Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Tembus Rp 300 Juta Seperti Apa?

25/09/2020

Share this post:

Toyota Yaris 2020

Editor rate:

Rp. 301.400.000

Daftar Harga Toyota Yaris terbaru Lihat promo

Toyota Yaris facelift muncul dengan trim termahal harganya tembus Rp 300 juta, seperti apa menariknya mobil ini? Simak Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Tembus Rp 300 Juta Seperti Apa?
Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Tembus Rp 300 Juta Seperti Apa?
0 Gambar

Pengantar Toyota Yaris 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Yaris 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Desain semakin sporty

Kehematan BBM baik

Fitur cukup lengkap

Kekurangan

Harga jadi yang termahal di kelasnya

Tidak ada cruise control

Belum se-fun to drive rivalnya

Foto emblem TRD Sportivo di Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Mampukah ia 'merontokkan' hegemoni Honda Jazz?

Pada awalnya Toyota Yaris dibuat untuk menggantikan Toyota Starlet dan melawan hegemoni Honda Jazz di pasar mobil kompak. Maka tak heran dahulu kala harga Yaris tidak sampai Rp 200 juta untuk trim termahal. Namun, seiring berjalannya waktu, Yaris bertumbuh, baik secara dimensi maupun harganya. Kini harga Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020 yang kami tes sudah tembus Rp 300 juta. Lantas, dapat apa saja? Mengingat kini Yaris jadi compact hatchback termahal di kelasnya. Simak review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020 ini hingga tuntas.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Toyota Yaris 2020

Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Ubahan terbesar Yaris facelift ada di bagian depannya

Eksterior Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020 ini dibalut dengan desain baru yang lebih atraktif, khususnya pada bagian depan pada trim TRD Sportivo, New Yaris telah dilengkapi dengan Attractive New Front Grille and Bumper, New Striking LED Headlamp Design, dan New LED Fog Lamp Design. Tampilan depan New Yaris didesain untuk meningkatkan aura Yaris yang stylish serta bernuansa youthful sesuai dengan karakter pelanggan generasi muda maupun yang berjiwa muda.

Foto headlamp Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Headlamp sudah full LED

Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Tampilan samping tak ubahnya dengan sebelum facelift

Berlanjut ke bagian samping Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020 ini. Sebenarnya bagian sampingnya ini masih sama saja dengan versi sebelum facelift. Namun itu bukan hal buruk, mengingat velg 16 inci Toyota New Yaris TRD yang ber finishing machining alloy ini tampak serasi. Dan tentunya velg tersebut akan menunjang kesan sporty pada tampilan eksterior samping mobil yang dibubuhi side skirt. Artinya ia tetap terlihat proporsional dengan body mobil.

Foto ban dan velg Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Velg 16 inci buat Toyota Yaris makin 'berisi'

Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Body kit menambah kesan sporty

Pada bagian buritan Toyota Yaris TRD Sportivo ini juga sama dengan tampilan sampingnya, tidak ada ubahan apapun yang signifikan. Namun, tampilan eksterior belakang mobil ini semakin sporty berkat desain bumper belakang yang lekukannya sporty yang seakan berpadu dengan aerokit seperti bagian depan dan samping. Tak lupa adanya spoiler belakang pada mobil ini yang desainnya agresif membuat Toyota New Yaris ini tampil semakin memukau.

Foto stoplamp Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Terdapat fitur Emergency Brake Signal di lampu rem belakang Yaris ini

>>> Pengujian Euro NCAP Diperketat, Toyota Yaris Terbaru Dapat Nilai Tertinggi


Interior Toyota Yaris 2020

Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Layout dashboard masih sama dengan sebelum facelift

Masuk ke dalam Anda akan disambut dengan layout dashboard yang tidak ada ubahan dengan versi sebelumnya. Namun, Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2029 ini tetap mengusung perpaduan detail warna hitam dan silver, pada bagian tengah dashboard tersemat head unit berlayar 7 inci, serta kontrol Auto AC with Digital Display. Secara umum tidak ada keluhan dengan desain dashboard seperti ini. Tapi alangkah lebih baik jika dashboard ini mengalami ubahan ke arah yang lebih modern, mengingat harga jual Yaris ini jadi yang termahal di kelasnya.

Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Kursi

Foto kursi Toyota Yaris TRD Sportivo

Material jok lembut dan terdapat pengatur ketinggian kursi pengemudi

Lima orang dapat duduk dengan nyaman di jok Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020 ini. Kursinya termasuk empuk dan seluruh kursi sudah dilengkapi dengan headrest yang dapat diatur ketinggiannya demikian juga dengan headrest. Seluruh kursi pakai material fabric yang lembut, jok pada sisi pengemudi dan penumpang dirancang dengan bentuk yang bisa menopang tubuh dengan baik saat mobil bermanuver. Pada sisi pengemudi dan penumpang depan semuanya masih diatur melalui tuas manual di sisi jok.

Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Bagasi

Gambar bagasi Toyota Yaris

Bagasi Yaris cukup luas

Kapasitas bagasi dari Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020 ini punya ukuran cukup luas dengan kapasitas 441 liter. Tidak ada penambahan sebab memang secara umum basis mobil ini juga tidak ada ubahan. Dengan kapasitas seukuran itu ia mampu menampung beberapa koper berukuran besar. Jika kursi baris kedua dilipat, maka ruang bagasi akan jauh lebih luas. Sayangnya, bagasi dari Yaris ini belum bisa mengalahkan fleksibilitas kabin Honda Jazz dengan fitur Ultra Seat-nya.

>>> Modifikasi Toyota New Yaris TRD dan Modellista, Beda Tema Keren yang Mana?

Fitur Toyota Yaris 2020

Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: In-Car Entertaiment System

Foto head unit Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Suara audio cukup baik

Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020 menggunakan head unit layar sentuh berukuran 7 inci. Head unit ini sudah memiliki fitur hiburan seperti CD/DVD Player, Radio AM/FM, USB Port 2.0, iPod ready, Miracast, Web Link, Internet Connectivity, serta Multitasking Window, dan Remote Apps melalui smartphone. Sebagai informasi, kedepannya ada kemungkinan head unit ini akan bisa terkoneksi Apple CarPlay maupun Android Auto.

Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Multi Information Display

Foto Multi Information Display Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

MID di Yaris tipe TRD Sportivo ini cukup lengkap

Pada Toyota Yaris trim TRD Sportivo ini sudah menggunakan Multi Information Display (MID) dengan resolusi yang cukup baik. Cukup banyak informasi yang disajikan oleh MID ini, dari mulai jarak tempuh, informasi waktu berkendara, konsumsi BBM real time, konsumsi BBM rata-rata, jam, suhu luar kabin, speedometer digital, kecepatan rata-rata, tripmeter A serta B, odometer, serta sisa jarak tempuh yang dapat dilalui berdasarkan sisa bahan bakar yang ada di tangki.

Review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan & Keamanan

Foto smart Entry & Tombol Start Stop Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Fitur keselamatan lengkap baik aktif maupun pasif

Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020 ini sudah dilengkapi dengan peranti keselamatan yang cukup lengkap. Pada mobil yang kami tes ini ia sudah memiliki 7-Airbags, sementara pada Yaris facelift kali ini, TAM juga menawarkan Yaris dengan pilihan 3-Airbags. Selain itu, ia sudah tersemat VSC (Vehicle Stability Control) untuk mencegah mobil hilang kendali saat bermanuver, rem cakram di keempat roda sudah memiliki ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), dan BA (Brake Assist). Berkendara di tanjakan juga makin aman dengan adanya HSA (Hill Start Assist), serta melakukan panic brake makin aman berkat EBS (Emergency Brake Signal).

>>> Toyota Yaris Punya Indikator Rem Darurat, Begini Cara Kerjanya

Operasi Toyota Yaris 2020

Foto mesin 2NR-FE Toyota

Mesin 2NR-FE terbukti efisien dan bertenaga

Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020 menggunakan mesin yang sama dengan sebelum facelift. Yakni unit berkode 2NR-FE 4-silinder 1.500 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 107 PS atau sekitar 105,5 HP pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi 140 Nm di rotasi mesin 4.200 rpm. Tenaga dan torsi tersebut lantas disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi Otomatis CVT with 7 Speed Sequential Mode.

Foto tuas transmisi Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Transmisinya halus namun agak kurang respons saat berkendara agresif

Meski ubahan pada mobil ini tergolong minim, namun ada satu ubahan ringan yang tidak kelihatan oleh mata, tetapi berdampak besar dan memudahkan. Yakni radius putar mobil ini diperbaiki, dari sebelumnya 5,7 meter sekarang menjadi 5,1 meter saja. Meski menggunakan ukuran ban dan velg dengan ukuran yang sama dengan versi sebelum facelift yakni dengan ukuran 195/50R16 tapi sudut putar yang lebih sempit 0,6 meter membuatnya lebih lincah saat dikemudikan.

Foto tombol power mode dan eco mode Toyota Yaris TRD Sportivo AT 2020

Tersedia mode SPORT dan ECO

Cintamobil.com juga sudah mencoba sendiri, jumlah putaran setir maksimum (lock to lock) bertambah sekitar 1/3 putaran bila dibandingkan Yaris pre-facelift. Hal ini lantaran Toyota Yaris 2020 ini steering racknya diganti, jadi intinya jumlah gigi datarnya (pinion) kini ditambahkan, sehingga steering bisa diputar lebih banyak dan ban depan pun berbelok dengan derajat lebih besar juga. Pada Yaris pre-facelift, rasio gear nya 16,9 sedangkan di versi baru ini lebih kecil 0,4 menjadi 16,5.

Spesifikasi Toyota Yaris 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Mesin Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Seri Mesin

 2NR-FE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

Jumlah Katup

 16 katup (2 inlet dan 2 outlet per piston)

Tenaga Maksimum

 105,5 Hp (107 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 140 Nm (14,3 Kgm) @ 4.200 rpm

Kapasitas Silinder

 1,496 cc

Bore X Stroke

 72,5 mm X 90,6 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis CVT with 7 Speed Sequential Mode & Manual 5-speed, Front Wheel Drive (FWD) 

Rangka Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.145 mm X 1.730 mm X 1.500 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.550 mm

Jumlah Tempat Duduk

 5 seat

Radius Putar

 5,1 Meter

Kapasitas Tangki BBM

 45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Torsion Beam

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc 15 Inch & Solid Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 G.O.A Body, Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok Hatchback, B-Segment

Pelek

 Alloy, 16 inchi

Jenis Ban

 Bridgestone Turanza ER33 195/50R16

Daftar Harga Toyota Yaris 2020

Gambar harga Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Mobil tes kami ini merupakan trim tertinggi dengan 7 buah Airbags

Harga Toyota Yaris 2020 terbaru

Model

Harga

New Yaris G M/T 3 Airbag

Rp 263.400.000

New Yaris G M/T 7 Airbag

Rp 268.400.000

New Yaris G CVT 3 Airbag

Rp 274.200.000

New Yaris G CVT 7 Airbag

Rp 279.200.000

New Yaris TRD M/T 3 Airbag

Rp 284.800.000

New Yaris TRD M/T 7 Airbag

Rp 289.800.000

New Yaris TRD CVT 3 Airbag

Rp 296.400.000

New Yaris TRD CVT 7 Airbag

Rp 301.400.000

>>> Auto2000 Tawarkan Promo New Yaris Digiroom Deals

Kesimpulan Toyota Yaris 2020

Gambar ilustrasi kesimpulan review Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Meski ia belum bisa fun to drive seperti rivalnya namun ia tetap layak dimiliki

Terlalu sedikit ubahan yang dilakukan dibandingkan dengan harga jualnya yang kini tembus Rp 300 jutaan. Jika Anda bukan maniak Toyota dan ingin mendapatkan kesenangan berkendara yang lebih baik, kami menyarankan Anda untuk memilih rivalnya mobil ini yakni Honda Jazz. Tetapi, jika Anda ingin peace of mind saat memiliki kendaraan, jagoan Astra ini menawarkan hal yang lebih baik. Ingat, nama besar Toyota seakan menjadi jaminan baiknya layanan purna jual yang ditawarkan Toyota.

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top