Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019 Indonesia

25/10/2018
editor rate: 4,3 user rate: 4,0
Menarik rasanya jika membahas segala hal tentang Volkswagen seperti halnya Bettle Final Edition. Setelah cukup lama berkiprah dalam dunia otomotif sejak tahun 1949, model ikonik Beetle akan mengakhiri masa produksinya di tahun 2019 mendatang. Merayakan hal tersebut, Volkswagen menghadirkan dua Line terbaru untuk mobil bersejarah ini yakni Final Edition SE dan Final Edition SEL. Tak sabar rasanya, mari kita simak bersama review Volkswagen Beetle Final Edition 2019.

PENGANTAR Volkswagen Beetle 2019

Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019 – Ya dari nama Final Edition, tentu kita memahami bahwa ini adalah model terakhir dari mobil ikonik Volkswagen Beetle yang sudah mengarungi berbagai zaman. Bentuknya sangat unik di masa lampau dengan bodi bongsor serta Fender berukuran lebar. Desain tersebut nyatanya sukses mewarnai jalan Amerika di tahun 1950-an. Bahkan, pihak Volkswagen mengklaim bahwa  Beetle adalah sosok yang berhasil merubah struktur kebudayaan Amerika lewat desain ikonik serta mobilitasnya di masa lalu.

Sejarah Volkswagen Beetle dimulai pada tahun 1949

Menilik sejarah Volkswagen Beetle yang pertama kali hadir di Amerika pada tahun 1949

Nama Beetle sendiri merujuk kepada sebuah makna Bug atau yang kita kenal sebagai serangga. Desain kompak berpintu dua dengan daya tampung lima orang menjadikannya mirip dengan serangga mungil yang cukup menggemaskan. Bahkan, mobil yang paling mudah dikenali oleh masyarakat dunia adalah sosok Beetle ini. Mengingat bentuknya yang unik serta suaranya yang khas. Dari hasil penelusuran kami, model satu ini juga memiliki rekam jejak emas yakni di tahun 1968 yang mana Beetle berhasil terjual hampir 400.000 unit.

Total Penjualan Volkswagen Beetle hampir mencapai 400.000 unit di tahun 1968

Tahun 1968 menjadi tahun keemasan bagi Volkswagen Beetle

Generasi keduanya dimulai pada tahun 1997 dengan mengubah tatanan mesin ke sisi depan bermode Front Wheels Drive (FWD). Tatanan desain eksteriornya masih mengusung konsep Retro berkat sentuhan tangan dari J. Mays dan Freeman Thomas. Hal tersebut juga dilanjutkan pada generasi ketiganya yang diluncurkan pada tahun 2011, mengusung desain klasik dengan sentuhan agresif. Versi Convertible-nya juga dihadirkan setelah dua tahun berselang. Rencananya, model satu ini akan mengakhiri masa produksinya di tahun 2019 dengan tagar #byebyeBeetle.

Generasi ketiga Volkswage Beetle dirilis pada tahun 2011 silam

Generasi ketiga Volkswagen Beetle akan mengakhiri masa produksinya di tahun 2019

Memang tak dipungkiri, banyak pecinta Beetle menyayangkan hal ini. Menjawab hal tersebut, pihak Volkswagen memberikan apresiasi terakhir dengan menghadirkan Beetle Final Edition. Model satu ini rencananya akan menggunakan teknologi baru yakni Driver-Assistance dipadu mesin 2.0 Liter TSI berdaya 174 HP. Penasaran? Mari kita simak bersama segala hal detail tentangnya dalam review Volkswagen Beetle Final Edition 2019.

EKSTERIOR Volkswagen Beetle 2019

Desain eksterior Volkswagen Beetle Final Edition 2019 kini dibuat makin Eye-Catching dengan perpaduan sentuhan Retro nan modern. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, tentu sisi ikonik tak pernah hilang dari sosok ini. Anda penikmat mobil-mobil Beetle takkan pernah menyesal dengan pembaruannya ini. Khusus pada artikel ini, Cintamobil.com akan membahas varian tertingginya yakni Final Edition SEL.

Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019: Eksterior Depan

Dari sisi depan, karakteristiknya dari zaman ke zaman tak berubah, menggunakan aksen Bonnet yang nampak menggembung dengan lampu utama berukuran besar. Untuk lebih menjamin kenyamanan Anda dalam berkendara, Beetle Final Edition 2019 mengahdirkan lampu Bi-Xenon dipadu LED Daytime Running Lights (DRL). Memang secara desain, tampilan lampunya tak banyak berubah, namun fitur tersebut setidaknya mampu mewakili sisi modern dari model satu ini.

Eksterior depan Volkswagen Beetle Final Edition 2019 sudah menerapkan lampu utama Bi-Xenon, Fog Lamps dan DRL

Eksterior depan Volkswagen Beetle Final Edition 2019 masih menerapkan sisi karismatiknya dari zaman ke zaman

Tatana lampu Fog Lamps juga menunjang fungsi pencahayaannya supaya Anda dapat berkendara di area berkabut sekalipun. Menariknya lagi, sisi bemper depan kini menggunakan ukuran trapesium dengan satu sapuan palang tipis pada sisi tengah. Hal ini bukan saja mampu memberikan kesan lebih stylish namun juga mampu menghadirkan sirkulasi udara yang baik bagi kabin mesinnya.

Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019: Eksterior Samping

Merambah ke bodi samping, Fender masih tampak menggembung namun dengan desain lebih baru. Dibanding versi Coupé-nya yakni Final Edition SE, kami lebih menyukai pelek pada varian SEL yang mana menerapkan desain Disc White Alloy berukuran 18 inci. Kesan elegan terpancar sangat kuat dari sisi tersebut. Adapun panel Door Handle dikemas apik serupa dengan warna dasar bodinya yakni Stonewashed Blue Metallic atau Safari Uni.

Eksterior samping Volkswagen Beetle Final Edition 2019 dihias apik dengan pelek elegan

Eksterior samping Volkswagen Beetle Final Edition 2019 dihias apik dengan pelek Disc Wheel berukuran 18 inci

Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019: Eksterior Belakang

Rear Spoiler menjadi fitur yang mampu memberi kesan agresif seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Tatanan lampu juga dibuat mirip kapsul yang sudah terintegrasi dengan lampu sein. Lampu belakangnya ini disematkan pada sisi Fender roda belakang sehingga memberi kesan lebih tajam. Definisi modern khas Volkswagen. Pemanis akhir dapat dirasakan pada lampu LED Taillights yang dibuat minimalis dipadu dengan bemper belakang berwarna hitam.

Eksterior belakang Volkswagen Beetle Final Edition 2019 menggunakan lampu berbentuk kapsul

Eksterior belakang Volkswagen Beetle Final Edition 2019 juga nampak manis dengan sentuhan Rear Spoiler dan LED Taillights

>>> Baca juga:

INTERIOR Volkswagen Beetle 2019

Retro dan stylish pada sisi luar, elegan serta Premium dari sisi interior Volkswagen Beetle Final Edition 2019. Segala kelengkapan fitur canggih sudah disematkan pada model Convertible satu ini. Dibanding model Coupé-nya, kami lebih suka model Convertible yang memiliki ruang Head Room tak terbatas. Tentu, bagi Anda yang memiliki postur tubuh tinggi tak perlu khawatir akan hal tersebut.

Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019: Dashboard

Konsep mobil Convertible memang dirancang untuk memprioritaskan kenyamanan bagi pengendara. Hal tersebut dituangkan pada tatanan dashboard yang dikemas ergonomis dengan segala kelengkapan canggih. Dari sisi tengah misalnya, sudah dikemas panel audio berukuran 6,3 inci yang sudah mendukung teknologi navigasi serta Touchscreen. Sensasi praktis akan sangat Anda rasakan pada mobil mewah satu ini.

Dashboard Volkswagen Beetle Final Edition 2019 menghadirkan berbagai fitur canggih

Dashboard Volkswagen Beetle Final Edition 2019 dihias sangat elegan dan berkelas

Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019: Setir

Kemudi setir juga dibuat elegan dengan disematkannya logo kebanggan Volkswagen pada sisi tengah dan dibalut aksen krom. Unsur kenyamanan juga ditunjang kuat dari balutan kulit di lingkar kemudi setirnya. Dapat dipastikan, Anda tidak akan mudah lelah meski menempuh jarak yang cukup jauh. Di sisi lain, seiring dengan kenyamanan yang ditawarkan pada mobil Convertible, Volkswagen Beetle Final Edition 2019 sudah dilengkapi tombol pengaturan audio dan Cruise Control.

Setir Volkswagen Beetle Final Edition 2019 dibalut kemewahan bahan kulit yang nyaman

Setir Volkswagen Beetle Final Edition 2019 sudah dilengkapi dengan berbagai tombol multifungsi

Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019: Kursi

Khusus pada varian SEL, kursinya menerapkan kenyaman mewah dengan balutan material kulit berkualitas dipadu desain berlian. Inilah yang kami sebut unsur elegan dan Premium pada kabinnya. Tatanan tersebut diterapkan di semua kursinya sehingga mampu menunjang kesan nyaman bagi seluruh penumpang dalam kabinnya. Menariknya lagi, mobil mungil ini mampu menampung hingga lima orang sekaligus.

Kursi Volkswagen Beetle Final Edition 2019 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Kursi Volkswagen Beetle Final Edition 2019 dihias apik dengan desain berlian

Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019: Ruang Bagasi

Kapasitas bagasi sendiri tak begitu mengalami perubahan. Masih sama dengan model sebelumnya yang diperkirakan mampu mengangkut hingga empat tas berukuran besar. Untuk sekelas mobil Convertible, kapasitas tersebut terbilang mampu memberi akomodasi bagi Anda untuk melakukan kegiatan Camping, acara pantai dan kegiatan keluarga lainnya.

Ruang bagasi Volkswagen Beetle Final Edition 2019 mampu mengangkut hingga empat tas berukuran besar

Ruang bagasi Volkswagen Beetle Final Edition 2019 tak begitu mengalami perubahan dibanding model sebelumnya

>>> Artikel terkait:

FITUR Volkswagen Beetle 2019

Keunggulan apa yang paling menarik dari mobil ini? Tentu saja atapnya yang berbasis Convertible. Selain menambah kesan mewah dan santai, fitur spesial tersebut mampu memberi kapabilitas Head Room yang tak terbatas. Berikut disampaikan fitur Volkswagen Beetle Final Edition 2019.

Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019: Fitur Keselamatan

Pada aspek keselamatan, mobil satu ini menerapkan Rear View Camera System. Apa yang spesial? Kamera tersebut disematkan pada logo Volkswagen yang berada di bodi belakangnya. Ketika Anda hendak melakukan proses parkir, kamera tersebut akan otomatis terbuka sehingga mampu memberikan pantauan luas di bagian belakang mobil.

Fitur keselamatan Volkswagen Beetle Final Edition 2019 tampil cukup lengkap untuk lebih menjamin keselamatan Anda dan penumpang

Fitur keselamatan Volkswagen Beetle Final Edition 2019 sudah dilengkapi Rear View Camera System

Meski terkesan klasik dari sisi luar namun mobil ini dipersenjatai dengan teknologi canggih. Volkswagen menyebutnya sebagai Seven Stability-Enhancing System. Dua teknologi paling menarik menurut kami adalah Electronic Brake-pressure Distribution (EBD) dan Electronic Stability Control (ESC). Kedua teknologi tersebut mampu memastikan tingkat kestabilan yang mumpuni serta pengereman lebih presisi. Di sisi lain, Volkswagen Beetle Final Edition juga sudah dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang mampu memberikan pantauan secara langsung tentang tekanan angin serta suhu pada ban.

Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019: Fitur Hiburan

Melirik dari aspek hiburan, Volkswagen Beetle 2019 dibekali panel Head Unit berukuran 6,3 inci. Kualitas suaranya juga terbilang mumpuni dengan terintegrasinya Premium Audio System Fender. Berbeda dari audio lainnya, panel tersebut mampu menghasilkan suara sekelas konser-konser papan atas dalam kabin interiornya. Cukup luar biasa menurut kami. Di samping itu, Anda juga sudah bisa memutar musik favorit dari gadget lewat format Bluetooth, MP3, USB hingga SiriusXM radio.

Fitur Hiburan Volkswagen Beetle Final Edition 2019 tampil dengan Head Unit berukuran 6,3 inci

Fitur hiburan Volkswagen Beetle Final Edition 2019 ditunjang dari panel Head Unit berkualitas yang mampu tampil multifungsi

Paling spesial adalah fitur atapnya yang bisa dilipat secara otomatis. Layaknya mobil Convertible, Volkswagen Beetle Final Edition dibekali kemewahan tersebut yang tidak ditemui pada kategori lainnya. Tentu cukup menarik, mengendarai salah satu mobil ikonik dengan atap terbuka. Menariknya lagi, atap bermode Soft Top tersebut mampu Anda tutup sehingga tak perlu khawatir kehujanan selama perjalanan.

>>> Jika Anda pecinta Volkswagen, coba simak ulasan menarik lainnya tentang mobil-mobil besutan Volkswagen

OPERASI Volkswagen Beetle 2019

‘Tersengat Lebah’, itulah tema pada operasi mesin Volkswagen Beetle Final Edition 2019. Semua variannya baik Coupé dan Convertible menggunakan spesifikasi padu yakni 2.0 Liter TSI. Untuk sebuah mobil Compact, daya yang hasilkan mesinnya terbilang lumayan yakni di angka 174 HP dengan torsi puncak sebesar 184 Lb.ft. Racikan tersebut ditunjang dengan sistem transmisi 6 tingkat percepatan otomatis yang menghasilkan tingkat efisiensi mumpuni. Pihak Volkswagen sendiri mengklaim bahwa Beetle Final Edition mampu menempuh jarak 12 Km untuk 1 Liter bensin.

Operasi mesin Volkswagen Beetle Final Edition 2019 mampu menghasilkan daya hingga 174 HP

Operasi mesin Volkswagen Beetle FInal Edition 2019 menggunakan kapasitas 2.0 Liter TSI

>>> Tersedia banyak sekali mobil Volkswagen di lapak Cintamobil.com, coba amati harganya yang kini dibanderol sangat terjangkau

KESIMPULAN Volkswagen Beetle 2019

Sayangnya, Cintamobil.com belum menerima informasi resmi terkait spesifikasi Volkswagen Beetle Final Edition 2019. Namun tak perlu khawatir sobat, apabila model ini sudah dirilis secara resmi, maka kami akan memberikan informasi selengkapnya.

Video dari salah satu akun Youtube yang sudah melakukan review singkat tentang Volkswagen Beetle Final Edition

Memang tak dipungkiri, informasi mengenai berhentinya produksi Volkswagen Beetle di tahun 2019 cukup disayangkan. Pasalnya, mobil ikonik satu ini sudah menemani kehidupan masyarakat internasional pasca perang dunia kedua. Apresiasi terakhir dari Volkswagen tercetus dari hadirnya versi Final Edition yang rencananya akan dirilis dalam dua bentuk bodi yakni Coupé dan Convertible. Segala halnya dikemas sangat modern dengan teknologi canggih. Harganya juga berada di kisaran menengah yakni $23.045 (Di kisaran Rp. 350 jutaan) untuk Final Edition SE dan $25.995 (Di kisaran Rp. 394 jutaan) pada Final Edition SEL. Tertarik untuk menunggunya? Kita tunggu saja kehadiran Volkwagen Beetle Final Edition Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak tulisan review mobil yang menarik lain

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil