Bagaimana Penjualan Mobil Baru dan Mobil Bekas Balikpapan?

23/06/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Bagaimana Penjualan Mobil Baru dan Mobil Bekas Balikpapan?
Penjualan mobil baru dan mobil bekas Balikpapan ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari kondisi geografis, hingga pusat kegiatan dan aktifitas masyarakatnya.

Balikpapan, sebuah kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) , Indonesia, dalam beberapa bulan bekangan ini semakin populer. Kota yang berada di pesisir timur Kalimantan dan langsung berbatasan dengan Selat Makassar itu banyak diincar oleh kalangan investor. Hal tersebut terjadi lataran Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo sempat mengumumkan jika Ibukota akan berpindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Praktis, kota kedua terbesar di Kaltim setelah Samarinda ini juga ikutan terkerek namanya. Itu terjadi lantaran kota yang berbatasan juga dnegan Kutai Kernanegara itu selain sebagai kota bisnis dan industri, juga menjadi kota penopang roda perekonomian terbesar diseluruh kota Bakudapa. Balikpapan selama ini terkenal sebagai pusat industri minyak dan gas serta perdagangan. Tak heran di kota ini terdapat bandar udar ainternasional serta pelabuhan internasional. Bahkan Pertamina pun memiliki pelabuhan minyak di wilayah ini.

Lalu bagaimana tren penjualan mobil baru dan mobil bekas Balikpapan? Dan apa mobil yang paling laris di kota seluas 503,3 kilometer persegi tersebut? Mengingat kondisi Balikpapan yang 85 persen merupakan daerah berbukit serta banyak dijumpai Darah Aliran Sungai. Berikut penjelasan Cintamobil.com berdasarkan beberapa sumber.

1. Penjualan Mobil Baru Balikpapan

Toyota Innova bekas dijual Balikpapan

Penjualan mobil di Balikpapan dipengaruhi penjualan batubara dan kelapa sawit

Tren penjualan mobil baru dan mobil bekas Balikpapan cukup fluktuatif walau kini sedang mengalami kenaikan. Khususnya untuk penjualan mobil baru, grafiknya terus meningkat. Sejak pertengahan tahun lalu, M Jainuri, Kepala Cabang Auto2000 Balikpapan Sudirman menuturkan jika penjualan mobil baru sudah terasa mulai mengalami peningkatan. "Sebulan bisa 110 unit," katanya.

Hal tersebut kata dia, lantaran pemerintah pada Agustus 2019 sudah mengumumkan jika Ibukota Indonesia rencananya akan dipindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Sehingga hal ini memancing banyak orang untuk melakukan investasi dan pembangunan di beberapa kota di Kalimantan Timur, termasuk di Balikpapan.

Geliat pangsa pasar otomotif di Kalimantan Timur secara umum, juga menjadi pemicu sejumlah produsen mobil mewah untuk ikut bermain. Misalnya BMW Group Indonesia yang telah menyediakan layanan penjualan serta purna jual untuk konsumen di wilayah Kaltim dan sekitarnya. Martha Andhyka, Marketing and CRM Department Head BMW Astra menyebutkan, di wilayah Kaltim, BMW sudah menyediakan layanan penjualan mobil baru, mobil bekas bersertifikat, serta layanan purna jual untuk perawtaan kendaraan BMW.

Sementara itu Michael Wen, Branch Head Auto2000 Balikpapan MT Haryono menuturkan jika selama ini penjualan kendaraan di Balikpapan dipengaruhi oleh bisnis batubara dan kelapa sawit. Jika penjualan dua komoditas itu mengalami kenaikan maka penjualan mobil juga ikut naik. Sebaliknya ketika harga komoditas tersebut lesu, maka penjualan mobil baru dan mobil bekas juga ikutan stagnan.

>>> Sering Diabaikan, Begini Cara Membuat Surat Jual Beli Mobil Bekas

2. Jual Mobil Bekas Balikpapan

Toyota Avanza bekas dijual Balikpapan

Toyota Avanza masih menjadi mobil yang terlaris di Balikpapan

>>> Syarat Serta Biaya Mutasi dan Balik Nama Mobil Bekas

Sama seperti penjualan mobil baru, naik turunnya jual beli mobil bekas di Balikpapan juga sedikit banyak dipengaruhi oleh harga komoditas. Apabila harga komuditas sedang baik, maka pembeli mobil bekas ikut meraup untung.

Sebaliknya, ketika harga komoditas tengah mengalami kemerosotan, maka lebih banyak orang yang jual mobil bekas Balikpapan ketimbang yang beli.  Meski demikian, dikutip dari Detik.com, para dealer jual beli mobil bekas Balikpapan ternyata banyak yang memanfaatkan mobil bekas dari Jakarta.

Diakui oleh sejumlah pengusaha jual beli mobil bekas di kota ini, harga mobil bekas di Jakarta diakui lebih murah dibanding mobil bekas Balikpapan. Bahkan selisih harganya bisa sampai Rp20 jutaan.

3. Mobil Bekas Terlaris di Balikpapan

Mitsubishi Triton bekas dijual Balikpapan

Mobil double cabin seperti Mitsubishi Triton ini juga banyak ditemui di Balikpapan

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap dan termurah cuma ada disini

Ketika menyinggung tren jual beli mobil bekas Balikpapan, ternyata tidak terlalu banyak perbedaan dibanding di Jakarta. Sebagai kota bisnis dan industri, konsumen mobil di Balikpapan lebih banyak memilih kendaraan yang praktis untuk berbagai kebutuhan. Mobil-mobil jenis MPV adalah yang terlaris, namun model lain seperti citycar, hatchback, hingga sedan juga tak ketinggalan sepi peminat.

Mobil terlaris di kota ini masih ada pada Toyota Avanza, kemudian disusul Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Kemudian mobil-mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) seperti Toyota Rush, Toyota Fortuner, atau Mitsubishi Pajero Sport juga tergolong laris manis.

Terakhir model mobil-mobil pekerja keras seperti Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton banyak peminatnya. Diprediksi mobil-mobil ini dipakai untuk kebutuhan masyarakat yang bekerja di pertambangan atau perkebunan kelapa sawit. Sehingga membutuhkan kendaraan yang mampu menggapai lokasi pertambangan dan perkebunan tersebut.

>>> Tips dan trik menarik lainnya tentang mobil baru dan mobil bekas bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top