Pengujian Euro NCAP Diperketat, Toyota Yaris Terbaru Dapat Nilai Tertinggi

17/09/2020

Pasar mobil

5 menit

Pengujian Euro NCAP Diperketat, Toyota Yaris Terbaru Dapat Nilai Tertinggi
Toyota Yaris terbaru mendapat bintang lima dalam pengujian Euro NCAP, padahal penilaian untuk simulasi efek terhadap benturan pada kendaraan ini semakin diperketat.

European New Car Assessment Program (Euro NCAP) sebagai lembaga penguji efek kecelakaan terhadap kendaraan-kendaraan di Eropa telah merilis hasil terbaru. Dari pengujian yang dilakukan melalui metode serta penilaian baru pula, ternyata diketahui Toyota Yaris terbaru mendapatkan bintang lima.

Perlu diketahui, semakin banyak bintang yang didapat dari hasil pengujian simulasi tabrakan ini, maka semakin baik kualitas sebuah kendaraan dalam melindungi penumpang didalamnya melalui sebuah kecelakaan.

>>> ASEAN NCAP Siap Uji Autonomous Emergency Braking Mandiri

Toyota Yaris Terbaru Mobil Pertama yang Diuji dengan Penilaian Baru

Toyota Yaris Euro NCAP

Yaris mampu melindungi penumpang hingga 80 persen dari risiko cidera

Dilansir Cintamobil.com dari Autoevolution, Kamis (17/09/2020), Euro NCAP mengumumkan telah menerapkan standar penilaian baru terhadap pengujian mobil-mobil yang dipasarkan di eropa. Dan Toyota Yaris terbaru merupakan mobil yang diuji pertama kali menggunakan parameter anyar dari Euro NCAP tersebut.

Hasilnya sungguh mengagumkan, hatchback Toyota ini lulus dengan mendapatkan penilaian terbaik alias bintang lima. Dalam laporan Euro NCAP, Yaris terbaru terbukti mampu melindungi penumpang dewasa di dalam mobil sebanyak 80 persen dari simulasi benturan di beberapa sisi. Padahal kendaraan lain biasanya hanya mampu melindungi beberapa bagian tubuh penumpangnya seperti lutut, tulang tubuh, dan kaki.

Yaris terbaru juga mencatat nilai 23 poin dari poin maksimal 24 karena mampu melindungi penumpang anak-anak. Senada dengan proteksi terhadap penumpang dewasa, jika penumpang anak-anak berada di dalam kabin Yaris, maka 81 persen tubuhnya akan terlindung dari fitur yang terdapat pada kendaraan tersebut jika terjadi benturan.

Terakhir Yaris anyar ini juga ternyata cukup ramah untuk melindungi para pejalan kaki. Karena dari simulasi yang dilakukan, jika terjadi tabrakan dari arah depan, maka 78 persen bagian tubuh dari pejalan kaki tetap terlindung dari cidera, termasuk risiko cidera patah tulang bisa diminimalisir.

>>> Toyota Yaris Punya Indikator Rem Darurat, Begini Cara Kerjanya

Skor Pengujian Euro NCAP Diperketat

Euro NCAP Toyota Yaris 2020

Euro NCAP menerapkan standar skor penilaian yang semakin diperketat

>>> Review Toyota GR Yaris 2020: The Road Legal WRC Cars!

Untuk tahun 2020, pihak Euro NCAP memang telah mengumumkan pembaharuan nilai dan parameter pengujian simulasi tabrakan untuk setiap kendaraan yang ada di Eropa. Beberapa perubahan termasuk juga simulasi uji dampak benturan samping, sampai digunakannya uji penghalang bergerak.

Kemudian hal penting lainnya dari simulasi kecelakaan yang dilakukan Euro NCAP adalah, kini penilaian juga menyangkut situasi pasca kecelakaan. Yaitu termasuk menilai bagaimana kemudahan kendaraan untuk bisa menyelamatkan orang-orang yang ada didalamnya.  

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top