Review Nissan Cefiro 1989

20/05/2019
editor rate: 3,8 user rate: 4,0
Nissan Cefiro bisa dikatakan merupakan mobil sedan yang punya tempat spesial di benak para penikmat mobil di era 90an. Apa alasannya?

PENGANTAR Nissan Cefiro 1989

Review Nissan Cefiro 1989 - Nissan Cefiro adalah salah satu model kendaraan sedan Nissan yang cukup unik posisinya. Di masa debutnya di Indonesia pada tahun 1989, mobil ini sering diidentikkan sebagai sedan mewah para eksekutif dan boss sukses di era 90an. Tapi di masa kini, banyak generasi muda memburu Nissan Cefiro bekas untuk di modifikasi menjadi mobil layak digunakan untuk kegiatan motorsport drifting.

Sedikit napak tilas, Nissan Cefiro debut di Indonesia pada September 1989 dalam bentuk CKD. Saat itu kehadiran Nissan Cefiro yang dirakit oleh PT Wahana Wirawan selaku prinsipal Nissan di Indonesia adalah untuk mengganti Nissan Laurel sebagai mobil mid-size sedan mereka. Mobil ini langsung menemukan pesaing ketat seperti Honda Accord dan Toyota Corona dan Mitsubishi Galant Eterna.

Untuk mengenal mobil ini lebih dalam, berikut kami sampaikan review Nissan Cefiro 1989 yang bisa disimak secara mendetail hanya di Cintamobil.com

EKSTERIOR Nissan Cefiro 1989

Review Nissan Cefiro 1989: Eksterior Depan

Gambar menunjukkan tampak depan Nissan Cefiro 1989 berwarna silver

Penampilan eksterior depan Nissan Cefiro 1989

Nissan Cefiro 1989 bisa dikatakan merupakan salah satu mid-size sedan Jepang yang cukup futuristik dibanding rival-rivalnya. Hal ini bisa terlihat dari area headlight yang menggunakan format projector headlight. Pada area kap mesin terdapat lekuk powerdome yang pipih, dimana desain ini secara sekilas menunjukkan performa mobil ini yang berperforma tinggi di masanya.

Review Nissan Cefiro 1989: Eksterior Samping

Gambar menunjukkan tampilan bagian samping Nissan Cefiro 1989

Penampilan eksterior samping Nissan Cefiro 1989

Desain eksterior samping Nissan Cefiro 1989 menghadirkan lekuk yang lebih aerodinamika karena posisi kap mesin pipih dan melandai dari sisi samping, jika ibandingkan posisi garis pintu bagasi. Untuk kaca mobil samping pun dibuat besar sehingga memberikan kesan lapang, khususnya untuk penumpang belakang karena ada lagi panel kaca di dekat pilar C. Jika mengacu pada spesifikasi internasional, pelek yang digunakan adalah pelek alloy, tapi untuk pasar Indonesia pada masanya dijual dengan kondisi pelek kaleng 15 inci dan ditutup dop plastik. 

Review Nissan Cefiro 1989: Eksterior Samping

Gambar menunjukkan tampilan belakang Nissan Cefiro 1989

Penampilan eksterior belakang Nissan Cefiro 1989

Pada buritan belakang Nissan Cefiro 1989, Nissan memberikan wiper belakang untuk memaksimalkan visibilitas saat terjadi hujan. Untuk desain taillight dibuat cukup futuristik dalam hal desain, serta untuk plat nopol posisinya ditempatkan di area bumper belakang. Menariknya, sistem knalpot yang digunakan pada Nissan Cefiro 1989 menggunakan twin muffler.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Nissan Cefiro 1989

Review Nissan Cefiro 1989: Dashboard & Setir

Gambar menunjukkan desain bagian dashboard beserta setir Nissan Cefiro 1989

Penampilan area dashboard Nissan Cefiro 1989

Dashboard Nissan Cefiro 1989 tergolong sudah mewah untuk standar midsize sedan Jepang. Mulai dari instrument cluster analog dengan indikator posisi transmisi di tengah speedometer dan takometer, setir palang tiga dengan pengaturan tilt steering, serta di central cluster terdapat ruang penyimpanan terbuka dan tertutup, serta terdapat lighter dan audio di masanya masih menggunakan format kaset dan radio AM/FM. 

Review Nissan Cefiro 1989: Jok

Gambar menunjukkan desain bagian Jok Penumpang dan pengemudi Nissan Cefiro 1989

Penampilan area dashboard Nissan Cefiro 1989

Jok pada Nissan Cefiro 1989 menggunakan material fabric dengan busa yang tergolong tebal dan empuk. Untuk sisi pengemudi terdapat pengaturan lumbar support, dan pada jok belakang terdapat armrest yang bisa dilipat. Area armrest pengemudi dan panel pintu juga diberikan aksen fabric agar menambah elemen premium untuk mobil kelahiran generasi 90an.

>>> Baca juga:

FITUR Nissan Cefiro 1989

Gambar menunjukkan tombol fitur DUET SS Nissan Cefiro 1989

Penampilan tombol fitur DUET-SS pada Nissan Cefiro 1989

Nissan boleh berbangga karena ada beberapa fitur modern yang sudah disematkan pada mobil ini. Dari sektor handling, fitur canggih yang sudah menjadi standar ialah Supersonic Suspension (DUET-SS). Sistem ini akan mengatur tingkat kekakuan shockbreaker berdasarkan 2 mode (Comfort & Sport) dan terdapat 2 sensor di bagian roda depan dan belakang yang akan membaca kontur jalanan. Nissan juga menyematkan fitur HICAS (High Capacity Actively Controlled Steering) yang memungkinkan handling mobil lebih stabil karena kemampuan manuver bisa dilakukan baik di roda depan maupun roda belakang, dimana sayangnya fitur ini tidak disediakan untuk mobil Nissan Cefiro di Indonesia. Meski demikian, mobil ini sudah dimaksimalkan berkat ragam fitur pendukung kenyamanan berkendara, seperti fitur Auto Climate Control dan Electric Retractable Mirror.

>>> Ingin membeli mobil Nissan Cefiro 2002? Klik ini untuk melihat unit terakhir yang dijual dengan harga termurah di seluruh Indonesia

OPERASI Nissan Cefiro 1989

Gambar Mesin Mobil Nissan Cefiro 1989

Penampilan area mesin Nissan Cefiro 1989

Dalam skala global, Nissan Cefiro tersedia dalam beberapa versi mesin yang keseluruhannya memiliki format inline-6 dan penyaluran tenaga diarahkan ke roda belakang. Salah satu mesin terkuat yang disediakan pada Nissan Cefiro ialah mesin RB20DET 2000cc DOHC Twin-cam dengan ECCS (Electronic Concentrated Control System) Fuel Injection dan Turbocharger, dimana tenaga mesin diklaim bisa mencapai 212 hp dan torsi 264 Nm. 

Bagaimana dengan Indonesia? Nissan Cefiro di Indonesia menggunakan mesin basic, yakni RB20E. Mesin ini berspesifikasi 2000cc SOHC single-cam ECCS, dengan klaim tenaga 148 hp dan torsi 181 Nm. Mesin ini menyalurkan tenaga ke roda belakang lewat pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

>>> Wajib Punya, Inilah 5 Pilihan Sedan Bekas Terbaik di Era 1990-an

spesifikasi Nissan Cefiro 1989

Berikut ini daftar spesifikasi Nissan Cefiro 1989 yang bisa dibaca di Cintamobil.com

Mesin Nissan Cefiro 1989

Tipe mesin

RB20E SOHC Single-Cam ECCS

Kapasitas

1.995 cc

Tenaga Maksimum

178 Ps / 5.600 rpm

Torsi Maksimum

181 N⋅m / 4.400 rpm

Transmisi

Manual 5-percepatan / Otomatis 4-percepatan

Dimensi Nissan Cefiro 1989

P x L x T

4,690 mm x 1,695 mm x 1,375 mm

Wheelbase

2,670 mm

kelebihan & kekurangan Nissan Cefiro 1989

Apa saja penjelasan kelebihan dan kekurangan Nissan Cefiro 1989 menurut Cintamobil.com

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Teknologi fitur canggih untuk mobil keluaran era 90an

Spare part mobil tergolong sulit dan langka

Piliihan mesin banyak dan berpenggerak roda belakang

Kebanyakan fitur pada mobil tidak bekerja optimal karena usia mobil yang tua

Harga bekas Nissan Cefiro Terjangkau Kebanyakan Nissan Cefiro bekas saat dijual dalam kondisi sudah dimodifikasi

daftar harga Nissan Cefiro 1989

Saat ini Nissan Cefiro bisa didapat di pasar mobil bekas dengan kisaran harga Rp40-90 jutaan, tergantung kondisi apakah mobil itu bekas modifikasi atau masih dalam kondisi standar. Tentu semua informasi ini bisa Anda cari, termasuk daftar mobil yang dijual, hanya dengan membuka Cintamobil.com yang menyediakan informasi listing mobil Nissan Cefiro dijual.

Video Nissan Cefiro 1989

KESIMPULAN Nissan Cefiro 1989

Nissan Cefiro 1989 bisa dikatakan sebagai mobil mid-size sedan Jepang yang unik. Secara populasi memang tidak akan sebanyak rival-rivalnya di jalanan, tapi secara harga mobil bekas mobil ini secara mengejutkan mulai terangkat harganya. Berbekal elemen kemampuan mobil ini engine-swap dengan mesin berperforma tinggi dari Nissan beserta sistem penggerak roda belakang, menjadi alasan banyak generasi muda masa kini membeli Nissan Cefiro untuk di modifikasi agar memiliki spesifikasi yang layak digunakan untuk ajang motorsport, terutama untuk berlaga di ajang drifting. 

Tapi jika Anda bukan penikmat motorsport, mobil Nissan Cefiro tetap bisa digunakan secara nyaman dan menyenangkan. Penampilannya masih cukup menarik untuk mobil dengan usia di mencapai 30 tahun. Paling hal yang perlu diperhatikan ialah cari mobil bekas Nissan Cefiro dengan usia yang lebih muda (versi ini terakhir diproduksi tahun 1994) dan kondisi masih sehat baik itu di area mesin, kaki-kaki, sampai ke kabin.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

HAFIZH FAUZAN
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil