Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Tak Hanya Terlihat Makin Sporty

29/10/2019

Share this post:

Toyota C-HR 2019

Editor rate:

Lihat promo

Bagaimana jika mobil yang dari awal sudah tampil sporty kini diberikan sentuhan yang lebih sporty? Tapi, ketika ditelisik lebih dalam, mobil ini tak hanya terlihat makin sporty, tapi lebih dari itu. Mari simak ulasan lengkap kami tentang mobil Toyota C-HR GR Sport 2019.

Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Tak Hanya Terlihat Makin Sporty
Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Tak Hanya Terlihat Makin Sporty
0 Gambar

Pengantar Toyota C-HR 2019

Mari kita simak spesifikasi Toyota C-HR 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Mobil tercanggih dari Toyota saat ini

Aksen sporty hingga ke aspek teknis tak hanya tampilan saja

Fitur keselamatan Toyota Safety Sense dan Star Safety System

Kekurangan

Desain bukan selera semua orang

Harga jualnya mahal

Belum akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota C-HR GR Sport 2019 berwarna putih

Bagaimana jika mobil yang tampilannya sudah sporty dibuat makin sporty?

Review Toyota C-HR GR Sport 2019 -  GR Sport adalah salah satu divisi in house tuner Toyota yang berbasis di Jepang, tugasnya adalah memoles mobil-mobil keluaran Toyota agar jadi lebih sporty. Tapi, tak hanya tampilan semata seperti yang biasa dilakukan oleh TRD Sportivo di Tanah Air. Namun, seluruh aspek termasuk teknis juga ikut di spec up agar karakter sportynya makin mencuat. Tak terkecuali dengan produk terbaru mereka yakni Toyota C-HR GR Sport 2019.

Gambar menunjukkan emblem dari mobil Toyota C-HR GR Sport 2019

GR Sport adalah in house tuner Toyota yang langsung didesain dan dibuat di Jepang

Toyota C-HR pada dasarnya sudah memiliki tampilan yang sporty. Karena ia seakan mendobrak batas crossover tradisional. Apalagi dengan rancang bangun menggunakan konsep TNGA. Kami sudah mencoba sendiri, baik versi biasa maupun hybrid, terasa sekali karakter pengendaraan mobil ini benar-benar berbeda dari produk Toyota sebelumnya. Lantas, bagaimana pendapat kami mengenai mobil Toyota C-HR GR Sport 2019? Simak reviewnya berikut ini sampai habis.

Eksterior Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota GR Sport 2019

Konsep fashion follow function, itulah yang diterapkan pada C-HR GR Sport 2019 ini

Tak bisa dipungkiri, karakter sporty dari C-HR hasil polesan GR Sport ini terlihat jelas dari bagian depan eksterior Toyota C-HR GR Sport 2019 ini. Kombinasi bumper depan dengan air dam yang besar, plus perpaduan aksen chrome dan hitam membuat tampilannya makin terlihat sangar, apalagi splitter pada spoiler bawah juga bukan gaya-gayaan semata, karena berfungsi sebagai peranti yang membantu aerodinamika.

Gambar menunjukkan headlamp Toyota C-HR GR Sport 2019

Semua bohlamnya sudah menganut jenis LED yang punya respon cepat dan hemat daya

Tapi tak hanya tampilan eksterior saja yang jadi perhatian, fungsinya juga diperhatikan. Toyota C-HR GR Sport 2019 ini menggunakan headlamp dengan teknologi Bi-Beam Light Emitting Diode (LED) headlamp. Dan khusus GR Sport, terdapat dedicated dark smoke extension di sekujur lampunya, dan semua lampu menggunakan bohlam LED yang tidak dapat ditemui di C-HR “biasa”.

Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Toyota C-HR GR Sport 2019

Pelek dengan diameter 19 inch makin mempertegas aura sportynya

Beralih ke bagian samping mobil Toyota C-HR GR Sport 2019 ini, Anda akan langsung disambut dengan penggunaan pelek yang makin sporty. Pelek 19 inci ini menggunakan kelir gun metal dengan finishing chrome. Dikawal dengan ban Dunlop SP Sport 225/45 R19. Oh ya, spion berwarna hitamnya juga sudah auto electric retractable yang bisa dilipat dari remote control.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Toyota C-HR GR Sport 2019

Ban profil tipis seakan menjamin hebatnya pengendalian C-HR GR Sport 2019 ini

Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota C-HR GR Sport 2019

Empat muffler tip benar-benar menunjukkan kesan garang

Last but not least, tampilan belakang mobil ini tampak sangat sporty berkat penggunaan bumper belakang yang terintegrasi dengan diffuser belakang. Empat buah muffler tip di C-HR GR Sport ini benar-benar menunjukkan kesan garang. Oh ya, tapi ada sedikit efek menggunakan bumper ini, karena ground clearance-nya turun sekitar 74 mm dari standarnya. Dan bumper ini membuat panjang mobil bertambah 20 mm.

Gambar menunjukkan Stoplamp Toyota C-HR GR Sport 2019

Lampu belakang adalah salah satu daya tarik eksterior belakang C-HR GR Sport

C-HR GR Sport 2019 ini juga menggunakan rear combination lamp dengan teknologi LED pada seluruh lampunya. LED dipilih karena mempunyai sejumlah kelebihan yakni hemat daya, punya respon cepat, dan tampilan yang lebih keren ketika menyala. Tentunya itu juga menambah baik visibilitas bagi pengendara di belakangnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Toyota C-HR GR Sport 2019

Layout dasbor masih sama saja dengan Toyota C-HR biasa

Layout dashboard Toyota C-HR GR Sport 2019 ini modelnya sebenarnya masih sama saja dengan C-HR biasa. Hanya saja, dekorasi panel instrumen dan door inner garnish di varian GR Sport ini menggunakan kelir metallic dark silver. Tapi tak hanya itu, pada konsol tengah dekat tuas transmisi dilabur warna piano black. Serta panel di switch power window menggunakan kombinasi warna hitam dengan piano black.

Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Kursi

Gambar menunjukkan Kursi Toyota C-HR GR Sport 2019

Material kursi khusus membuatnya makin terasa sebagai varian istimewa

Kursi pada Toyota C-HR GR Sport 2019 ini menggunakan material khusus dari Brannov®, tapi tidak menggunakan materail full kulit, karena material kulit sintetis hanya ada di bagian samping saja, sementara bagian tengahnya menggunakan perforation. Khusus untuk jok pengemudi dan penumpang depan mendapatkan sporty seat dilengkapi dengan emblem GR Sport berwarna silver.

Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Setir

Gambar menunjukkan setir Toyota C-HR GR Sport 2019

Setir diameter kecil membuat pengemudinya seakan menyetir sebuah sportcar 

Menurut kami pribadi, dari sisi interior Toyota C-HR GR Sport 2019, inilah yang paling menarik. Mobil dengan trim GR Sport ini mendapatkan setir dengan ukuran lingkar diameter lebih kecil dari C-HR "normal". Meski sama-sama dibalut kulit serta tata letak tombol pengatur audio dan multi information display-nya masih sama, namun emboss GR Sport di spoke tengah membuat aura yang berbeda pada mobil ini.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan fitur keselamatan Toyota C-HR GR Sport 2019

Tak perlu khawatir, ada segudang fitur keselamatan yang "menjaga" mobil ini

C-HR GR Sport 2019 ini telah dibekali teknologi keselamatan unggulan yang dinamai Toyota Star Safety System. Star Safety System adalah sebutan umum racikan teknologi khas Toyota meliputi Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRAC), Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Lewat racikan teknologi tersebut, mobil ini dipastikan mampu memberikan sensasi pengereman presisi serta tingkat kestabilan yang mumpuni.

Gambar menunjukkan rem cakram Toyota C-HR GR Sport 2019

Rem dengan sistem ABS ini juga turut andil dalam menjalankan fitur VSC di mobil ini

Di sisi lain, C-HR GR Sport 2019 ini juga sudah dibekali teknologi keselamatan Toyota Safety Sense. Teknologi ini dikenal akan kemampuannya dalam mencegah terjadinya kecelakaan. Dalam Toyota Safety Sense terdapat formasi fitur Pre-Collision System (PCS) with Pedestrian Detection (PD), Lane Departure Alert (LDA), Steering Assist (SA), Automatic High Beams dan Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). Teknologi selengkap ini, tentu akan menjamin keselamatan Anda dalam berkendara.

Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display Toyota C-HR GR Sport 2019

Berbagai informasi saat mengemudi tersaji di panel instrumen ini

Berbagai informasi dapat tersaji di layar ini. Seperti konsumsi BBM real time, konsumsi BBM rata-rata, sisa jarak tempuh berdasarkan kalkulasi sisa BBM di tangki, kecepatan rata-rata, odometer dan juga dua buah tripmeter. Tak hanya itu saja, pengaturan mode berkendara juga dapat dilakukan dari MID ini, meski menurut kami cara ini kurang praktis dan merepotkan kala mengemudi.

Gambar menunjukkan Multi Information Display Toyota C-HR GR Sport Hybrid 2019

Ini adalah panel instrumen C-HR GR Sport varian Hybrid

Khusus Toyota C-HR GR Sport 2019 varian Hybrid 2019 ada beberapa info penting yang dapat tersaji lewat energy monitor di Multi Information Display-nya. Contohnya transfer energi dari mesin ke baterai atau sebaliknya dapat terpantau dari sini. Sistem juga akan memberikan peringatan lewat MID ini ketika daya baterai sudah lemah dan harus di-charge ulang, sehingga Anda tidak bisa mengaktifkan EV mode.

>>> Jika Anda sedang mencari sebuah mobil SUV, Toyota C-HR adalah rekomendasi bagus untuk Anda

Operasi Toyota C-HR 2019

Gambar menunjukkan GR Dedicated Rigidly Up Parts Toyota C-HR GR Sport 2019

Kekakuan sasis ditingkatkan dengan peranti ini

Salah satu hal yang kami suka dari GR Sport dalam membangun mobil. Mereka benar-benar menyempurnakan kemampuan mobil yang sudah ada hingga lebih optimal. Kekakuan serta kekuatan sasis lebih diperhatikan dengan pemasangan GR dedicated rigidly up yang membuat pengendalian mobil lebih mumpuni saat dikemudikan.

Gambar menunjukkan Mesin Toyota C-HR Hybrid 2ZR-FXE

Unit hybrid menggunakan mesin berkode 2ZR-FXE yang dilengkapi dengan Toyota Hybrid System II

Total C-HR GR Sport 2019 ini di negara asalnya memiliki 2 varian mesin. Yakni mesin bensin 4-silinder berkubikasi 1,797 cc berkode 2ZR-FXE dilengkapi dengan Toyota Hybrid System II seperti halnya Toyota C-HR Hybrid yang dijual di Tanah Air. Dan satu lagi adalah mesin 4-silinder berkode 8NR-FTS berkapasitas 1,196 cc yang dilengkapi dengan turbocharger. Semua varian mendapat dua pilihan transmisi yakni manual 6 percepatan atau Super CVT-i, kecuali varian hybrid yang menggunakan ECVT. Mesin-mesin tersebut menyalurkan tenaganya ke dua pilihan driveline pula, yakni front wheel drive atau 4WD.

Gambar menunjukkan pilihan transmisi Toyota C-HR GR Sport 2019

Pilihan transmisi 6 speed manual, menjajikan keasyikan berkendara

Untuk output tenaga yang dihasilkan, varian hybrid seperti Toyota C-HR GR Sport 2019 mengusung total tenaga kombinasi dari motor bakar dan motor listrik adalah 170 PS atau sekitar 167 hp. Sementara Torsi total yang dihasilkan adalah 305 Nm. Sementara untuk yang bermesin turbo, tenaganya lebih rendah 52,5 hp dan torsinya lebih kecil 120 Nm. Suspensi juga tidak luput dari perhatian GR Sport dalam membangun Toyota C-HR ini. Dengan racikan suspensi khusus, ground clearance mobil ini 3 mm lebih rendah dari aslinya. Dengan semburan tenaga yang lumayan besar, plus racikan suspensi GR Sport, maka dijamin mobil ini akan asik dikemudikan.

Gambar menunjukkan GR Sport Suspension Set Toyota C-HR GR Sport 2019

Suspensi diracik khusus untuk keasyikan berkendara

>>> Klik sini untuk mendapat harga mobil Toyota C-HR terbaru serta promo yang sangat menarik

Spesifikasi Toyota C-HR 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota C-HR GR Sport 2019.

Mesin Toyota C-HR GR Sport 2019  

 Seri Mesin

 2ZR-FXE 4 Silinder Segaris 16 Katup Single VVT-i

 Seri Motor Elektrik & Baterai

 1NM, AC Synchronous Motor, Lithium Ion Battery 3,6 Ah

 Tenaga Maksimum Motor Listrik

 70,5 Hp (72 Ps) / 53 Kw

 Tenaga Maksimum Mesin Utama

 96,5 Hp (98 Ps) @ 5.200 rpm

 Torsi Maksimum Mesin Utama & Motor Listrik 

 142 Nm (14,5 Kgm) @ 3.600  rpm & 163 Nm

 Kapasitas Silinder

 1,797 cc

 Bore X Stroke

 80,5 mm X 88,3 mm

 Tipe Transmisi

Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (ECVT)

  Rangka Toyota C-HR GR Sport 2019

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.390 mm X 1.795 mm X 1.550 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.640 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 Track Roda Depan & Belakang

 1.540 mm & 1.540 mm

 Jarak Terendah Ke Tanah

 140 mm

  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota C-HR GR Sport 2019

Suspensi Depan & Belakang

 McPherson strut coil spring (with stabilizer) & Double wishbone coil spring (with stabilizer)

Sistem Kemudi

 Rack & Pinion dengan Electric Power Steering (EPS)

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Solid Disc, Regenerative Brake Cooperation Type

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, & Toyota Safety Sense

Teknologi Safety Sasis

 Toyota New Global Architecture

Struktur Sasis

 Monokok, C-Segment

Pelek

 GR Sport Alloy, 19 Inch

Jenis Ban

 Dunlop SP SPORT 2050, 225/45 R19

Daftar Harga Toyota C-HR 2019

Di Jepang Toyota C-HR GR Sport 2019 dijual dengan rentang harga 2,367,000 Yen hingga 3,095,000 Yen. Atau berkisar antara Rp 304.869.600 hingga Rp 398.636.000. Tentunya itu belum termasuk biaya masuk Indonesia dan pajak-pajak lainnya. Prediksi kami jika masuk Indonesia, harganya bisa membengkak seperti C-HR Hybrid yang dijual di Indonesia.

Manufacturer's suggested retail price

(Unit: Yen)
  engine transmission Drive Price *
(including consumption tax)
ST 8NR-FTS
(1.2L turbo)
6-speed manual (iMT) 2WD 2,367,000
Super CVT-i
[with 7-speed sports sequential shiftmatic]
2,400,000
4WD 2,598,000
GT 6-speed manual (iMT) 2WD 2,632,000
Super CVT-i
[with 7-speed sports sequential shiftmatic]
2,665,000
4WD 2,863,000
ST “GR SPORT” 6-speed manual (iMT) 2WD 2,732,000
S THS Ⅱ with reduction mechanism
(2ZR-FXE 1.8L)
2,730,000
G 2,995,000
S “GR SPORT” 3,095,000

Kesimpulan Toyota C-HR 2019

Gambar menunjukkan dua mobil Toyota C-HR GR Sport 2019 dilihat dari sisi depan dan sisi belakang

Mobil ini layak untuk Anda pinang karena...

Toyota CH-R dalam kondisi standar sekalipun sudah menarik perhatian, terutama dari desain yang diusungnya. Dengan sentuhan GR Sport, nilai-nilai sporty yang ditawarkan Toyota untuk CH-R semakin dipertajam. Mobil ini jelas mengincar para pecinta kecepatan dan kaum muda sesuai dengan segmennya. Sayangnya, harga CH-R di Indonesia saat ini bisa dibilang termasuk tinggi di kelasnya. Jika varian GR Sport ini hadir di Indonesia dapat dipastikan harganya akan semakin melambung. Meski begitu, dengan perubahan aturan soal Pajak Penjualan atas Barang Mewah terbaru, Anda masih bisa berharap akan kehadiran model ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Toyota C-HR Rally Car 2020

12/08/2019

Editor rate:

Salah satu crossover fenomenal buatan Toyota ini kembali membuat ulah. Setelah meluncur dan menghebohkan dunia dengan desainnya yang out of the box nan cantik, CUSCO World Rally Team bekerja sama dengan Toyota Racing Development (TRD) membangun sebuah 'monster' reli berbasi Toyota C-HR. Inilah ulasan mendalam kami mengenai Toyota C-HR Rally Car 2020.

Lihat juga

Review Toyota C-HR Hybrid 2019

Rp 523.000.000

23/04/2019

Editor rate:

Cintamobil.com jadi salah satu media otomotif Indonesia pertama yang berkesempatan mencoba langsung Toyota C-HR Hybrid 2019 yang kini resmi masuk ke Indonesia melalui PT Toyota Astra Motor. Seperti apa rasanya mobil SUV yang digadang-gadang menjadi salah satu mobil Toyota yang fun to drive ini?

Lihat juga

Review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019: Varian Menengah yang Tak Kalah Gagah

25/10/2019

Editor rate:

Tidak selalu mobil yang fun to drive hanya bisa didapatkan pada varian tertinggi. Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 salah satunya. Menjadi varian menengah dari segmen SUV milik pabrikan asal Korea Selatan ini, peningkatan fitur serta kenyamanan kelas atas membuatnya patut dipertimbangkan sebagai mobil harian keluarga Indonesia.

Lihat juga

Review All New Toyota Rush G 2019: Medium SUV Keluarga Teraman di Tanah Air

24/10/2019

Editor rate:

Persaingan segmen Medium SUV Tanah Air saat ini begitu ketat karena juga harus bertarung dengan segmen Medium MPV. Namun dengan banderol harga yang kompetitif, Toyota All New Rush G memberikan pilihan sebagai salah satu Medium SUV teraman di Indonesia. Berikut ini adalah review Toyota All New Rush G 2019.

Lihat juga

Review Honda CR-V 2020: Ucapkan Selamat Datang Pada SUV Hybrid Pertama Besutan Honda

16/10/2019

Editor rate:

Honda CR-V 2020 akhirnya mendarat di Amerika Serikat, mengusung teknologi Hybrid untuk pertama kali dalam sejarah. Fitur-fiturnya pun semakin lengkap, memprioritaskan kenyamanan berkendara serta bodi tangguh. Mari kita intip bersama dalam review Honda CR-V 2020.

Lihat juga