Mengulik Ragam Fitur Baru di All New Xenia 2022, Berasa Lebih Mewah

19/11/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Peningkatan generasi ketiga yang diberikan pada All New Xenia 2022 membuat mobil andalan Daihatsu ini mendapatkan banyak penambahan fitur. Apa saja, ya?

All New Xenia 2022 yang diperkenalkan beberapa saat sebelum gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 menjadi daya tarik pengunjung pameran otomotif tahunan tersebut. Perubahan yang cukup masif pada generasi ketiga membuat rasa penasaran bagi penggemarnya di Indonesia.

Mobil yang dipasarkan sejak tahun 2004 ini mendapatkan ubahan generasi baru setelah facelift kedua meluncur di awal 2019 silam. Dengan tampilan yang lebih berotot dan maskulin, ada banyak perubahan dan penambahan fitur baru yang disematkan pada mobil ini. Berikut beberapa perbedaan dan fitur baru yang bisa ditemukan pada mobil Xenia baru.

Sasis DNGA

Ubahan paling signifikan yang membedakan All New Xenia 2022 dengan dua model di generasi sebelumnya adalah penggunaan sasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform ini merupakan sasis terbaru yang dikembangkan Daihatsu untuk menghadirkan rasa berkendara yang lebih baik.

mobil baru All New Xenia 2022 berwarna silver
Xenia mendapatkan muka baru dengan sistem penggerak roda depan

Selain menggunakan sasis baru, Xenia juga membawa pengaturan penggerak roda depan (FWD) menggantikan penggerak roda belakang (RWD) yang sudah menjadi ciri khas Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di dua generasi pertama.

Pihak Daihatsu sendiri mengungkapkan bahwa penggunaan pengaturan FWD ini akan memberikan kenyamanan berkendara serta handling yang lebih baik. Begitu pula dengan peningkatan efisiensi dan meminimalisir tenaga yang terbuang. Bahkan melalui pengetesan yang dilakukan oleh internal Daihatsu, konsumsi BBM Xenia berada di kisaran 18 km/liter.

>>> Tes Internal: Konsumsi BBM Daihatsu All New Xenia 2022 Tembus 18 Km/l!

Transmisi CVT

Turut membantu efisiensi dan membuat berkendara menjadi lebih irit tentunya kehadiran transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) menggantikan transmisi 4-percepatan otomatis. Kemunculan transmisi CVT merupakan salah satu cara Daihatsu untuk membuat Xenia lebih modern, mengingat fitur ini sudah lama digunakan pada pesaingnya di segmen Low MPV.

transmisi All New Xenia 2022 dengan transmisi CVT
Transmisi CVT memang baru digunakan pada All New Xenia 2022

Berbeda dibandingkan transmisi otomatis standar, CVT memberikan pengendaraan dan perpindahan yang lebih mulus. Teknologi pada CVT menghasilkan percepatan yang lebih konstan dan bebas entakan sehingga memudahkan pengemudi dalam mengatur kecepatan. Fitur ini membuat perjalanan jauh terasa lebih nyaman.

Meski pada sisi teknis, Xenia masih mempertahankan dua pilihan mesin 1.3 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 95 PS dan mesin 1.5 liter dengan tenaga maksimal 103 PS. Keduanya sama-sama menggunakan teknologi Dual VVT-I yang turut membantu efisiensi bahan bakar.

>>> Review Daihatsu All New Xenia 2022: Sahabat Keluarga (Sudah) Naik Kelas

Head unit bergaya floating

Selain eksterior yang dibuat lebih mewah, ada banyak perubahan yang diberikan pada interior Daihatsu Xenia yang memberikan kesan premium melebihi generasi sebelumnya. Dashboard yang lebih kece dengan aksen berwarna merah memberikan kesan sporty di dalam kabin.

head unit bergaya floating pada Xenia 2022
Interior All New Xenia mendapatkan head unit 9.0 inci bergaya floating

Daihatsu juga mengganti head unit menjadi versi 9.0 inci dengan tampilan bergaya floating, membuat desain interior terasa lebih modern. Bahkan Xenia sudah memiliki konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto yang memudahkan pengguna untuk menghubungkan smartphone mereka ke sistem mobil.

Dengan perubahan head unit yang lebih besar, Xenia mendapatkan fitur kamera 360 derajat Around View Camera guna memberikan kenyamanan yang lebih baik ketika berkendara. Sebagai pelengkap, Xenia 2022 juga sudah tersemat tombol Start/Stop berwarna merah terpampang di bagian bawah AC Digital.

>>> Pilihan Harga Mobil Xenia Kredit, Gaji UMR Masih Bisa Nyicil?

Fitur kenyamanan baru

Ruang kabin yang lebih ergonomis dengan aksen berwarna merah dipadukan dengan kenyamanan yang lebih baik. Sedang Xenia tipe tertinggi mendapatkan pengaturan tinggi kursi bagi bangku pengemudi. Sedangkan di belakang, desain Double Blower yang datar memberikan kesan lega dan modern.

kursi All New Xenia 2022 dengan pengaturan baru
Pengaturan kursi baris kedua yang bisa dilipat hampir 180 derajat

Sedangkan untuk kepraktisan selama berkendara, Ada tempat penyimpanan yang tersebar di dalam kabin, seperti tempat kartu, pocket untuk handphone di konsol tengah, dan cup holder pada dashboard di sebelah kiri dan kanan. Begitu pula dengan fungsi air purifier yang ditanamkan pada Xenia 1.3 R dan 1.5 R ADS.

Daihatsu memperkenalkan Xenia baru dengan pengaturan multiseat yang lebih baik. Semua varian sudah mendapatkan pengaturan Sofa Mode Function, dimana Anda bisa merebahkan bangku baris pertama hampir 180 derajat, dan melipat bangku baris kedua ke depan. Pengaturan ini sangat membantu ketika penumpang akan membawa barang yang cukup panjang.

>>> Beda Avanza vs Xenia 2022, Mana yang Lebih Value for Money?

Fitur keselamatan ASA

Jika Toyota Avanza 2022 mendapatkan fitur Toyota Safety Sense (TSS), maka Xenia tipe tertinggi dibekali dengan sistem keselamatan canggih dari Advanced Safety Assist (ASA) yang sebelumnya disematkan pada varian tertinggi Daihatsu Rocky.

Ada lima fitur keselamatan baru yang tergabung ke dalam teknologi ASA milik Daihatsu, yaitu;

  • Collision Warning Function: meminimalisir terjadinya tabrakan dari depan dengan mengirimkan peringatan pada pengemudi jika ada kendaraan maupun benda di depan ketika mobil sedang melaju.
  • Pedal Misoperation Control: mencegah terjadinya salah injak pedal yang sering menjadi penyebab kecelakaan di jalan
  • Leading Vehicle Departure Warning: memberikan peringatan ketika mobil atau kendaraan di depan sudah melaju, sangat praktis digunakan di kemacetan atau dalam kondisi stop-and-go.
  • Lane Departure Warning: jika diaktifkan, maka fitur ini akan memberikan peringatan kepada pengemudi ketika mobil tidak sengaja bergerak ke luar jalur/marka jalan.
  • Lane Departure Prevention: bekerja sama dengan LDW, sistem ini bertugas untuk menjaga mobil berjalan tetap pada jalurnya dengan mengikuti marka jalan.

Demi pengalaman berkendara yang lebih aman, Xenia sudah menerima sistem pengereman ABS+EBD+BA, fitur wajib bagi mobil-mobil baru masa kini. Sebagai tipe tertinggi, Xenia 1.5 R mendapatkan fitur Hill-Start Assist yang membantu pengendara ketika harus berhenti di jalanan menanjak.

Hill-Start Assist yang ditemukan pada Daihatsu Xenia
Hill-Start Assist yang ditemukan pada Xenia

Ada 21 trim yang ditawarkan untuk model terbaru All New Xenia 2022. Berbeda dengan harga Xenia 2021, ada sedikit peningkatan yang terjadi. Dimana harga trim terendah, yaitu All Xenia 1.3 M MT dibanderol mulai dari Rp 190 jutaan, sedang harga Xenia 2022 untuk varian tertinggi Xenia 1.5 R CVT ASA SC bisa didapatkan dengan harga Rp 243 jutaan.

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Daihatsu Xenia 2022 terbaru saat ini?
Harga Daihatsu Xenia 2022 dibanderol mulai dari Rp 190 jutaan untuk trim terendah dan Rp 243 jutaan untuk trim tertinggi. 
Berapa total tipe All New Xenia 2022?
Secara total, ada 21 tipe trim dan varian Xenia 2022. Trim terendah diberikan pada Xenia 1.3 M MT dan varian tertinggi yaitu Xenia 1.5 R CVT ASA SC.
Berapa panjang dimensi New Xenia 2022?
Dimensi Daihatsu Xenia 2022 tercatat 4.395 mm dengan lebar 1.730 dan tinggi 1.700 mm.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top