Ingin Membeli Mobil, Lebih Baik Secara Tunai atau Kredit?

05/08/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
Ingin Membeli Mobil, Lebih Baik Secara Tunai atau Kredit?
Ketika ingin beli membeli mobil pilihan, kita dihadapkan pada dua pilihan. Beli secara tunai atau dengan cara cicilan kredit, kira-kira mana lebih baik ya?

Saat ini, mobil tidak lagi menjadi kebutuhan tersier. Mobilitas yang semakin tinggi, ditambah kebutuhan akan sarana transportasi yang aman di tengah pandemi membuat urgensi membeli mobil jauh meningkat.

Saat ini, ada dua metode pembelian yang familiar. Yakni membeli mobil secara tunai atau kredit. Saat membeli mobil tunai, Anda langsung membayar harga mobil secara penuh.

Di sisi lain, saat membeli mobil secara kredit Anda hanya perlu membayar sebagian dari harga mobil, sekitar 30-40 persen, dengan sisanya dibayar secara berkala melalui sistem cicilan. Baik membeli secara tunai atau kredit pasti ada untung dan ruginya. Pertanyaanya, mana yang lebih baik? Simak penjabaran dari Cintamobil.com di bawah ini yuk.

1. Finansial

Perhitungan finansial saat membeli mobil

Kedua metode membeli mobil punya kelebihan dan kekurangan sendiri secara finansial

Hal pertama, kita membahas soal finansial membeli mobil secara tunai atau kredit. Saat membeli mobil secara tunai, kita memang harus mengeluarkan banyak uang di awal, namun setelahnya kita cuma dibebankan ongkos perawatan dan administrasi seperti pajak.

Berbeda dari membeli mobil tunai, pembelian kredit jauh lebih ringan di awal karena sebagian biaya pembelian mobil akan ditanggung oleh lembaga pembiayaan, atau biasa disebut leasing. Namun sebagai gantinya, kita harus melakukan pelunasan hutang ke leasing dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini juga berdampak ke uang yang kita bayarkan untuk membeli mobil. Ketika membeli mobil secara tunai, Anda cuma harus membayar sesuai dengan harga yang diminta showroom.

Sementara itu, jika membeli mobil secara kredit jumlah total uang yang dibayarkan untuk memboyong mobil jauh lebih tinggi, kenapa? Selain untuk membayar utang pokok, Anda juga dibebankan bunga oleh leasing, selisihnya sendiri tergantung pada lamanya jangka pembayaran kredit.

>>> Temukan berbagai mobil baru dan bekas berkualitas di sini

2. Jaminan

Mengasuransikan mobil

Jika membeli mobil secara tunai, Anda harus mempertimbangkan biaya asuransi juga

Salah satu aspek yang jadi pertimbangan dalam membeli mobil juga soal jaminan, dalam hal ini asuransi. Saat membeli mobil secara tunai, Anda tidak mendapatkan asuransi, yang berarti Anda juga harus menyiapkan uang untuk mengasuransikan mobil.

Sementara itu, biasanya dalam paket pembelian mobil secara kredit Anda akan mendapatkan asuransi juga. Artinya, Anda tidak perlu ribet-ribet menyisihkan uang untuk mengasuransikan mobil. 

3. Rencana mengganti mobil

Peluncuran Daihatsu Ayla 2020 dan Sirion 2020

Kemunculan mobil baru dengan desain dan fitur yang lebih kekinian juga patut jadi pertimbangan

Seperti kita ketahui, perkembangan teknologi otomotif sangatlah pesat. Tiap tahun pasti ada saja line-up mobil baru dengan model yang lebih menarik, atau dengan fitur yang semakin modern.

Hal ini tentu ada hubungannya dengan rencana Anda untuk membeli mobil baru, khususnya ketika sewaktu-waktu akan mengganti mobil yang Anda beli ini dengan model baru. 

Jika Anda akan memakai mobil ini paling sebentar tiga tahun, membeli mobil secara kredit bisa dipertimbangkan. Namun beda halnya jika ingin gonta-ganti mobil, disarankan untuk membeli secara cash saja. Kenapa?

>>> Jangan lewatkan berbagai tips jual beli mobil di sini

4. Kemudahan dan keuntungan menjual

Menjual mobil bekas

Menjual mobil tanpa tanggungan lebih mudah dibandingkan saat masih ada tanggungan kredit

Poin keempat akan menjawab pertanyaan di atas. Pada umumnya, mobil yang dibeli secara tunai, atau tanggungan kreditnya sudah selesai, akan jauh lebih mudah dan menguntungkan saat dijual.

Hal ini karena Anda tidak memiliki tanggunan apapun di leasing, dan membuat Anda lebih leluasa dalam menjual mobil. Berarti, mobil yang masih kredit akan susah dijual dong?

Tidak juga, Anda masih bisa menjual dengan beberapa cara, baik itu memakai metode over kredit, atau melakukan pelunasan lebih dulu sebelum penjualan. Namun, keuntungan menjual mobil secara kredit tidak sebaik saat mobil sudah lunas.

Dari penjabaran di atas, mana yang lebih menguntungkan? Membeli mobil secara tunai atau kredit? Semua bisa Anda putuskan dengan mempertimbangkan hal-hal di atas.

>>> Ingin menjual mobil Anda? Pasang iklan di Cintamobil.com yuk

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Cintamobil TV: Tips Membeli Sedan Bekas Toyota Vios 2013

23/07/2020

Jual beli

2 menit

Ingin membeli sedan bekas dengan harga yang terjangkau? Anda bisa menilik sedan Toyota Vios 2013. Simak kelebihan kekurangan dan tips membelinya di bawah ini.

Lihat juga

Keuntungan Beli Mobil Bekas Taksi

21/07/2020

Jual beli

8 menit

Berikut ini adalah pilihan mobil bekas taksi berkualitas dengan harga termurah yang bisa Anda dapatkan. Termasuk beberapa keuntungan lainnya seperti promo dan diskon.

Lihat juga

Cara Jual Beli Mobil Bekas yang Berkualitas Buat Pemula

18/07/2020

Jual beli

8 menit

Berikut ini adalah beberapa cara jual beli mobil bekas untuk Anda yang mungkin baru memulai bisnis jual beli mobil. Ada sejumlah prosedur dan tahapan yang wajib diperhatikan.

Lihat juga

3 Alasan Orang Membeli Mobil Bekas

07/07/2020

Jual beli

3 menit

Tidak selalu orang membeli mobil bekas karena tak punya dana untuk membeli mobil baru, karena faktanya banyak orang berduit memilih membeli mobil bekas.

Lihat juga

Begini Cara Memilih Situs Jual Beli Mobil yang Terpercaya

23/07/2020

Jual beli

8 menit

Ketika memilih situs jual beli mobil yang terbaik dan terpercaya, maka Anda wajib memperhatikan beberapa hal misalnya yang ada di Cintamobil.com.

Lihat juga
 
back to top