Inilah Mobil Toyota Termahal yang Tak Sembarang Orang Bisa Membelinya

12/08/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Inilah Mobil Toyota Termahal yang Tak Sembarang Orang Bisa Membelinya
Toyota Century dan Century GRMN saat ini menjadi mobil Toyota termahal di dunia. Uniknya, setiap yang mau membeli mobil ini harus dinilai terlebih dulu oleh tim khusus.

Toyota terkenal sebagai produsen yang menyajikan lini kendaraan paling lengkap. Mulai dari yang paling murah berharga kisaran Rp 100 juta sampai yang harganya miliaran pun ada. Selain itu Toyota juga memiliki sub brand kendaraan lux bernama Lexus. Jelas produk-produknya berharga jauh di atas mobil produksi massal dari Toyota.

Namun ada satu model dari merek Toyota sendiri yang ternyata harganya cukup bikin geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak, mobil ini dipatok bahkan lebih mahal dari sejumlah tipe Lexus yang notabene brand mewahnya Toyota. Lalu apa mobil Toyota termahal itu? Namanya Toyota Century yang kabarnya hanya dipasarkan di Jepang oleh Toyota, itu pun secara terbatas dan ekslusif. Wah seperti apa ya? Simak ulasan lengkapnya di artikel Cintamobil.com berikut ini!

Mobil Toyota Mewah yang Dikerjakan Secara Handmade

Toyota Century rear

Diproduksi di pabrik khusus secara handmade pada setiap bagiannya

Toyota Century merupakan sedan mewah buatan Toyota yang diproduksi di pabrik Toyota di Higashi-Fuji, Jepang. Mungkin pabrik ini cukup asing jika Anda penggemar mobil-mobil Toyota. Mengingat pabrik tersebut memang bukan untuk proses pembuatan mobil massal Toyota lainnya seperti Camry atau bahkan Crown yang juga jadi model mobil Toyota termahal di Indonesia.

Karena di pabrik ini semua pengerjaan mobil sebagian besar dilakukan secara handmade alias dengan tangan para teknisinya tidak menggunakan bantuan robot layaknya pabrik Toyota lain. Seluruh proses produksi Toyota Century pun demikian, dipahat dengan eksta hati-hati pada semua bagiannya, kemudian di rangkai satu per satu, dan seluruh hasil pengerjaan bodi juga diperiksa dengan amat teliti.

Proses pengerjaan interior pun tidak kalah presisinya. Seluru jok dirakit menggunakan bahan wool dengan kualitas terbaik dan dijahit dnegan tangan. Sementara panel dashbaord dan konsol serta doortrim ada padual panel kayu dan trim aluminium. Lagi-lagi semua itu dikerjakan dengan amat teliti termasuk ketika proses pemasangan sudah selesai. Inspeksi akhir pun juga dikerjakan dengan sangat akurat serta mendetil untuk menjaga presisi dari setiap bagian pada mobil yang keluar dari pabrik tersebut.

Mobil Toyota Termewah yang Dimodifikasi

Toyota Century GRMN

Versi modifikasi GRMN ini jauh lebih mewah dan lebih mahal dari Century standar

Banyak hal ekslusif dari setiap Toyota Century yang diproduksi. karena semua unit yang telah seleai dibuat akan tercatat nomor serinya dalam database pabrik tersebut. Bahkan orang-orang yang terlibat dalam produksi setiap unit Century pun dicatat nama-namanya. Ini untuk memastikan jika ada kesalahan sekecil apa pun dapat diketahui sumbernya dan bisa segera dilakukan perbaikan oleh tim yang bertanggung jawab.

Untuk sumber tenaganya sendiri, mobil Toyota termahal ini menggunakan mesin 5.000 cc V8 berkode 2UR-FSE yang dilengkapi juga motor listrik. Jika Anda familiar dengan mesin ini, Lexus LS 600h juga menjadi mobil Toyota mewah lainnya yang juga memakai mesin tersebut. Dengan mesin ini Toyota Century mampu menghasilkan tenaga 425 Hp. Sebuah tenaga yang cukup besar untuk mobil seekslusif itu namun tetap bisa hemat bahan bakar berkat bantuan motor listriknya.

Namun jika Anda ingin tampilan yang lebih ekslusif lagi, maka Toyota juga menyediakan Century GRMN yang merupakan hasil modifikasi Gazoo Racing. Nah kalau versi Toyota Century standar harganya sekitar 19 juta Yen atau setara Rp 2,6 miliar, maka yang versi Century GRMN, harga mobil Toyota termahal ini tembus sekitar 30 juta Yen atau kira-kira Rp 4,1 miliar. Ingat, harga itu belum termasuk pajak dan asuransi ya...

Perbedaannya antara Century GRMN Gazoo Racing dibanding versi Century standar antara lain penggunaan lip spoiler di bemper depan dan belakang, side skirt, ducktail, velg ukuran besar serta dipadankan rem cakram juga dengan dimensi lebar. Sayangnya informasi spesifikasi teknis dari Toyota Century GRMN ini cukup minim. Yang jelas mobil hanya akan diproduksi amat terbatas oleh Toyota.

>>> Daftar Harga Mobil Lamborghini Termahal di Dunia Terbaru 

Tidak Semua Orang Bisa Memilikinya

Toyota Century front

Kabarnya hanya kepala pemerintah Jepang dan kaisar Jepang yang memiliki mobil ini

Selain dibuat amat terbatas serta masuk dalam daftar mobil Toyota termahal, namun tidak semua orang bisa membeli Toyota Century. Hanya orang-orang yang benar-benar mencintai Toyota khususnya Century dari masa ke masa yang berhak meminang mobil ini. Setiap calon pembeli pun akan dinilai oleh tim khusus Toyota mengenai latar belakangnya dan juga motivasinya membeli mobil tersebut.

Jika ia hanya sekedar orang super tajir dan cuma mau mengoleksi sebagai bahan investasi, maka dipastikan bakal dicoret dari list pemesan Toyota Century. Kabarnya Century ditawarkan oleh Toyota hanya kepada kepala pemerintahan Jepang dan juga kaisar-kaisar Jepang. Selain itu mobil ini juga mungkin tidak akan pernah jadi Toyota termahal di Indonesia. Hal itu lantaran Toyota amat membatasi jumlah Century yang dikirim keluar dari Jepang.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Siapa Saja Pemilik 10 Mobil Termahal Selebritis Dunia?

18/04/2018

Pasar mobil

Menjadi selebritis merupakan salah satu pekerjaan yang memberikan pundi-pundi uang yang banyak. Dengan semua kekayaan yang didapatkan, maka tak jarang mobil termahal selebritis dunia menjadi sorotan.

Lihat juga

Rolls-Royce Sweptail, Mobil Baru Termahal di Dunia

04/06/2017

Mobil baru

Pihak Roll-Royce memang belum mengumumkan harga resminya. Akan tetapi ada rumor bahwa banderol harganya dapat mencapai 12,8 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 166,2 miliar. Jadi kalau harga yang beredar tersebut akurat, hal itu berarti Roll-Royce Sweptail akan menjadi mobil baru termahal

Lihat juga

Diprediksi Pecahkan Rekor Mobil Termahal, Ferrari 250 GTO Kembali Dilelang

25/06/2018

Pasar mobil

Ferrari selalu memiliki nilai jual historis dengan tingginya harga mobil-mobil Ferrari dalam pelelangan. Bukan tidak mungkin, Ferrari 250 GTO yang akan dijual di pelelangan ini bisa memecahkan harga mobil termahal dalam sejarah pelelangan mobil.

Lihat juga

Duesenberg SSJ menjadi Mobil Amerika Termahal yang Pernah Dijual Lelang

28/08/2018

Pasar mobil

Duesenberg SSJ keluaran 1935 terjual dengan harga $22 juta, membuatnya menjadi mobil Amerika termahal yang pernah dijual di dalam lelang dan menjadi mobil pra-perang termahal.

Lihat juga

[Infografik] 5 Mobil Termahal Porsche yang Terjual Sepanjang Sejarah

13/12/2018

Pasar mobil

Pabrikan yang memiliki sejarah lebih dari ratusan tahun ini memang ikonik. Karena itu, jangan heran jika mobil klasik mereka bisa dijual dengan harga mahal. Lalu, apa saja mobil termahal Porsche yang terjual selama 87 tahun sejarah perusahaan.

Lihat juga
 
back to top