First Drive Honda Accord Turbo 2021: Sedan Besar yang Fun To Drive

12/03/2021

Mobil baru

5 menit

Kali ini kami berkesempatan untuk menjajal langsung Honda Accord Turbo 2021 yang menjadi sebuah sedan besar yang fun to drive untuk dikemudikan sehari-hari

Honda Accord di Indonesia merupakan pionir kategori big sedan sejak tahun 1978. Dimana, sebanyak 80 ribu lebih unit telah laris dipinang oleh konsumen. Di masa lalu, Accord hampir selalu hadir dengan kenyamanan yang berbanding lurus dengan handling yang ditawarkan. Rival sejati Toyota Camry dan Mazda 6 Sedan ini kini hadir dengan fitur keselamatan yang lebih lebih lengkap yakni Honda Sensing. Lantas, apakah Honda Accord Turbo 2021 ini tetap asyik untuk dikemudikan?

Posisi Mengemudi Ergonomis

Foto Honda Accord Turbo 2021

Honda Accord Turbo 2021 ini lebih driver oriented?

Sebelum mengemudi, kami sedikit jelaskan terlebih dahulu bagaimana mudahnya masuk ke mobil ini. Smart Entry Honda ini sudah dilengkapi dengan fitur walk away lock, jadi saat mengunci pintu Anda hanya perlu menjauhi mobil dan secara otomatis pintu akan terkunci, begitu pula saat Anda mengantungi kunci dan mendekati mobil, seolah Honda Accord Turbo ini tahu jika tuannya datang dan hendak masuk ke dalam mobil.

Foto posisi mengemudi di Honda Accord Turbo 2021

Posisi duduk ergonomis dan nyaman di Honda Accord Turbo 2021

Mengatur kursi pengemudi kian mudah berkat penerapan jok elektris yang dapat diatur ke delapan arah dan tersedia dua memory untuk dua pengemudi yang berbeda. Posisi duduk yang rendah makin ditunjang dengan pengaturan setir yang bisa tilt and telescopic membuat jarak tangan ke setir dan kaki ke pedal gas lebih nyaman tanpa mengurangi visibilitas ke luar mobil. Oke, kini saatnya menginjak pedal rem sembari menekan tombol START.

Performa Memukau

Foto mesin L15B7 Honda

Mesin L15B Turbo bikin performa Honda Accord Turbo 2021 kian perkasa

Mesin berkode L15B7 yang sama dengan Honda CR-V Turbo dan Honda Civic Turbo pun menyala. Meski suaranya terdengar sedikit keras di luar oleh karena kompresi mobil ini yang cukup tinggi plus sistem direct injection, tetapi untuk output tenaga dan torsi mobil ini lebih besar dari rival sekelasnya. Tercatat tenaga sebesar 190 PS dan torsi 260 NM tersalur ke dua roda depan melalui transmisi CVT berteknologi Earth Dreams.

Foto tombol Honda Lane Watch Accord Turbo 2021

Tombol untuk mengaktifkan fitur Lane Watch di Honda Accord Turbo 2021

Uniknya, meski dimensinya tergolong besar, namun saat bermanuver pengemudi tak kehilangan percaya diri. Hal ini berkat suspensi yang mampu menopang bodi bongsor Honda Accord Turbo saat di kecepatan menengah hingga tinggi. Saat bermanuver di jalan sempit pengemudi juga tak perlu pusing untuk mengukur seberapa lebar bodi mobil terutama untuk sebelah kiri berkat fitur Honda Lane Watch.

Foto Honda Lane Watch di Honda Accord Turbo 2021

Berkat fitur Lane Watch dimensi bongsor Honda Accord Turbo 2021 bukan masalah

Dan yes, ternyata sedan bongsor ini bukan hanya asyik dikemudikan karena bobot setir yang pas dan tajam tetapi juga hadir dengan performa yang memukau. Diukur oleh tim Cintamobil.com dengan alat tes Racelogic yang asli Inggris, didapat data mobil ini untuk berlari dari diam ke 100 km/jam Honda Accord Turbo hanya butuh tempo 8,7 detik saja. Figur ini lebih baik dari Mazda 6 Sedan dan Camry yang bermesin 2.500 cc naturally aspirated yang berada di angka sekitar 9 hingga 10 detik.

Foto Honda Accord Turbo di jalan tol

Honda Accord Turbo 2021 punya performa yang mengesankan

Kehebatan akselerasi Honda Accord bermesin turbo ini tak serta-merta menciderai konsumsi BBM-nya. Saat tim Cintamobil.com tes, 1 liter bahan bakar oktan 95-nya mampu membawa mobil ini sejauh 12,5 kilometer dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan untuk rute di tol lebih istimewa lagi, yakni 1 liter untuk 19 kilometer per liter. Luar biasa bukan?

Fitur Keselamatan Lengkap

Gambar fitur Honda Sensing di Accord Turbo

Honda Sensing™ di Honda Accord Turbo ini punya lima fitur utama

Fitur Honda Sensing™ di Honda Accord Turbo ini meliputi lima fitur utama yang menggunakan pemindai radar di moncong mobil. Dimulai dari CMBS™ (Collision Mitigation Braking System™) yang dapat membantu Anda ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBS™ didesain untuk memberi tanda ketika potensi berbenturan dapat terjadi, yang membantu mengurangi kecepatan kendaraan guna mengurangi dampak benturan yang tak terhindarkan.

Foto tim Cintamobil.com test drive Honda Accord Turbo

Pengemudi sangat terbantu dengan fitur Honda Sensing™

Selanjutnya ada lagi fitur ACC (Adaptive Cruise Control) with LSF (Low Speed Follow). Kedua fitur ini dapat membantu Anda menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, dan membantu mengurangi kecepatan bahkan menghentikan kendaraan tanpa harus menginjak pedal rem dan menjalankan mobil tanpa harus menginjak pedal gas. Fitur ini bekerja sama dengan RDM (Road Departure Mitigation) yang berfungsi untuk menjaga dan membantu Anda mendeteksi kemungkinan kendaraan Anda keluar dari garis jalur.

Foto fitur Honda Sensing terpantau di panel instrumen

Honda Sensing™ juga terpantau di MID

Lantas ada lagi fitur LKAS (Lane Keeping Assist System) yang dapat membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran serta visual di MID (Multi Information Display) jika terdeteksi keluar dari jalur. Tapi patut menjadi catatan, LKAS ini hanya untuk kenyamanan pengemudi, sistem ini bukanlah pengganti dari kontrol mobil Honda Accord Turbo ini. Sistem tak akan bekerja saat pengemudi menarik tangan dari setir. Untuk lebih lengkap bisa Anda baca di buku pedoman pemilik mobil ini saat Anda memboyong Honda Accord Turbo ini ke garasi Anda.

Foto headlamp Honda Accord Turbo 2021

Lampu secara pintar dapat menyesuaikan sorot cahaya

Terakhir ada fitur AHB (Auto High-Beam) yang berfungsi membantu Anda saat berjalan di kegelapan malam. Saat berkendara di atas kecepatan 40 km/jam dengan posisi tuas lampu diputar dari low beam ke posisi AUTO. Sistem AHB ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar (high beam) dan lampu normal low beam tergantung pada situasi jalanan. Yang perlu digaris bawahi adalah, rangkaian sistem Honda Sensing™ ini tentunya memiliki batasan, terlalu percaya pada fitur ini juga bisa berakibat celaka. maka saran kami Anda harus tetap total control terhadap mobil ini.

Kenyamanan Kabin Belakang

Foto tester Cintamobil.com duduk di kursi belakang Honda Accord Turbo

Duduk di belakang Honda Accord Turbo ini terasa nyaman

Tester kami juga lompat ke kursi belakang untuk merasakan kenyamanan mobil ini. Saat duduk di kursi belakang, kami merasakan jika headroom dan legroom di mobil ini terasa luas. Tak ada komplain untuk para bos yang duduk di kursi ini. Sudut kerebahan kursi belakang ini juga pas sehingga tubuh bisa merasa rileks. O ya, jika legroom terasa kurang luas Anda bisa memajukan kursi depan dari tombol yang terletak di samping kanan sandaran kursi depan.

Hal-hal yang Agak Mengganggu

Foto emblem ACCORD di Honda Accord Turbo

Ada beberapa kelemahan mobil ini yang terasa mengganggu

Tak ada gading yang tak retak, begitu pula dengan Honda Accord Turbo yang kami tes ini, kami menemukan beberapa hal yang agak mengganggu dan sebaiknya disempurnakan oleh PT Honda Prospect Motor. Antara lain adalah tidak adanya tombol pengatur audio yang dapat diatur oleh penumpang belakang maupun tirai elektris seperti di rivalnya Toyota Camry bermesin hybrid. Lalu, untuk trim kemewahan hanya tersedia satu saja, tak seperti rivalnya yang total punya 2 trim level kemewahan dan 2 varian mesin.

>>> Dengan harga yang beda tipis dengan Honda Accord Turbo, Anda bisa mendapatkan sedan mewah Jerman ini

Kesimpulan

Foto tampak belakang Honda Accord Turbo 2021

Honda Accord Turbo 2021 ini layak untuk dimiliki, karena...

Honda Accord Turbo ini bukan hanya cocok untuk digunakan menggunakan jasa supir pribadi, namun juga fun to drive untuk dikemudikan sendiri. Fitur Honda Sensing™ di mobil ini membuatnya seolah menjadi mobil semi autonomous. Performanya yang kuat juga bisa menjadi daya tarik tersendiri dikombinasi dengan posisi mengemudi yang ergonomis, dijamin akan membuat Anda betah mengemudikan mobil ini berlama-lama untuk perjalanan luar kota yang jaraknya jauh.

>>> Mau beli mobil Honda Accord bekas? Cari beragam pilihannya di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top