Perhatikan Dokumen Ini Saat Jual Mobil

26/08/2017

Jual beli

5 menit

Share this post:
Perhatikan Dokumen Ini Saat Jual Mobil
Ketika Anda selaku penjual telah menyediakan dokumen- dokumen administrasi, mobil Anda menjadi lebih menarik minat calon pembeli. Jadi saat melakukan transaksi jual beli mobil, dokumen apa yang harus Anda siapkan? Inilah dokumen- dokumen yang sangat penting saat Anda melakukan penjualan mobil.

Gambar dua mobil berwarna abu-abu dan BPKB di sebelah kiri dan kertas uang di sebelah kanan

Perhatikan BPKB mobil saat melakukan transaksi jual beli mobil

1. Faktur

Faktur merupakan identitas awal dari mobil Anda. Dengan melihat faktur ini bisa diketahui mobil itu sudah jatuh ke tangan pertama, tangan kedua atau bahkan tangan ketiga dan sebagainya. Faktur ini terdiri dari beberapa lembar. Setiap lembarnya ditujukan untuk pihak- pihak yang berbeda.

Pada faktur ini terdapat informasi tentang asal nomor rangka mobil, warna, harga dan nama pemilik. Faktur ini sangat penting ketika mengajukan pembuatan BPKB. Jika faktur tersebut sudah hilang atau fotokopi saja, pastilah harga mobil Anda pun menurun.

>>> Apakah Anda sudah tahu cara balik nama BPKB? Jika belum tahu, inilah caranya, ayo cepat klik

2. Surat BPKB

Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) adalah dokumen yang akan sering digunakan untuk mengurus berbagai hal terkait urusan mobil, termasuk dalam proses jual- beli. BPKB sendiri berperan sangat penting karena itulah bukti sah tentang kepemilikan Anda terhadap mobil tersebut. Jadi sebelum menjual mobil, jangan lupa memeriksa kembali BPKB mobil Anda. Ada beberapa cara untuk mengecek keaslian BPKB, yaitu cermati lembar BPKB tersebut apakah ada atau tidak benang hologram yang tertera dengan bantuan sinar UV (Ultra Violet) dan gambar hologram Tri Bata Polri. Selain itu, inilah beberapa ciri-ciri tambahan lain dari BPKB resmi yang terdaftar di mulai dari tahun 2009 ke atas, yaitu:

  • Warna BPKB coklat

  • Terdiri dari 10 halaman

  • Nomor BPKB tertera pada sisi kanan secara vertikal

  • Pada akhir nomor BPKB tidak ada lagi kode huruf yang tertera

  • Pada halaman utama tertera nomor identitas diri (KTP) pemilik

Gambar STNK mobil yang di atas adalah gambar bagian depan dan satunya adalah bagian belakangnya

Surat tanda nomor kendaraan barperan sangat penting

3. Surat Tanda Nomor Kendaraan

Dokumen penting selanjutnya  adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Dokumen ini berfungsi sebagai identitas ketika mobil berjalan dan dikendarai di jalan raya. Pada STNK sudah tertulis nama pemilik, nomor polisi kendaraan, harga pajak mobil dan juga tanggal jatuh tempo pembayaran pajak tersebut. STNK yang telah jatuh tempo harus segera diurus kewajiban pajaknya atau diperpanjang masa aktifnya.

>>> Balik nama STNK kini sangat mudah dan tidak makan banyak waktu, klik sini untuk tahu gimana caranya 

4. Form A

Surat ini berlaku untuk mobil yang berstatus mobil import. Form A ini digunakan untuk mengurus STNK dan BPKB. Form A adalah bukti legal bahwa bea masuk dan pajak mobil tersebut telah dibayar dan dilunasi.

Jika mobil Anda milik adalah sebuah mobil impor, jangan lupa menjaga surat Form A ini dengan teliti. Tanpa Form A mobil Anda tidak diaku bahkan tidak bisa dijual.

Gambar sebuah Kartu tanda penduduk republik Indonesia

Fotocopi KTP pemilik kendara

>>> Untuk tips dan trik jual beli mobil lainnya, klik sini

5. Fotocopi KTP Pemilik Kendaraan

Dokumen yang harus Anda siapkan selanjutnya adalah kartu identitas Anda (KTP). Sebenarnya bukti ini untuk mewakili kepemilikan mobil yang akan dijual saja. Sang pembeli yang teliti biasanya akan memeriksa identitas Anda cocok atau tidak dengan dokumen mobil tersebut.

Contoh sebuah surat janji jual beli mobil

Perjanjian jual beli kendaraan

6. Surat Jual-Beli

Surat perjanjian antara kedua belah pihak adalah dokumen yang wajib ada dalam semua transaksi jual beli mobil, terutama jual beli mobil bekas antar individu (perorangan). Fungsi dari surat ini sebagai berikut ini:

  • Memastikan bahwa penjual adalah pemilik yang sah dari mobil yang diperjualbelikan.

  • Memastikan pemindahan hak atau kepemilikan mobil tersebut terjadi setelah adanya pembayaran.

  • Memastikan metode pembayaran yang baik dan benar.

  • Menghindari komplain atau gugatan dari pembeli dilur perjanjian yang telah dibuat dan disepakati.

Demikianlah pengenalan tentang dokumen- dokumen yang harus Anda siapkan sebelum menjual mobil Anda. Jangan lupa mempersiapkan selengkap mungkin dokumen tersebut untuk proses jual-beli mobil Anda akan berjalan secara lancar.

>>> Untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil lainnya, klik sini

Share this post:

Berita lain

6 Hal Ini Bikin Nilai Jual Mobil Anjlok

25/02/2020

Jual beli

4 menit

Seringkali pemilik mobil melakukan sesuatu bisa menyebabkan nilai jual mobil menjadi anjlok. Ironinya, mereka tidak menyadari kalau tindakannya berdampak besar.

Lihat juga

Karena Kami Mengerti Anda, Jual Mobil di Cintamobil Bulan Ini Banyak Untungnya!

31/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Agar tetap optimis dalam berbisnis di musim pandemi COVID-19, kami memberikan promo menarik bagi Anda yang ingin menjual mobil melalui layanan Cintamobil sepanjang April 2020.

Lihat juga

Pertama Kali Menjual Mobil? Ini Tips Menghasilkan Foto Mobil Bekas Terbaik

16/02/2019

Jual beli

10 menit

Satu foto bisa bernilai ribuan kata. Maka dari itu, memberikan foto mobil bekas yang terbaik merupakan salah satu cara untuk menarik pembeli untuk membeli mobil yang Anda tawarkan.

Lihat juga
 
back to top