Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013

13/12/2018
editor rate: 4,1 user rate: 4,5
Pernahkah Anda mendengar Nissan Grand Livina X-Gear? Ya, sosoknya sebagai mobil keluarga yang kemudian dikemas dengan desain lebih agresif dan maskulin, mirip sebuah Sport Utility Vehicle (SUV). Daripada Daihatsu Terios dan Toyota Rush generasi baru, X-Gear nampaknya lebih dulu menyuguhkan tampilan eksterior garang. Mari simak informasinya dalam review Nissan Grand Livina X-Gear 2013.

PENGANTAR Nissan Grand Livina 2013

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013 - Sudah terhitung 11 tahun, Nissan Grand Livina mengaspal di jalanan Indonesia. Di awal peluncurannya, Grand Livina langsung menghadang 'si kembar’ yakni Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Bisa dibilang, kehadirannya mewarnai segenap jajaran mobil keluarga Indonesia cukup sangat diminati. Terbukti dari data GAIKINDO, Grand Livina sudah terjual sebanyak 6.204 unit selama tahun 2017.

Pada kemunculan pertamanya, Nissan menyediakan dua pilihan yakni bernama Livina berbodi Hatchback 5 penumpang dan Grand Livina sebagai sosok mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-Seaters. Kala itu, pilihan bodi trim X-Gear hanya diaplikasikan pada Livina saja.

Nissan Livina X-Gear sempat dijual dengan bodi Hatchback

Sosok Nissan Livina X-Gear 5-Seaters yang sudah tak lagi diproduksi

Perubahan demi perubahan pun dilakukan oleh PT. Nissan Motor Indonesia (NMI). Selain karena keunggulan  mesinnya yang menyediakan 1.5 Liter dan 1.8 Liter, Livina juga menyediakan pilihan bodi trim X-Gear untuk Grand Livina tepat pada bulan Mei 2013. Ya, dahulunya X-Gear yang hanya bisa nikmati pada bodi 5 Seaters saja kini sudah bisa dirasakan pada Grand Livina, mobil berkapasitas 7 penumpang. Hal tersebut juga diiringi dengan berhentinya proses produksi dari Nissan Livina Compact 5-Seaters, mengingat pasar Indonesia lebih menginginkan mobil dengan kursi tiga baris. Seperti apa sosoknya? Inilah review Nissan Grand Livina X-Gear 2013.

Nissan Grand Livina X-Gear terlihat makin mengesankan dengan kapasitas 7 orang

Bodi trim X-Gear akhirnya juga dirilis untuk Nissan Grand Livina 7-Seaters

EKSTERIOR Nissan Grand Livina 2013

Seperti biasa, review kali ini akan dimulai dari sisi eksterior Nissan Grand Livina X-Gear 2013. Memang jika dibandingkan dengan varian lainnya, X-Gear memberi esensi SUV pada mobil keluarga satu ini. Rupa luarnya mengingatkan kita pada Daihatsu Terios dan All-New Toyota Rush. Terbayang bukan bahwa X-Gear sudah lebih dulu menggunakan konsep desain seperti ini.

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Eksterior Depan

Sisi depannya mengenakan desain Grille berlapis krom dengan formasi dua palang sejajar dan logo Nissan pada sisi tengahnya. Grille tersebut tampak menyatu dengan kedua buah lampu LED berukuran besar. Meski belum ditunjang dengan lampu Daytime Running Light (DRL) seperti  pada model masa kini, kami cukup puas dengan hadirnya lampu kabut. Setidaknya, perpaduan tersebut bisa memberi kualitas penerangan mumpuni di area berkabut ataupun ketika hujan deras.

Eksterior depan Nissan Grand Livina X-Gear 2013 tampil menawan yang sekilas mirip SUV

Eksterior depan Nissan Grand Livina X-Gear 2013 sudah dilengkapi lampu LED berukuran besar

Adapun sporty juga ditampilkan dari bempernya yang menerapkan Black Under Protector. Selain memberi kesan lebih sporty, fitur tersebut cukup mampu untuk menjadi pelindung dari kerikil ketika mengarungi medan pegunungan.

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Eksterior Samping

Guratan hitam dari bemper depan nyatanya terus dilanjutkan ke bodi sampingnya sehingga memberi tampilan desain yang seragam. Hal tersebut juga ditunjang kuat dari hadirnya Roof Rail pada atapnya yang memberi dua fungsi layaknya daya angkut barang lebih akomodatif serta menyuguhkan tampilan agresif ala SUV. Hal menarik lainnya adalah kaca spionnya sudah mendukung fitur pelipatan secara elektrik. Cukup praktis, bukan?

Eksterior samping Nissan Grand Livina X-Gear 2013 juga menyuguhkan fitur Roof Rail yang menampilkan kesan sporty serta mampu mengangkut barang berlebih

Eksterior samping Nissan Grand Livina X-Gear 2013 juga menghadirkan fitur Roof Rail

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya hanya dihias apik dengan lampu Rear Combination berdesain sporty serta bemper yang dibalut warna hitam. Adapun bodi belakangnya terlihat cukup menawan dengan kaca ukuran lebar, lampu menawan serta aksen krom pada bempernya.

Eksterior belakang Nissan Grand Livina X-Gear 2013 dihias apik dengan lampu Rear Combination

Eksterior belakang Nissan Grand Livina X-Gear 2013 tampil sporty dengan Rear Spoiler

>>> Baca juga:

INTERIOR Nissan Grand Livina 2013

Untuk urusan interior Nissan Grand Livina X-Gear 2013, tampilannya cukup sangat nyaman dipandang. Semua halnya dibalut warna hitam supaya memberi kesan minimalis serta tegas. Adapun kapabilitas interiornya terbilang akomodatif yang bisa diamati pada ukuran Wheelbase di angka 2.600 mm.

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Dashboard

Dashboard-nya dikemas dengan siluet seksi yang bisa diamati mulai dari sisi tengah hingga ke panel setir. Terkesan antara panel informasi dari setir dan Head Unit tertata menjadi satu rangkaian. Sedangkan pada ujung kiri dashboard-nya terlihat kosong hanya dibekali fitur wadah serta Airbag.

Dashboard Nissan Grand Livina X-Gear 2013 dihias cukup elegan dan minimalis

Dashboard Nissan Grand Livina X-Gear 2013 juga menyuguhkan fitur hiburan menarik sebagai mobil keluarga

Panel Head Unit sendiri terbilang cukup besar dengan ukuran 6 inchi berformat Widescreen. Jujur saja, hal ini menjadi pusat hiburan dan berhasil memberi warna elegan dari keseluruhan kabinnya. Fitur hiburan satu ini akan dibahas lebih mendalam di segmen fitur.

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Setir

Dari lini setir sendiri, Nissan menyebut desainnya sebagai 3-Spokes Urethane yang dihias menawan dengan aksen krom. Tegas dalam hal desain namun sayangnya kurang lengkap tanpa tersajinya tombol pengaturan audio. Meski begitu, kami cukup menyukai panel informasi di balik kemudi setirnya. Menerapkan konfigurasi Analog dan sudah dilengkapi Tachometer.

Setir Nissan Grand Livina X-Gear 2013 menggunakan model tiga palang

Di balik kemudi setir Nissan Grand Livina X-Gear 2013 juga didapati panel informasi berdesain sporty

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Kursi

Tentu saja kami sangat menyukai kapabilitas 7-Seaters pada Grand Livina X-Gear. Dibanding model X-Gear sebelumnya yang hadir pada lini Hatchback 5 orang, tentu kapabilitasnya kini cukup akomodatif untuk keluarga besar. Bahkan, kursinya sudah dibalut bahan kulit berkualitas berwarna. Sehingga, berhasil menciptakan suatu tatanan elegan yang seragam dengan keseluruhan interiornya.

Kursi Nissan Grand Livina X-Gear 2013 dihias apik dengan warna hitam

Kursi Nissan Grand Livina X-Gear 2013 mampu menampung 7 orang yang cocok untuk kebutuhan keluarga

>>> Artikel terkait:

FITUR Nissan Grand Livina 2013

Tiba saatnya bagi Cintamobil.com membahas lebih lanjut tentang fitur Nissan Grand Livina X-Gear 2013. Bukan saja menarik dari sisi eksterior saja, model satu ini juga menawarkan kenyamanan dalam hal segi berkendara.

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Fitur Keselamatan

Anda yang menyukai mobil kaya akan fitur, tentu Anda akan terkesima dengan racikan pengereman pada Grand Livina X-Gear seperti halnya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Lewat fitur tersebut, Anda akan merasakan perbedaan mengesankan daripada pesaing di kelasnya khususnya ketika melakukan manuver.

Fitur keselamatan Nissan Grand Livina X-Gear 2013 menghadirkan pengereman ABS, EBD dan BA

Menariknya, fitur keselamatan Nissan Grand Livina X-Gear 2013 juga dilengkapi dengan teknologi pengereman lengkap seperti EBD

Hal yang tak kalah menarik adalah fitur Keyless Alarm. Ya, fitur ini memberi kapabilitas bagi Anda untuk dapat membuka pintu secara otomatis ketika kunci mobil berada dekat dengan kendaraan. Hal ini terbilang cukup inovatif, sebuah definisi praktis di era modern ini.

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Fitur Hiburan

Ada hal yang tak dimiliki pesaingnya dalam aspek hiburan seperti Roof Mounted Monitor yang dapat menyuguhkan hiburan Multimedia bagi penumpang belakang. Bagi Anda yang ingin hiburan lebih seperti ini, Grand Livina X-Gear menjadi jawabannya.

Fitur hiburan Nissan Grand Livina X-Gear 2013 menghadirkan layar di atap tengah kabinnya

Fitur hiburan Nissan Grand Livina X-Gear 2013 juga menghadirkan Roof Mounted Monitor

Di sisi lain, pada panel dashboard Anda juga disuguhkan layar Widescreen berukuran 6 inci Double DIN. Selain kualitas suaranya yang cukup menawan, panel tersebut juga menghadirkan format DVD, radio AM/FM, USB, Bluetooth dan iPhone Connectivity.

Layar Nissan Grand Livina X-Gear 2013 juga menampilkan suasanan di bagian belakang mobil

Di sisi lain, layar utamanya juga menyuguhkan fungsi Rear Parking Camera

>>> Jika Anda ingin tahu mobil terbaru Nissan, Anda bisa menyimak informasi lengkapnya di sini

OPERASI Nissan Grand Livina 2013

Keunggulan lain dari model satu ini adalah mesin 1.8 Liter. Bahkan dari varian lainnya, operasi mesin Nissan Grand Livina X-Gear 2013 hanya satu-satunya yang dibekali 1.798 cc. Menggunakan kode MR18DE 4 silinder segaris yang mampu memberi lonjakan daya maksimum 126 PS setara 5.200 Rpm dengan torsi puncak sebesar 17.7 Kg.m pada putaran 4.800 Rpm. Untuk memudahkan pilihan Anda, mobil ini juga dilengkapi transmisi 6 tingkat manual dan 4 percepatan otomatis.

Operasi mesin Nissan Grand Livina X-Gear 2013 mampu menghasilkan daya maksimum 126 PS

Operasi mesin Nissan Grand Livina X-Gear 2013 terbilang unggul dengan kapasitas 1.798 cc

Perlu menjadi catatan, dibanding Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, Nissan Grand Livina memiliki kapasitas mesin paling besar di angka 1.8 Liter. Kebanyakan dari konsumen, memilih Livina X-Gear karena keunggulan satu ini.

>>> Bandingkan juga dengan mobil MPV keluarga lainnya yang tak kalah menarik

spesifikasi Nissan Grand Livina 2013

Supaya Anda semakin mengenal sosoknya, inilah dia spesifikasi Nissan Grand Livina X-Gear 2013.

SPESIFIKASI NISSAN GRAND LIVINA X-GEAR 2013

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.485 mm x 1.695 mm x 1.595 mm

Jarak Poros Roda

2.600 mm

Jarak Pijak Terendah

175 mm

Bobot Kosong

1.220 Kg

MESIN

Tipe Mesin

MR18DE 1.8 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VTC

Kapasitas Silinder

1.798 cc

Daya Maksimum

126 PS / 5.200 Rpm

Torsi Maksimum

17,7 Kg.m / 4.800 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual / 4 Tingkat Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Stabilizer

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drums

Ukuran Ban

185/65 R15

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

52 Liter

kelebihan & kekurangan Nissan Grand Livina 2013

Merangkum apa yang sudah dibahas di atas, Cintamobil.com hendak memberikan kelebihan dan kekurangan Nissan Grand Livina X-Gear 2013.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mesin berkapasitas besar 1.8 Liter dibanding pesaing lainnya

Setir tidak menghadirkan tombol pengaturan audio

Desain eksterior-nya yang menggunakan trim X-Gear menjadikannya terlihat mirip SUV

Ruang interior tak seluas banyak kompetitor lainnya

Ruang interior sudah dilengkapi Roof Mounted Monitor

-

daftar harga Nissan Grand Livina 2013

Berapakah uang yang harus Anda siapkan untuk mobil ini? Inilah daftar harga Nissan Grand Livina X-Gear 2013.

TIPE MOBIL

HARGA NISSAN GRAND LIVINA X-GEAR 2013 BEKAS

Nissan Grand Livina X-Gear 2013 1.8 Liter

IDR. 85.000.0000 – IDR. 154.000.000

*Catatan:

  • Harga di atas bervariasi tergantung kualitas di setiap aspeknya, jarak tempuh dan berbagai pertimbangan lain dari penjual

Video Nissan Grand Livina 2013

KESIMPULAN Nissan Grand Livina 2013

Mesin 1.8 Liter menjadi penawaran menarik bagi Grand Livina X-Gear. Belum lagi eksteriornya yang memberi tampilan mirip SUV, maskulin serta sporty. Tentu saja, dua keunggulan ini menjadi hal paling menarik yang tidak dimiliki dua kompetitornya baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia. Tertarik untuk mencobanya?

Coba sampaikan pendapat Anda tentang Nissan Grand Livina X-Gear 2013 Indonesia. Apakah Anda salah satu orang yang memilikinya? Yuk coba sampaikan apa hal paling menarik dari versi Anda.

Franky Pratama
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

Cari review mobil