Harga Lebih Murah Dan Banyak Kelebihan Lainnya, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Atas Nama PT

29/05/2019
Membeli mobil dengan status atas nama PT alias Perseroan Terbatas memang menguntungkan, selain Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga lebih murah serta banyak kelebihan lainnya. So, inilah kelebihan dan kekurangan beli mobil bekas atas nama PT alias eks perusahaan.

Berikut ini kami jabarkan beberapa kelebihan membeli mobil atas nama PT atau Perusahaan alias Perseroan Terbatas:

Kelebihan membeli mobil atas nama PT

Mobil Mercedes-Benz E200 Bekas Taksi Silver Bird

Mobil bekas operasional PT atau perusahaan memang menggoda, namun tetap butuh kewaspadaan dalam memilih

1. Harga Beli Lebih Murah

Dengan Anda membeli mobil bekas atas nama PT atau perusahaan, Anda biasanya akan mendapatkan harga beli lebih murah. Sebab, perusahaan umumnya butuh sesegera mungkin dalam melepas assetnya, agar tidak menjadi beban keuangan perusahaan. Sebab, umumnya mobil yang dijual bekas perusahaan adalah mobil yang sudah diatas 5 tahun (sudah lewat umur ekonomisnya).

>>> Masa garansi sudah lewat, meding lanjutkan servis di bengkel resmi atau bengkel umum?

2. Terhindar Dari Skema Pajak Progresif

Kelebihan membeli mobil bekas atas nama PT atau perusahaan yang kedua adalah Anda akan terhindar dari skema pajak progressif. Pajak progressif adalah skema yang ditetapkan oleh direktorat pajak republik Indonesia untuk membebankan biaya pajak yang jauh lebih mahal apabila Anda punya mobil ke-2 dan seterusnya. Jelas, terhindar dari skema pajak progresif ini akan membantu meringankan biaya kepemilikan atas kendaraan Anda.

>>> Ini Keuntungan Beli Mobil Secara Tunai, Bisa Bikin Lebih Kaya Lho!​​​​​​​

3. Pajak Tahunan Lebih Murah

Tampak surat-surat kendaraan

Pajak lebih murah dari pemilik perorangan merupakan benefit membeli mobil bekas PT atau perusahaan

Hal berikutnya yang jadi kelebihan membeli mobil bekas atas nama PT adalah pajak tahunannya yang umumnya lebih murah. Ambil contoh, sebuah Toyota Limo eks taksi yang belum dibalik nama atas nama pribadi. Pajak tahunannya hanya berkisar Rp 1,7 jutaan, sementara untuk mobil yang sama namun sudah dibalik nama atas nama pribadi pajaknya bisa lebih mahal 2 hingga 2,5 kali lipatnya. 

>>> Inilah 5 hal yang harus segera dilakukan begitu mendapatkan mobil bekas idaman

4. Kondisi Relatif Lebih Terawat

Salah satu kelebihan membeli mobil bekas atas nama PT berikutnya adalah kondisi mobil yang relatif lebih terawat. Ambil contoh mobil bekas taksi Bluebird yang sudah lewat masa bakti dan dijual ke khalayak umum. Toyota Limo yang dipakai untuk armada taksi merupakan mobil yang kondisinya relatif terawat, karena umumnya tiap pool taksi tersebut punya bengkel tersendiri. Jadi untuk masalah mesin Anda tak perlu khawatir. 

5. Banyak Pilihan Mobilnya

Kelebihan membeli mobil bekas atas nama PT atau perusahaan berikutnya adalah perusahaan umumnya banyak pilihan mobil yang tersedia. Apalagi perusahaan yang skalanya besar, pasti lebih banyak mobil yang tersedia dan beragam kondisinya. Secara otomatis hal ini akan jadi keuntungan untuk Anda yang ingin mencari mobil bekas eks perusahaan karena banyaknya pilihan mobil.

>>> Tertarik untuk membeli Toyota Avanza? Simak harga lengkapnya di sini

Namun, tak ada gading yang tak retak, inilah kekurangan membeli mobil atas nama PT atau Perusahaan alias Perseroan Terbatas:

Tampak Mobil Toyota Limo eks taksi Bluebird

Image mobil capek sangat melekat di mobil bekas eks perusahaan alias PT

Kekurangan membeli mobil atas nama PT

1. Susah Menjual Kembali

Salah satu kekurangan membeli mobil bekas atas nama PT adalah susah menjual kembali. Hal ini dapat terjadi lantaran presepsi orang terhadap mobil bekas perusahaan adalah mobil yang sudah capek dan butuh perawatan ekstra. Memang, hal ini ada benarnya, namun itu semua sangat tergantung dari kondisi mobil serta perawatannya.

>>> Inilah 3 jenis perbaikan dengan biaya terbesar pada mobil bekas

2. Umumnya Mobil Bekas PT Sudah Capek

Kelemahan atau kekurangan membeli mobil bekas atas nama PT berikutnya adalah umumnya mobil bekas PT sudah capek. Hal ini sangat berhubungan dengan kelemahan nomor satu. Apalagi mobil bekas perusahaan atau PT itu kadang digunakan secara serampangan dan tidak dirawat dengan baik. Tentu saja ini membuat presepsi umumnya mobil bekas PT sudah capek.

>>> Ikuti cara ini agar mobil bekas yang sudah Anda beli tidak boros konsumsi oli mesin

3. Kondisi Mobil Bekas Tidak Menentu Karena Digunakan Lebih Dari 1 Orang

Mobil operasional perusahaan atau PT

Satu mobil bisa dipakai lebih dari 1 orang, otomatis kondisinya tidak selalu terjamin prima

Berikutnya yang menjadi kekuranngan membeli mobil bekas atas nama PT adalah kondisinya yang kurang terjamin. Karena, kadangkala satu buah mobil digunakan lebih dari satu orang, nah kondisi ini membuat mobil bekas tidak menentu. Belum tentu setiap orang yang menggunakan mobil tersebut mempunyai jiwa untuk merawat mobil sehingga kondisinya tetap terjaga.

>>> Sebelum membeli atau menjual mobil, simak tips lengkapnya di sini

4. Sulit Untuk Mengurus Mutasi

Hal keempat yang menjadi kekurangan membeli mobil bekas PT adalah kecenderungan untuk lebih sulit dalam mengurus mutasi. Hal ini dikarenakan ada beberapa dokumen pendukung yang harus ada ketika Anda berniat untuk melakukan mutasi kendaraan dari atas nama perusahaan ke atas nama pribadi. Salah satu dokumen yang harus tersedia adalah surat pelepasan asset, dan ini tidak mudah untuk didapatkan.

5. Perpanjangan Pajak Lebih Sulit Dan Panjang

Terakhir yang menjadi kekurangan membeli mobil bekas atas nama PT adalah untuk memperpanjang pajak lebih sulit dan tahap yang harus dilalui lebih panjang. Karena, jika mobil masih atas nama perusahaan, diperlukan adanya surat keterangan dari perusahaan yang menunjukkan bahwa benar adanya mobil tersebut masih dimiliki oleh perusahaan dan digunakan. Namun, hal ini masih bisa diatasi dengan cara 'nembak' di biro jasa.

>>> Tips & trik otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
12

berita lain