Cadillac Siapkan Hypercar Hybrid Untuk Kembali ke Le Mans pada 2023

26/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Vakum 20 tahun lebih dari Le Mans, Cadillac akan kembali ke ajang balap ketahanan tersebut di tahun 2023. Saat ini mereka sedang mempersiapkan 'senjatanya'.

Niat Cadillac untuk bersaing di kategori balap Le Mans-Daytona hybrid (LMDh) memang sudah terendus cukup lama, dan akhirnya mereka pun membenarkan kabar tersebut.

Pabrikan asal Amerika Serikat ini akan bermitra dengan konstruktor sasis Italia, Dallara untuk membuat mobil balap baru yang diberi nama Cadillac LMDh-V.R Prototype. Mobil tersebut akan memulai debutnya di ajang IMSA WeatherTech Series dan tentunya Le Mans 24 Jam pada tahun 2023.

Mengapa Baru Sekarang?

Terakhir kali mereka turun di Le Mans 24 Jam, usaha mereka untuk bersaing dengan pabrikan otomotif lain berakhir dengan bencana. GM sebagai induk perusahaan Cadillac sudah salah langkah dari awal percobaannya. Namun, mereka bukan pabrikan otomotif besar pertama yang kesulitan bersaing di Le Mans.

>>> Dealer Cadillac Berguguran Demi Jual Mobil Listrik

Gambar Cadillac Northstar LMP

Cadillac punya kenangan yang kurang baik di Le Mans

BMW dan Audi pun pernah mengalami masa-masa memalukan di kelas prototipe balap ketahanan pada akhir tahun 1990-an. Namun, keduanya belajar dari kesalahan mereka dan memenangkan perlombaan di tahun kedua. Hal yang sama tak berlaku untuk GM dan Cadillac.

Sederhananya, GM tidak menyadari apa yang dibutuhkan untuk memenangkan salah satu ajang balap paling besar dan prestisius di dunia ini. Jika Anda pernah menonton film Ford v Ferrari, kira-kira seperti itu lah yang terjadi di dalam kubu GM. Bedanya, Henry Ford II akhirnya berani untuk all-in dengan Ford GT40 mereka.

Karena kegagalan itu, nampaknya Cadillac sedikit trauma untuk kembali berlaga di Le Mans. Sampai akhirnya, beberapa tahun terakhir ini mereka mulai kompetitif di ajang IMSA WeatherTech Series dengan 4 kemenangan di Daytona 24 Jam berturut-turut dan menjuarai seri tersebut di tahun 2017 dan 2018.

>>> Paska Audi dan Porsche, BMW Bakal Kembali ke Ajang Le Mans 2023?

Dengan percaya diri yang tinggi, akhirnya mereka memutuskan untuk kembali ke Le Mans dan membuktikan bahwa GM juga sanggup bersaing di ajang balap ketahanan paling bergengsi ini seperti rivalnya, Ford.

Gambar Cadillac LMDh

Render LMDh-V.R Prototype yang akan digunakan Cadillac pada tahun 2023

Akan Ada Persaingan Kelas Berat di Tahun 2023

Program LMDh Cadillac akan dijalankan oleh tim Chip Ganassi Racing yang saat ini bersaing di IMSA WeatherTech bersama Cadillac. Dan LMDh-V.R Prototype akan memulai debutnya di Rolex 24 di Daytona pada tahun 2023. Hingga saatnya tiba, Cadillac DPi-V.R yang digunakan saat ini (dan cukup dominan) akan terus bersaing.

Cadillac akan mendapatkan perlawanan yang cukup sengit dari pabrikan otomotif lainnya. Sejauh ini, Audi, Porsche, BMW, dan Acura telah mengkonfirmasi keikutsertaan mereka di kelas LMDh pada 2023. Tak tanggung-tanggung, Lamborghini juga berniat untuk meramaikan pada 2024.

>>> Toyota GR Kembali Mendominasi Ajang Balap Ketahanan Le Mans 24 Jam

Gambar Toyota Gazoo Racing

Siapa yang akan menghentikkan dominasi Toyota Gazoo Racing?

Di Le Mans, mobil LMDh akan diseimbangkan dengan kelas baru Le Mans Hypercar (LMH) FIA, yang saat ini sedang didominasi oleh Toyota. Namun, Glickenhaus dan Alpine pun sedang bersiap-siap untuk mematahkan dominasi pabrikan asal Jepang tersebut.

Jadi, pada Le Mans 2023 kita akan melihat Cadillac, Audi, Porsche, BMW, Acura, Toyota, Peugeot, Ferrari, Glickenhaus, dan Alpine bersaing untuk mendapatkan gelar juara dan memperkuat merek mereka sebagai pabrikan dengan teknologi dan performa yang jempolan. Kebetulan, tahun itu akan menjadi perayaan 100 tahun dari Le Mans itu sendiri.

Kami jadi tidak sabar menanti tahun 2023 di mana semua pabrikan tersebut akan bersaing di ajang balap ketahanan paling bergengsi.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top