Alternatif MPV Mewah, Simak Tips Lengkap Beli Mazda 8 Bekas

13/03/2019
Pesona MPV memang selalu menjadi daya tarik konsumen otomotif di Indonesia. Tak terkecuali MPV mewah yang berlimpah fitur dan nyaman untuk dikendarai jarak jauh. Sebagai alternatif MPV mewah, simak tips lengkap membeli Mazda 8 dari Cintamobil.com.

Di Indonesia cukup banyak pilihan MPV mewah seperti Honda Odyssey, Toyota Alphard dan Nissan Elgrand. Namun masih ada satu opsi menaik untuk dimiliki yakni Mazda 8. Meskipun berbentuk layaknya MPV, desain khas Mazda yakni sporty tetap dijaga pada mobil ini. Lampu depan menggunakan sistem proyektor dengan bohlam HID membuat tampilannya terlihat elegan. Garis horizontal pada bagian grill membuat tampilannya terlihat sederhana. Secara bentuknya, Mazda 8 boleh dibilang masih terlihat konvensional belum ada sentuhan modern. Belum banyak lekukan atau garis tegas yang menjadi ciri khas mobil masa kini.

>>> Baca juga: Tips Jual Mobil Online Meniru Cara Toyota Indonesia

MPV mewah dengan pintu geser elektris

Mazda 8 dahulu didapuk sebagai MPV mewah dengan keunggulan pintu geser elektris

Saat beli Mazda 8 bekas, nuansa dalam kabin terasa mewah lebih terasa seperti jok kulit berwarna cerah dengan trim kayu gelap di beberapa sisi. Panel instrumen juga terlihat keren saat mesin dinyalakan, seperti tampilan 3D pada spidometer. Beberapa kelebihan dari mobil ini diantaranya bantingan suspensi yang halus, irit dan fitur navigasi yang membantu pengemudi. Khusus untuk barisan ketiga, akses penumpang lebih mudah karena sudah menggunakan sistem elektrik dan captain seat. Bila Anda tertarik untuk beli Mazda 8 bekas.

>>> Klik sini untuk simak informasi terlengkap tentang harga mobil Mazda

Teknis

Saat beli Mazda 8 bekas hal pertama yang diperiksa adalah mesin. Mempunyai kapasitas mesin yang besar disertai teknologi canggih artinya bahan bakar yang digunakan oleh Mazda 8 memerlukan minimal oktan 92 atau setara Pertamax dan Shell Super. Periksa apakah mesin tidak menggelitik sebagai tanda pemilik sebelumnya menggunakan bahan bakar yang tepat. Salah satu keunggulan saat beli Mazda 8 bekas adalah fitur yang berlimpah. Fitur-fitur seperti pintu geser elektrik, keyless entry, bagasi elektrik, hingga transmisi tiptronic memanjakan Anda. Pastikan seluruh fitur-fitur ini bekerja secara normal saat Anda melakukan test drive.

Periksa kondisi pintu geser elektrisnya apakah masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak

Pintu geser elektris menjadi salah satu hal teknis yang harus diperiksa saat membeli kondisi bekasnya

Bagian teknis lain bila memang Anda sangat tertarik untuk beli Mazda 8 bekas periksa komponen kaki-kaki. Pastikan tidak ada bunyi aneh ketika berjalan dan bantingan suspensi masih empuk. Pun ketika melaju dalam kecepatan tinggi dan konstan mobil tidak mengarah secara perlahan ke kiri atau ke kanan. Karena bila hal itu terjadi maka perlu spooring dan balancing.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Non-teknis

Mengingat model jok Mazda 8 adalah captain seat dimana tiap jok mempunyai sandaran tangan atau arm rest, maka ada baiknya cek kinerjanya. Apakah masih lancar untuk di naik-turunkan atau sudah longgar sehingga mudah turun. Ini penting ketika Anda ingin beli Mazda 8 bekas karena berguna untuk akses ke dalam kabin.

Periksa kondisi interior menginat mobil keluarga banyak aktivitas dilakukan sepanjang perjalanan

Kebiasaan makan dan minum di mobil membuat Anda harus teliti memeriksa kondisi interior sebelum membeli Mazda 8 bekas

Selain itu periksa juga catatan servis ketika Anda beli Mazda 8 bekas. Meski sudah berumur cukup tua, tetapi tidak ada salahnya Anda memeriksa catatan servis pemilik sebelumnya. Mengingat teknologi yang digunakan sudah cukup canggih maka perlu perawatan rutin ke bengkel. Dari catatan servis juga bisa terlihat komponen apa saja yang pernah diganti dan kapan terakhir diganti.

>>> Perhatikan rangkuman tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

berita lain