Review Toyota Kijang LGX 1997, Terobosan Besar Mobil Keluarga Pada Masanya

01/06/2019
editor rate: 3,8 user rate: 4,5
Inilah kali pertama PT Toyota Astra Motor mengeluarkan produk yang 'menjawab' kebutuhan pasar mobil keluarga di Indonesia saat itu. Mobil ini begitu fenomenal bakan bila dibandingkan dengan pendahulunya. Dan hebatnya, mobil Toyota Kijang tipe LGX tahun 1997 ini masih dicari di pasar mobil bekas hingga kini. Inilah ulasan serta pendapat kami terhadap Toyota Kijang LGX 1997.

PENGANTAR Toyota Kijang 1997

Gambar menujukkan Toyota Kijang LGX dan Toyota Kijang Pick Up 1997

Berbasis dari mobil niaga yang dijadikan mobil penumpang, membuat ketangguhan Toyota Kijang LGX 1997 tiada duanya

Review Toyota Kijang LGX 1997 - Jika konsep mobil nasional benar-benar diwujudkan, kami rasa tidak ada mobil yang lebih pantas untuk menyandang gelar ini selain Toyota Kijang generasi ke IV ini. Toyota Kijang LGX tahun 1997 yang tim Cintamobil.com bahas saat ini termasuk Toyota Kijang gen IV. For more you know, dalam riset dan pengembangan Toyota Kijang LGX 1997 ini, keterlibatan tim asal Indonesia begitu besar, bisa dibilang survey demi survey dilakukan agar menemukan apa yang diinginkan masyarakat.

Mobil Toyota Kijang LGX 1997 berwarna biru muda dilihat dari sisi depan

Kijang LGX 1997 atau yang akrab disebut Kijang Kapsul merupakan produk Toyota yang punya terobosan besar pada masanya

Dibandingkan dengan Kijang-kijang generasi sebelumnya, Toyota Kijang LGX 1997 ini punya major breaktrough, yakni perubahan pada karakteristik Toyota Kijang. Dari awalnya sebuah mobil niaga menjadi benar-benar mobil keluarga. Hal tersebut dapat dilihat dari dua hal, pertama adalah penggunaan jok baris ketiga dengan model menghadap kedepan, dan pintu bagasi dengan model bukaan keatas. Kedua hal ini makin menyiratkan Toyota Kijang sebagai mobil keluarga. 

Mobil keluarga Indonesia Toyota KIjang LGX 1997 sedang berjalan dengan keluarga ke restoran

Toyota Kijang LGX 1997 langsung menjelma menjadi mobil keluarga yang paling diinginkan pada masa tersebut

Juga yang tidak kalah menjadi sorotan adalah varian pada mobil ini. Secara total, Toyota Kijang generasi ke IV ini punya 22 varian! Mengapa sebanyak itu, karena di tahun 1997 saat Toyota Kijang gen IV ini dilluncurkan di Indonesia, masih punya tipe bodi pendek dengan nama SX, SSX, SSX-G, dan SGX. Dan uniknya, Kijang dengan varian bodi pendek ini lebih digemari di generasi ketiga dan keempat, karena Kijang dengan sasis panjang itu lebih identik dengan angkutan perkotaan pada saat itu. Namun, tren itu tak bertahan lama, Toyota Kijang LGX 1997 yang notabone bodinya panjang kembali digemari.

Gambar Tampak Mobil Toyota Kijang LGX 1997 Ilustrasi Bawa Barang

Toyota Kijang LGX 1997 merupakan mobil keluarga dengan kepraktisan kabin yang oke punya pada masanya

Hebatnya, meski Toyota Kijang LGX 1997 sudah berjalan usia 22 tahun, namun di pasar mobil bekas daerah mobil ini masih menjadi buruan. Tentu saja fakta tersebut tidak mengherankan. Mengingat, kebandelan mobil ini sungguh tiada duanya. Ibaratnya, mobil ini mau digunakan sekasar apapun seolah rusak menjadi kata-kata  yang haram pada mobil ini. Lantas bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Simak ulasan lengkap Toyota Kijang LGX 1997 ini sampai habis. 

EKSTERIOR Toyota Kijang 1997

Review Toyota Kijang LGX 1997 : Tampilan Depan

Gambar Tampilan depan mobil Toyota Kijang LGX 1997

Tampilan depan Toyota Kijang LGX 1997 ini lebih membulat dari generasi sebelumnya

Melihat tampilan depan dari Toyota Kijang LGX 1997 ini dari muka depannya, terlihat sekali bahwa karakter desain mengkotak khas Toyota Kijang generasi ke-3 sudah total menghilang. Sebagai gantinya digunakan desain membulat atau rounded yang lebih enak dipandang mata. Namun tak hanya lebih enak diliat, bentuk membulat ini memberikan efek positif bagi aerodinamikanya. Nilai coefficient of drag (CD) nya membaik 0,07 dibandingkan generasi sebelumnya.

Review Toyota Kijang LGX 1997 : Tampilan Samping

Gambar Tampak tampilan samping Toyota Kijang LGX 1997

Desain body membulatnya lebih terlihat ketika Anda melihat mobil ini dari sisi samping

Beralih ke tampilan samping dari mobil Toyota Kijang LGX 1997 ini, desain bodi membulatnya lebih terlihat ketika Anda melihat mobil ini dari sisi samping. Peleknya menggunakan baut empat tipe alloy wheel. Namun, ada satu ubahan yang tak kasat mata dilakukan di mobil ini. Karena, sejak Toyota Kijang generasi ke-4 ini, rangkanya meski masih pakai ladder frame tapi sudah dibuat lebih melengkung dan pipih, agar tercipta ground clearance lebih rendah dan mendekatkan titik pusat gravitasi ke tanah. Membuat Kijang LGX 1997 ini lebih unggul dari sisi pengendaraan tanpa melupakan kemampuan 'mengkangkangi' lubang.

Review Toyota Kijang LGX 1997 : Tampilan Belakang

Gambar Tampak tampilan belakang Toyota Kijang LGX 1997

Pintu belakang dengan model bukaan keatas mendominasi tampilan belakang Toyota Kijang LGX 1997

Melihat tampilan belakang mobil Toyota Kijang LGX 1997 ini, langsung terlihat pintu belakang dengan model bukaan keatas begitu mendominasi tampilan belakang Toyota Kijang LGX 1997 ini. Bukaan pintu keatas seperti ini semakin mencitrakan Toyota Kijang LGX 1997 sebagai mobil keluarga di Indonesia. Posisi ban serep masih ditempatkan seperti sedia kala, yakni dibawah kolong mobil bagian belakang.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Toyota Kijang 1997

Review Toyota Kijang LGX 1997 : Layout Dasbor

Layout dasbor mobil Toyota Kijang LGX 1997

Layout dasbor Toyota Kijang LGX 1997 begitu sederhana, namun 22 tahun yang lalu desain seperti ini mengagumkan

Layout dasbor Toyota Kijang LGX 1997 terlihat begitu sederhana kini, namun 22 tahun yang lalu, desain dasbor dengan desain membulat seperti ini bisa dibilang sebagai salah satu terobosan besar pada zamannya. Kualitas dasbor mobil ini juga solid, jika perawatan mobil dilakukan dengan benar, melewati jalan rusak tidak ada bunyi-bunyi aneh pada dasbor mobil ini. Kami sudah pernah membuktikannya pada Toyota Kijang LGX milik rekan kami.

Tampak Dasbor Toyota Kijang LGX 1997

Kualitas buatan pada dasbor mobil ini terbilang solid, meskipun tidak tersedia sama sekali panel empuk

Review Toyota Kijang LGX 1997 : Konvigurasi Jok

Gambar menunjukkan Konvigurasi Jok Toyota Kijang LGX 1997

Semua jok menghadap kedepan, merupakan salah satu hal yang mencirikan Toyota Kijang LGX 1997

Suatu terobosan dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor terhadap Kijang generasi keempat ini, yakni dari citra sebagai mobil barang, menjadi mobil penumpang. Salah satu ciri khas yang terlihat adalah seluruh jok atawa kursi menghadap kedepan. Meski tidak semua kursi mendapatkan seatbelt yang proper dan headrest, namun keseluruh kursi di mobil ini nyaman untuk diduduki.

Review Toyota Kijang LGX 1997 : Bukaan Pintu Belakang, & Kapasitas Bagasi

Gambar menunjukkan Kapasitas bagasi mobil Toyota Kijang LGX 1997

Bukaan pintu keatas, menjadi terobosan terbesar Toyota Kijang LGX 1997 ini

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya di bagian pengantar. Salah satu highlight pengembangan Toyota Kijang LGX 1997 adalah desain bukaan pintunya yang dibuka keatas yang mencirikan sebuah mobil keluarga. Kapasitas bagasinya sendiri bisa dibilang 11-12 dengan rival abadinya yaitu Isuzu Panther. Namun, Toyota Kijang ini memiliki keunggulan yang tidak bisa disajikan Isuzu, yaitu kapasitas bagasi yang luar biasa lega apalagi jika kursi belakangnya dicopot.

Gambar menunjukkan Ilustrasi bagasi mobil Toyota Kijang LGX 1997

Jika bangku baris ketiga dilepas, maka kelegaan bagasi Toyota Kijang menjadi luar biasa

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Kijang 1997

Review Toyota Kijang LGX 1997 : Spidometer + Takometer

Gambar menunjukkan Spidometer Dan Takometer Toyota Kijang LGX 1997

Meski Toyota Kijang generasi ketiga sudah memiliki takometer di varian tertingginya, namun desain spidometer Toyota Kijang LGX 1997 ini lebih menarik

Meski Toyota Kijang generasi ketiga sudah punya fitur takometer pada varian tertingginya, tetapi desainnya terlalu mengkotak dan kurang asyik untuk dipandang mata. Secara umum, desain dari layout spidometer maupun takometer di Toyota Kijang LGX 1997 jauh lebih menarik dibandingkan dengan Toyota Kijang generasi sebelumnya. Apalagi masih full analog, jadi ketika ada kerusakan lebih mudah dan murah saat hendak direparasi.

Review Toyota Kijang LGX 1997 : AC Dual Blower Desentralisasi

Gambar menunjukkan AC Dual Blower Disentralisasi di Toyota Kijang LGX 1997

AC dual blower memang biasa, namun sistem desentralisasi membuatnya luar biasa

Fitur AC dual blower memang biasa, bahkan fitur seperti ini sudah ada di Toyota Kijang generasi ketiga, tepatnya hadir pada tipe SSX-G ataupun SGX bahkan Grand Extra. Namun, adanya sistem desentralisasi membuatnya luar biasa. Dengan sistem ini, untuk mengaktifkan AC tidak perlu dari tuas AC didepan, jadi dalam kondisi AC kabin depan dimatikan sekalipun, udara dingin akan dapat tersalur melalui dual blower bagian belakangnya.

Review Toyota Kijang LGX 1997 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Ringkasan Fitur Keselamatan di Toyota Kijang LGX 1997

Jangan bayangkan ada fitur kekinian seperti ABS, EBD bahkan Airbag ya, saat itu fitur tersebut hanya di mobil kelas atas

Anda jangan banyak berharap jika Toyota Kijang LGX 1997 ini dilengkapi dengan fitur keselamatan kekinian seperti rem dengan sistem ABS, EBD bahkan airbag. Karena fitur-fitur tersebut hanya tersedia di mobil yang kelasnya lebih tinggi. Dahulu kala, Toyota Kijang LGX 1997 ini masih sekelas Toyota Avanza. Jadi jangan heran fiturnya cukup saja. Seperti seatbelt tiga titik di bangku depan, lalu headrest yang bisa diatur ketinggiannya.

>>> DP 0 Persen Diperbolehkan, Konsumen Toyota Lebih Suka DP Normal

OPERASI Toyota Kijang 1997

Gambar menunjukkan Tampak Mesin 7K Kijang Kapsul LGX 1997

Toyota Kijang LGX 1997 masih mengandalkan mesin 7K dengan teknologi OHV

Toyota Kijang LGX 1997 masih menggendong mesin lawas dengan kode 7K. Mesin ini punya konvigurasi 4 silinder segaris dengan karakter alamiah mesin overstroke dimana langkah piston lebih panjang dari diameter piston yang digunakan. Karakter alami mesin overstroke adalah torsi yang dihasilkan lebih padat di putaran bawah. Hal ini sangat membantu Toyota Kijang LGX 1997 ini punya respon yang cukup galak pada putaran bawah. Sehingga untuk stop and go lebih lincah.

Gambar menunjukkan Karburator Toyota Kijang LGX 1997 Mesin 7K

Pasokan bahan bakar untuk mesin Toyota Kijang LGX 1997 yang berkode 7K masih mengandalkan karburator

Apalagi mesin 7K dibalik bonnet Toyota Kijang LGX 1997 ini masih menganut sistem overhad cam, artinya katup atau klep tidak ditonjok langsung oleh noken as atawa camshaft. Melainkan masih menggunakan sistem pushrod, yang berfungsi menghubunghkan antara noken as, dengan per katup dan katupnya itu sendiri. Kekurangan dari sistem kerja seperti ini adalah kerugian gesek pada benda bergerak di mesin makin tinggi. Meskipun, sistem pushrod lebih solid dan tahan lama.

Gambar menunjukkan Pushrod Overhead Valve Di Toyota Kijang 7K

Sistem OHV atau overhead camshaft merupakan teknologi lama dan membuat mesin Kijang agak malas berkitir di rpm tinggi

Kebandelan dari mesin 7K ini juga sudah diakui oleh banyak kalangan, baik penyuka otomotif, mekanik, maupun kalangan awam. Ibaratnya, jika terjadi kerusakan pada mesin ini, mekanik seperti apapun mampu memperbaikinya. Sayangnya, untuk sistem pasokan bahan bakarnya, mobil Toyota Kijang LGX 1997 ini masih mengandalkan sistem karburator, yang mana sistem ini punya kelemahan sulit disetting secara tepat, dan suka ber-ubah dengan sendirinya apalagi di dataran tinggi.

Gambar menunjukkan 7K Engine di Toyota Kijang LGX 1997

Mesin 7K yang digendong Toyota Kijang LGX 1997 memang teknologi usang, namun durabilitasnya enggak main-main

>>> Jangan Asal Mewah, Perhatikan Tips Lengkap Beli Toyota Alphard 2012 Bekas

spesifikasi Toyota Kijang 1997

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Kijang LGX 1997.

Mesin Toyota Kijang LGX 1997
 Seri mesin  7K, SOHC, Pushrod OHV
 Pasokan Bahan Bakar  Carburetor
 Tenaga Maksimum  80 Hp @ 4.600 rpm
 Torsi Maksimum  139 Nm @ 2.800 rpm
 Kapasitas Silinder  1,781 cc
 Bore X Stroke  80,5 mm X 87,5 mm
 Tipe Transmisi  Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang
 Rangka Toyota Kijang LGX 1997
 Panjang X Lebar X Tinggi  4.270 mm X 1.670 mm X 1.740 mm
 Jarak Sumbu Roda  2.650 mm
 Jumlah Pintu  5 Pintu
 Kapasitas Penumpang  8 Penumpang
 Kapasitas Tangki  N/A
  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Kijang LGX 1997
 Suspensi Depan & Belakang  Dual Wishbone & Leaf Spring
 Sistem Kemudi  Hydraulic Power Assited
 Rem Depan & Belakang  Disc & Drum
 Teknologi Sistem Pengereman  N/A
 Teknologi Safety Sasis   N/A
 Struktur Sasis  Ladder Frame (Body On Frame)
Pelek Alloy, 14 inch
 Jenis Ban  Radial, 195/70 R14

kelebihan & kekurangan Toyota Kijang 1997

Setelah membahas semua tentang Kijang tipe LGX ini, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Kijang LGX 1997.

 Kelebihan Kekurangan 
 Daya Angkut  Sulit Mencari Yang Masih Full Original
 Durabilitas Luar Biasa  Karburator Sulit Beradaptasi Di Dataran Tinggi Atau Suhu Dingin
 Torsi Mesin Di Putaran Rendah  Harga Masih Tinggi
 Tampilan Abadi  Konsumsi BBM Boros

daftar harga Toyota Kijang 1997

Harga yang harus Anda bayarkan ketika berminat dengan mobil Toyota Kijang tipe LGX dengan tahun produksi 1997 ini adalah sekitar Rp 54 juta hingga tertinggi di angka Rp 85 juta. Namun, itu semua tergantung dari kondisi aktual mobil secara keseluruhan. Di listing Cintamobil.com sendiri mobil Toyota Kijang LGX 1997 hingga 1999 ada sebanyak 149 mobil, mengingat dalam masa tiga tahun peredaran mobil ini spesifikasi maupun bentuknya sama saja.

Mobil Toyota Kijang LGX 1997 Dijual Di Cintamobil.com

Ada lebih dari 100 mobil Toyota Kijang LGX 1997 dijual di listing Cintamobil.com

Banyak pilihannya, namun Anda juga harus jeli dalam memilih mobil tersebut, mengingat usianya sudah berjalan 22 tahun hingga tahun 2019 ini. Pastikan Anda membeli mobil idaman Anda baik bekas maupun baru di Cintamobil.com, selain banyak pilihan, customer service yang ramah akan membantu Anda menemukan mobil yang Anda cari.

Video Toyota Kijang 1997

KESIMPULAN Toyota Kijang 1997

Gambar beberapa orang sedang memfoto di depan mobil Toyota Kijang LGX 1997

Lantas layakkah ia untuk dipinang sebagai mobil keluarga?

Dengan uang tidak sampai Rp 60 juta, Anda sudah dapat membawa pulang Toyota Kijang LGX 1997 ke garasi rumah Anda. Mobil ini sangat kami sarankan, bagi Anda yang mencari mobil keluarga dengan kabin lega, bandel dan muat banyak. Namun, Anda harus berkompromi dengan konsumsi BBM-nya yang tidak irit.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil