Toyota Yaris Punya Indikator Rem Darurat, Begini Cara Kerjanya

15/09/2020

Pengemudian

3 menit

Toyota Yaris Punya Indikator Rem Darurat, Begini Cara Kerjanya
Sebagai mobil kekinian Toyota Yaris Facelift yang baru saja rilis memiliki indikator rem darurat guna memperingatkan pengemudi di belakang, begini cara kerjanya

Baru-baru ini PT Toyota Astra Motor meluncurkan Yaris terbaru di Tanah Air. Sebagai mobil kekinian Toyota Yaris Facelift yang baru saja rilis tersebut juga dibekali dengan beragam fitur safety. Salah satunya adalah Yaris memiliki indikator rem darurat guna memperingatkan pengemudi di belakang, lantas apa itu indikator rem darurat dan bagaimana cara kerjanya?

Foto tampilan depan Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 7 Airbags 2020

Yaris punya indikator pengereman darurat lho

Cara Kerja Emergency Brake Signal

Foto panel instrumen Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 7 Airbags 2020

Indikator hazard akan berkedip saat melakukan panic brake

Fitur ini punya nama resmi Emergency Brake Signal (EBS). Jadi EBS akan menjadi indikator rem darurat Toyota New Yaris ketika pengemudi menginjak rem secara mendadak. Berkat adanya fitur EBS, maka lampu hazard akan berkedip secara cepat untuk memberi tahu pengendara di belakang mobil Anda bahwa Anda sedang menghadapi kejadian darurat atau ada kondisi tertentu yang menyebabkan Anda harus segera berhenti.

Foto tampilan belakang Toyota New Yaris TRD Sportivo CVT 7 Airbags 2020

Fitur ini membuat pengendaraan lebih aman

Tim Cintamobil.com pun sudah mencoba langsung fitur EBS ini, di Toyota Yaris Facelift dan benar saja lampu hazard berkedip secara cepat ketika tester kami menginjak dalam pedal rem dari kecepatan tinggi (di atas 100 km/jam). Namun, fitur EBS ini juga dapat bekerja meski mobil berada di bawah kecepatan 100 km/jam, karena fitur EBS juga memanfaatkan sensor Vehicle Stability Control (VSC) pada mobil untuk mendeteksi arah pergerakan mobil.

>>> Jangan nyetir pakai face shield, ini sebabnya

Sudah Dites Langsung Dan Berfungsi Dengan Baik

Foto stoplamp Toyota New Yaris TRD Sportivo CVT 7 Airbags 2020

Lampu sein akan berkedip cepat saat melakukan pengereman darurat

Alhasil saat pengetesan Toyota New Yaris beberapa waktu lalu di daerah BSD Serpong, kami berhasil menghindari tabrakan dengan aman. Jadi ada sepeda motor yang tidak mau memberi jalan saat kami hendak melakukan aksi overtaking. Berkat adanya indikator rem darurat ini, mobil dapat 'selamat' tanpa ditabrak kendaraan lain di belakang mobil kami yang membuntuti untuk turut menyalip.

Foto tombol VSC Toyota New Yaris TRD Sportivo CVT 7 Airbags 2020

Fitur ini terkoneksi dengan rem juga VSC

Namun, meski Toyota Yaris ini memiliki fiitur ini, Anda tetap perlu berhati-hati saat di jalan.

"Berkendaralah dengan selalu menerapkan perilaku 'Defensive Driving' dan bertanggung jawab sosial yang baik. Terapkan selalu '4A' yaitu Awareness, Alertness, Attitude, Anticipation," tutup Bintarto Agung, selaku Direktur Indonesia Devensife Driving Canter (IDDC) kepada Cintamobil.com.

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top