Tips Berburu Suzuki Katana Bekas Agar Kantong Tak Jebol

22/10/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Suzuki Katana mulai banyak dilirik oleh pehobi mobil-mobil off-road. Simak tips berburu Katana bekas dari Cintamobil.com agar tidak membuat kantong jebol.

Suzuki Katana merupakan saudara dari Jimny tanpa penggerak 4x4. Mobil ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 1984 dan diproduksi secara lokal oleh PT Suzuki Indomobil Motor.

Sebagai mobil 4x4 yang diimpor dari Jepang, Suzuki merasa bahwa banderol Jimny di Tanah Air terlalu tinggi. Karena itulah, Katana hadir sebagai mobil RWD dengan beberapa fitur kenyamanan dan harga yang lebih terjangkau, membuat mobil ini lebih sesuai untuk konsumen Indonesia.

Diproduksi hingga tahun 2006, pesona Katana sebagai mobil hobi masih tetap tinggi hingga saat ini. Bahkan, harganya cenderung tinggi untuk sebuah mobil tua yang terbilang sederhana.

Jika Anda tertarik untuk meminang Suzuki Katana, Cintamobil.com memiliki beberapa tips agar Anda tidak salah pilih dan berakhir ke pemborosan budget.

>>> Inspirasi Modifikasi Mobil Katana, Bisa Bermacam Gaya Lho!

Gambar Suzuki Katana

Suzuki Katana merupakan mobil hobi dengan segudang kemungkinan untuk modifikasi

1. Perhatikan Kondisi Sasis dan Bodi

Apa yang harus diperhatikan dari sasisnya? Pertama, pastikan bahwa sasis Katana tersebut masih bersih dari karat, keropos, dan bekas las. Anda harus rela untuk 'ngolong' dan melihat langsung kondisi undercarriage Katana yang sedang Anda incar.

Selain itu, kondisi bodi juga harus diperhatikan, jangan sampai membeli mobil yang sudah dipenuhi oleh dempulan. Untuk mengetahuinya, ketuk panel-panel bodi dengan tangan. Jika ada bagian yang suaranya berbeda atau tidak nyaring, bisa dipastikan panel tersebut sudah pernah terkena dempul.

Gambar Undercarriage Katana

Periksa jika ada karat dan keropos di bagian sasis

Kedua sektor ini sangat esensial untuk sebuah Katana, apalagi jika Anda berencana menggunakan mobil itu untuk off-road. Sasis dan bodi yang sudah keropos atau dilas sembarangan mengandung risiko keselamatan yang tinggi saat berkendara di medan berat.

2. Usahakan Mesin dan Penggerak Sehat

Kering yang kami maksud di sini adalah tidak ada oli bocor yang terlihat secara visual. Cek dari bagian atas mobil, carter oli, bahkan hingga ke lubang knalpot. Jika banyak rembesan oli yang terlihat, sudah dipastikan mobil tersebut memerlukan turun mesin yang akan menghabiskan dana cukup besar.

>>> Tak Dapat Suzuki S-Presso, Ini Alternatif Mobil Rp 30 Jutaan

Gambar Mesin Katana

Jika sudah ada tanda-tanda rembesan oli, sebaiknya hindari untuk membeli mobil tersebut

Jika Katana yang Anda incar sudah dimodifikasi dengan penggerak 4x4, jangan lupa untuk mengecek apabila sistem tersebut masih bekerja dengan baik atau sudah bermasalah.

3. Periksa Kondisi Interior

Bagian selanjutnya adalah kabin atau interior. Pastikan panel, tombol, dan kenop di bagian dashboard masih berfungsi dengan baik. Akan lebih baik jika masih orisinil. Selain itu periksa juga kluster instrumen, kalau ada yang tak berfungsi setidaknya negosiasikan harga kepada sang penjual mobil.

Gambar Interior Katana

Akan lebih baik jika interior masih dalam kondisi orisinal

Selain itu perhatikan juga pernak-pernik mobil seperti emblem, setir, door trim, grille dan yang lainnya masih pada tempatnya dan orisinal. Pasalnya, pernak-pernik tersebut semakin sulit didapatkan dan harganya juga semakin naik.

>>> Intip Pilihan Suzuki Katana Bekas di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top