5 Alasan Toyota Avanza TNGA Juga Layak Dapat Mesin Hybrid

08/07/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Kehadiran Toyota Avanza TNGA mungkin masih agak lama, paling cepat akhir tahun 2021 ini dan mass product di tahun depan, tapi mesin apa yang pantas diusung?

Berdasarkan informasi yang diterima oleh 'tim intel' Cintamobil.com, kehadiran Toyota Avanza TNGA (Toyota New Global Architecture) kemungkinan paling cepat akhir tahun 2021 ini dan mass product dlakukan tahun depan. Namun, sebenarnya mesin apa sih yang lebih pantas diusung?

Gambar Toyota Avanza TNGA

Avanza TNGA sedang giat diuji jalan oleh tim riset dan pengembangan geng Astra tersebut

Kita semua tahu bila Indonesia saat ini sudah memasuki era pra-elektrifikasi kendaraan. Terbukti beberapa pabrikan mobil besar seperti Hyundai, BMW, bahkan MG sudah dengan percaya diri sudah menawarkan produk full elektrik untuk dipasarkan di Tanah Air.

Foto tampilan belakang Daihatsu Hy-Fun

Ia juga cocok pakai powertrain hybrid

Namun, dibandingkan dengan mobil listrik murni yang sedang ngetren saat ini, kami berani bilang bahwa mesin hybrid jauh lebih cocok di Tanah Air. Tentunya hipotesis tersebut bukan asal cuap saja, hal ini kami simpulkan usai mengetes jalan secara lengkap mobil hybrid dengan jarak lebih dari 1000 kilometer.

Gambar tampilan depan Daihatsu DN Multi-Six

Kami menemukan lima hal yang membuat the next gen Avanza ini cocok dapat mesin hybrid

Dan ada sejumlah alasan mengapa Toyota Avanza 2022 atau bisa disebut juga dengan Toyota Avanza TNGA cocok mengusung powertrain hybrid. Berikut ini kami jabarkan lima alasannya:

1. Sebagai Sarana Alih Teknologi

Menurut kami teknologi hybrid adalah 'jembatan' yang paling pas saat ini sebelum menuju ke era mobil listrik. Anda tak perlu ribet melakukan pengecasan seperti yang harus dilakukan pemilik mobil listrik. Apalagi mesin hybrid racikan Toyota jadi salah satu yang tercanggih di dunia saat ini.

Foto emblem Hybrid di Toyota Corolla Cross

Hybrid jadi sarana alih teknologi

Keuntungan lainnya yang didapat ketika Avanza terbaru nantinya menggendong mesin hybrid tak sampai di situ saja. Sebab tentunya emisi gas buang yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit sehingga makin ramah lingkungan.

2. Kehematan BBM Avanza TNGA Akan Luar Biasa

Salah satu ciri khas dari mesin hybrid Toyota adalah kehematannya. Sekadar informasi, untuk Prius misalnya pabrikan asal Jepang ini mempunyai target untuk menciptakan mesin hybrid yang lebih hemat 10 hingga 15% untuk setiap generasi terbarunya yang keluar.

Gambar powertrain Hybrid Toyota Prius

Dengan powertrain hybrid, Anda tak perlu khawatir dengan performa dan kehematannya

Dan hal tersebut juga akan berlaku di Toyota Avanza TNGA. PT Toyota Astra Motor dan juga PT Astra Daihatsu Motor tentunya tak akan kompromi soal kualitas dan kecanggihan produk mereka. Berbekal mesin hybrid, kami prediksi angka kehematan konsumsi BBM 20 kilometer per liter akan mudah diraih Avanza TNGA ini.

>>> Kabar Terbaru Tentang Toyota Avanza TNGA, Mundur Tahun Depan?

3. Tetap Fun To Drive

Fun to drive sudah menjadi karakteristik mobil-mobil Toyota yang menggunakan platform TNGA. Rancang bangun TNGA membuat karakter pengendaraan mobil menjadi menyenangkan. Kendati konstruksi suspensi belakang yang nantinya digunakan mungkin hanya torsion beam saja.

Foto tim Cintamobil.com test drive mobil hybrid

Rancang bangun TNGA bikin handling kian memukau

Meski konstruksi kaki-kaki buritan Avanza TNGA tidak pakai double wishbone, namun torsion beam memiliki keunggulan tersendiri. Yakni akan terasa lebih nyaman dan pas untuk dipakai beramai-ramai bersama keluarga.

4. TNGA Bisa Bikin Harga Tetap Terjangkau

Hal keempat yang membuat Avanza cocok pakai mesin hybrid adalah konsep TNGA yang membuatnya tetap punya harga terjangkau. Sebab Toyota (bekerjasama dengan Daihatsu) bisa menerapkan leadership cost yang lebih baik.

Gambar platform TNGA dan DNGA

Sharing platform jamin leadership cost lebih baik

Dengan menerapkan TNGA berarti dilakukan sharing platform yang membuat biaya produksi menjadi jauh lebih rendah. Bayangkan, satu sasis bisa dipakai oleh berbagai jenis mobil, dari yang tadinya ada misal 100 jenis sasis kini hanya tinggal 5 buah saja, tentu ini akan memangkas banyak biaya produksi.

5. Bakal Jadi Lawan Tangguh Mitsubishi Xpander Hybrid

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya oleh kami, bahwa Mitsubishi juga sedang menyiapkan Mitsubishi Xpander Hybrid. Kehadiran Avanza Hybrid berbasis TNGA akan menjadi lawan tangguh dari LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) racikan pabrikan tiga berlian tersebut.

Gambar rencana MItsubishi Xpander Hybrid di Mitsubishi

Avanza Hybrid akan jadi lawan tangguh Xpander hybrid

Jadi itulah lima alasan mengapa All-new Toyota Avanza 2022 juga layak mendapat powertrain hybrid. Sayang sekali, hingga artikel ini diturunkan baik pihak Toyota maupun Daihatsu masih mengunci mulut rapat-rapat. Yang jelas, pihak Daihatsu pernah bilang ke kami jika teknologi hybrid yang akan mereka gunakan adalah 'turunan' dari Toyota, karena Daihatsu adalah bagian dari Toyota Group. So, kita tunggu tanggal mainnya saja...

>>> Mau mendapat promosi menarik seputar Toyota Avanza? Lihat di sini ya...

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top