Mobil Bekas Pilihan: Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

08/05/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Mobil Bekas Pilihan: Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013
Dengan budget Rp 200 Juta, Anda bisa mendapatkan SUV Premium dengan fitur berlimpah dan canggih serta kesenangan berkendara. Ini mobil bekas pilihan kami kali ini: Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013.

Jika Anda tengah mencari mobil keluarga dengan budget di kisaran Rp 200 juta, pilihan Anda akan hadir pada Low SUV (LSUV) atau Low MPV (LMPV) atau mungkin compact hatchback yang semuanya dalam kondisi baru. Pilihan di LSUV ada Daihatsu Terios dan Toyota Rush, sementara di LMPV pilihannya lebih banyak mulai dari Nissan Livina, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Sementara untuk compact hatchback, di kisaran Rp 200 juta pilihannya hanya Daihatsu Sirion dan Suzuki Baleno.

Namun jika Anda menginginkan pilihan yang berbeda untuk dikendarai, Anda bisa mencoba untuk memilih mobil bekas pilihan seperti yang satu ini: Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013. Mobil lansiran Negeri Matahari Terbit ini terkenal dengan kesukesannya di ajang World Rally Championships (WRC) era tahun 1990 - 2000-an. Secara teknis hal itu didukung oleh fitur penggerak empat roda simetrical yang dimiliki setiap model Subaru yang dipasarkan.

Tampak depan Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

Sosoknya tangguh dengan sistem penggerak empat roda

Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013 yang kami ulas ini memiliki banderol Rp 220 juta. Di balik kap mesinnya terdapat mesin Boxer 4-silinder berkapasitas 2,5 liter dengan imbuhan turbocharger. Tenaga puncaknya mencapai 227 hp pada 5.200 rpm dan torsi maksimal 320 Nm yang dapat didulang pada 2.800 rpm. Daya yang dihasilkan jantung pacunya ini didistribusikan ke keempat rodanya (All Wheel Drive – AWD) secara simetris melalui transmisi otomatis 4-speed. Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk meminang mobil ini:

>>> Mobil All-Wheel Drive Termurah, 5 Subaru Ini Bisa Anda Beli Dengan Budget Rp 100 Juta-an Saja

Kelebihan Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

1. Sosok SUV Premium Tangguh

Desain Subaru Forester ini memiliki garis desain premium dengan beberapa lekuk yang membuatnya tampak berotot. Di bagian kap mesin bahkan terdapat air scoop yang menjadi ciri khas mobil-mobil bermesin turbo. Air scoop ini berfungsi menangkap udara dari luar sebagai pasokan bagi intercooler yang mendukung turbonya.

Airscoop pada Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

Air scoop untuk memasok udara ke intercooler turbo

2. Kepraktisan 

Sebagai sebuah SUV, kepraktisan yang dihadirkan Subaru Forester ini adalah akses yang mudah ke ruang bagasi. Lantai bagasinya dapat dibilang rata dan terdapat penutup ruang bagasi yang dapat digulung. Yang istimewa, kapasitas bagasinya dapat ditingkatkan dengan melipat bangku baris kedua hanya dengan menekan tombol di kedua sisi dinding bagasi. Saat ditekan, maka otomatis kedua bangku tengahnya akan melipat ke depan.

Bagasi Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

Bagasi Subaru Forester memiliki akses yang mudah

3. Mesin Mumpuni

Seperti disebutkan di atas, mesin 2,5 liter turbo yang digunakannya memiliki figus tenaga dan torsi yang jelas mengungguli mobil-mobil pilihan lain di rentang harga yang sama. Dengan kondisi mobil yang baik, Anda bisa menikmati kesenangan berkendara yang istimewa dengan dukungan mesin, transmisi dan sistem penggerak empat roda yang dimiliki oleh mobil ini.

Mesin Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

Mesin 2.5 liter dengan turbocharger menyuguhkan tenaga dan torsi berlimpah

>>> Mesin Baru Subaru WRX STI Minimal Bertenaga 400 HP

4. Fitur Mewah

Beberapa fitur yang ditawarkan pada Subarui Forester ini juga memberikan kesan yang mewah. Yang pertama adalah panoramic roof yang berukuran besar hingga ke bangku baris kedua. Tak hanya memberikan sentuhan premium, atap kaca ini juga dapat memberikan kesan ruang kabin yang lapang. Selain itu juga ada fitur AC dengan climate control digital yang telah memiliki mode otomatis, lingkar kemudi dengan tombol pengaturan sistem audio dan cruise control serta bangku pengemudi yang dapat diatur secara elektris sehingga menghasilkan posisi mengemudi yang akurat.

Panoramic roof Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

Panoramic roof memberikan kesan kabin yang lebih lapang

5. Ruang Baris Kedua yang Lapang

Di baris kedua Subaru Forester, ruang kaki dan kepala yang diberikan cukup lega. Apalagi sandaran bangkunya juga dapat direbahkan sehingga cukup baik menawarkan kenyamanan dalam perjalanan jauh. Kepraktisan di baris kedua ini juga didukung dengan tersedianya cup holder dan arm rest di bagian tengah yang konfigurasinya cukup unik.

Baris kedua Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

Di baris kedua, Subaru Forester menyuguhkan keleluasan dan kepraktisan

>>> Cari SUV lainnya dengan budget hingga Rp 600 juta? Cek di sini

Kekurangan Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

1. Minimnya Fitur Hiburan

Head unit sistem audio yang digunakan telah terintegrasi dengan dashboard, namun dengan ukuran 2-din, head unit ini bisa dibilang masih konvensional, tanpa layar sentuh ala mobil-mobil modern saat ini. Meski begitu, Anda tetap dapat memutar CD, bahkan dengan format mp3 di head unit ini.

Head unit Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

Sistem audio belum dilengkapi head unit dengan layar sentuh

2. Material Plastik Kabin

Kekurangan lain yang kami dapatkan adalah material atau bahan plastik yang digunakan pada dashboard dan trim pintu adalah plastik keras yang menjadikan mobil ini sedikit kehilangan sentuhan premium. Namun, kombinasi material fabric di beberapa bagian trim pintu sedikit meningkatkan nilai dari interior mobil ini.

Door trim Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

Door trim dan dashboard masih terdapat plastik keras yang tampak kurang premium

3. Kebutuhan Bahan Bakar RON Tinggi

Dengan banderol harga yang cukup terjangkau, spesifikasi mesin yang digunakan mobil ini mengharuskan pemilik menggunakan bahan bakar dengan spesifikasi minimal RON 95. Apalagi dengan kapasitas 2,5 liter plus turbo dan sistem penggerak AWD, maka Anda tidak dapat mengharapkan mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit jika dibandingkan pilihan lain di anggaran yang sama.

Bahan bakar Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013 perlu RON 95

Untuk mesin turbonya, bahan bakar diperlukan minimal RON 95

4. Layanan Purna Jual Subaru

Seperti diketahui, Subaru saat ini sudah tidak memiliki APM resmi di Indonesia, sehingga layanan purna jual Subaru juga sangat terbatas. Jika Anda berdomisili di kota besar seperti Jakarta, masih banyak bengkel spesialis yang dapat melakukan perawatan terhadap Subaru Forester ini, namun jika Anda tinggal di daerah lain, Anda perlu untuk memastikan terlebih dahulu dimana Anda dapat merawat dan memperbaiki mobil ini jika diperlukan.

Logo Subaru

Jaringan layanan purna jual Subaru sangat minim saat ini

>>> Cari mobil merek Subaru lainnya? SIlahkan masuk ke sini 

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

Seperti halnya membeli mobil bekas lainnya, sebelum meminang Subaru Forester in ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Perhatikan kondisi eksterior bukan bekas kecelakaan berat yang menimbulkan perubahan fisik di beberapa bagian

2. Cek juga kondisi mesin dengan melihat riwayat servis berkala serta mencobanya langsung. Terkait dengan bahan bakar, pastikan pemilik sebelumnya selalu mengisi bahan bakar sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan mesinnya.

Dashboard Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

Periksa dashboard agar tidak ada kerusakan yang mengganggu 

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik jual beli mobil yang berguna lainnya

3. Untuk bagian interior, periksa kondisinya apakah masih dalam keadaan baik dan orisinal.

4. Periksa bagian kaki-kaki (ban dan suspensi) dalam kondisi masih baik dengan melakukan test drive. Pastikan tidak ada suara-suara mengganggu dari bagian tersebut.

Kaki-kaki Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

Perhatikan kaki-kaki dari suara yang mengganggu

5. Jangan lupa juga untuk periksa fungsi-fungsi elektris. Untuk mobil kelahiran 2013, Subaru Forester ini sudah memiliki cukup banyak fungsi elektris, sehingga seiring waktu terjadi penurunan kinerja. Beberapa di antaranya: panoramic sunroof, power windows, dan pengatur kursi.

6. Terakhir, Anda juga perlu memeriksa surat-surat kelengkapan kepemilikan kendaraan, seperti STNK hingga BPKB.

Itu adalah mobil bekas pilihan kami kali ini, Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013 yang bisa menjadi salah satu pilihan Anda jika memiliki budget di kisaran Rp 200 jutaan. Simak mobil bekas pilihan kami selanjutnya.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Sarjana Teknik Sipil ini menjadi jurnalis otomotif sejak 2003. Ia sudah pernah melesat di atas single seater di sirkuit hingga off-road di padang salju bersuhu -15 derajat. Saat ini Ia bertugas sebagai Managing Editor Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mesin Baru Subaru WRX STI Minimal Bertenaga 400 HP

25/02/2020

Mobil baru

3 menit

Setelah berakhirnya era mesin legendaris EJ25, Subaru menyiapkan mesin baru untuk WRX STI generasi selanjutnya yang diklaim punya tenaga minimal 400 HP.

Lihat juga

Kuasai 20% Saham, Subaru Jadi Bagian Toyota Motor Corporation

22/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Setelah menambah jumlah saham di Fuji Heavy Industries Ltd. menjadi 20% September 2019 lalu, Subaru kini resmi jadi bagian Toyota Motor Corporation. Bagaimana detail lengkapnya?

Lihat juga

Rumor: Generasi Selanjutnya Subaru BRZ Akan Melampaui Toyota Supra?

03/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Rumor menyebutkan bahwa model yang didesain ulang dapat melampaui Toyota Supra dan didukung oleh arsitektur TNGA Toyota.

Lihat juga

Review Subaru XV 2013: Satu-satunya Penggerak Empat Roda Di Kelasnya

17/06/2018

Editor rate:

Bukan hanya Honda dan Toyota saja yang punya mobil keren serta diklaim banyak inovasi, Subaru dengan XV-nya merupakan mobil yang banyak inovasi didalamnya. Bahkan, model ini merupakan satu-satunya model AWD di kelasnya. Simaklah review Subaru XV 2013 di bawah ini.

Lihat juga
 
back to top