Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Ubahan Interior yang Menggoda

31/12/2021

Share this post:

Mitsubishi Xpander Cross 2022

Editor rate:

Rp 268.150.000 - Rp 291.410.000

Mobil Xpander Cross bekas - Harga bekas Mitsubishi Xpander Cross Lihat promo

Ubahan yang dilakukan pada Mitsubishi Xpander Cross 2022 ini fokus kepada interiornya yang kini semakin menggoda konsumen, seberapa menarik mobil ini?

Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Ubahan Interior yang Menggoda
Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Ubahan Interior yang Menggoda
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Xpander Cross 2022

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Xpander Cross 2022 di bawah ini.

Kelebihan

Interior lebih berkelas dan mewah

Transmisi CVT jamin kehematan dan akselerasi mulus

Ground Clearance 225 mm kapabel di medan semi off-road

Kekurangan

Mesin tidak ada ubahan

Ubahan di eksterior terlalu sedikit

Performa transmisi CVT belum sebaik Honda & Toyota

Kehadiran Mitsubishi Xpander Cross sebenarnya tidak bisa lepas dari ide gila Rifat Sungkar dan timnya saat mendevelop salah satu mobil reli paling viral se-Indonesia. Yakni Mitsubishi Xpander AP4. Bisa dibilang beberapa DNA dari mobil reli bermesin Mitsubishi Lancer yang distroke jadi 1.600 cc itu hadir di Xpander Cross.

Mitsubishi Xpander AP4 Concept Rifat Sungkar

Kehadiran Xpander Cross tak bisa lepas dari versi AP4 ini

Mulai dari body cladding gagah yang mengitari seluruh bagian bodi mobil, desain velg yang lebih macho dari saudaranya yakni Xpander, hingga set suspensi yang dirancang khusus agar rasa berkendaranya lebih dekat ke arah SUV.

Mitsubishi Xpander Cross 2019

Xpander Cross resmi melenggang tahun 2019

Akhirnya pada tahun 2019 Xpander Cross resmi melantai di Tanah Air. Dengan gagah berani ia melawan rival-rival yang sebelumnya sudah eksis di kelas ini semisal Toyota All New Rush, Daihatsu All New Terios, serta Honda BR-V. Tak ketinggalan sesama pendatang baru saat itu yakni Suzuki XL7.

Emblem Xpander Cross 2022

Seberapa menarik mobil ini?

Kehadiran Xpander Cross yang cukup diterima konsumen Tanah Air tak membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia berpuas diri. Seminggu sebelum event akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 berlangsung mobil ini diluncurkan bareng saudaranya dengan membawa konsep interior baru yang lebih segar. Lantas seperti apa menariknya mobil ini? Mari ikuti ulasan ini hingga tuntas.

Mobil Baru Populer

Rp 294.67 - Rp 320.27 Juta
Rp 228.03 - Rp 272.58 Juta
Rp 517.8 - Rp 733.7 Juta
Rp 347.5 - Rp 495.65 Juta

Eksterior Mitsubishi Xpander Cross 2022

Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Tampilan Depan

Eksterior depan Mitsubishi Xpander Cross 2022

Tampang macho tetap dipertahankan

Mitsubishi Xpander Cross 2021 tetap hadir dengan kesan tangguh. Dynamic shield yang jadi ciri khas mobil-mobil modern Mitsubishi masih dipertahankan. Pembeda utamanya hanya warna grille-nya saja sekarang dicat hitam metallic. Ornamen silver di bumper bagian bawah mobil ini juga masih serupa dengan model sebelum facelift.

Grille Mitsubishi Xpander Cross 2022

Kelir grille baru

Berbeda dengan Mitsubishi Xpander Cross versi facelift yang desain lampu depannya mengalami ubahan. Di Xpander Cross justru pakai headlamp model lama. Beruntung lampu depan dari Mitsubishi Xpander Cross 2021 ini tetap menggunakan teknologi LED, demikian juga dengan foglampnya.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Tampilan Samping

Eksterior samping Mitsubishi Xpander Cross 2022

Dimensi masih sama dengan Xpander Cross sebelumnya

Secara dimensi Xpander Cross ini pun masih sama, yaitu lebih besar dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander 'biasa'. Xpander Cross ini lebih panjang 25 mm dari Xpander biasa, serta lebar serta tingginya masing-masing juga bertambah 50 mm dari Xpander biasa.

Roof rail Mitsubishi Xpander Cross 2022

Roof rails tambah kesan kokoh

Keberadaan wheel arch molding alias overfender pada Xpander Cross ini memperkuat kesan crossover dari mobil ini. Demikian pula dengan penggunaan pelek 17 inch bermotif two tone baru serta aplikasi roof rails di bagian atap, membuat aura mobil ini jadi terlihat lebih menggugah untuk diajak berpetualang.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Tampilan Belakang

Eksterior belakang Mitsubishi Xpander Cross 2022

Buritan masih sama dengan sebelumnya

Bumper belakang Mitsubishi Xpander Cross 2021 ini tetap terlihat gagah dengan penggunaan desain yang kekar khas crossover sejati. Sama seperti bumper bagian depannya, bumper belakang ini juga dilengkapi dengan ornamen warna silver yang mempertegas aura macho dari mobil ini.

Lampu belakang Mitsubishi Xpander Cross 2022

Demikian juga dengan desain lampunya...

Meski desain stoplampnya sama saja dengan versi sebelum penyegaran, tetapi penggunaan shark fin antenna yang modelnya terlihat rapi ini bukan hanya dibuat demi tampilan saja, tetapi juga berpengaruh sedikit ke aerodinamika mobil secara keseluruhan. Jadi lebih mudah 'membelah' angin.

>>> Review Mitsubishi Xpander 2022: Revisi Demi Gempuran sang Rival


Interior Mitsubishi Xpander Cross 2022

Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Layout Dashboard

Layout dashboard Mitsubishi Xpander Cross 2022

Dashboard ini pakai bahasa desain Horizontal Axis

Begitu Anda masuk ke interior baru terasa ubahan yang dilakukan Mitsubishi Indonesia terhadap mobil ini. Desain dasbornya kini baru dan terlihat lebih mewah dari sebelumnya. Tak hanya itu saja, banyak material empuk yang ada di dashboard ini. Secara umum kami suka desain baru dashboard Xpander Cross ini.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Kursi

Kursi baris kedua Mitsubishi Xpander Cross 2022

Dual Tone Synthetic Leather jadi andalan bikin kabin terasa mewah

Selain dashboard baru, materail kursi yang digunakan pun anyar. Kini kulit sintetis yang membungkus jok Xpander Cross ini pakai kelir two tone. Tak hanya itu saja, material pelapis kursi ini diklaim memiliki fungsi Heat Guard yang bikin enggak terasa panas saat diduduki dan menyerap panas agar lebih nyaman.

Kursi baris ketiga Mitsubishi Xpander Cross 2022

Jok baris ketiga termasuk luas

Sayangnya sama seperti Xpander Cross sebelum facelift, headrest yang proper tidak tersedia untuk penumpang yang duduk di tengah jok baris kedua. Hal ini amat disayangkan, karena rivalnya yang berlogo triple elips sudah ada headrest proper untuk semua kursinya.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Pengaturan AC

Pengaturan AC Mitsubishi Xpander Cross 2022

Pengaturan AC makin mudah karena sudah digital

Akhirnya Mitsubishi Xpander Cross mendapatkan fitur AC digital yang lebih mudah dioperasikan juga terlihat canggih dan mewah. Meski demikian pengaturan AC ini belum Automatic Climate Control karena belum ada indikator suhu °C di pengaturan ini.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Setir

Setir Mitsubishi Xpander Cross 2022

Setir makin keren dan nyaman digenggam

Salah satu hal yang kami suka dari interior Mitsubishi Xpander Cross 2021 ini adalah desain lingkar kemudi barunya yang mengingatkan kami ke sedan jagoan Mitsubishi di era '90 hingga 2000an. Yakni Mitsubishi Lancer Evolution X. Setir ini diameternya pas, punya pengaturan tilt and telescopic serta mantap digenggam.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Bagasi

Bagasi Mitsubishi Xpander Cross 2022

Bagasi cukup luas dan kursi baris kedua serta ketiga bisa dilipat rata

Kepraktisan Xpander juga tetap dibawa di Mitsubishi Xpander Cross 2021. Anda akan mendapat bagasi yang luas dengan pelipatan kursi rata. Ini tentunya akan menyenangkan jika ingin membawa banyak barang. Sayangnya, bibir bagasi yang tinggi akan merepotkan saat Anda hendak memasukkan barang dengan bobot berat.

>>> Promo Akhir Tahun Mitsubishi, Bunga 0% DP Ringan

Fitur Mitsubishi Xpander Cross 2022

Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: In-Car Entertaiment System

Audio Mitsubishi Xpander Cross 2022

Head Unit 9 inchi dengan berbagai konektivitas kekinian

Aura canggih di interior tidak hanya diwakili dengan penggunaan rem parkir elektrik yang dilengkapi Brake Hold saja. Tetapi juga tersirat dari penggunaan Head Unit 9 inci dengan konektivitas Apple CarPlay® dan juga Android Auto™. Jumlah speaker dan tweeter tetap sama dengan Xpander Cross sebelum facelift yakni 4+2.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Panel Instrumen

Panel instrumen Mitsubishi Xpander Cross 2022

Speedometer masih sama dengan model sebelum facelift

Sayangnya panel instrumen tidak mendapat upgrade alias masih sama seperti Xpander biasa. Meski cukup banyak data yang ditampilkan, mulai konsumsi BBM real time, konsumsi BBM rata-rata, kecepatan rata-rata, jumlah jarak tempuh trip A & B, lama waktu berkendara, sisa jarak yang dapat ditempuh berdasarkan kalkulasi dari jumlah BBM di tangki.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2022: Ringkasan Fitur Keselamatan

Ban dan velg Mitsubishi Xpander Cross 2022

Fitur keselamatan kami nilai cukup

Mitsubishi tidak ingin mengorbankan reputasinya sebagai pabrikan yang hebat membuat mobil aman dan memiliki daya tahan. Makanya tersedia double SRS Airbag, rem dengan sistem ABS dan EBD, serta Active Stability Control yang berfungsi menjaga laju mobil saat bermanuver sehingga tidak mudah tergelincir. Pun begitu dengan fitur Hill Start Assit yang akan menjaga mobil di tanjakan agar tidak mundur saat kondisi diam.

>>> Komparasi Suzuki XL7 vs Toyota Rush vs Mitsubishi Xpander Cross, Pertarungan Panas Mencari LSUV Terbaik

Operasi Mitsubishi Xpander Cross 2022

Mesin Mitsubishi Xpander Cross

Tenaga mesin lebih besar 1 PS dari Xpander Cross sebelumnya

Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkonvigurasi 4 silinder berkode 4A91 berkapasitas 1,499 cc dengan teknologi pengaturan katup variabel MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control). Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 105 Ps di putaran 6,000 rpm serta torsi 141 Nm di kitiran 4,000 rpm.

Tuas transmisi Mitsubishi Xpander Cross 2022

Transmisi CVT jamin kehalusan berkendara

Tenaga mesin itu tersalur ke kedua roda depan melalui pilihan transmisi otomatis jenis CVT atau manual 5-percepatan. Teknologi katup variabel MIVEC ini dikembangkan oleh Mitsubishi untuk mendapatkan tenaga yang optimum di perkotaan maupun di jalan bebas hambatan.

Velg Mitsubishi Xpander Cross 2022

Seluruh tenaga dan torsi disalurkan ke dua roda depan

MIVEC secara teori menyerupai prinsip kerja VTEC di Honda. Dengan mengatur lift camshaft di rocker arm, membuat MIVEC punya jarak main katup hingga 10 mm di atas putaran mesin 3.500 rpm.

>>> Mitsubishi Xpander Facelift Pakai CVT, Apa Plus dan Minusnya?

Spesifikasi Mitsubishi Xpander Cross 2022

Berikut ini adalah spesifikasi Mitsubishi Xpander Cross 2022.

Mesin Mitsubishi Xpander Cross 2022
Seri mesin

4A91, 4 Silinder, MIVEC, DOHC

Jumlah Katup

16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

Tenaga Maksimum

104,5 Hp (105 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

141 Nm @ 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

1,499 cc

Bore X Stroke

75,0 mm X 84,8 mm

Tipe Transmisi

Otomatis CVT & Manual 5 Percepatan, Front Wheel Drive (FWD)

Rangka Mitsubishi Xpander Cross 2022
Panjang X Lebar X Tinggi

4.500 mm X 1.800 mm X 1.750 mm

Jarak Sumbu Roda

2.775 mm

Berat Maksimum Kendaraan

1.840 Kilogram

Ground Clearance

225 mm

Kapasitas Tangki

45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Mitsubishi Xpander Cross 2022
Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering, Rack And Pinion

Rem Depan & Belakang

Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, HSA

Teknologi Safety Sasis

Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body

Struktur Sasis

Monokok, B-Segment

Pelek

Two-tone Alloy Wheel, 17 Inch

Jenis Ban

Dunlop Enasave, 205/55 R17

Daftar Harga Mitsubishi Xpander Cross 2022

Berikut daftar harga Mitsubishi New Xpander Cross per variannya:

Varian

Harga

Harga Selama Diskon PPnBM 100%

Cross MT

Rp 294.670.000

Rp 268.150.000

Cross CVT

Rp 309.170.000

Rp 281.000.000

Premium Package

Rp 320.270.000

Rp 291.410.000

Kesimpulan Mitsubishi Xpander Cross 2022

Mitsubishi Xpander Cross 2022

Ia layak untuk dilirik sebagai pilihan mobil keluarga

Bila yang Anda cari adalah sebuah mobil keluarga dengan keleluasaan dan kepraktisan kabin layaknya MPV, namun dengan cita rasa sebuah SUV, maka Xpander Cross 2021 ini jadi salah satu pilihan yang sulit untuk ditinggalkan. 

Arfian Alamsyah
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top