Enggak Banyak Orang Tahu, Ini Filosofi Desain Daihatsu All New Xenia

16/11/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Daihatsu All New Xenia tampil out of the box dengan desain berani, bahkan tim Cintamobil.com bilang ia merupakan LMPV paling sporty di Indonesia ini filosofinya

Kali ini tim Cintamobil.com akan membahas mengenai filosofi desain Daihatsu All New Xenia yang baru saja meluncur beberapa hari lalu di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

LMPV Paling Sporty Di Indonesia

Secara desain All New Xenia ini lebih istimewa dibandingkan LMPV lainnya. Terutama soal desainnya. Kami berani bilang di kelasnya bahkan di Indonesia belum ada LMPV yang tampil begitu sporty seperti mobil ini. Lekuk-lekuk tajam nan tegas seakan jadi ciri khas baru di mobil ini.

Daihatsu All New Xenia 1.3 R MT ADS 2021

All New Daihatsu Xenia adalah The Next Level R&D

"Kami mengadakan riset, selera konsumen Indonesia (terhadap bentuk mobil) itu lebih ke arah sporty," jelas Mark Widjaja, selaku Chief Designer PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada tim Cintamobil.com. Secara umum bisa dibilang All New Xenia adalah The Next Level Research & Development (R&D).

Eksterior belakang Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2021

Xenia generasi ketiga punya desain yang paling sporty di antara para rivalnya

Mark yang asli Suroboyo ini pun menambahkan bila desain Xenia ini juga lebih berkarakter bila dilihat dari segala sisi. Seperti fendernya yang lebih terlihat berotot bila terkena sinar lampu dan bagian headlamp depan yang lebih sipit membuat seakan punya karakter tersendiri.

>>> Jadi Lebih Mewah! Ini Beda Harga dan Tipe Xenia 2022 Terbaru

DNGA Jadi Andalan

Xenia ini sendiri merupakan pemain utama di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dan sampai mendapat sebutan mobil sejuta umat. Xenia ini sendiri sampai bulan oktober di 2021 lalu penjualannya mencapai 683.000 unit. Dan kemarin sudah dilaunching Xenia generasi ketiga yang mendapat ubahan total.

Emblem All New Xenia

All New Daihatsu Xenia pakai konsep yang beda total dari generasi-generasi sebelumnya

"Ada tiga hal utama yang dikedepankan dari Xenia terbaru ini yaitu inovatif, multifunction, dan kenyamanan. Ini yang menjadi latar belakang pengembangan Xenia generasi ketiga," buka Anjar Rosjadi, selaku Marketing Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Underbody Daihatsu All New Xenia 2022

Rangka lama (atas) vs Rangka baru (bawah)

Lalu terkait dengan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), DNGA adalah, "Konsep pengembangan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau, dengan memanfaatkan teknologi terkini, dan juga mempertimbangkan hal-hal sampai aspek terkecil," papar Anjar sapaan akrab Anjar Rosjadi.

Seat Arrangement Daihatsu All New Xenia 2022

Penerapan sasis baru dan penggerak baru bikin kabin lebih roomy

Lebih lanjut Anjar juga menambahkan bahwa sama seperti Daihatsu Rocky, mobil yang pakai basis DNGA itu jauh lebih terukur, baik "Dari sisi berat, ukuran, dimensi, maupun harga. Dengan tujuan untuk memberikan kendaraan yang efisien," tambahnya.

Rangka Ultra High Tensille Daihatsu All New Xenia

Lisplang, pilar A & pilar B pakai material Ultra High Tensille yang ringan tapi kuat

Daihatsu Xenia generasi ketiga yang sekarang juga sudah dilengkapi dengan Ultra High Tensille Material di bagian rangkanya sehingga mereduksi berat hingga 45 kilogram. "Sehingga rangka yang ada di sasis monokok Xenia itu sudah menggunakan rangka yang terhubung (menyatu)," ucap Anjar.

>>> Harga Daihatsu All New Xenia Mulai Rp 190 Jutaan

Mesin Juga Ada Ubahan

Kalau Anda hanya membaca brosur, pasti lantas mengira bila mesin berkode 2NR-VE (untuk varian 1.500 cc), dan 1NR-VE (untuk varian 1.300 cc) adalah unit lama yang hanya dipindah penempatannya. Dari longitudinal (membujur) ke transversal (melintang).

Mesin 1NR-VE Daihatsu All New Xenia 2022

Mesin 1.300 cc pakai kode 1NR-VE

Padahal jika dilirik lebih seksama, terdapat beberapa ubahan yang dilakukan agar mobil ini menjadi lebih halus. Salah satunya adalah engine mounting baru yang terlihat lebih menjorok ke depan (miring). Ini dilakukan agar getaran lebih teredam sempurna.

Mesin 2NR-VE Daihatsu All New Xenia 2022

Ada beberapa pengembangan tak kasat mata di mesin ini yang tak bisa Anda temukan di brosur

Belum lagi peningkatan standar emisi, dari sebelumnya Euro 4 kini sudah comply dengan Euro 6B. Lantas rocker arm di mobil ini sudah pakai Hydraulic Lush Adjuster, agar pembakaran kian efisien material piston yang digunakan juga lebih ringan, dan dikombinasi dengan performa pompa oli yang sudah dioptimalkan.

Ban dan velg Daihatsu All New Xenia

Tenaga dan torsi mesin sepenuhnya di salurkan ke dua roda depan

"Secara total efisiensi Xenia generasi ketiga jika dibandingkan dengan Xenia generasi pertama, dengan metode NEDC (Ini metode khusus yang kita gunakan sebagai standar khusus di Daihatsu maupun di dunia). Itu di Xenia generasi generasi ketiga bisa mencapai (kehematan) bahan bakar 18 kilometer per liter," jelas Anjar.

Tim R&D Daihatsu

All New Daihatsu Xenia merupakan buah karya semua tim Daihatsu di Indonesia

Yang jelas semua itu dilakukan oleh Daihatsu atas rekomendasi dan hasil keterlibatan tim riset dan pengembangan Daihatsu Indonesia. "Pada dasarnya Mobil ini jadi karena teman-teman. Pada waktu pertama kali ditampilkan totally beda (desain mobilnya), perjuangan itu dilakukan oleh semua," tambah Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM.

Interior Daihatsu All New Xenia 2022

Kabin juga dirancang sesuai postur orang Indonesia

O ya, untuk output tenaga dan torsi yang disalurkan ke dua roda depan melalui pilihan transmisi manual dan otomatis jenis CVT sudah kami jabarkan lengkap di boks spesifikasi di bawah ini ya.

Berikut ini adalah spesifikasi All New Daihatsu Xenia 2022:

Mesin All New Daihatsu Xenia 2022

 Seri mesin

All New Xenia 1.3: 1NR-VE, 4-Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

All New Xenia 1.5: 2NR-VE, 4-Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

 Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 1NR-VE: 95,5 HP (97 Ps) @ 6.000 rpm

 2NR-VE: 102,5 HP (104 Ps) @ 6.000 rpm

 Torsi Maksimum

 1NR-VE: 120,6 Nm (12,3 Kgm) @ 4.200 rpm

 2NR-VE: 136,4 Nm (13,9 Kgm) @ 4.200 rpm

 Kapasitas Silinder

 1NR-VE: 1,329 cc

 2NR-VE: 1,496 cc

 Bore X Stroke

 1NR-VE: 72,5 mm X 80,5 mm

 2NR-VE: 72,5 mm X 90,6 mm

 Tipe Transmisi

 CVT & Manual 5-Percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka All New Daihatsu Xenia 2022

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.395 mm X 1.730 mm X 1.700 mm (1.690 mm untuk varian 1.3)

 Jarak Sumbu Roda

 2.750 mm

 Ground Clearance

 All New Xenia 1.3: 195 mm 

 All New Xenia 1.5: 205 mm

 Radius Putar

 All New Daihatsu Xenia 1.3: 4,9 Meter

 All New Daihatsu Xenia 1.5: 5,0 Meter

 Kapasitas Tangki

 43 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki All New Daihatsu Xenia 2022

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Torsion Beam

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering (EPS)

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, HSA, Advance Safety Assist ® (1.5 Variant Only)

 Teknologi Safety Sasis

 Daihatsu New Global Architecture (DNGA)

 Struktur Sasis

 Monokok, MPV B-Segment

 Pelek

 All New Daihatsu Xenia 1.3: Alloy, 15 Inch

 All New Daihatsu Xenia 1.5: Alloy, 16 Inch

 Jenis Ban

 All New Daihatsu Xenia 1.3: Radial, 185/65R15

 All New Daihatsu Xenia 1.5: Dunlop Enasave, 195/60R16

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top