Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019

18/04/2019
editor rate: 4,2 user rate: 4,5
Dengan mudahnya mobilitas di era saat ini, PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meluncurkan 9 varian sekaligus untuk Mitsubishi Fighter Fuso. Salah satu paling menarik adalah varian High Duty (HD) berkode FN62F. Kendaraan yang memiliki kapabilitas mumpuni dalam daya angkut yang ‘super’ banyak dan berat. Sudah menjadi tugas Cintamobil.com untuk mengulasnya dalam review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019.

PENGANTAR Mitsubishi Fuso 2019

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 - Dibanding pendahulunya, Fuso Fighter terbaru diberikan banyak sekali perubahan menarik khususnya dalam hal kepraktisan serta kemampuannya yang tangguh dalam mengangkut berbagai muatan perusahaan.

PT. KTB dengan cerdik menangkap kebijakan positif Pemerintah Indonesia terkait pembangunan infrastruktur. Meningkatnya infrastruktur artinya juga memberi stimulus yang baik akan kebutuhan logistik Tanah Air. Sebagai uji coba pasar, KTB merilis 9 varian Fighter secara terbatas di pulau Sumatera pada akhir tahun 2018.

Karoseri Fuso Fighter FN62F HD 2019 menyediakan tiga pilihan

Tersedia tiga pilihan karoseri yakni Bak Kayu, Flat Deck dan Box

Barulah di tahun 2019 ini, 9 varian Fuso Fighter dirilis di seluruh pelosok Indonesia. Semua variannya memiliki kapasitas berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Salah satu contoh menarik adalah varian HD yang memiliki daya angkut hingga 26 Ton. Adapun model satu ini bisa mengaplikasikan berbagai karoseri sehingga memudahkan urusan bisnis Anda.

Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 diperbarui dengan berbagai fitur istimewa

Fuso Fighter FN62F HD yang baru-baru ini diperkenalkan di ajang GIIAS Surabaya 2019

Jika memang model tersebut dirasa cocok untuk kebutuhan logistik Anda, maka ada baiknya Anda mengetahui kelebihan serta kekurangannya dalam review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019.

EKSTERIOR Mitsubishi Fuso 2019

Sama seperti review sebelumnya, hal pertama yang diulas adalah eksterior Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019. Secara tampilan, sosoknya terbilang modern dan tangguh. Hal ini bisa dilihat pada perawakannya yang tinggi di angka 2.685 mm serta sudah dibekali sasis bodi kokoh.

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019: Eksterior Depan

Mengamati wajah depannya, ada beberapa hal menarik yang hendak dibahas. Salah satunya adalah masalah warna yang dibalut warna oranye, sehingga terkesan ikonik sekaligus pembeda bagi kompetitornya. Desain Grille minimalis berlatar hitam dipadu lampu utama berukuran besar, terlihat serasi dan sukses menggambarkan kesan kokoh.

Hal menarik lainnya terletak pada fitur Cornering Lamp. Ya, fitur ini tergolong baru yang memiliki fungsi untuk meningkatkan aspek keamanan ketika berbelok. Setidaknya, dengan adanya fitur ini, pengendara lain bisa mengetahui gerak-gerik Anda sehingga terhindar dari potensi kecelakaan.

Depan Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 menerapkan Cornering Lamp

Bisa Anda amati, lampu Cornering tersemat pada kedua sisi bemper depan

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019: Eksterior Samping

Untuk sekelas kendaraan berkapasitas angkut 26 Ton, Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD menerapkan dimensi panjang bodi sebesar 8.475 mm. Sasis bodinya sendiri diklaim sangat kokoh, menggunakan material yang tebal serta tanpa sambungan. Menariknya lagi, posisi kelingan berada di samping sehingga memudahkan pemasangan Rear Body.

Samping Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 menggunakan dimensi panjang 8.475 mm

Tampilan samping Fuso Fighter FN62F HD  masih menerapkan ban berbaut 8

Kekurangan yang sering dikeluhkan oleh para penggemar model satu ini terletak pada jumlah baut yang masih berjumlah 8. Padahal, kompetitor lainnya banyak menggunakan baut 10. Hal ini berdampak pada aspek penguncian roda serta pada masalah tenaga. Logikanya, semakin besar tenaga serta beban semakin berat, maka jumlah baut yang digunakan umumnya lebih banyak.

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019: Eksterior Belakang

Sebagaimana mobil bermuatan berat, sisi belakang Fuso Fighter FN62F HD sudah dilengkapi lampu Rear Combination Lamps yang cukup mampu memberi notifikasi jelas kepada pengendara lain. Tentu hal inilah sekilas terasa sepele, namun jika berada di area tol dengan kondisi gelap, lampu belakang yang jelas sudah menjadi sebuah keharusan agar terhindar dari potensi kecelakaan.

Eksterior Belakang Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 menggunakan fitur lampu saja

Sektor buritannya dilengkapi lampu Rear Combination

>>> Informasi menarik lainnya:

INTERIOR Mitsubishi Fuso 2019

Memasuki ruang kabinnya, suasananya cukup lega dan sudah dibekali fitur-fitur praktis. Bagi sebagian pengendara, mungkin harus sedikit beradaptasi dengan fitur yang dihadirkan pada interior Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019.

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019: Dashboard

Lini dashboard sendiri sudah dirancang supaya menyamankan pengendara. Hal ini bisa diamati pada segi fitur Blower berjumlah empat yang tertata cukup simetris sehingga memastikan kesejukan dapat terasa di seluruh kabinnya.

Dashboard Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 dikemas sangat menarikdan nyaman dipandang

Dashboard-nya dikemas sangat rapi dan sudah dibekali fitur-fitur menarik

Hal menarik lainnya yang cukup kami sukai adalah banyaknya fitur wadah. Meski kualitas-nya terbilang standar namun hal tersebut sudah cukup membantu pengendara untuk menaruh Handphone, dokumen penting, surat jalan hingga bekal kopi.

Fitur Penyimpanan Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 sudah tersedia cukup banyak

Inilah tampilan wadah penyimpanan di bangku tengahnya

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019: Setir

Kemudi setir sudah dibekali Hydraulic Power Booster sehingga proses manuver menjadi lebih ringan, tak perlu menguras banyak tenaga. Menariknya lagi, fitur sekelas Tilt dan Telescopic Steering sudah dihadirkan yang dapat menyesuaikan posisi kemudi dengan postur tubuh pengendara.

Setir Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 dibekali fitur Tilt dan Telescopic Steering

Kemudi setir dikemas sederhana namun sudah didukung fitur mumpuni

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019: Kursi

Pembaruan istimewa juga dihadirkan pada kursi pengendara. Pasalnya, kursi tersebut sudah didukung fitur Air Suspension yang berfungsi untuk memudahkan pengendara dalam mengatur ketinggian, kemiringan serta jarak yang diinginkan. Hal ini sejatinya diciptakan selaras dengan fitur pada kemudi setirnya sehingga keduanya menjadi relevan. Alhasil, kenyamanan pengendara benar-benar diperhitungkan dalam versi terbaru Fuso Fighter kali ini.

Kursi Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 mampu menampung hingga 3 orang sekaligus

Suasana dalam kabin interior-nya terbilang cukup lega

>>> Amati juga:

FITUR Mitsubishi Fuso 2019

Tiba saatnya bagi Cintamobil.com untuk membahas lebih lanjut mengenai fitur Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019. Ada beberapa catatan menarik serta ada juga hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019: Fitur Praktis

Jika melihat dalam aspek kepraktisan, Mitsubishi Fuso Fighter FN62F sudah dilengkapi dengan fitur yang disebut Front Panel. Dalam hal ini, Grille depan bisa dibuka dan Anda bisa memeriksa segala kesehatan kendaraan seperti halnya air aki, minyak rem dan komponen penting lainnya. Tentu hal ini terbilang sangat mudah yang mana Anda hanya perlu menekan tuas khusus pada kabinnya dan kemudian Front Panel terbuka. Kemudahan lainnya juga ditemui pada penggunaan model kabin jungkit dengan sudut bukaan lebar hingga 67 derajat. Hal ini memberikan kemudahan dalam hal pengecekan mesin tentunya. 

Fitur Praktis Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 salah satunya adalah Front Panel

Inilah fitur Front Panel yang memudahkan Anda melakukan pengecekan secara berkala

Di sisi lain, ada beberapa kekurangan yang dikeluhkan oleh beberapa penggunaanya yakni penggunaan rem masih Air Over Hydraulic (AOH) dan belum mendukung Full Air Brake (FAB), berbeda dengan kompetitornya.

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019: Fitur Hiburan

Pengendara serta penumpang akan mendapatkan kenyamanan dari empat buah Blower yang disematkan pada dashboard-nya. Hal menarik juga ditemui dari panel Head Unit Single DIN JVC dengan dua buah speaker. Tentu fitur ini sudah cukup menghibur, mencegah pengendara dari kantuk.

Fitur Hiburan Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 ditunjang oleh dua hal yakni audio dan Blower

Tersedia juga audio yang siap memanjakan penumpang dan pengendara selama perjalanan

>>> Jangan ragu untuk membandingkan dengan model truk menarik lainnya di sini

OPERASI Mitsubishi Fuso 2019

Untuk urusan jantung pacu, operasi mesin Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 menerapkan kapasitas sebesar 7.545 cc. Sebuah tenaga yang cukup besar untuk sebuah kendaraan dengan daya angkut 26 Ton. Versi terbarunya ini, mesinnya menggunakan kode 6M60 6 silinder segaris SOHC.

Operasi Mesin Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 menggunakan kapasitas hingga 7.545 cc

Operasi mesinnya mampu memberikan daya hingga 270 PS dengan torsi 80 Kg.m

Transmisi sendiri tak mengalami perubahan berarti, menerapkan model EATON ES-11109 dengan formasi 9 gigi maju serta 1 gigi mundur. Ketika transmisi dipadukan dengan mesinnya, daya maksimum bisa mencapai 270 PS setara 2.600 Rpm serta torsi puncak 80 Kg.m pada putaran 1.400 Rpm.

Hal yang cukup kami sukai terletak pada radius putar. Meski memiliki panjang bodi 8.475 mm namun radius putar berada di angka minimum 8,7 m. Salah satu kelebihan yang patut untuk Anda pertimbangkan ke depannya.

>>> Tergiur dengan kendaraan Mitsubishi? Klik di sini untuk melihat mobil Mitsubishi selengkapnya

spesifikasi Mitsubishi Fuso 2019

Untuk informasi teknis selengkapnya, Anda bisa mengamati tabel spesifikasi Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 di bawah ini.

SPESIFIKASI MITSUBISHI FUSO FIGHTER FN62F HD 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

8.475 mm x 2.455 mm x 2.685 mm

Jarak Poros Roda

5.460 mm

Jarak Roda Depan Kiri-Kanan

1.920 mm

Jarak Roda Belakang Kiri-Kanan

1.845 mm

Berat Keseluruhan

6.840 Kg

GVW

26.000 Kg

Radius Putar Minimum

8,7 m

MESIN

Tipe Mesin

6M60 6 Silinder SOHC

Kapasitas Silinder

7.545 cc

Daya Maksimum

270 PS / 2.600 Rpm

Torsi Maksimum

80 Kg.m / 1.400 Rpm

Kecepatan Maksimum

74 Km/Jam

Transmisi

EATON ES – 11109, 9 Gigi Maju dan 1 Gigi Mundur

Mode Penggerak

6x4

HANDLING

Suspensi Depan

Laminated Leaf Springs dengan Shock Absorbers

Suspensi Belakang

Inverted dan Laminated Leaf Spring dengan Trunnion Base dan Radius Rods

Rem Kaki

AOH dengan Sirkuit Ganda

Rem Tangan

Internal Expand Type Pada Propeller Shaft

Rem Pembantu

Exhaust Brake

Ban Depan

Tunggal, 10.00 – 20 – 16 PR

Ban Belakang

Ganda, 10.00 – 20 – 16 PR

Sistem Kemudi

Ball Nut dengan Integral Type Hydraulic Power Booster, Tilt dan Telescopic Steering Column dengan Steering Lock

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Sistem Bahan Bakar

Commonrail

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

200 Liter

kelebihan & kekurangan Mitsubishi Fuso 2019

Setelah banyak informasi yang disampaikan, Cintamobil.com hendak merangkum kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Fuso FN62F HD 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Daya angkut yang cukup mumpuni di angka 26 Ton

Rem masih menggunakan AOH

Pengecekan berkala terkait mesin dan komponen lainnya, kini dipermudah lewat hadirnya sistem Front Panel

Tak ada peningkatan signifikan pada sistem transmisi

Radius putar minimum 8,7 m, cocok untuk Anda yang bergelut di medan logistik sempit

Masih menerapkan baut roda 8, belum 10

Tersedia juga aplikasi Runner yang memudahkan kegiatan logistik Anda

-

 

daftar harga Mitsubishi Fuso 2019

Segmen yang paling ditunggu-tunggu adalah daftar harga Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019. Berikut informasi selengkapnya.

TIPE MOBIL

HARGA MITSUBISHI FUSO FIGHTER BARU

Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD

IDR. 831.100.000

>>> Mari klik sini untuk update harga dan promo mobil-mobil lainnya di pasar Indonesia

Video Mitsubishi Fuso 2019

KESIMPULAN Mitsubishi Fuso 2019

Bagi Anda yang hendak mencari sebuah kendaraan untuk kegiatan logistik dan memiliki daya angkut mumpuni, Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019 bisa menjadi pilihan Anda. Dari catatan resminya, model ini mampu mengangkut muatan hingga 26 Ton. Radius putar minimum, aspek kepraktisan serta kenyamanan pengendara, menjadi fokus perubahan kali ini. Namun sayang, banyak orang mengeluhkan perihal sistem rem yang masih AOH serta jumlah baut belum 10. Terlepas dari itu, ada baiknya Anda tetap melakukan uji Test Drive lebih dulu di diler Mitsubishi Fuso terdekat. Pasalnya, kelihaiannya dalam urusan logistik masih sama dan bahkan lebih praktis daripada pendahulunya.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil