Inilah 10 Sedan Keluarga Keren dengan Harga di Bawah Rp300 jutaan

07/11/2018
Selama ini mobil berjenis sedan identik dengan konotasi harga mobil yang mahal. Padahal jika Anda memiliki budget Rp 300 jutaan, Anda bisa memiliki 10 mobil sedan yang pas untuk digunakan bersama keluarga, atau untuk dinikmati sebagai tunggangan sehari-hari.

Harus diakui iklim tren otomotif di Indonesia sampai saat ini masih condong ke segmen mobil MPV dan SUV. Maklum saja, kedua model bodi mobil tersebut di mata masyarakat menawarkan kepraktisan mengangkut barang bawaan, kemudahan mengangkut penumpang banyak, hingga ke urusan melewati jalanan Indonesia yang memiliki kualitas tidak merata.

Tapi bukan berarti segmen mobil lainnya jadi tidak menarik, contohnya ialah mobil sedan. Segmen mobil sedan bisa dibilang tetap diminati masyarakat Indonesia, khususnya untuk para penikmat mobil yang ingin merasakan kenyamanan selama berkendara, kemudahan untuk dipergunakan baik oleh sendiri maupun keluarga, serta bisa diandalkan untuk meningkatkan ‘gengsi’ saat datang ke acara formal.

Belum lagi jika kita bicara soal harga mobil sedan. Meskipun secara harga mobil sedan keluaran terbaru masih cukup tinggi, namun untuk mobil bekas sedan seringkali terjun bebas harganya lebih rendah dibandingkan mobil lain di tahun yang sama. Alhasil mobil bekas sedan bisa jadi pilihan menarik dibandingkan membeli mobil MPV atau SUV yang itu-itu saja.

Jika saat ini Anda sedang berencana membeli mobil sedan untuk digunakan pribadi atau bersama keluarga, dengan modal budget di bawah Rp300 jutaan, dan usia mobil maksimal keluaran 10 tahun terakhir, kira-kira mobil apa yang pas untuk Anda? Tim Cintamobil.com sudah siap merangkum informasi 10 sedan keluarga di bawah Rp300 jutaan khusus untuk Anda.

1. Toyota Vios

Toyota VIos XP150 berwarna hitam sedang berkendara di jalan

Toyota VIos generasi ketiga menggunakan kode bodi XP150

Untuk Anda yang berencana membeli mobil baru Toyota Vios, satu-satunya tipe yang tersedia dengan harga di bawah Rp300 jutaan ialah Toyota Vios E M/T. Sedan bermesin 1.5 liter 4-silinder VVT-i dengan transmisi manual 5-percepatan ini bisa Anda miliki dengan harga Rp291 jutaan. Jika Anda berminat memiliki Mobil Bekas Toyota Vios generasi ketiga (kode bodi XP150) yang sudah mulai dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2013 sampai saat ini, harganya jauh lebih terjangkau karena untuk tipe TRD Sportivo jika mengacu pada daftar listing mobil bekas Cintamobil.com berada di kisaran harga Rp145 jutaan hingga Rp265 jutaan.

Toyota Vios generasi ketiga ini secara tampilan membawa kesan elegan nan futuristik untuk sekelas sedan kompak. Secara kenyamanan pun tergolong jempolan untuk lima penumpang dewasa, dengan fitur-fitur mutakhir pun sudah hadir melalui head unit berlayar sentuh, AC digital, hingga airbag yang tersedia untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat insiden.

2. Honda City

Honda City Indonesia berwarna biru sedang berkendara di jalan

Honda City generasi keenam

Jika berencana membeli mobil baru Honda City dengan asumsi budget Anda ialah di angka Rp300 jutaan, rasanya akan sulit karena harga sedan kompak tersebut kini berada di angka Rp320 juta (E M/T) dan Rp330 juta (E CVT). Namun beda kisahnya jika Anda mencari mobil bekas Honda City versi yang sama, namun keluaran dari tahun 2014 hingga 2017 terakhir. Sebab, mobil bekas Honda City kini berada di kisaran harga Rp240 jutaan hingga Rp280 jutaan bisa Anda miliki.

Honda City generasi keenam yang dirilis sejak tahun 2014 ini menjanjikan tampilan sedan kompak yang sporty tapi tetap bercitarasa premium. Mengusung tampilan berfilosofi Exciting H-Design, Honda City ini mengusung mesin  i-VTEC 1.5 L SOHC 4 silinder dengan figur performa 118 dk / 145 Nm, yang disalurkan ke roda depan melalui opsi transmisi manual dan CVT. Soal kenyamanan di kabin pun sudah tergolong oke, terlebih dengan dukungan fitur mutakhir seperti Cruise Control, paddle shift, VSA, Hill Start Assist, dan ABS yang sudah tersedia di mobil ini.

>>> Baca juga: Harga Honda City 2017: Sedan Premium Multi fitur yang Sangat Irit BBM, Spesifikasi dan Review Lengkap

3. Honda Civic

Honda Civic Indonesia berwarna putih diparkir di jalan

Honda Civic generasi kesembilan menggunakan kode bodi FB

Untuk Anda penggemar mobil Honda Civic, jika saat ini budget keuangan Anda untuk membeli mobil berada di kisaran Rp300 jutaan, maka membeli mobil bekas Honda Civic generasi kesembilan (kode bodi FB) keluaran tahun 2012-2016. Saat ini mobil bekas Honda Civic (FB) berada di kisaran harga Rp200 jutaan hingga Rp290 jutaan.

Saat diluncurkan di Indonesia, Honda Civic generasi kesembilan ini mengusung dua versi mesin, yakni 1.8 liter dan 2.0 liter, yang sama-sama menggunakan teknologi i-VTEC SOHC, dan sama-sama tersedia dalam opsi manual dan otomatis. Soal kenyamanan Honda Civic FB juga sangat mumpuni dan mudah dalam perawatan, sekalipun mungkin jika dibandingkan Honda Civic generasi kedelapan (FD) masih kalah populer karena tampilannya yang tidak se-ikonik mobil tersebut.

>>> Temukan mobil bekas Sedan harga menarik hanya di link berikut ini

4. Toyota Corolla Altis

gambar model Toyota Corolla Altis 2014 berwarna putih yang diperkenalkan

Tampang Toyota Corolla Altis versi 2014

Membahas mobil sedan untuk keluarga tidak tepat rasanya jika tidak mencantumkan Toyota Corolla. Sang sedan tersukses di keluarga Toyota ini sudah masyhur namanya sebagai sedan paling diminati publik dunia sejak tahun 1966 hingga kini. Untuk pasar Indonesia, Toyota Corolla yang tersedia ialah Toyota Corolla Altis yang sudah dijual di Indonesia sejak tahun 2014 hingga saat ini.

Menariknya, sekalipun mobil baru Toyota Corolla Altis dibanderol di atas Rp400 jutaan, namun mobil bekas Toyota Corolla Altis keluaran 2014 hingga 2017 akhir sudah lebih mudah didapatkan karena kini harganya berada di kisaran Rp230 jutaan hingga Rp300 jutaan. Dengan usia mobil lebih muda, Toyota Corolla Altis menawarkan kemewahan dan kenyamanan yang lebih baik dibanding sebelumnya, sekalipun secara performa dan keasyikan berkendara mungkin tidak sebagus Honda Civic.

5. Nissan Teana

Mobil Nissan Teana berwarna silver sedang diparkir di jalan

Nissan Teana produksi 2013 hingga 2015 bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp300 jutaan

Sudah waktunya kita naik kelas ke mid-size sedan, dan salah satu mobil yang bisa menjadi pilihan ialah Nissan Teana. Mobil Nissan Teana kondisi bekas tahun 2013-2015 bisa dimiliki di kisaran Rp200 jutaan hingga Rp300 jutaan. Angka ini tergolong menarik, karena untuk mobil baru Nissan Teana saat ini berada di angka Rp602,9 jutaan.

Nissan Teana mungkin saja secara populasi di Indonesia tergolong langka, namun mobil ini menawarkan kenyamanan berkendara yang jempolan, kabin mobil mewah dan elegan, dan didesain lebih agresif dan dinamis. Performa mesin 2.5 liter 4-silinder DOHC Twin CVTC juga tergolong pas, dimana figur performa yang dihasilkan ialah 169 dk dan torsi 234 Nm. Pastinya untuk Anda yang menginginkan sedan mid-size anti-mainstream sekaligus bisa menjadikan Anda pusat perhatian, maka mobil ini bisa menjadi pilihan.

>>> Baca juga: How To Buy Nissan March 2011-2016

6. Hyundai Sonata

Hyundai Sonata generasi keenam berwarna silver sedang diparkir di jalan

Hyundai Sonata sempat digunakan sebagai kendaraan dinas Perwira Kepolisian Republik Indonesia 

Salah satu ikon mid-size sedan mewah dari negeri Korea Selatan datang lewat Hyundai Sonata. Hyundai Sonata generasi keenam yang dijual di Indonesia sejak 2011 silam memang sempat populer di mata publik karena kecantikan desainnya yang sekelas mobil Eropa, serta populasinya yang banyak ditemukan di jalanan sebagai kendaraan dinas Perwira Kepolisian Republik Indonesia.

Mid-size sedan bermesin 2.0 liter 4-silinder berkekuatan 163 dk ini menawarkan keasyikan berkendara setara mobil Eropa. Soal fitur yang dimiliki memang tidak bisa dianggap wah seperti layaknya mid-size sedan dari negeri Jepang, tapi soal harga mobil bekas Hyundai Sonata bisa dibilang sangat menggiurkan. Soalnya jika mengacu data listing di Cintamobil.com saat ini harga mobil bekas Hyundai Sonata keluaran 2014 saja bisa Anda tebus di bawah Rp270 jutaan. Menarik bukan?

>>> Cari Mobil Perkotaan? Ini 8 Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Compact Dibawah Rp 150 Juta

7. Honda Accord

Honda Accord generasi kesembilan berwarna hitam sedang diparkir di jalan

Mobil bekas Honda Accord generasi kesembilan bisa didapat dengan harga 

Sejak diluncurkan pada tahun 1976, Honda Accord bisa dibilang menjadi salah satu model mid-size sedan sukses Honda di kancah otomotif global, termasuk di Tanah Air. Dari awal kemunculannya, Honda Accord selalu menampilkan terobosan terdepan di setiap generasinya, termasuk Honda Accord generasi kesembilan yang dijual di Indonesia sejak 2013 hingga saat ini.

Honda Accord generasi kesembilan membawa kemewahan, prestise dan inovasi teknologi terdepan untuk sebuah mid-size sedan Jepang. Sekalipun untuk menebus mobil bertenaga 173 dk dan torsi 225 Nm yang dihasilkan dari mesin 2.4 DOHC i-VTEC berteknologi Earth Dreams ini tergolong mahal, berada di harga Rp654 jutaan untuk keluaran mobil baru, namun untuk harga bekas Honda Accord generasi kesembilan justru sudah lebih ‘terjangkau’. Soalnya untuk mobil bekas Honda Accord 2013-2015 bisa Anda dapatkan di harga Rp230 jutaan hingga Rp300 jutaan , sedangkan untuk versi 2015 hingga versi terbaru harganya sudah berada di angka Rp400 jutaan.

8. Toyota Camry

Gambar mobil Toyota Camry 2.5 V 2012 berwarna hitam sedang berjalan di jalan Indonesia

Toyota Camry generasi ketujuh diperkenalkan di 2012

Mobil mewah, nyaman, dan sering digunakan oleh pejabat pemerintahan. Itulah konotasi yang cukup melekat pada Toyota Camry di Indonesia, mengingat mid-size sedan Toyota ini sempat dipergunakan sebagai simbol kesuksesan seseorang sejak dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1999. Beragam generasi silih berganti, hingga akhirnya pada tahun 2012 diperkenalkan generasi ketujuh dari Toyota Camry di Indonesia.

Bicara soal harga mobil bekas Toyota Camry keluaran 2012 hingga 2013 bisa Anda dapatkan dengan harga di bawah Rp300 jutaan, dimana untuk harga mobil baru Toyota Camry generasi yang sama pun sudah berada di angka Rp599 jutaan (2.5 G A/T) dan Rp626 jutaan (2.5 V A/T). Untuk Toyota Camry generasi kesembilan yang berkode bodi XV70 ini terlihat lebih elegan dan mewah, dimana hal ini terasa pula di kabin yang dibalut material premium dengan sentuhan detail kulit dan aksen jahitan. Toyota Camry ini menggunakan mesin 2AR-FE 2.5 liter 4-silinder bertenaga 181 dk dengan torsi maksimum 230 Nm.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

9. BMW 3 Series

BMW 3 Series (E90) berwarna biru sedang berkendara di jalan

BMW 3 Series (E90) diproduksi per tahun 2004 hingga 2013

Tidak afdol rasanya jika berbicara soal mobil sedan, tanpa mengacu pada pabrikan otomotif Eropa yang memang konsisten mengedepankan lini sedan premium mereka. Seperti BMW yang mengedepankan BMW 3 Series sebagai compact luxury sedan mereka yang terhitung sukses di pasaran.

Sejatinya jika budget Anda saat ini berada di kisaran Rp300 jutaan ke bawah, maka solusi terbaik ialah membeli mobil bekas BMW 3 Series generasi E90 ke belakang. BMW 3 Series berkode bodi E90 sendiri diproduksi pada tahun 2004-2013, dimana mobil bekas BMW 3 Series keluaran tahun 2008 sampai 2011 saja sudah bisa Anda miliki dengan budget Rp150 jutaan hingga Rp280 jutaan. BMW 3 Series (E90) sendiri tersedia dalam versi 320i, 325i, dan 330i. Salah satu value menarik dari BMW 3 Series generasi ini ialah mesinnya yang masih naturally aspirated, sehingga untuk para penikmat mobil BMW yang merindukan sensasi mobil N/A, maka membeli mobil ini adalah pilihan tepat.

10. Mercedes-Benz C-Class

Mercedes-Benz C-Class W204 berwarna silver sedang berkendara di jalan

Mercedes-Benz C-Class W204 diperkenalkan secara global di tahun 2004 hingga 2013

Menutup rangkaian pilihan 10 mobil sedan keluarga di bawah Rp300 jutaan, datang dari ‘seteru abadi’ BMW 3 Series, yakni Mercedes-Benz C-Class. Mobil compact luxury sedan yang mulai hadir sejak 1993 sebagai penerus Mercedes-Benz 190E, Mercedes-Benz C-Class langsung dikonotasikan sebagai mobil dengan kenyamanan terbaik, penampilannya yang tak lekang dimakan zamana, dan prestise Mercedes-Benz yang sudah melegenda sebagai mobil mewah dan mobil kalangan berduit di Indonesia. Bahkan sekalipun beberapa generasi Mercedes-Benz C-Class digunakan sebagai taksi premium di Indonesia, namun pesona mobil ini tetap tinggi dan masih dicintai penikmat mobil Eropa.

Kalau Anda berencana membeli mobil bekas Mercedes-Benz C-Class, tapi budget di bawah Rp300 jutaan, Anda bisa memilih Mercedes-Benz C-Class generasi ketiga dengan kode bodi W204. Diperkenalkan secara global di tahun 2004-2013, Anda bisa memiliki mobil bekas Mercedes-Benz C-Class (W204) keluaran tahun 2008-2013 yang berdasarkan data listing Cintamobil.com harga bekasnya berada di kisaran Rp160 jutaan hingga Rp300 jutaan. Namun pastikan untuk mobil bekas Mercedes-Benz C-Class yang akan Anda beli sebaiknya bukan mobil bekas ex-taksi premium untuk menjaga kualitas kaki-kaki maupun mesin yang masih sehat.

>>> Baca juga, tips dan trik mobil lainnya disini

Hafizh Fauzan

Ulasan anda

berita lain