Review Toyota Yaris G AT 2014: Masih Muda dengan Godaan Harga yang Menarik

28/10/2019

Share this post:

Toyota Yaris 2014

Editor rate:

Lihat promo

Model small hatchback dari Toyota ini resmi diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia pada bulan Maret 2014. Artinya, sudah lima tahun mobil ini wara-wiri di jalanan Tanah Air. Masih cocokkah Toyota Yaris G AT 2014 untuk dipinang, terutama untuk pasar anak muda? Simak ulasannya di bawah ini.

Review Toyota Yaris G AT 2014: Masih Muda dengan Godaan Harga yang Menarik
Review Toyota Yaris G AT 2014: Masih Muda dengan Godaan Harga yang Menarik
0 Gambar

Pengantar Toyota Yaris 2014

Mari kita simak spesifikasi Toyota Yaris 2014 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur hiburan headunit 7 inci lengkap

Kenyamanan berkendara

Nilai jual kembali terjaga

Kekurangan

Pengaturan stir terbatas

Konsumsi BBM relatif boros

Review Toyota Yaris G AT 2014 - Toyota Yaris merupakan andalan PT Toyota Astra Motor di segmen small hatchback di Indonesia. Lahirnya Yaris tidak lepas dari kehadiran pendahulunya Toyota Starlet yang menjadi membuka jalan tumbuhnya pasar hatcback Toyota di Indonesia. Toyota Yaris G AT 2014 merupakan generasi kedua Yaris di Indonesia dan diperkenalkan pertama kali pada Maret 2014. Saat peluncurannya, model ini mendapat sambutan yang baik dari para penggemarnya dan menjadi salah satu opsi bagi pecinta hatchback di Indonesia.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Yaris G 2014 silver

Tampilan Toyota Yaris G 2014

Saat diluncurkan, ada tiga varian Yaris generasi kedua yang ditawarkan, yaitu TRD Sportivo sebagai varian tertinggi yang hadir dengan tampilan full aksesoris, seperti aerokit, serta varian G dan E sebagai varian standar.

Eksterior Toyota Yaris 2014

Review Toyota Yaris G AT 2014: Eksterior Depan

Bagian depan Toyota Yaris G AT 2014 menjadi pusat perhatian utama karena bentuk grille yang menarik dengan aksen yang memanjang hingga ke bagian bumper menampilkan bentuk trapesium. Kedua aksen yang memanjang ke bagian bawah itulah yang membuat Yaris ini kerap disebut sebagai Yaris “Lele” karena mengingatkan konsumen pada kumis ikan lele.

Gambar sebuah mobil Toyota Yaris G 2014 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Bagian depan Toyota Yaris G AT 2014

Lampu utama Yaris generasi ini memiliki desain agresif dengan bentuk yang menyipit dan bersudut tajam. Lampunya masih menggunakan bohlam halogen, dengan tambahan foglamp di bagian kiri dan kanan bumper bawah. 

Review Toyota Yaris G AT 2014: Eksterior Samping

Gambar sebuah mobil Toyota Yaris G 2014 berwarna silver dilihat dari sisi samping

Bagian samping Toyota Yaris G AT 2014

Bagian samping Toyota Yaris G AT 2014 juga tampil simple, tanpa adanya side skirt maupun over fender. Bagian rodanya sudah menggunakan velg 8-spoke 15 inci berwarna silver berbalut ban 185/60 R15 yang serupa dengan yang digunakan varian Yaris TRD Sportivo 2014. Yang menarik pada bagian pilar-C, Toyota memberikan warna hitam sehingga memberikan efek floating roof bagi Yaris generasi kedua di Tanah Air ini.

Review Toyota Yaris G AT 2014:  Eksterior Belakang

Seperti halnya di bagian depan dan samping, bagian belakang Yaris ini juga tampil simple. Desain lampu belakang membentuk bumerang dengan satu bagian kakinya yang memanjang hingga ke pilar-C. 

Gambar sebuah mobil Toyota Yaris G 2014 berwarna silver dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang Toyota Yaris G AT 2014

Di atas posisi penempatan plat nomor terdapat aksen chrome melintang yang memberikan sedikit aksen mewah. Di kedua ujung bumper belakang terdapat reflektor berwarna merah.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Yaris 2014

Review Toyota Yaris G AT 2014: Dashboard dan Setir

Beralih ke bagian kabinnya, dashboard Toyota Yaris G AT 2014 menggunakan warna yang sama dengan keseluruhan bagian kabinnya. Pada mobil yang kami uji ini semuanya menggunakan warna hitam, yang memberikan keunggulan dalam hal tampilan karena tak mudah tampak kotor. Selain itu, warna hitam memberikan kesan lebih mewah, meskipun menjadikan kabin tampak sempit. Material pada dashboard masih menggunakan plastik keras, dengan beberapa aksen yang tampak seperti jahitan, namun sebenarnya bukan. Dari sisi tampilan memang memberikan kesan yang menarik.  

Bagian dashboard dan setir  dari mobil Toyota Yaris G 2014

Bagian dashboard dan setir Toyota Toyota Yaris G AT 2014  terlihat minimalis

Di bagian tengah dashboard terdapat headunit sistem audio dengan layar sentuh 7 inci. DI bawahnya terdapat kontrol AC yang pengaturannya masih menggunakan tombol putar. Panel instrumen di balik lingkar kemudi tampil menarik dengan latar belakang warna orange dan ada sedikit panel karbon di bagian tengah yang membuat tampilannya lebih sporty. Untuk lingkar kemudi, Yaris G menggunakan setir 3-spoke yang tampil polos tanpa tombol-tombol pengaturan apapun di palang setir. Untuk pengaturannya, kemudi Yaris G ini hanya memiliki pengaturan tilt untuk mengatur posisi naik dan turun.

Review Toyota Yaris G AT 2014: Kursi

Gambar menunjukkan desian bagian kursi dari mobil Toyota Yaris G 2014

Kursi Toyota Yaris G AT 2014 standarnya menggunakan material fabric

Sementara pada bagian kursi, Toyota sebenarnya hanya menyematkan material fabric pada Yaris G AT 2014, namun pada mobil yang kami ulas sang pemilik telah melapisnya dengan material kulit sintetis untuk menambah kenyamanan dan tampilan lebih mewah. Posisi duduk cukup nyaman karena kontur kursi yang tepat, dan pada kursi pengemudi terdapat pengaturan ketinggian sehingga posisi berkendara dapat diatur dengan baik.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Toyota Yaris 2014

Gambar menunjukkan desian bagian haed unit dari mobil Toyota Yaris G 2014

Desain Head unit Toyota Yaris G AT 2014

Dalam hal fitur hiburan, Toyota Yaris G AT 2014 menawarkan headunit dengan layar sentuh berukuran 7 inci yang memiliki fitur konektivitas cukup lengkap. Selain dapat memutar radio dan DVD, headunit ini memiliki port koneksi USB, Ipod dan bahkan ada slot kartu memori SD. Lebih istimewa lagi, head unit ini dapat terhubung dengan internet melalui hotspot yang tersedia via ponsel yang Anda miliki.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang spesifikasi mobil Toyota lainnya, silahkan klik di sini

Operasi Toyota Yaris 2014

Toyota Yaris G 2014 mesin

Toyota Yaris G AT 2014  dibekali mesin berkode 1NZ-FE

Dari sisi teknis, Toyota Yaris G AT 2014 telah dilengkapi dengan dapur pacu berkode 1NZ-FE 4-silinder segaris berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga puncak 190 hp yang dapat diraih pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm pada 4.200 rpm. Mesin ini berpadu dengan transmisi otomatis 4-speed yang menggerakkan roda depan.

Dalam pengujian yang pernah kami lakukan, akselerasi 0 – 100 km/jam dapat ditempuh dalam 12,1 detik. Sementara konsumsi bahan bakar dalam kota meraih 12 km/liter dan di jalur jalan bebas hambatan mencapai 17 km/liter.

>>> Sejarah 20 Tahun Toyota Yaris

Spesifikasi Toyota Yaris 2014

Selanjutanya adalah spesifikasi dari hatchback andalan dari Toyota ini.

SPESIFIKASI Toyota Yaris G AT 2014

Mesin

1498 cc 4 silinder

Tenaga

109 HP/6.000 rpm

Torsi

141 Nm/ 4.200 rpm

Panjang x Lebar x Tinggi

4.115 mm x 1.700 x 1.475 mm

Wheelbase

2.550 mm

Ground Clearence

149 mm

Ukuran ban

185/60/ R15

Daftar Harga Toyota Yaris 2014

Toyota Yaris G AT 2014 dijual mulai Rp 140 juta hingga Rp 160 juta. Angka tersebut tentunya tergantung dari kondisi mobil. Namun ketika Anda ingin membeli hatchback ini disarankan untuk melihat kondisi eksterior, cat dan emblem pada bodi, kondisi interior dan kaki-kakinya.

>>> Jika Anda mau membeli mobil Toyota Yaris G AT 2014, jangan tinggal daftar ini

Kesimpulan Toyota Yaris 2014

Mesin lama berkode 1NZ-FE yang digunakan Toyota Yaris G AT 2014 memang memiliki tenaga lebih baik dibandingkan Yaris terbaru yang menggunakan mesin 2NZ-FE, namun konsumsi bahan bakarnya lebih boros. Mobil ini memiliki keunggulan dalam hal fitur hiburan yang lengkap dari headunitnya. Dengan dukungan layanan purna jual yang baik dari Toyota, mobil dengan banderol di kisaran Rp 150 juta menjadi opsi hatchback yang tepat untuk dipinang.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Rahmat Fajar Nugraha
Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Review lain

Review Toyota Yaris 2020: Yaris Kembali Groovy

26/10/2019

Editor rate:

Akhirnya Toyota Yaris terbaru keluar juga versi terbarunya. Bentuknya kini keren dan funky membuatnya seolah kembali ‘groovy’. Meski saat ini belum dijual, akankah mobil Toyota Yaris 2020 yang akan jadi model global ini juga akan masuk Indonesia?

Lihat juga

Review Suzuki Waku SPO 2019: Konsep Mobil Hybrid Suzuki Bergaya Retro

07/10/2019

Editor rate:

Mengeksplorasi kendaraan listrik, Suzuki mengumumkan lineup mereka pada Tokyo Motor Show mendatang. Salah satu mobil yang menarik perhatian adalah mobil konsep plug-in hybrid bergaya retro Suzuki Waku SPO 2019.

Lihat juga

Review Nissan Note E-Power 2019: Senjata Pamungkas Nissan Untuk Era Mobil Hybrid & Elektrik Di Indonesia

20/09/2019

Editor rate:

Dengan teknologi hybrid yang canggih, membuat Nissan Note e-Power diramalkan akan menjadi baru di segment mobil hybrid kompak di Indonesia. Simak alasannya lewat review berikut ini

Lihat juga

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019: Kasta Tertinggi City Car Hyundai

30/08/2019

Editor rate:

Hyundai Motor Company sangat serius menggarap pasar mobil mereka di India. Buktinya mereka setidaknya memiliki 3 line up di kelas city car. Setelah puas membedah Hyundai Santro, kini kami akan mengulas secara lengkap dan tuntas Hyundai Grand i10 NIOS 2019 yang merupakan kasta tertinggi dari City Car Hyundai.

Lihat juga

Review Nissan Leaf 2019: Siap Jawab Tantangan Mobil Listrik Indonesia Tahun Depan

02/08/2019

Editor rate:

Nissan memastikan diri akan ikut bagian dalam pergerakan mobil elektrik di Indonesia di 2020 mendatang membawa Nissan Leaf. Seperti apa sosok mobil ini, dan mungkinkah ia dipergunakan dengan kondisi jalanan Indonesia?

Lihat juga