3 Perbedaan Toyota Land Cruiser 300 GR Sport dan VX-R

18/01/2022

Mobil baru

6 menit

Share this post:
PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Land Cruiser 300 pada Kamis (13/8) lalu. SUV tangguh nan legendaris ini ditawarkan dalam 2 tipe di Indonesia.

Toyota Land Cruiser 300 diperkenalkan secara global pada Agustus 2021 dengan mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA-F) dan mesin baru berkode F33A-FTV yang lebih kompak dan bertenaga.

Setelah menanti selama 5 bulan, akhirnya penggemar LC (Land Cruiser) di Tanah Air pun bisa tersenyum lebar saat TAM meluncurkan SUV legendaris ini. TAM menawarkan Toyota Land Cruiser 300 dalam dua tipe, yaitu GR Sport dan VX-R.

Gambar Toyota Land Cruiser

Keduanya sama-sama tipe tertinggi, tetapi menyasar pangsa pasar yang berbeda

Keduanya bisa dikatakan sama-sama tipe tertinggi, tetapi memiliki keunggulan dan pangsa pasarnya masing-masing. Karena itulah, kami akan menjabarkan 3 perbedaan di antara kedua tipe Toyota Land Cruiser 300 ini.

>>> Review Toyota Land Cruiser 300 2021: Dandanan Elegan SUV Legendaris Toyota

1. Perbedaan Tampilan

Sekilas, perbedaan yang paling mudah untuk ditemukan tentu saja penampilan keduanya. Toyota Land Cruiser 300 GR Sport tampil tangguh dan sporty dengan fascia yang dihiasi grille honey comb serta emblem bertuliskan Toyota.

Bumper depannya terlihat lebih 'cingkrang' dengan plastic cladding polos dan skid plate yang membuat approach angle mobil ini cukup besar untuk mendukung kemampuan off-roadnya.

Gambar Land Cruiser GR Sport

Tampilan LC GR Sport, lebih tangguh dan sporty

Sementara tipe VX-R tampil lebih mewah menggunakan desain grille dengan garis horizontal dan emblem logo tiga oval Toyota. Di bagian bawah bumper depan juga terdapat add-on body kit yang membuat mobil ini terlihat lebih 'gondrong' dibanding saudaranya.

Meski menambah kesan gagah dan berkelas pada Land Cruiser VX-R, tentu tambahan panel tersebut bisa membuat bumper depan tersangkut jika digunakan untuk melahap medan off-road.

Gambar Land Cruiser VX-R

LC VX-R tampak lebih elegan dan berkelas, khas mobil pejabat

Pilihan velg dan ban yang digunakan kedua mobil juga berbeda. Tipe GR Sport mengusung velg 18 inci berwarna Mud Grey yang lebih sporty. Ban yang digunakan adalah Yokohama Geolandar A/T atau All-Terrain.

Sementara tipe VX-R menggunakan velg 20 inci berwarna silver dengan desain yang lebih elegan. Ban yang digunakan adalah Dunlop Grandtrek yang meski dikategorikan sebagai ban all-terrain, pattern-nya lebih cocok untuk digunakan di jalan aspal.

Di bagian samping, Land Cruiser GR Sport juga dibekali dengan overfender plastik berwarna hitam yang membuatnya terkesan lebih tangguh dan siap off-road. Dan sesuai namanya, Anda akan menemukan emblem-emblem GR Sport pada mobil ini.

>>> All New Land Cruiser dan New Fortuner 2022 Resmi Rilis di Indonesia

Gambar Emboss GR

Ada emboss GR pada head rest jok LC GR Sport

Bagian interior juga ada sedikit perbedaan, tipe VX-R mengusung warna hitam yang membuatnya tampil berkelas khas mobil para pejabat. Sementara tipe GR Sport menggunakan kombinasi warna hitam dan merah. Seperti eksteriornya, Anda juga akan menemukan beberapa logo GR di dalam LC GR Sport seperti pada bagian bawah setir dan head rest.

2. Perbedaan Fitur

Di bagian fitur pun ada sedikit perbedaan. Tipe VX-R dibekali dengan fitur Power Back Door lengkap dengan kick sensor yang membuatnya lebih praktis dan terkesan mewah.

Gambar Land Cruiser Off-road

Kehadiran locker dan E-KDDS membuatnya lebih andal dan terampil di medan off-road

Sementara versi GR Sport dibekali dengan fitur-fitur yang mendukung kemampuan off-roadnya seperti differential locker di gardan depan dan belakang dan Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDDS) yang didesain untuk dapat bereaksi secara dinamis sesuai dengan gaya yang diterima oleh suspensi. Dengan fitur pintar ini, sasis LC bisa beradaptasi untuk mendapatkan performa optimal baik itu di jalan aspal maupun medan off-road.

3. Perbedaan Harga

Dengan perbedaan-perbedaan di atas, tentu saja harga yang ditawarkan TAM untuk kedua mobil juga berbeda. LC 300 tipe VX-R dibanderol lebih murah Rp 51 juta dibanding tipe GR Sport. Untuk lebih lengkapnya, simak tabel Harga Land Cruiser di bawah ini.

Tipe Harga
VX-R 4x4 A/T Non Premium Color Rp 2.327.800.000
VX-R 4x4 A/T Premium Color Rp 2.330.800.000
GR Sport 4x4 A/T Non Premium Color Rp 2.378.800.000
GR Sport 4x4 A/T Premium Color Rp 2.381.800.000

>>> Tertarik Untuk Membeli Toyota Fortuner Bekas? Klik di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top