Hasil Kualifikasi MotoGP Assen 2021: Maverick Vinales Kembali ke Pole Position

27/06/2021

Event - Promosi

3 menit

Mendominasi di sesi FP (Free Practice) 1 - 3, Maverick Vinales dari Monster Energy Yamaha berhasil meraih posisi pole position di seri MotoGP Assen 2021.

Maverick Vinales sukses mencatatkan waktu tercepat dalam kualifikasi seri MotoGP Assen 2021. Catatan waktu 1 menit 31,814 detik dari pembalap asal Spanyol ini tak hanya berbuah pole position, ia juga memecahkan rekor lap tercepat di Assen sepanjang masa.

Seri MotoGP Assen 2021 akan dilaksanakan malam ini (27/06) pada pukul 19:00 WIB. Pemimpin klasemen sementara, Fabio Quartararo harus puas bertengger di grid kedua di belakang rekan setimnya.

Gambar Fabio Quartararo

Quartararo akan start di P2 pada seri MotoGP Assen 202

 

Lintasan Balap Yang Menyulitkan Ducati

Selain Jack Miller yang otomatis lolos ke sesi Q2, pembalap Ducati lain harus berjibaku dari sesi Q1. Hasilnya, terjadi saling sikut antar pembalap Ducati untuk melanjutkan sesi kualifikasi.

Sirkuit Assen termasuk lintasan yang minim trek lurus panjang, sehingga para pembalap Ducati tidak bisa mengeksploitasi kekuatan utama dari motor balap mereka.

Francesco Bagnaia dan Jorge Martin cukup kompetitif dan menguasai Q1 sejak awal. Sementara itu, Johann Zarco tampak sangat kesulitan dan baru mulai mencetak lap yang cukup baik pada 5 menit terakhir sesi kualifikasi pertama.

>>> Maverick Vinales Bertekad Jadi yang Tercepat di MotoGP Belanda

Gambar Johann Zarco

Meski sulit, Zarco berhasil melaju ke sesi kedua kualifikasi

Dalam periode tersebut, banyak pembalap melaju bersamaan demi mencari slipstream. Marc Marquez dari tim Repsol Honda sempat mencoba memanfaatkan slipstream dari Jorge Martin untuk mencari waktu cepat.

Pembalap Tech3 KTM, Iker Lecuona tampil cukup bagus dalam sesi ini dan sempat merebut posisi kedua dari Martin. Di detik-detik akhir, Zarco berhasil melesat ke posisi pertama dan lolos ke Q2 bersama Bagnaia.

>>> MotoGP Jerman 2021, Marc Marquez Kembali Merajai Sachsenring Untuk Kesebelas Kalinya

Marquez yang terus berusaha untuk memperbaiki posisi masih belum menemukan momentum dan ia pun mengalami crash di menit terakhir Q1 dan harus rela tidak mengikuti sesi kualifikasi selanjutnya.

Gambar Q1 MotoGP Assen 2021

Hasil Q1 MotoGP Assen 2021

Yamaha Unjuk Gigi di Q2

Di sesi kualifikasi Q2, pembalap dari Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo langsung tampil cepat di awal-awal sesi. Johann Zarco yang merangkak dari Q1 juga tampil cukup bagus di awal-awal Q2.

Gambar Vinales

Vinales berhasil mengamankan pole position dan mencuri rekor lap tercepat Assen

Menit ke-6, Quartararo bisa memecahkan rekok sepanjang masa dengan jadi pembalap MotoGP pertama yang bisa mencetak waktu di bawah 1 menit 32 detik, tepatnya di angka 1 menit 31,922 detik.

Namun, memasuki 3 menit terakhir sesi kualifikasi, Vinales membalas lap tersebut dengan capaian waktu 1 menit 31,814 detik yang akhirnya menjadi rekor baru di lintasan balap Assen.

>>> Kenali Cara Kerja dan Merawat Blower AC Mobil Agar Tetap Sejuk

Gambar Q2 MotoGP Assen 2021

Hasil Q2 MotoGP Assen 2021

Quartararo sempat berusaha untuk mempertajam waktunya, namun hingga sesi berakhir ia tak mampu mengalahkan waktu dari rekan setimnya tersebut. Hasil ini menjadi sesuatu yang luar biasa mengingat Vinales terlihat kesulitan di seri Sachsenring.

Francesco Bagnaia melengkapi baris pertama dengan menempati posisi ketiga di sesi ini. Sementara itu, Valentino Rossi tampil kurang bagus dan menempati posisi terakhir di Q2 dan akan start di P12.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top