Begini Cara Nissan Menguji Coba Daya Tahan Cat Mobil Mereka

09/01/2019
Tidak banyak yang tahu bagaimana pengembangan komponen kendaraan dilakukan. Dan saat ini, Nissan berbagi wawasan tentang salah satu hal yang sering dianggap remeh, yaitu daya tahan cat.

Semua jenis penelitian dan pengembangan telah dilakukan dari pabrikan, mulai dari konsep hingga produksi menghasilkan model baru. Banyak yang tahu tentang mobil dan model baru, sedikit yang mengerti bagaimana perkembangan komponen-komponen mobil dilakukan, salah satunya daya tahan cat.

Kedengarannya seperti proses yang sederhana, namun Nissan berbagi pengetahuan tentang pengembangan cat mobil mereka. Pabrikan asal Jepang ini menunjukan bagaimana mereka menguji ketahanan cat mereka. Dengan memaparkan ratusan sampel cat mereka dengan sinar ultra violet (UV) matahari, Nissan memilih komponen cat yang bisa bertahan lama.

>>> Teknologi Pemindai Sidik Jari Hyundai Akan Dipasangkan pada Santa Fe 2019

Gambar seorang sedang cek sampel cat

Beberapa sampel cat dipilih untuk di uji coba

Jika menggunakan sinar matahari langsung, bisa dibilang proses ini akan memakan waktu berminggu-minggu. Untuk mempercepat proses, Nissan menggunakan sebuah kotak yang disebut Xenon Weather-Ometer (XWO) dan tujuan utamanya adalah untuk mensimulasikan lingkungan dari sinar matahari, atau sinar UV, pada berbagai sampel cat.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Kotak ini bisa menampung hampir 100 sampel sekaligus. Dan dengan ‘matahari’ yang bisa bersinar di dalam kotak 24 jam sehari, Nissan bisa mempelajari efeknya hanya dalam setengah dari waktu yang dibutuhkan pada cara konvensional.

Gambar XWO dari Nissan

Sampel cat akan berputar disinari sinar UV di dalam XWO

Cara membuat XWO sangat sederhana. Kotak ini menggunakan bohlam Xenon 4.000 watt tunggal untuk memancarkan jenis panjang UV yang sama seperti matahari, secara efektif memanggang semua sampel sekaligus. Chip cat ditempatkan pada dudukan berbentuk bola besar yang berputar perlahan di dalam kotak, merepresentasikan orbit bumi.

>>> Teknologi kendaraan terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

"Selain tes dunia nyata yang ketat, alat ini memungkinkan kita untuk menciptakan lingkungan yang keras," kata Doug Prytula, seorang teknisi untuk pengujian bodi dan sasis dengan Nissan Amerika Utara. "Ini satu langkah lagi yang kami ambil untuk memastikan standar kualitas Nissan tidak ada duanya."

Ini cara Nissan menguji daya tahan cat mobil mereka

Namun sayangnya, XWO tidak mensimulasikan faktor angin, air, atau segala jenis perubahan lingkungan lainnya untuk pengujian daya tahan cat kendaraan. Tetapi terlepas dari kondisi cuaca, semua mobil merasakan sinar matahari di sebagian tempat di dunia. Inilah pentingnya menggunakan wax untuk membuat cat mobil tetap bertahan lama meskipun terpapar sinar matahari, terlebih secara langsung.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Padli Nurdin

Ulasan anda

berita lain

Review moil terbaru