Toyota Rush Lama Tetap Berjaya, Ini Pilihan Tipe Dan Harganya

16/09/2021

Jual beli

6 menit

Mobil SUV yang bisa dijadikan pilihan adalah Toyota Rush lama. Beberapa pembaruan memang telah dilakukan, model lama yaitu gen pertama tetap menarik dan cocok sampai saat ini.

Pasar mobil SUV (Sport Utility Vehicle) mempunyai peminatnya sendiri. Dimana untuk segmen ini kerap dipakai menghadapi jalanan segala medan. Salah satu pilihan mobil SUV yang bisa jadi rekomendasi adalah Rush lama jika ingin yang harganya lebih terjangkau. Meskipun kondisinya bekas namun jika perawatan yang dilakukan pemiliknya sangat baik maka akan tetap dalam keadaan prima. Selanjutya adalah beberapa tips dalam memilih mobil Rush bekas.

Mobil Toyota Rush Lama Edisi Pertama

Mobil Toyota Rush pertama kali dihadirkan pada tahun 2006 dengan duetnya yaitu Daihatsu Terios. Dihadirkan dengan tampilan yang sporty serta dinamis membuatnya memiliki cukup banyak peminat. Tidak hanya itu saja, posturnya yang tinggi membuat tampilan luarnya terlihat gagah. Headlamp dibuat besar yang dapat pencahayaan maksimal saat dikendarai di malam hari.

Beberapa pembaruan dilakukan pada tahun 2009 dan 2010. Perubahan yang terjadi untuk eksterior di bagian bumper dan lampu yang diberikan. Bahkan tidak luput grill juga mendapatkan pembaruan sehingga membuatnya tampil lebih modern. Bahkan varian baru yakni G dengan transmisi otomatis juga dihadirkan.

Gambar ini menunjukkan Toyota Rush 2008 tampak depan

Toyota Rush generasi pertama masih pas dipakai saat ini

Toyota Rush 2013 TRD Sportivo

Akhirnya Toyota Rush TRD Sportivo dihadirkan sebagai varian terbaru pada tahun 2013 dan dibarengi dengan penyegaran kembali pada Rush lama. Kehadiran Varian TRD Sportivo menjadi pengganti tipe S dan terdapat beberapa bagian khusus untuk tipe ini seperti bumper depan, bumper belakang, stiker TRD SPortivo dan juga emblem TRD Sportivo yang membuatnya terlihat dinamis namun tetap sporty.

Tidak puas disitu saja karena perubahan kembali dilakukan untuk membuat masyarakat Indonesia lebih meliriknya. Tampilan yang diberikan lebih sporty dan modern, lampu yang dimiliki juga sudah memakai LED dipadukan dengan aksen warna hitam pada bagian rumah lampu yang menjadikannya tampak lebih mewah. Begitupun pada bagian bumper dan grille nya yang terlihat lebih modern.

Toyota Rush 7 Penumpang

Toyota Rush kapasitas 7 penumpang dihadirkan pada tahun 2016. Tentunya hal tersebut menjadikan pilihan bagi masyarakat sebagai kendaraan keluarga. Grade TRD Sportivo mengalami peningkatan dan menjadi TRD Sportivo Ultimo yang dibekali dengan pilihan transmisi otomatis dan manual.

Toyota Rush lama yang telah disebutkan di atas masih menggunakan ban cadangan di belakang atau yang kerap disebut dengan "Konde". Nah hilangnya model tersebut pada tahun 2017 sehingga tampak berbeda terutama di bagian belakang.

Untuk model ini dikenal dengan nama All New Toyota Rush dan dihadirkan di bulan November pada acara GIIAS. Dimana konsep yang digunakan adalah "Tough and Dynamic", sebuah kendaraan SUV dengan karakter tangguh dan gagah.  Di bagian headlamp didesain lebih pipih dengan adanya LED yang dibuat menyatu dengan grille.

Gambar ini menunjukkan Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo hitam terlihat bagian depan

Adanya tipe kapasitas 7 penumpang membuatnya bisa dipakai untuk kendaraan keluarga

Mesin Toyota Rush Lama

Pada generasi pertama mesin yang digunakan adalah 3SZ-VE 1.5 L dengan kapasitas 1.495 cc DOHC 16 katup VVT-i. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 109 PS dengan torsinya mencapai 141 Nm. Dibekali dengan teknologi Electronic Fuel Injection membuat mobil toyota Rush generasi pertama konsumsi bahan bakarnya terbilang hemat.

Kemudian pada Toyota Rush 2017 sudah mendapatkan mesin baru sampai saat ini yakni berkode 2NR-VE. Mesin tersebut berkapasitas 1.496 cc 4 silinder in-Line 16 katup, DOHC Dual VVT-i. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mesin tersebut adalah 104 Ps dan torsi puncaknya mencapai 13.9 Kgm. Soal teknologi bahan bakar juga sama-sama diberikan Electronic Fuel Injection yang tetap membuat konsumsi bahan bakar jadi irit.

>>> Inilah Perbedaan Tipe Mobil Toyota Rush G dan TRD Sportivo

Kelebihan Toyota Rush Lama

Terdapat kelebihan mobil Toyota Rush generasi pertama bisa dijadikan referensi saat membelinya. Dimana untuk mesin yang diberikan mempunyai dorongan kuat sejak dimulai pada putaran bawah. Bahkan tidak hanya berlaku pada tipe manual, tipe matik juga sama.

Selain itu, mobil Toyota Rush lama memiliki ground clearance tergolong tinggi yaitu sekitar 200 mm. Alhasil jalanan rusak pun dapat dilibas dengan handal. Kelebihan selanjutnya adalah bagasi yang dimiliki tergolong luas. Ditambah lagi pelipatan bangkunya terpisah sehingga bagasi bisa lebih luas dan juga praktis.

Gambar ini menunjukkan Toyota Rush tipe S 2011 warna putih

Tampilan tetap gagah dan siap dipakai untuk berpetualang

Kekurangan Toyota Rush Lama

Adapun kelemahan yang dimiliki adalah suspensinya yang tergolong empuk. Dengan begitu saat melewati jalanan bergelombang akan tetap nyaman. Hanya saja suspensi yang empuk akan terasa limbung pada saat digunakan berpindah jalur atau menikung dengan tajam.

Kelemahan selanjutnya adalah kemudinya belum dapat diatur naik turun. Namun untung saja pihak Toyota memberikan pengemudi jok yang bisa diatur ketinggiannya untuk memberikan kenyamanan selama berkendara. 

Tipe Toyota Rush

Toyota Rush pertama kali dihadirkan hanya untuk 5 penumpang saja. Untuk generasi pertama Rush lama dihadirkan dalam 3 pilihan yakni 1.5 G MT, 1.5 S MT dan 1.5 S AT. Kemudian pada tahun 2010 barulah Toyota Rush lama mendapatkan varian G AT. Pada varian ini tidak ada perubahan di sisi eksterior ataupun interior hanya transmisinya saja.

Barulah pada tahun 2013 pihak Toyota menghadirkan Rush lama dengan varian TRD Sportivo (Toyota Racing Development) yang tampil lebih sporty. Hanya saja tipe S dihilangkan pada kala itu sehingga tersisa G dan TRD saja. Jadi varian yang dimiliki berubah menjadi Toyota Rush G MT, Rush G AT, New Rush MT TRD, New Rush AT TRD.

Kemudian di tahun 2016 mobil SUV Toyota tersebut diberikan varian 7 penumpang. Dimana  grade TRD Sportivo mengalami peningkatan yakni Rush TRD Sportivo Ultimo. Sementara grade yang sebelumnya diubah menjadi Rush TRD Sportivo 7 yang sama-sama mempunyai kapasitas 7 penumpang. Bagi yang setia dengan 5 penumpang tetap ada pilihannya yaitu Rush G Grade.

Sementara pada tahun 2021 ini pihak Toyota memberikan Toyota Rush dengan GR Sport yang mempunyai tampilan lebih sporty dan modern. Nah terdapat 4 tipe yang disebutkan di laman resmi Toyota yakni New Rush G MT, New Rush G AT, New Rush S MT GR Sport dan New Rush S AT GR Sport.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Rush TRD Sportivo tampak sisi depan dan kiri

Pembaruan yang dilakukan semakin menarik dan juga gagah

Harga Toyota Rush Lama Dan Terbaru

Berhubungan dengan harga Toyota Rush lama tergolong bertahan. Apalagi mobil ini merupakan kendaran SUV yang siap diajak untuk melintasi segala medan. Selain itu bisa untuk menemani aktivitas bersama keluarga, karena terdapat varian 7 penumpang yang dapat dipilih.

Harga Toyota Rush terdapat rentang yang terbilang lebar sehingga dalam menentukan melalui tahun produksinya cukup sulit. Bagi Sobat yang ingin membeli Toyota Rush lama berikut ini merupakan patokan harganya.

  • Toyota Rush 2006 harga mulai Rp 85 jutaan
  • Toyota Rush 2011 harga mulai Rp 110 juta
  • Toyota Rush TRD Sportivo 2013 harga mulai Rp 140 juta
  • Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo 2016 harga mulai Rp 170 juta
  • All New Rush TRD Sportivo harga mulai Rp 215 juta

Harga tersebut bisa berubah tergantung dari kondisinya dan juga wilayah melakukan pembelian. Bisa saja Sobat mendapatkan harga lebih mahal atau malah lebih murah.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota GR Sport putih tampak depan dan belakang

Rush dengan DNA GR Sport tampil lebih sporty dan menarik

Berikut ini merupakan harga baru Toyota Rush 2021 dilansir dari laman resmi Toyota:

TIPE

HARGA

New Rush G MT

Rp 259.400.000

New Rush G AT

Rp 269.600.000

New Rush S MT GR Sport

Rp 270.800.000

New Rush S AT GR Sport

Rp 280.900.000

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Bagaimana perawatan Toyota Rush generasi pertama?
Dalam perawatan tidak jauh berbeda, lebih mudah bisa serahkan ke bengkel resmi.
Bagaimana harga jual kembali Toyota Rush?
Cukup baik, terlihat mobil Toyota Rush bekas dibanderol dengan harga cukup tinggi, terutama untuk tahun muda.
Bagaimana performa dan konsumsi BBM Toyota Rush?
Dorongan kuat dari putaran bawah dan konsumsi bahan bakar hemat dengan adanya teknolgi Electronic Fuel Injection.

Berawal dari tahun 2015 mengisi konten di beberapa website di Indonesia. Bergabung dengan Cintamobil.com mulai tahun 2017 menjadi Conten Writer, membahas seputar dunia otomotif di Indonesia yang semakin berkembang.

Menyukai dunia otomotif baik sepeda motor ataupun mobil. Sebelum menjadi penulis sering mengotak atik sepeda motor baik untuk diperbaiki atau dilakukan modif sederhana. Memang untuk masuk dalam dunia writer cukup terbilang baru kala itu. Pertama kali memegang komputer di sekolah dan masih berupa komputer tabung.

Pada akhirnya membeli sebuah komputer sendiri dengan spek minim. Mencoba menggeluti dunia penulisan yang merupakan hal baru. Namun dengan kegigihan dan tekad serta niat, pada akhirnya sudah terbiasa menulis dan menjadi salah satu hal yang disukai. Dengan menulis akan menemukan hal-hal baru yang cukup memberikan rasa ingin tahu dan penasaran.

Setelah bergabung dengan Cintamobil, wawasan semakin bertambah dalam dunia otomotif. Ilmu juga semakin bertambah yang membuatnya termotiviasi untuk mengetahui segala hal tentang dunia otomotif.

 

 
back to top