Mengapa Harga Mobil Berbeda-Beda Di Setiap Daerah? Ini Jawabannya

11/07/2019
Pernahkah Anda mengamati mengapa harga mobil bisa berbeda-beda di setiap daerah? Semisal harga mobil A bertuliskan OTR Jabodetabek dijual lebih murah daripada mobil serupa yang dijual di daerah Anda. Inilah alasannya mengapa harga mobil berbeda-beda di setiap daerah.

Masih ingat di benak kami, pernah ditemukan sebuah fenomena unik di Sulawesi Selatan. Dikutip dari TribunTimur.com di tahun 2011, tercatat ada 700 unit mobil Mitsubishi berplat nomor Jakarta masuk ke Makassar setiap bulannya. Begitu juga pada merek Nissan, yang ditemukan ada sekitar 3.000 unit asal Jakarta masuk ke Sulawesi Selatan, sepanjang tahun 2011.

Fenomena tersebut terjadi karena ada dua faktor khusus yang akhirnya membuat harga mobil di setiap daerah berbeda.

>>> Info lainnya: Ingin tahu harga pasaran mobil saat ini? Simak di sini untuk tahu informasi selengkapnya

Perbedaan Pajak BBNKB Di Setiap Daerah

Dari contoh kasus di atas, ditemukan sebuah alasan bahwa terdapat perbedaan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) antara Jakarta dan Sulawesi Selatan. Kala itu, pajak BBNKB Jakarta berkisar hanya 10 persen saja, lebih mahal di Sulawesi Selatan yang mencapai 12,5 persen. Wawan Mattaliu selaku Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi, menuturkan bahwa selisih tersebut bisa mencapai Rp. 20 juta lebih. “Konsumen tidak bisa disalahkan, karena pada dasarnya konsumen akan memilih harga murah dan pelayanan bagus,” tambah Wawan.

Pajak BBNKB berbeda-beda di setiap daerah, ada yang 10 persen, 12,5 persen dan 15 persen

Pajak BBNKB yang berbeda-beda di setiap daerah, menjadi faktor utama mengapa harga mobil berbeda

Dilansir dari Otosia.com, Head of Sales and Marketing Region 1 Departement Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Budi Darmawan Daulay, mengatakan pula, “Hampir seluruh Indonesia, BBN tarif itu 10 persen, tapi ada beberapa area yang 15 persen, ada yang 12,5 persen. Itu yang membuat harga mobil itu berbeda.”

>>> Info menarik: Harga Lebih Murah Dan Banyak Kelebihan Lainnya, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Atas Nama PT

Perbedaan Biaya Distribusi Pengiriman

Setiap Agen Pemegang Merek (APM) memiliki basis produksi tersendiri yang umumnya berada di area Jawa Barat atau Jakarta. Sebagai contoh, basis produksi Toyota atau yang disebut Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) memiliki pabrik produksi di Karawang serta Jakarta Utara. Dari kedua tempat tersebut, semua mobil akan didistribusikan di setiap pelosok Indonesia. Maka dari itu, akan ada perbedaan biaya distribusi pengiriman. Semisal area yang didistribusikan dekat dengan pabrik tersebut maka harganya akan lebih murah dibanding area yang jauh jangkauan distribusinya.

Distribusi Pengiriman Mobil memiliki biaya yang berbeda-beda sesuai jarak yang ditempuh

Faktor lain adalah karena perbedaan biaya distribusi pengiriman

>>> Jangan lupa untuk selalu menyimak tips informatif lainnya seputar mobil hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
4

berita lain