Mesin Honda F1 Jadi Senjata Rahasia Pierre Gasly Juara Di Kandang Ferrari

07/09/2020

Event - Promosi

5 menit

Mesin Honda F1 Jadi Senjata Rahasia Pierre Gasly Juara Di Kandang Ferrari
Mesin Honda F1 menjadi salah satu senjata rahasia Pierre Gasly dari tim Scuderia Alphatauri Honda untuk mencuri kemenangan perdananya di kandang Ferrari

Pembalap tim Scuderia AlphaTauri Honda Pierre Gasly berhasil meraih kemenangan perdananya di Formula 1 dalam Grand Prix Italia di Sirkuit Monza, Minggu (6/9) lalu. Balapan kali ini berlangsung dramatis, dimana Pierre yang mengandalkan mobil Formula satu bermesin Honda F1 sukses memimpin balapan dan menahan tekanan yang luar biasa sebelum akhirnya menyentuh garis finis pertama kali. Kemenangan ini menjadi semakin istimewa karena ini merupakan Grand Prix kelima puluh tim bekerjasama bersama Honda F1.

Gambar Pierre Gasly berhasil juara di Monza

Kesuksesan Pierre Gasly tak lepas dari kepiawaian Honda meracik mesin Honda F1

Kemenangan ini juga penting karena untuk pertama kalinya kemenangan diraih oleh tim F1 papan tengah sejak dimulainya era Hybrid Formula 1 pada 2014. Hal menarik lainnya adalah empat kemenangan yang diraih oleh Honda selama dua tahun terakhir dengan Aston Martin Red Bull Racing, menjadikan Honda sebagai satu-satunya pabrikan mesin yang telah mendukung dua tim berbeda untuk meraih kemenangan di era Hybrid F1.

Sepintas Tentang Jalannya Lomba

Awal balapan relatif normal, dengan Max Verstappen menempati posisi ketujuh setelah bertarung dengan Lance Stroll di lap pembukaan dan menekan Valtteri Bottas di depannya. Lebih jauh ke belakang, Pierre berada di posisi kesepuluh dan Daniil kesebelas, sementara Alex tidak beruntung setelah sempat bersenggolan dengan Pierre di Tikungan pertama.

Gambar Mobil Honda F1 Scuderia Alpha Tauri

Awalnya Gasly bukan favorit juara

Daniil memulai lomba dengan ban keras, sementara  tiga mobil lainnya menggunakan ban lunak. Scuderia AlphaTauri kemudian melakukan strategi antisipasi yang sangat baik dengan membawa Pierre masuk pit dan mengganti dengan ban keras ketika Kevin Magnussen harus berhenti di trek, dan mengeluarkan Safety Car yang membuat pit ditutup untuk sementara waktu.

Gambar Pierre Gasly vs Carloz Sainz Jr di Monza 2020

Gasly menahan gempuran Sainz junior

Hal ini menjadikan posisi Pierre naik ke urutan ketiga. Namun kemudian balapan kembali dihentikan saat Leclerc mengalami kecelakaan besar. Tim diizinkan untuk mengganti ban pada saat itu dengan Pierre di urutan ketiga beralih ke ban medium baru pada lap 26, sementara Max dan Daniil menggunakan ban medium dan Alex menggunakan ban bekas. Balapan dimulai kembali dengan standing start dan Pierre segera melaju ke depan dari garis untuk menempati posisi kedua.

Gambar Tim Scuderia Alpha Tauri Honda F1

Kemenangan sensasional Gasly

Dengan 26 lap tersisa, Pierre mempertahankan posisi di depan sementara Max harus mundur karena terdapat masalah pada power unit. Pierre terus menjaga ritme balapnya sementara disaat bersamaan ia harus menjaga posisinya dari tekanan Carlos Sainz Jr yang semakin mendekati dirinya sejak 15 lap terakhir. Pierre sempat masuk jangkauan DRS. Namun ia mampu menjaga posisinya dan juga tidak membuat kesalahan di bawah tekanan besar dari Carlos. Ia berhasil melewati garis finish dengan keunggulan 0,4 detik untuk meraih kemenangan pertama F1 yang cukup mengejutkan, dan tentunya kemenangan pertama bersama AlphaTauri.

>>> Mau serasa pembalap Formula Satu Bermesin Honda? Intip harga mobil Honda bekas di sini

Mesin Honda F1 Beri Peran Besar

“Kuncinya (setiap balapan) adalah dengan memaksimalkan efisiensi secara keseluruhan melalui setiap sesi latihan untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat dari energi listrik yang digunakan. Kami merasa kedua tim kami memiliki potensi untuk tampil baik. hasil ini tentunya memberi semangat dan membuktikan bahwa kami bisa membuat kemajuan” tukas Toyoharu Tanabe sebagai Technical Director Honda F1 pada keterangan resminya beberapa waktu lalu dikutip Cintamobil.com. Pria asal Jepang ini juga percaya diri terhadap kedua tim yang dipasok mesin Honda F1 untuk bisa tampil all out.

Gambar mobil Scuderia Alpha Tauri Honda F1

Mesin Honda F1 beri peran besar

Mesin terbaru dari Honda Formula 1 ini berkode RA620H, ia memiliki kapasitas silinder 1.600 cc internal combustion engine dengan enam silinder berkonvigurasi V, serta dikombinasikan dengan Energy Recovery System. Sistem hybrid yang ada memungkinkan energi untuk didaur ulang dari pengereman dan gas buang, guna memberikan tenaga tambahan yang dapat menambah kecepatan mobil dan mengurangi gejala lag atau kurang responsif pada kendaraan. 

Gambar Honda Jazz e:HEV dan Mobil Honda F1

Teknologi di Formula Satu nantinya akan turun ke mobil jalan raya

Sepanjang balapan, insinyur Honda di ajang Formula 1 secara konsisten mengevaluasi rasio energi yang berhasil di daur ulang dan digunakan dalam sistem hybrid untuk menciptakan performa yang optimal. Pengalaman membangun mesin hybrid dengan efisiensi tinggi dan tenaga besar ini nantinya akan dimanfaatkan juga untuk mobil jalan raya mereka seperti Honda All-new City bahkan Honda Jazz. Tak heran Honda punya tagline The Power Of Dreams untuk tiap produknya.

Tags: Honda F1
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top