Review Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

26/12/2018

Share this post:

Mitsubishi Lancer Evolution 2008

Editor rate:

Lihat promo

Sports sedan asal Jepang ini memang memiliki legenda cukup kuat di industri otomotif dunia. Chapter akhir dari keluarga Lancer Evolution ini memiliki pendekatan teknologi yang impresif di masanya, plus performa yang benar-benar track-ready.

Review Mitsubishi Lancer Evolution X 2008
Review Mitsubishi Lancer Evolution X 2008
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Lancer Evolution 2008

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Lancer Evolution 2008 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin kuat dengan pilihan tenaga beragam

Tampilannya sporty dan memperhatikan aspek aerodinamika

Populasi jarang di Indonesia

Kekurangan

Kebanyakan konsumen Lancer Evolution X melakukan modifikasi sendiri untuk upgrade performa

Basis sama dengan Lancer EX biasa, sehingga untuk mengejar tampilan a la Evolution X bisa dilakukan dengan mudah

Susah mencari bengkel tepat untuk perbaikan, dan harga bekas cenderung mahal

Review Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 Siapa yang tidak mengenal Mitsubishi Lancer Evolution? Line-up sports sedan dari Mitsubishi ini sempat menjadi ikon motorsport dan dunia hollywood sebagai kendaraan yang cepat dan sangat mudah dimodifikasi sedemikian rupa menjadi sangat powerful.

Gambar mobil Tomi Makkinen Rally berwarna merah dilihat dari sisi depan yang sedang berjalan di jalan Indonesia
Aksi Tomi Makkinen di atas trek reli bersama Mitsubishi Lancer Evolution

Sejarah mencatat, Mitsubishi Lancer Evolution generasi pertama hadir di tahun 1993 sebagai syarat homologasi Mitsubishi untuk berlaga di WRC. Mulai tahun 1996-1999 adalah masa keemasan Mitsubishi dengan Lancer Evolution III, IV, V, and VI bersama rally driver Tommi Mäkinen.

Mitsubishi Lancer Evolution Hollywood berwarna kuning, merah dan orange

Aksi Mitsubiishi Lancer Evolution di dunia perfilman Hollywood

Di industri hollywood pun nama Lancer Evolution cukup mentereng karena menjadi ikon di dua film sekuel Fast & Furious, lebih tepatnya pada film 2 Fast & 2 Furious dan The Fast and the Furious: Tokyo Drift.

Kali ini Cintamobil.com akan membahas secara mendalam mengenai Mitsubishi Lancer Evolution X, generasi terakhir dari keluarga Lancer Evolution. Sepanjang produksi dari tahun 2007-2016, Lancer Evolution X sempat hadir dalam beberapa versi, baik versi standar (tipe GS dan GSR) termasuk versi ‘hard-core’ mulai dari FQ-300, FQ-330, FQ-360, FQ-400 dan FQ-440 MR. Lancer Evolution X sendiri mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 2008 melalui keran Importir Umum. Untuk lebih jelasnya, berikut review Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 dari Cintamobil.com

Eksterior Mitsubishi Lancer Evolution 2008

Review Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 : Eksterior Depan

Tampak Depan Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 berwarna merah

Eksterior depan Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

Kesan agresif bak jet fighter coba disajikan Mitsubishi Lancer Evolution X 2008. Versi sports sedan dari Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT (versi Indonesia), Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 memiliki front grille trapezoidal dengan format ‘moncong’ seperti bentuk hidung hiu. Untuk grille depan sudah mengadopsi air intake berukuran besar untuk suplai udara ke mesin, termasuk front air ducts untuk pendinginan rem depan. Lampu menggunakan HID (Xenon) dengan Adaptive Front lighting System (AFS). Tak lupa pada bonnet depan juga diberikan air scoop untuk sirkulasi udara plus turbocharger di ruang mesin.

Review Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 : Eksterior Samping

Tampak Samping Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 berwarna merah

Eksterior samping Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

Eksterior samping Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 mengutamakan kesan track-ready lewat penggunaan velg alloy ringan 18 inci buatan Enkei, yang dipadukan dengan sepasang fender vents yang berfungsi meningkatkan downforce mobil. Dari titik fender vents tersebut dibentuk garis line hingga ke fender belakang, sehingga menambah ciri khas sporty dari Mitsubishi Lancer Evolution X 2008.

Review Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 : Eksterior Belakang

Tampak Belakang Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 berwarna merah
Eksterior belakang Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

Ciri khas dari Mitsubishi Lancer Evolution adalah rear spoiler berukuran masif, yang tentu saja hadir di Mitsubishi Lancer Evolution X 2008. Rear spoiler ini menggunakan panel yang memiliki angle berbeda untuk area sisi maupun tengah, berfungsi untuk mengatur airflow di buritan belakang. Di bumper bawah selain tersedia dual exhaust pipe juga terdapat diffuser yang turut memastikan aerodinamika sports sedan dari Jepang ini tetap optimal.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Interior Mitsubishi Lancer Evolution 2008

Review Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 : Dashboard & Setir

Tampak Dashboard Setir dan Head Unit Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

Desain dashboard di dalam kabin Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

Menggunakan desain dashboard dengan central panel offset mendekati pengemudi, Mitsubishi mencoba memberikan kemudahan bagi pengemudi dan penumpang bisa mengatur climate control sampai ke audio. Pada Instrument cluster yang menggunakan dial analog terdapat multifunction display sebagai penanda informasi kondisi mobil. Audio Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 sudah menggunakan sistem audio dengan layar sentuh 7 inci dipadukan Rockford Fosgate premium sound system.

Setir yang digunakan pada Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 memiliki lingkar diameter kecil dan dibalut material leather pada lingkar setir. Selain tersedia paddle shift, terdapat pula tombol pengatur audio dan cruise control di lingkar kemudi.

Review Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 : Jok

Tampak Jok Depan Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 dengan kulit berwarna abu-abu

Jok Recaro untuk Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

Jok standar Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 sudah menggunakan bucket seat dari Recaro untuk jok depan, dan jok belakang model standar. Jok depan Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 sudah didesain bisa ditempatkan sistem airbag samping. Sedangkan untuk jok belakang bagian tengah bisa dijadikan sebagai central armrest dengan dua cup holder.

>>> Baca juga:

Fitur Mitsubishi Lancer Evolution 2008

Mengingat mobil ini adalah sports sedan dengan DNA motorsport kuat, mau tidak mau fokus utama dalam fitur yang disediakan pada mobil ini berpusat terhadap peningkatan performa dan kemampuan berkendara di beragam kondisi.

Gambar menunjukkan Tombol berkendara Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

Tombol pengaturan S-AWC berada di dekat tuas rem tangan

Dalam kondisi standar, Mitsubishi menyematkan teknologi Sport ABS, dengan tiga teknologi berkendara tambahan berupa Active Centre Differential, Active Yaw Control, dan Active Stability Control. Selain itu mobil ini juga memiliki tiga mode S-AWC (Super-All Wheel Control) yakni TARMAC, GRAVEL, dan SNOW.

Ketiga teknologi berkendara Mitsubishi yang kami sebutkan sebelumnya memiliki fungsi-fungsi berbeda dalam menghasilkan karakter berkendara di beragam kondisi jalan. Untuk Active Centre Differential berfungsi mengatur torque split antara roda depan dan belakang, sedangkan Active Yaw Control mengatur penyaluran torsi tenaga antara roda belakang sisi kiri dan kanan. Khusus untuk Active Stability Control mengatur kekuatan pengereman dan mengatur power mesin sehingga tercipta traksi optimal saat berkendara.

>>> Ingin membeli mobil Mitsubishi dan ingin tahu apa saja promosi di setiap dealer, klik sini untuk dapat informasi terlengkap

Operasi Mitsubishi Lancer Evolution 2008

Mitsubishi Lancer Evolution X mengusung mesin 2.0 liter 4-silinder MIVEC dengan turbocharger yang bisa menghasilkan performa ‘standar’ 291 hp / 407 Nm. Khusus untuk edisi spesial Mitsubishi Lancer Evolution X yang memiliki angka ‘belakang’ FQ-xxx berarti menandakan tenaga maksimal yang dimiliki. Contohnya ialah untuk edisi spesial FQ-440 MR bisa menghasilkan tenaga hingga 440 hp/558 Nm, yang didapat lewat tuning ulang ECU disertai penggunaan turbocharger aftermarket HKS.

Gambar bagian Mesin Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

Jantung pacu Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

Semua Mitsubishi Lancer Evolution X memiliki dua opsi transmisi, manual 5-percepatan dan twin-clutch super sport transmission 6-percepatan. Sistem penggerak sports sedan ini pun menggunakan full-time 4WD dengan S-AWC (Super-All Wheel Control).

Di sektor suspensi, Mitsubishi telah melakukan tuning khusus dengan menggunakan per buatan Eibach dan shock absorber buatan Bilstein. Rem keempat roda mobil ini sudah menggunakan Brembo dengan diameter 350 mm dan 330 mm.

>>> 10 Mobil Mitsubishi Di Bawah 200 Juta Yang Siap Menggoda Anda

Spesifikasi Mitsubishi Lancer Evolution 2008

Berikut ini adalah daftar spesifikasi Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 yang berhasil didapat Cintamobil.com

Dimensi/ Ukuran Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

P x L x T

4.505 x 1.810 x 1.480 mm

Jarak poros roda

2.650 mm

Berat Kosong

1590 kg

Mesin Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

Jenis

2.0 liter In-line 4-cylinder 16-valve DOHC MIVEC variable valve timing with Turbocharger and Intercooler

Daya maksimum

291 dk @ 6.500 rpm (standar)

440 dk @ 6.800 RPM (FQ-440 MR)

Torsi maksimum

407 Nm @ 3.500 rpm (standar)

558 Nm @ 3.100 rpm (FQ-440 MR)

Transmisi

Manual 5-percepatan

Twin Clutch Short Shift Transmission 6-speed

Kecepatan 0-100 km/jam

4.7 detik (standar)

<4 detik (FQ-440 MR)

Top Speed

250 km/jam

Kaki-Kaki Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

Rem depan

Brembo 350mm (13.8") ventilated 2-piece disc, 4-pot (standar)

Alcon 6 pot mono-block front calipers with floating disc and bell assembly (FQ-440 MR)

Rem belakang

Brembo 330mm (13.0") solid disc with internal drum handbrake, 2 pot (standar)

Alcon rear caliper with floating disc and bell assembly (FQ-440 MR)

Ban (Velg)

245/40R18 93Y (18" alloy wheels, Enkei 12-spoke)

245/40R18 93Y (18"  Forged Alloy BBS wheels)

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi lainnya, silakan klik sini

Daftar Harga Mitsubishi Lancer Evolution 2008

Harga Mitsubishi Lancer Evolution X 2008 pada awalnya dipasarkan di harga ¥3,495,450  - ¥3,750,600 (sekitar Rp458 - 491 jutaan). Untuk edisi spesial seperti FQ-440 MR harganya £50,000 atau sekitar Rp922 jutaan. Saat masuk ke Indonesia pun harga Mitsubishi Lancer Evolution X sudah tergolong mahal, dengan rata-rata berada di kisaran Rp1 miliar lebih.

Karena mobil ini sudah discontinue, maka bisa dibilang Anda hanya bisa berkesempatan memiliki mobil bekas Lancer Evolution X yang berdasarkan penelusuran Cintamobil.com berada di kisaran Rp500 jutaan. Itupun sudah dalam kondisi modifikasi sana-sini bukan dalam kondisi stock pabrikan.

>>> Mari klik sini untuk lihat harga dan promo semua mobil secara terlengkap dan terupdate 

Kesimpulan Mitsubishi Lancer Evolution 2008

Mitsubishi Lancer Evolution X sukses menutup rangkaian perjalanan sports sedan Mitsubishi dengan baik. Bisa dibilang mobil ini sangat cocok menjadi koleksi bagi para penikmat sports sedan Jepang yang menginginkan mobil dengan DNA motorsport murni, sekaligus mobil yang sangat mudah untuk di tuning sehingga menjadi semakin powerfull.

Hanya saja ada resiko besar yang perlu dipahami dari pembelian mobil ini, mengingat mobil ini bisa dibilang masuk ke Indonesia lewat keran Importir Umum. Selain tentu saja perlu diperhatikan dokumen-dokumen terkait mobil yang lengkap, Anda pun perlu memiliki teknisi atau workshop khusus yang biasa mengerjakan dan melakukan maintenance terhadap mobil ini.

>>> Dapatkan informasi terlengkap dan terupdate tentang semua mobil di Indonesia dengan klik sini

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top