Inilah Perbedaan Tipe Mobil Toyota Rush G dan TRD Sportivo

30/08/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Sejak kehadirannya di Indonesia, terdapat beberapa tipe mobil Toyota Rush, salah satunya adalah Toyota Rush G dan Toyota Rush TRD Sportivo yang kerap dibandingkan. Apa saja bedanya?

Salah satu mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV) idaman masyarakat Indonesia adalah Toyota Rush. Sejak kehadirannya di Indonesia, terdapat beberapa tipe mobil Toyota Rush, salah satunya adalah Toyota Rush G dan Toyota Rush TRD Sportivo yang kerap dibandingkan.

Meskipun saat ini Toyota Rush TRD Sportivo sudah digantikan dengan varian Tush GR Sport, kehadiran mobil ini tetap dilirik di pasar jual beli mobil bekas. Nah, jika Anda sedang mencari Toyota Rush yang paling cocok untuk Anda, varian Rush G dan Rush TRD Sportivo bisa jadi pilihan. Berikut ini perbedaan tipe mobil Toyota Rush G dan Rush TRD Sportivo.

Eksterior

All New Toyota Rush G

Kesan gagah ditampilkan oleh All New Rush G 2019 ini

Berdasarkan beberapa tips memilih mobil, dari tampilan eksterior, kedua mobil Rush ini mudah dibedakan. Perbedaan dilihat dari body kit yang mana Toyota Rush TRD Sportivo memiliki desain lebih sporty. Bagian depan Toyota Rush TRD Sportivo memiliki housing lampu kabut ditambah guratan garis merah pada underguard silver, side body moulding warna hitam di sisi samping, lalu pada bagian belakang ada tambahan tarikan garis merah pada bumpernya yang memperkuat karakter TRD Sportivo. Sementara tipe Toyota Rush tipe G memiliki bentuk asli tanpa embel-embel apa pun.

Perbedaan pilar antara kedua tipe Rush ini adalah pada Rush tipe G disematkan pilar sewarna dengan warna bodi mobil tanpa cover plastik. Sementara Rush tipe TRD Sportivo pilarnya berwarna hitam dan berlapis doff sehingga mobil jadi terlihat lebih premium dan mewah.

Velg dan Ban

Perbedaan velg Rush G dan TRD

Perbedaan velg Rush G dan TRD

Baik tipe Toyota Rush lama atau tipe Toyota Rush tertinggi, All New Toyota Rush menggunakan velg dual tone pada Toyota Rush G dan Toyota Rush TRD Sportivo. Namun, untuk velg dan ban, keduanya memiliki ukuran dan motif yang berbeda.

Untuk Rush G menggunakan ban ukuran 16 inci 215/65 Dunlop Enasave, sedangkan Rush TRD Sportivo menggunakan ban ukuran 17 inci 215/60 Bridgestone Alenza.

>>> Baca juga: Fitur Lebih Lengkap, Apa Perbedaan Toyota Rush TRD vs Rush G?

Interior

Masuk ke sisi interior, All New Toyota Rush hadir lebih modern. Keduanya memiliki nuansa yang serupa. Dashboard atau panelnya menyiratkan huruf T dengan kombinasi hitam dan putih. Untuk tipe G menggunakan lis silver sedangkan TRD Sportivo menggunakan lis black piano sebagai pemisahnya.

Untuk tipe G seluruh panel putih dibuat dari bahan plastic begitu juga pola jahitan yang dicetak. Berbeda dengan TRD Sportivo yang panel putihnya terbuat dari soft touch dan jahitannya bukan cetakan.

Perbedaan interior lainnya untuk kedua tipe ini juga terletak pada handle pintu. Untuk tipe G hanya polos, berbeda dengan TRD Sportivo yang sudah ada tombol hitam kecil untuk membuka passive keyless entry.

Perbedaan AC Rush G dan TRD

Perbedaan AC Rush G dan TRD

Untuk AC, baik tipe G ataupun TRD Sportivo sama-sama sudah menggunakan model instrument digital. Namun, sebenarnya AC tipe G masih manual hanya saja tampilannya yang digital. Sementara TRD SPortivo sudah menggunakan fitur AC single zone auto climate control.

Lalu apa saja perbedaan dari sisi setir kedua Rush ini? Setir Toyota Rush tipe G dan TRD Sportivo sama-sama disematkan fitur tilt dan control audio yang terletak di sisi kiri. Bedanya, untuk TRD SPortivo setirnya dibungkus bahan kulit dan di samping kanan terdapat tombol telepon Bluetooth.

MID tipe TRD Sportivo sudah full color, sedangkan tipe G masih monochrome. Sementara dari sisi hiburan, head unit keduanya berdimensi 7 inci. Hanya saja, perbedaannya terletak pada fitur. Untuk tipe mobil Toyota Rush TRD Sportivo memiliki akses internet, multitasking dan smartphone remote app, dan 8 speaker. Sementara Toyota Rush tipe G dibekali 6 speaker.

Fitur Keselamatan

Dari sisi fitur keselamatan, Toyota Rush tipe G dan TRD Sportivo tidak memiliki banyak perbedaan. Keduanya dilengkapi dengan fitur keamanan dan keselamatan, seperti Hill Start Assist, Airbag 6 titik, Vehicle Stability Control, Kamera mundur, ABS, EBD, BA.

Pembeda dari sisi fitur keselamatannya, untuk tipe TRD Sportivo memiliki fitur keyless entry. Sehingga sistem pengunciannya hanya perlu menekan tombol hitam di pintu, sedangkan tipe G masih harus menggunakan remot.

Spesifikasi

 

Toyota Rush type G dan TRD

Manakah yang menjaid favorit Anda?

Keduanya tentu saja memiliki spesifikasi yang berbeda. Berikut ini spesifikasi Toyota Rush TRD Sportivo dan Toyota Rush G. Berikut spesifikasi Toyota Rush TRD Sportivo:

Spesifikasi

Toyota Rush TRD Sportivo

Toyota Rush G

Tipe Mesin

2NR-VE 4 Cylinder In-Line 16 Valves DOHC Dual VVT-i

2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i

Kapasitas

1.496 cc

1,496 cc

Tenaga Maksimal

102,5 hp / 6.000 rpm

102,5 hp / 6.000 rpm

Torsi Maksimal

136,5 Nm / 4.200 rpm

136,5 Nm / 4.200 rpm

Dimensi 

4.435 mm x 1.695 mm x 1.705 mm

4.435 mm x 1.695 mm x 1.705 mm

Transmisi

5 Tingkat Kecepatan Manual / 4 Tingkat Kecepatan Otomatis

Otomatis 4 Percepatan & Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Struts dengan Pegas Koil dan Stabilizer & 5 Link dengan Pegas Koil, Lateral Rod dan Stabilizer

MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer & 5 Link Lateral Rod with Coil Spring and Stabilizer

Ukuran Ban

215/65 R16 (Tipe G) / 215/60 R17 (Tipe Sportivo)

Dunlop Grantrek H/T atau GT Radial Savero SUV, 215/65 R16

Itulah perbedaan tipe mobil Toyota Rush G dan Toyota Rush TRD Sportivo. Varian manakah yang menjadi favorit Anda? 

>>> Jika Anda berminat untuk mencari tahu lebih dalam tentang pengalaman memakai atau merawat mobil, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com ya. 

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Toyota Rush G?
Harga Toyota Rush G dimulai dari Rp 245.500.000
Apa perbedaan Rush G dan Rush TRD Sportivo dari sisi eksterior?
Perbedaannya Toyota Rush TRD Sportivo memiliki desain lebih sporty
Apa perbedaan velg Toyota Rush G dan Rush TRD Sportivo?
Untuk Rush G menggunakan ban ukuran 16 inci 215/65 Dunlop Enasave, sedangkan tipe mobil Toyota Rush TRD Sportivo menggunakan ban ukuran 17 inci 215/60 Bridgestone Alenza.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top