Cara Balik Nama STNK Kendaraan

26/07/2017

Jual beli
Share this post:
Cara Balik Nama STNK Kendaraan
Balik nama kendaraan sebenarnya adalah proses pengalihan kepemilikan kendaraan dari pemilik tangan pertama ke pemilik tangan ke dua dan seterusnya. Secara umum, proses balik nama ini dilakukan pada STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Gimana cara balik nama kendaraan dan apa syarat-syarat balik nama STNK, silahkan simak tulisan di bawah ini.

1. Syarat-syarat

Sebelum mengikuti proses balik nama kendaraan STNK, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa syarat balik nama STNK kendaraan. Berikut syarat-syaratnya:

  • STNK asli beserta fotokopi.

  • KTP pemilik kendaraan baru yang asli disertai foto kopi.

  • BPKB asli dan foto kopi.

Kwitansi pembelian kendaraan bermotor yang sudah ditandatangani di atas materai Rp 6.000.
​>>> Baca juga: Cara balik nama BPKB kendaraan

2. Proses Balik Nama Pada STNK

Jika Anda sudah terpenuhi semua syarat di atas, selanjutnya adalah proses balik nama STNK kendaraan.

  • Datang ke Kantor Samsat

Langkah pertama dalam proses balik nama STNK kendaraan adalah datang ke kantor Samsat untuk menyerahkan dokumen. Sebelum Anda datang ke kantor Samsat, jangan lupa siapkan dokumen yang diperlukan. Fotokopi dari ketiga dokumen tersebut dijadikan satu (disteples) atau bisa juga dalam map. Untuk BPKB asli dan kwitansi pembelian Anda menyimpan dulu.

Gambar proses cek fisik kendaraan untuk melakukan balik nama STNK kendaraan
Cek fisik

  • Lakukan Tes Fisik Kendaraan Bermotor

Selanjutnya adalah cek fisik kendaraan. Anda hanya perlu membawa mobil Anda ke Samsat dan petugas di sana akan melakukan cek fisik kendaraan untuk Anda. Setelah selesai proses cek fisik kendaraan, Anda akan diberikan lembaran hasil cek fisik kendaraan. Kertas itu nanti akan dikasih serta dokumen yang telah Anda bawa dari rumah. Jika Anda nantinya akan melakukan balik nama BPKB, Anda harus fotocopi hasil cek fisik kendaraan dan kwitansi pembelian.

masyarakat sedang mendaftar di loket BBN II untuk balik nama kendaraan
Daftar balik nama

>>> Untuk tips dan trik jual beli mobil lainnya, klik sini

  • Melakukan Pendaftaran Balik Nama

Setelah semua dokumen sudah disiapkan, hasil cek fisik yang telah divalidasi, dan Kwitansi pembelian telah ditandatangani sekarang adalah daftar balik nama kendaraan. Anda jangan lupa juga siapkan materai Rp 6.000 seperti uang untuk membeli formulir minta balik nama kendaraan. Setelah selesai isi semua informasi, Anda kasih kepada petugas di loket.  Nanti petugas akan memanggil nama Anda untuk membayar uang.

orang mengambil kertas notice setelah selesai balik nama STNK mobilnya
Ambil notice

  • Pengambilan Notice Dan Lakukan Pembayaran

Sekarang Anda akan diserahkan tanda terima ke loket pendaftaran balik nama dan tunjukkan BPKB asli (jika diminta), fotokopi kwitansi pembelian dan hasil pemeriksaan cek fisik kepada petugas di loket. Semua berkas tersebut akan dibuat menjadi arsip oleh pihak samsat dan setelah itu Anda akan diberi notice untuk melakukan pembayaran di loket yang sudah tersedia di kantor samsat.

Gambar surat tanda nomor kendaraan baru setelah melakukan proses balik nama di Samsat
Ambil STNK

  • Pengambilan STNK

Setelah Anda membayar uang di loket langkah terakhir adalah menunggu STNK dicetak dan setelah itu, Anda akan ada STNK baru.

Itulah proses balik nama STNK kendaraan yang kami ingin memperkenalkan. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman
Untuk tahu lebih jelas, silahkan menonton video di bawah ini

Share this post:
 
back to top