Toyota GR Kembali Mendominasi Ajang Balap Ketahanan Le Mans 24 Jam

23/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Mobil #7 Toyota Gazoo Racing mendominasi balap ketahanan Le Mans 24 Jam yang berakhir pada Minggu (22/8). Ini menjadi tahun ke-4 Toyota merajai ajang tersebut.

Setelah sukses 3 tahun berturut-turut dengan TS050 Hybrid, Toyota kembali ke Le Mans 24 Jam dengan mobil baru mereka, GR010 Hybrid di kelas Le Mans Hypercar (LMH).

Dengan membawa dua mobil, #7 dan #8, Toyota Gazoo Racing merajai Circuit de la Sarthe dengan finis di urutan pertama dan kedua overall dan kategori LMH.

Mobil #7 dikendarai oleh Mike Conway, Jose Maria Lopez, dan Kamui Kobayashi. Sedangkan mobil #8 dikendarai oleh trio Brendon Hartley, Sebastian Buemi, dan Kazuki Nakajima yang menjuarai Le Mans 24 Jam tahun lalu.

>>> Sejarah Le Mans 24 Jam: Mengenal Adu Balap Ketahanan Tertua di Dunia

Gambar Toyota GR010 Hybrid

Toyota GR010 Hybrid tampil dominan sepanjang perlombaan

Dari Pole Position Hingga Juara

Memulai lomba pada Sabtu (21/8) malam pukul 21.00 WIB dari pole position dengan pebalap Mike Conway, GR010 Hybrid #7 mengakhiri balapan lewat Kamui Kobayashi.

Usai menyelesaikan 371 lap selama 24 jam di sirkuit legendaris tersebut, mereka berhasil melewati garis finis dengan keunggulan satu lap atau 36,791 detik dari mobil #8 yang dikendarai oleh Kazuki Nakajima untuk mengakhiri perlombaan.

Peringat ketiga overall dan kelas LMH direbut oleh Tim Alpine Elf Matmut yang diprediksi dapat memberikan perlawanan sengit pada kubu asal Jepang. Mobil Alpine A480-Gibson #36 yang dikendarai oleh Nicolas Lapierre, Andre Negrao, dan Matthieu Vaxiviere tertinggal empat lap di belakang Toyota #7.

>>> Toyota Luncurkan Mobil Balap Hypercar GR010 Hybrid, Debut WEC 2021

Gambar Toyota Gazoo Racing

Toyota Gazoo racing mengulangi kesuksesan di tahun 2021 setelah three-peat di 3 tahun sebelumnya

Torehan ini cukup fantastis mengingat ajang ini menjadi kali pertama kategori Le Mans Hypercar dilombakan dan Toyota Gazoo Racing langsung menjuarainya menyusul three-peat di kelas LMP1 pada tahun 2018, 2019, dan 2020.

Ada yang menarik dari hasil balapan di kelas LMP2, pebalap asal Indonesia, Sean Gelael berhasil finis di urutan ke-7 overall dan urutan ke-2 di kelasnya. Ia mengendarai Oreca 07-Gibson dari tim JOTA bersama dengan dua pebalap lainnya, Tom Blomqvist dan Stoffel Vandoorne. Tapi, kita akan membahas aksi Sean lebih lengkap di artikel selanjutnya.

Ancaman Dari Alpine Tahun Depan

Rumornya, Alpine sedang mempertimbangkan untuk all-out di tahun berikutnya demi mematahkan dominasi Toyota di ajang balap ketahanan. Fernando Alonso akan menjadi kandidat utama untuk menjadi pilot Hypercar baru mereka untuk bersaing dengan Toyota Gazoo Racing.

>>> Akhirnya, Toyota Menang Di Le Mans 24 Jam 2018

Gambar Fernando Alonso

Alpine siap menarik Alonso kembali ke Le Mans demi mematahkan dominasi Toyota

Alonso menjadi salah satu kunci kesuksesan tim pabrikan Jepang untuk menjuarai ajang balap ini di tahun 2018 dan 2019, dan saat ini pebalap asal Spanyol tersebut sedang membalap untuk tim Formula 1 Alpine.

Namun, kesuksesan tim dalam ajang balap Le Mans 24 Jam tak hanya bergantung pada pebalapnya. Karena itu, Alpine juga sedang mempertimbangkan untuk membangun mobil prototipe baru untuk bersaing dengan GR010 Hybrid.

Namun, Laurent Rossi, Managing Director Alpine belum mau berkomentar banyak mengenai mobil prototipe yang akan mereka bangun tersebut.

"Saya tidak akan membahas terlalu banyak detail karena ada elemen dalam keputusan itu dan saya tidak ingin memberikan terlalu banyak," ungkap Rossi.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top