Sedan Mewah Dengan Fitur Canggih, Inilah Tips Membeli Mazda6 Bekas

29/11/2018
Ada banyak pilihan sedan mewah di pasar mobil bekas saat ini. Namun bila Anda ingin terlihat berbeda, Mazda6 bisa menjadi opsi menarik.

Langkanya populasi sedan saat ini tidak menjadi tolak ukur soal kenyamanan dan kesenangan yang Anda dapat dari sebuah mobil. Mewabahnya tren SUV di Tanah Air tidak serta merta membuat sedan kehilangan penggemar. Pada rentang harga yang sama, kenyamanan dan keasyikan berkendara dari sebuah sedan dapat dipastikan lebih baik dari SUV. Maka bagi Anda yang masih mempertimbangkan sebuah sedan, khususnya di segmen Big Sedan, Mazda6 dapat menjadi pilihan menarik. Ia tak hanya menawarkan ruang lega di kabin baris kedua, tapi juga menjamin rasa berkendara yang baik bagi Anda yang gemar mengemudi.

Bahasa desain KODO membuat tampilannya begitu dinamis dibanding rival-rivalnya. Postur pipih dan melebar menjadikannya terlihat mencolok ketika melintas. Kabar baik pun berasal dari bagian interior. Ia menggunakan kulit sebagai pelapis hampir di seluruh bagian. Mazda6 masuk di tahun 2013 memboyong teknologi baru berlabel SKYACTIV. Teknologi ini meliputi sasis, mesin, hingga transmisi 6 percepatan yang diusung. Mobil generasi ketiga ini bahkan sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih, salah satunya adalah i-STOP yang berfungsi mematikan mesin ketika idle dan otomatis kembali menyala saat hendak berjalan kembali.

>>> Baca juga: Review All New Mazda6 Elite Sedan 2018

Dimensi Mazda6 cukup panjang

 Teknologi SKYACTIV pada sasis dan mesin membuat pengendaliannya tajam

Tak hanya itu, teknologi SKYACTIV pada sasis dan mesin membuat pengendaliannya tajam sekaligus menawarkan respons mesin yang instan dan bertenaga. Tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda berminat meminangnya. Berikut sedikit gambarannya.

Teknis

Kerap ditemui keluhan soal bunyi-bunyi komponen kaki-kaki khususnya di bagian depan. Hal ini wajib diperhatikan mengingat ia berpenggerak roda depan. Bukan tidak mungkin Anda menemui masalah pada bagian upper dan lower arm depan tergantung dari pemakaian pemilik sebelumnya. 
Sistem rem pada Mazda6 mengadopsi gaya mobil Eropa yang menggunakan model ulir. Jika pemilik sebelumnya telat mengganti kampas rem saat sudah habis, ia akan rentan macet.

Perhatikan lampu indikator pada panel instrumen

Tampilan panel instrumen terlihat sporty dan bisa menjadi indikator sebelum memboyongnya

Mazda6 menggunakan sistem power steering elektris. Masalah bisa ditemui jika pemilik sebelumnya kerap melibas banjir maupun genangan air yang tinggi. Hal ini menyebabkan sistem elektrisnya terendam air dan menimbulkan kerusakan.

>>> Inilah 10 Sedan Keluarga Keren dengan Harga di Bawah Rp300 jutaan

Non-teknis

Perlakuan pengguna sebelumnya kepada mobil dapat berpengaruh pada kondisi engine mounting yang melemah. Jika kerap melibas jalan berlubang maupun speed bump dengan kecepatan tinggi akan berimbas pada engine mounting yang rusak karena benturan terlalu keras. Rasakan getaran mesin saat idle, pastikan getaran mesinnya masih dalam batas kewajaran untuk mesin 4 silinder yang cenderung halus.

Dominasi warna hitam, perhatikan dengan seksama interior Mazda6

Terlihat mewah dengan warna hitam, tetap periksa dengan detail interior Mazda6 yang didominasi warna hitam

Perawatan rutin di bengkel resmi dapat menjadi jaminan Mazda6 berada di tangan yang tepat. Kondisi mobil yang prima dan jaminan penggunaan suku cadang asli adalah mutlak. Ada baiknya memeriksa buku perawatan berkala untuk memastikan ia selalu dalam penanganan bengkel resmi.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

berita lain