Review Nissan Latio 2005

01/03/2019

Share this post:

Nissan Latio 2005

Editor rate:

Lihat promo

Mungkin sangat jarang bagi Anda mendengar nama Nissan Latio. Tak heran, model ini tidak dijual resmi di diler resmi Nissan melainkan Anda hanya bisa mendapatkannya dalam mode Completely Built Up (CBU) versi Thailand. Di medio 2005 hingga 2008, model Hatchback ini banyak dibandingkan dengan Honda Jazz Indonesia. Apa kelebihan mobil satu ini? Mari kita simak review Nissan Latio 2005.

Review Nissan Latio 2005
Review Nissan Latio 2005
0 Gambar

Pengantar Nissan Latio 2005

Mari kita simak spesifikasi Nissan Latio 2005 di bawah ini.

Kelebihan

Tenaga mesin 1.8 Liter terbilang handal untuk sekelas mobil Hatchback

Kursi kulitnya cukup mewah dan membuat Anda seakan lupa bahwa sedang mengendarai Nissan Latio

Fitur Intelligent Key sudah dihadirkan untuk memberi sensasi Premium bagi pemiliknya

Kekurangan

Harga baru di zamannya terbilang paling mahal di antara pesaing lainnya

Suspensi terasa keras ketika melaju di jalanan polisi tidur

Model ini cukup langka sehingga pastikan Anda tahu dimana harus membeli sparepart-nya

 

Review Nissan Latio 2005 - Di negara asalnya, Nissan Latio diciptakan dalam dua versi yakni Hatchback serta sedan. Kode bodinya sendiri adalah C11 yang digunakan mulai tahun 2004 hingga 2012. Kala itu, model ini hanya dipasarkan di beberapa negara meliputi China, Thailand, Australia dan New Zealand.

Di Indonesia banyak para peminatnya mendapatkan Latio dalam mode CBU asal Thailand. Adapun versinya hanya dalam kategori Hatchback saja yang notabene lebih cocok untuk pasar Tanah Air. Berbeda dengan versi sedannya yang pajaknya cenderung mahal sehingga tidak begitu dilirik oleh konsumen di Indonesia.

Nissan Latio 2005 hadir di Indonesia dalam versi Hatchback dengan model CBU

Sosok Nissan Latio Hatchback yang beredar di Indonesia

Namun jangan salah, model satu ini digadang-gadang sebagai penantang dari Honda Yaris. Bahkan dikenal lebih baik dikarenakan Nissan Latio hadir dalam model CBU sedangkan Yaris dirakit lokal. Tak heran, fitur-fitur Latio sangat lengkap. Penasaran? Mari kita kupas bersama dalam review Nissan Latio 2005.

Eksterior Nissan Latio 2005

Mengamati sisi eksterior Nissan Latio 2005, desainnya bukanlah selera banyak orang. Tapi menurut kami sebagai pengamat otomotif menilai bahwa bodi Nissan Latio mampu memberi kesan praktis serta ergonomis.

Review Nissan Latio 2005: Eksterior Depan

Wajah depannya terlihat berbeda dengan model Nissan masa kini yang menerapkan V-Motion Grille. Nissan Latio berbeda, logo kebanggaan disematkan di sisi tengah dengan dua Grille di sisi sampingnya. Terlihat minimalis sekaligus diberi sentuhan mewah lewat aksen krom mengkilap.

Eksterior depan Nissan Latio 2005 sudah dilengkapi dengan lampu HID

Fascia depannya terlihat minimalis, pas dengan bodinya yang mungil

Sisi lampu sendiri menggunakan ukuran cukup besar serta sudah didukung HID Dan sensor cahaya. Hal ini yang tergolong spesial, sesuai dengan fitur pada versi Thailand. Alhasil, cahaya lampu terasa lebih terang daripada model sekelasnya.

Review Nissan Latio 2005: Eksterior Samping

Paling seksi adalah ketika mengamati bodinya dari sisi samping. Terkesan elegan, mungil serta ergonomis. Sentuhan desain paling menarik adalah sisi Pillar C yang menyiratkan kesan patah tidak mengikuti bentuk bodinya. Bahkan, banyak penggunaannya sepakat dengan tampilannya yang seksi ketika dilihat dari samping.

Eksterior samping Nissan Latio 2005 dikemas dengan lekuk bodi yang stylish

Bodi sampingnya terlihat cukup eksotis khususnya pada sisi kaca belakang

Review Nissan Latio 2005: Eksterior Belakang

Desain lampu belakang berhasil mendapatkan perhatian kami. Dibuat besar namun lancip hingga menyeruak ke sisi samping bodi. Hal ini tentu memberi tampilan lebih tegas bagi Hatchback besutan Nissan satu ini. pemanis akhir adalah Stoplamp yang diintegrasikan pada panel Rear Spoiler. Hal ini mampu menunjang fungsi pencahayaan pada bodi belakangnya.

Eksterior belakang Nissan Latio 2005 dikemas dengan rupa yang stylish dan menggemaskan

Lampu belakangnya terlihat memikat dengan desain tajam namun masih elegan

>>> Artikel terkait:


Interior Nissan Latio 2005

Jika Anda menyukai kapasitas kabin lega namun fitur hiburan cukupan maka interior Nissan Latio 2005 sangat cocok untuk Anda. Mobil satu ini menyediakan kelegaan kabin yang luar biasa sebagai mobil Hatchback.

Review Nissan Latio 2005: Dashboard

Jangan bandingkan dashboard Nissan masa kini dengan dashboard Latio. Perlu diingat bahwa model satu ini menggunakan desain yang sedang tren di zamannya. Panel dashboard hitam dipadu berbagai tombol yang memudahkan aktivitas Anda. Memang tak dipungkiri, tombol-tombolnya sekilas terlihat rumit dan kurang ringkas. Namun setelah Anda sudah terbiasa dengannya, hal ini sudah bukan menjadi masalah berarti.


Dashboard Nissan Latio 2005 dikemas cukup sederhana saja

Meski dikemas sederhana namun dashboard-nya sudah dilengkapi fitur hiburan layaknya sistem audio dan penyejuk AC

Review Nissan Latio 2005: Setir

Merambah ke sisi setir, desainnya menerapkan model tiga palang dengan panel Speedometer yang cukup mampu memberikan informasi penting seputar kendaraan. Memang tak semodern model Nissan masa kini tapi setir Latio sudah cukup nyaman khususnya dalam hal Handling dan manuver.

Review Nissan Latio 2005: Kursi

Untunglah Nissan Latio adalah model CBU Thailand sehingga tak heran fiturnya lengkap termasuk kursi yang sudah dibalut bahan kulit berkualitas. Tak heran banyak penggunanya merasakan kursinya seperti kursi mobil mewah sebut saja Mercedes-Benz S-Class di zamannya. Bahkan karena dari saking nyamannya, Anda akan lupa bahwa sedang mengendarai Nissan Latio.

Kursi Nissan Latio 2005 dikemas untuk dapat menampung lima orang sekaligus

Nissan Latio dikenal karena kursi belakangnya yang sangat lapang

Kursi belakang juga sudah mendukung Reclining Seat, fitur pengaturan kursi untuk maju dan mundur. Memang, dulunya fitur ini hanya didapati pada mobil-mobil mewah saja. Menariknya lagi, ruang kaki kursi belakang terasa sangat lega dan super duper luas dibanding mobil Hatchback sekelasnya.

>>> Informasi menarik lainnya:

Fitur Nissan Latio 2005

Apakah mobil ini memiliki fitur menarik? Jawabannya adalah iya dan sangat membantu proses berkendara Anda. Di segmen ini akan dibahas lebih mendalam terkait fitur Nissan Latio 2005.

Review Nissan Latio 2005: Fitur Keselamatan

Hal yang paling menarik dari mobil dengan harga terjangkau ini adalah fitur Intelligent Key. Anda tak perlu lagi untuk mencolokkan kunci. Bagi Anda yang belum terbiasa, tenang saja. Nantinya setelah terbiasa menggunakannya, Anda akan menanggapi fitur ini sangat praktis dan futuristik.

Fitur Nissan Latio 2005 dikemas dengan Intelligent Key yang memberi esensi praktis sendiri bagi pengendara

Inilah sosok Intelligent Key yang menjadi fitur spesial pada Nissan Latio

Fitur keselamatan menarik lainnya adalah Dual Airbags pada bangku depan. Hal ini tentu memberi jaminan keselamatan lebih bagi pengendara serta penumpang. Adapun fitur Electric Mirror mempermudah Anda untuk membuka dan melipat kaca spion secara otomatis.

Review Nissan Latio 2005: Fitur Hiburan

Seperti apa yang disebutkan sebelumnya, fitur hiburan Nissan Latio terbilang biasa saja. Panel audio sudah didukung format radio AM/FM yang menurut kami sudah cukup menghibur seluruh penumpang selama perjalanan. Fitur lain adalah banyak sekali didapati fitur wadah dalam kabinnya. Mempermudah penumpang untuk menyimpan serta menaruh barang bawaan.

>>> Bandingkan juga dengan mobil Hatchback lainnya supaya pertimbangan Anda menjadi lebih matang

Operasi Nissan Latio 2005

Hal spesial lain yang ditawarkan oleh Latio adalah mesinnya. Jika pesaing sekelasnya banyak menggunakan mesin 1.5 Liter, operasi mesin Nissan Latio 2005 menerapkan kapasitas 1.8 Liter, sama seperti saudaranya yakni Nissan Grand Livina. Tentu untuk sebuah Hatchback mungil, hal ini tergolong cukup spesial.

Operasi Mesin Nissan Latio 2005 menggunakan mesin 1.8 Liter mirip Nissan Grand Livina

Untuk sekelas Hatchback, performa mesin 1.8 Liter sudah terbilang sangat mumpuni

Bukan saja nyaman untuk digunakan sehari-hari namun juga bisa diajak kebut-kebutan. Tercatat mobil ini mampu meraih kecepatan 190 Km/Jam. Namun sayangnya, model satu ini belum menerapkan transmisi Continuous Variabel Transmission (CVT). Nissan Latio hanya ditawarkan dengan transmisi 4 tingkat percepatan otomatis.

Suspensinya sendiri terbilang cukup handal dan responsif. Namun jika melewati polisi tidur dengan kecepatan sedang, benturan akan cukup terasa. Baiknya, Anda menurunkan kecepatan sebelum melewatinya. Selain kekurangan minor tersebut, kami cukup menyukai konsumsi bahan bakar yang dicatatkan oleh Nissan Latio yakni di angka 1:10.

>>> Jika Anda tertarik, Anda juga bisa melihat model Nissan menarik lainnya

Spesifikasi Nissan Latio 2005

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa mengamati tabel spesifikasi Nissan Latio 2005 di bawah ini.

SPESIFIKASI NISSAN LATIO 2005

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.250 mm x 1.695 mm x 1.510 mm

Jarak Poros Roda

2.600 mm

Berat Kosong

1.200 Kg

Radius Putar Minimum

5,2 m

MESIN

Tipe Mesin

1.8 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup CVTC

Kapasitas Silinder

1.798 cc

Daya Maksimum

125 HP / 5.200 Rpm

Torsi Maksimum

174 Nm / 4.800 Rpm

Sistem Transmisi

4 Tingkat Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

205/45 R17

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

52 Liter

Daftar Harga Nissan Latio 2005

Model satu ini tak lagi dijual dalam kondisi baru maka Cintamobil.com hendak memberikan daftar harga Nissan Latio 2005 bekas.

TIPE MOBIL

HARGA NISSAN LATIO BEKAS

Nissan Latio M/T

IDR. 49.000.000 (2011)

Nissan Latio A/T

IDR. 69.000.000 (2008)

>>> Klik di sini jika Anda tertarik untuk membeli Nissan Latio secara langsung

 

Kesimpulan Nissan Latio 2005

Nissan Latio adalah model Hatchback terbaik di zamannya. Namun karena model ini tidak dijual resmi di Indonesia maka kehadirannya jarang diketahui oleh masyarakat. Tak heran, masalah umum seperti pencarian Sparepart menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan. Jika Anda memiliki kenalan bengkel favorit yang sanggup menjawab masalah tersebut maka Nissan Latio adalah mobil rekomendasi terbaik untuk Anda. Selain harga yang terjangkau, penawaran menarik adalah teknologi canggih Intelligent Key serta mesin 1.8 Liter. Lantas, bagaimana pendapat Anda tentang Nissan Latio 2005 Indonesia?

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya.  Dan jika ingin membeli mobil dengan harga terbaik dan kualitas terjamin? Kliklah di sini

Franky Pratama
Share this post:

Review lain

Review All New Toyota Vios 2018

22/01/2018

Editor rate:

Pada tahun 2018 ini, Toyota akan merilis produk-produk terbarunya yang dibekali dengan berbagai teknologi mumpuni. Salah satu mobil yang akan diberikan pembaharuan adalah Toyota Vios. Mobil ini sudah resmi diluncurkan di Singapura pada awal Januari 2018 lalu dan hadir dengan beragam fitur menarik. Kira-kira fitur apa yang dihadirkan dalam mobil ini sobat? Pada kesempatan kali ini, Cintamobil.com akan melakukan review All New Toyota Vios 2018 dari segala aspeknya.

Lihat juga

Review Honda City 2015

26/01/2018

Editor rate:

Honda City merupakan mobil dengan tipe sedan yang diproduksi oleh Honda sejak tahun 1981 untuk pasaran Asia. Honda City 2015 atau yang dikenal dengan Honda City generasi ketiga (di Indonesia mengambil basis dari Honda Jazz, namun tetap termasuk generasi keenam untuk pasar global) yang diluncurkan di Bangkok, Thailand pada Januari 2014 silam. Di Indonesia mobil ini diluncurkan dan diperkenalkan pada April 2014 silam. Review Honda City 2015 secara lengkap akan dijabarkan dibawah ini.

Lihat juga

Review Honda Accord 2003: Generasi Ketujuh Yang Cocok Untuk Modal Modifikasi Anda

11/06/2018

Editor rate:

Teknologi yang semakin berkembang kini, memberikan banyak pilihan bagi Anda dalam memilih mobil sedan. Dari pihak Honda misalnya, Accord menjadi salah satu produk sedan legendaris yang dirilis generasi pertamanya pada tahun 1976. Namun, bagaimana jika melirik generasi ketujuhnya, apakah terbilang sukses? Mari kita simak review Honda Accord 2003.

Lihat juga

Review Toyota Camry 2017 Indonesia

07/03/2018

Editor rate:

Toyota Camry merupakan mobil sedan besutan Toyota yang begitu terlaris di Amerika dalam kurun waktu 14 tahun terakhir. Memasuki ulang tahun ke-35, Toyota menambahkan lebih banyak fitur-fitur baru yang cukup menarik pada mobil sedan premium ini dimana mobil ini ditujukan untuk pasar mobil sedan di kelas menengah ke atas. Apa saja fitur yang ditawarkan oleh mobil ini? Review Toyota Camry 2017 Indonesia akan dijabarkan dibawah ini.

Lihat juga

Review Suzuki Ciaz 2015, Mencoba Taklukkan Pasar Dengan Mesin 1.400cc

11/05/2018

Editor rate:

Meski pasar sedan masih terlihat lesu dengan ramainya produk Multi Purpose Vehicle (MPV), nampaknya PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mulai mencoba peruntungannya menghadirkan Suzuki Ciaz di tahun 2015 lalu. Pertanyaan besarnya, mampukah produk sedan terbaru besutan Suzuki ini menjadi raja di kategori sedan Compact? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita bedah segala keunggulannya lewat review Suzuki Ciaz 2015.

Lihat juga