Review All New Honda City 2020: Evolusi sebuah sedan perkotaan

28/11/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Setelah siklus lima tahun dari generasi keempat, Honda menghadirkan generasi ketujuh All New Honda City yang kini lebih sporty, bertenaga, namun lebih efisien. Dengan modal ketiga hal tersebut, akankah City generasi baru ini meneruskan pendahulunya yang sukses besar di pasar Asia?

PENGANTAR Honda City 2020

Review All New Honda City 2020 - Honda City diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 1981 untuk pasar Jepang. Dan saat memasuki generasi ketiga SX8 (1996-2002) City ditempatkan tepat di bawah Honda Civic, dan dikhususkan untuk negara berkembang di Asia, seperti Thailand, Indonesia, Malaysia, dan negara di belahan dunia lain seperti Brazil dan Meksiko.

Gambar menunjukkan generasi ketiga dari mobil Honda City

Honda City generasi ketiga jadi pelopor segmen sub-compact sedan di Asia Tenggara

Mengusung body kompak, efisiensi bahan bakar yang sangat baik, serta harga yang cukup terjangkau, City jadi salah satu model paling laku di kawasan Asia, khususnya di Thailand yang jadi pusat produksi sedan kompak ini. Maka tak heran, All New Honda City 2020, yang merupakan generasi ketujuh (atau generasi kelima yang dijual di Asia) diperkenalkan untuk pertama kalinya di Negeri Siam itu.

All New Honda City 2020 merupakan sebuah evolusi sedan perkotaan jika dibandingkan dengan pendahulunya, atau mungkin sedan sekelas. Mulai dari mesin baru yang lebih bertenaga namun lebih efisien, dan juga desain body lebih sporty.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut kami hadirkan review Honda City 2020 dari Cintamobil.com untuk Anda para pecinta mobil.

EKSTERIOR Honda City 2020

Review All New Honda City 2020: Tampilan Depan

All New Honda City 2020 warna putih dilihat dari depan

Dari depan, sepintas desain All New Honda City 2020 tampak seperti Honda Civic

Begitu melihatnya, kita bisa langsung melihat kesamaan desain fascia depan All New Honda City 2020 dengan model Honda lainnya semisal Civic. Hal ini tentunya tak bisa terlepas dari bahasa desain Solid Wing Face yang memang tengah menjadi acuan desain mobil-mobil Honda kekinian.

Terlepas dari desain fascia depan yang Honda banget, secara umum desain Honda City 2020 terlihat lebih tegas. Hal ini terlihat dari lampu depan besar dengan teknologi projector meski belum LED, yang ditambahkan dengan DRL, grille baru yang cukup besar dengan finishing silver, ditambah lubang udara di bawahnya dengan desain horizontal.

Sementara untuk varian RS yang lebih sporty, grille diberi finishing hitam dengan desain lubang udara dibuat jaring-jaring, dan ada tambahan fog lamp pada trim tertinggi Honda City 2020. Lampu yang digunakan untuk varian paling mahal ini juga sudah LED.

Review All New Honda City 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan sebuah mobil All New Honda City 2020 dilihat dari tampak samping

Sisi samping Honda City 2020 terlihat lebih bersih namun tidak menghilangkan kesan sporty

Beralih ke samping, desain Honda City 2020 terlihat bersih namun cukup sporty dengan dua tarikan garis memanjang dari depan ke bagian belakang. Yang pertama, kita bisa lihat di bagian atas dimana garis memanjang yang tegas menghubungkan antara lampu depan dan lampu belakang. Satu lagi ada di bagian bawah, dimana garis berawal dari belakang fender depan, naik sampai bumper belakang.

Di sini, kita mulai bisa melihat ciri khas City pada All New Honda City 2020, mulai dari pilar B yang di black-out, desain pilar D yang gemuk dengan menganut hoffmeister kink ala-ala BMW, dan overhang belakang yang cukup panjang.

Secara dimensi, generasi ketujuh City kini lebih panjang 113 mm, lebih lebar 53 mm, dan lebih pendek 10 mm. Untuk pelek yang digunakan, Honda memberkan dua pilihan ukuran, 15 dan 16 inci.

Review All New Honda City 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan sebuah mobil All New Honda City 2020 dilihat dari tampak belakang

Aura modern Honda City 2020 terpancar dari pengunaan LED stoplamp

Beralih ke bagian belakang, kita bisa langsung mengetahui bahwa ini adalah sebuah Honda City dari desain pintu bagasi yang kecil. Namun secara umum, bagian belakang Honda City 2020 berbeda jauh dari pendahulunya, hal ini disebabkan desain lampu belakang horisontal dengan LED yang memberikan kesan modern dan agresif.

Desain bumper belakang juga sekarang tampak berisi dengan banyaknya lekukan garis di bagian bawah. Mulai dari garis melengkung yang menghubungkan lampu belakang kanan dan kiri, dan juga peletakan reflektor di samping yang membuat proporsi bumper tampak semakin lebar.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Honda City 2020

Review All New Honda City 2020: Dashboard & Setir

Gambar menunjukkan Desain dashboard All New Honda City 2020

Layout dashboard dan kemudi All New Honda City 2020

Masuk ke bagian dalam, Honda City 2020 mengusung desain dashboard baru yang lebih sederhana. Tidak ada lekukan-lekukan aneh, semuanya dibuat bersih dengan peletakan tombol AC, ventilasi, dan tombol pengatur lainnya sesuai pada tempat dan peruntukannya.

Dengan dominasi tombol fisik pada dashboard City generasi terbaru, pengemudi akan lebih mudah mengoperasikan berbagai fungsi mobil tanpa harus terbagi fokusnya. Beralih ke bagian pengemudi, terlihat desain yang sama sederhananya seperti dashboard mobil. Untuk varian SV yang kami review saat ini, setir yang digunakan hanya memiliki steering switch control untuk mengontrol audio dan bluetooth telephony, lalu di mana tombol cruise controlnya?

Gambar menunjukkan Desain cluster instrument All New Honda City 2020

Untuk varian non-RS, Anda akan menemukan pengatur cruise control di dekat cluster instrumen

Anda akan menemukan tombol tersebut di dekat cluster instrumen, yang bersebrangan dengan tombol start/stop engine. Sedikit merepotkan memang, namun untuk varian RS peletakan pengatur cruise control di bagian kemudi, dan juga ditambah paddle shift 7-percepatan yang tidak ada pada varian di bawahnya.

Review All New Honda City 2020: Bangku depan & belakang

Gambar menunjukkan Layout interior All New Honda City 2020

Layout All New Honda City 2020 memberikan legroom lebih proper untuk penumpang belakang

Untuk pilihan kursi, All New Honda City 2020 mendapatkan dua material yakni perpaduan kulit dan fabric serta fabric sepenuhnya. Meski secara wheelbase lebih pendek 11mm, nyatanya legroom untuk penumpang belakang lebih baik. Ini dikarenakan penggunaan platform yang sama seperti yang digunakan Honda Jazz generasi terbaru yang dipamerkan pada Tokyo Motor Show 2019 bulan lalu.

Gambar menunjukkan Layout bangku belakang All New Honda City 2020

Bangku belakang Honda City 2020

Pada dasarnya, City generasi ketujuh ini dapat mengakomodir lima penumpang dewasa dengan leluasa, tentu tidak terlepas dari hadirnya seatbelt tiga titik dan sandaran kepala untuk tiga penumpang di tengah. Jika bagian tengah belakang tidak diduduki, Anda bisa menurunkannya dan fungsinya berubah menjadi arm rest dengan dua cup holder.

>>> Baca juga:

FITUR Honda City 2020

Review All New Honda City 2020: Fitur Hiburan

Head unit All New Honda City 2020 dengan fitur Apple Car Play

Layar multimedia City mendukung Apple CarPlay, Google Maps, dan Honda Connect

Pusat infotainment All New Honda City 2020 menggunakan layar multimedia ukuran 8 inci yang mendukung Apple CarPlay, navigasi Google Maps, dan Honda Connect. Pengoperasian menunya cukup mudah dengan tombol fisik yang diletakkan di sebelah kanan layar. Secara konektivitas, head unit ini juga cukup lengkap dengan bluetooth dan wi-fi sebagai kelengkapan koneksi standar.

Hadirnya tweeter di pintu depan mobil, dan empat speaker di masing-masing pintu pengemudi dan penumpang memastikan output suara yang dihasilkan sistem audio Honda City 2020 cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari.

Review All New Honda City 2020: Fitur keselamatan & berkendara

Fitur multi angle rearview camera pada All New Honda City 2020

Multi-angle rear camera akan memudahkan proses parkir

Untuk fitur berkendara, tersedia fitur auto start stop button yang dapat mematikan mesin mobil saat berhenti di lampu merah, sekaligus mode Econ jika yang Anda kejar adalah efisiensi bahan bakar. All New Honda City 2020 juga disematkan fitur cruise control yang membantu Anda menjaga kecepatan saat berada di jalan tol. Kemudahan parkir juga diakomodir dengan hadirnya multi-angle rearview camera, dan Hill Start Assist untuk membantu saat berkendara melewati tanjakan.

Struktur GCON Force control technology pada All New Honda City 2020

Struktur G-CON yang digunakan City dapat meminimalisir dampak kecelakaan dalam kabin

Selain fitur keselamatan standar seperti Anti-lock Brake Distribution (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Brake Assist, Vehicle Stability Assistant (VSA), dan total enam airbag (dua front SRS Airbag, dan dua i-side airbag, dan dua side curtain airbags) Honda City 2020 juga menggunakan struktur G-force Control Technology yang dapat membantu meminimalisir dampak kecelakaan ke dalam kabin dan penumpang dengan mendistribusikan energi tubrukan secara merata ke sasis bagian luar mobil.

>>> Beli Honda City dapat Motocompo? Wow

OPERASI Honda City 2020

Mesin 1.000cc turbo milik All New Honda City 2020

Perpaduan mesin mungil dan turbo menghasilkan tenaga yang cukup tinggi untuk ukuran sebuah Honda City

Perubahan paling menarik dari All New Honda City 2020 terdapat pada mesin yang digunakan, yang diklaim lebih efisien 33% ketimbang mesin 1.500 cc normally aspirated yang digunakan pada generasi Honda City sebelumnya .

Well, mesin 3-silinder 1.000 cc i-VTEC DOHC 12 Valve berkode P10A2 ini telah diimbuhi turbo lansiran BorgWarner buatan Amerika sehingga dapat menyemburkan tenaga sampai 122 HP pada 5.500 rpm dan torsi 173 Nm pada rentang 2.000-4.500 rpm. Mesin ini juga telah dirancang sedemikian rupa agar memiliki efisinsi volumetrik yang baik.

Untuk memaksimalkan efisiensi, mesin Honda City generasi terbaru ini dipasangkan dengan transmisi CVT dengan fitur paddle shift 7-percepatan. Kombinasi keduanya membuat Honda City 2020 memenuhi standar Phase 2 Eco Car di Thailand dengan kadar emisi di bawah 100 g/km dan konsumsi bensin tak kurang dari 23,25 km/l.

>>> Saat sebuah Honda Civic disulap jadi Drift car bertenaga 900 HP

spesifikasi Honda City 2020

Setelah mengulas baik interior, eksterior, fitur, dan juga performa, simak spesifikasi All New Honda City 2020 di bawah ini.

Dimensi All New Honda City 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.553mm x 1.748mm x 1.467mm 

Jarak Poros Roda

2.589 mm  

Mesin All New Honda City 2020

Tipe Mesin

P10A2, 1.000cc VTEC turbo 3-Silinder segaris  

Tenaga Maksimal/rpm

122 HP @5.500 rpm 

Torsi Maksimal/rpm

 173 Nm @2.000-4.500 rpm

Transmisi

 CVT 7-Percepatan

Sistem Penggerak

 Front Wheel Drive

Handling All New Honda City 2020

Suspensi Depan

MacPherson Strut 

Suspensi Belakang

Drum 

Rem Depan

Ventilated disc 

Rem Belakang

Drum

Pelek

R15 – R16 

Fitur All New Honda City 2020

Fitur Keamanan

ABS, EBD, BA, VSA, 6 SRS Airbag G-Force Control Platform 

Fitur Berkendara

 Auto start/stop engine, Econ mode, Cruise Control, Hill start Assist, Multi-angle rearview parking camera

Fitur Hiburan

Layar multimedia 8 inci dengan support Apple Play, Google Maps, dan Honda Connect. 

kelebihan & kekurangan Honda City 2020

Usai membahas berbagai aspek All New Honda City 2020 luar dan dalam, maka ini kesimpulan awal kami terkait generasi terbaru Honda City.

Kelebihan

Kelemahan

Desain eksterior lebih sporty dibandingkan pendahulunya

Desain dashboard terlalu sederhana

Mesin turbo, performa dan efisiensi meningkat di saat bersamaan

Rem belakang masih tromol

Peletakan tombol di dashboard ergonomis

Mesin baru belum tentu cocok dengan pasar Indonesia

>>> Temukan mobil dengan harga dan kondisi terbaik di sini

daftar harga Honda City 2020

All New Honda City 2020 hadir dalam empat varian, S, V, SV, dan RS. Untuk detail harga di Thailand, simak tabel di bawah ini.

Varian

 Harga (Dalam Baht)

 Harga (Dalam Rupiah)

S

 ฿                      579.500

 Rp                270.064.385

V

 ฿                      609.000

 Rp                283.812.270

SV

 ฿                      665.000

 Rp                309.909.950

RS

 ฿                      739.000

 Rp                344.396.170

>>> Lihat harga mobil Honda lainnya di sini

Video Honda City 2020

KESIMPULAN Honda City 2020

All New Honda City 2020 warna merah saat peluncuran

Setelah jadi pelopor City Car, All New Honda City 2020 menghadirkan dimensi baru untuk segmen ini 

All New Honda City 2020 menghadirkan standar baru bagi sebuah mobil perkotaan di Asia Tenggara. Terlepas dari desain yang semakin sporty dan beragam fitur baru di dalamnya, hal terpenting dalam evolusi City generasi ketujuh adalah penggunaan mesin baru 1.000cc dengan turbo. Lebih dari sekadar mesin baru, ini juga bisa jadi tonggak perubahan tren di mana sebelumnya mobil di Asia Tenggara cenderung menggunakan mesin 1.500 cc.

Dengan adanya mesin 1.000 cc turbo yang terbukti lebih bertenaga dan efisien, tentu akan jadi pilihan menarik bagi pasar Asia Tenggara khususnya Indonesia. Pertanyaanya, apa pasar Indonesia siap beralih dari mesin 1.500 cc yang sudah lama jadi primadona?

>>> Simak review lain yang tak kalah menariknya di Cintamobil.com

Derry Munikartono
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil