder DOHC VTEC Turbo berkapasitas 1.497 cc. Tenaganya akan berada di kisaran 176 - 180 HP dengan torsi 240 Nm.

>>> Tertarik Untuk Membeli Mobil Baru? Simak Harga dan Promonya di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top