Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

30/01/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Tak hanya mobil penumpang saja, medan persaingan Medium Duty Truck juga sama panasnya dan sengit, banyak pemain yang berkecimpung disini, ada Hino, UD Trucks, Isuzu, hingga Mitsubishi. Segala usaha dilakukan untuk meraup pasar sebanyak-banyaknya. Guna mencapai target penjualan tahun 2019 ini, Mitsubishi memperkenalkan andalan terbaru mereka, yakni sebuah Mitsubishi Fuso Fighter. Inilah ulasan kami mengenai Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019.

PENGANTAR Mitsubishi Fuso 2019

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019Mitsubishi Fuso Fighter baru saja diluncurkan bulan Januari 2019 ini, butuh waktu satu tahun bagi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors untuk meluncurkan truk yang masuk kelas Medium Duty Truck (MDT) ini. Truk ini sendiri sudah dipamerkan pertama kali pada ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) yang terselenggara bulan Maret 2018. Butuh strategi khusus bagi Mitsubishi Fuso untuk merebut pasar ini yang secara nyaris terus menerus dipegang oleh HIno yang sama-sama asli Jepang. Karena, tak hanya mobil penumpang saja, medan persaingan MDT juga sama panasnya dan sengit, karena banyak pemain yang berkecimpung disini, ada Isuzu, Hino, UD Trucks, hingga Mitsubishi. Wajar saja jika segala usaha dilakukan untuk meraup pasar sebanyak-banyaknya, guna mencapai target penjualan tahun 2019 ini. Mitsubishi pun tak ingin tinggal diam dan segera meluncrukan truk andalan mereka, yakni Mitsubishi Fuso Fighter. Nama 'Fighter' artinya petarung dan diharapkan salah satu tipenya yakni Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini mampu bertarung ditengah panasnya persaingan MDT di Indonesia. Lalu bagaimana pendapat kami? Berikut ini ulasan khusus dari kami review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019.

EKSTERIOR Mitsubishi Fuso 2019

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

Tampilan depan dari truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini lebih futuristis dari pendahulunya

Bila dibandingkan dengan pendauhulunya si Mitsubishi Fuso, tampilan depan dari Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini jauh lebih futuristis bila dibandingkan dengan pendahulunya. Jika Mitsubishi Fuso terdahulu bentuknya cenderung kotak, di Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini tampilannya lebih membulat. Tak hanya bentuknya saja yang lebih manis, namun secara fitur truk ini juga menawarkan banyak kelebihan, salah satu diantaranya adalah corner lamp yang mampu menyinari salah satu sudut jalan ketika setir dibelokkan. Selain itu jet washer yang berfungsi untuk membasahi kaca menjadi satu dengan tangkai wiper, sentuhan ringan yang membuat tampilan truk ini menjadi clean.

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Mitsubishi Fuso Fightr FN61M 2019

Tampilan samping Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini juga lebih menarik bila dibandingkan dengan Fuso sebelumnya

Tampilan samping dari Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini juga lebih menarik bila dibandingkan dengan Mitsubishi Fuso model sebelumnya yang cenderung mengkotak. Memang, dimensi dari cabin Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini tidak lebih besar bila dibandingkan dengan Mitsubishi Fuso generasi sebelumnya, namun bentuk membulat lebih mengesankan kesan modern dan dinamis dari truk ini. Sleeper cab pada truk ini juga tidak begitu besar bila dibandingkan dengan truk-truk yang beredar di Eropa. Maklum saja, sopir truk di Indonesia lebih suka tidur di pom bensin maupun masjid bila dibandingkan harus tidur didalam kabin truk yang panas karena tak ada peranti pendingin kabin atau AC.

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

Tampilan belakang dari truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini sederhana dan fungsional

Tampilan belakang dari truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini cenderung terlihat sederhana dan fungsional, maklum saja, kendaraan besar seperti truk ini lebih difokuskan kepada fungsi daripada tampilan. Lihat saja desain stoplamp belakangnya yang jadul, dan masih menggunakan mika non kristal. Namun demikian, berkat penggunaan sasis dengan desain frame lurus dan posisi rivet atau baut disamping akan sangat memudahkan proses instalasi karoseri. Apalagi truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini juga dilengkapi dengan soket elektronik tambahan yang berguna bagi supir maupun pemilik truk memasang peranti kelistrikan pada truk ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mitsubishi Fuso 2019

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 : Setir

Gambar menunjukkan tampilan Setir Mitsubishi Fuso FN61M 2019

Setir pada truk ini nyaman digenggam dan juga ukurannya besar

Setir pada truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini ukurannya besar dan juga cukup nyaman digenggam. Apalagi dengan pengaturan maju mundur (teleskopik) serta naik turun (tilt steering) yang membuat pengemudi truk dapat dengan leluasa menentukan posisi duduk dan setir yang paling nyaman pada truk ini. Apalagi, mayoritas sopir truk di Indonesia ukuran badannya berbeda-beda, dengan pengaturan yang banyak, akan makin menambah fleksibilitas untuk mengatur posisi kemudi agar makin nyaman dan juga aman. Sayangnya, untuk setir Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini tidak dilengkapi airbag seperti versi yang dijual di luar negeri.

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 : Kursi

Gambar menunjukkan tampilan Kursi Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

Kursi Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini dilengkapi dengan air suspension sehingga nyaman untuk diduduki

Salah satu hal menyenangkan yang akan Anda temui di kabin truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini adalah kursinya, karena kursi dari truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini sudah dilengkapi dengan air suspension seat sehingga akan lebih nyaman ketika diduduki. Dan memang, hampir semua truk yang dijual di Indonesia sudah dilengkapi dengan fitur ini, namun pada Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini terasa sedikit lebih empuk bila dibandingkan dengan beberapa truk yang pernah kami coba di jalanan Indonesia.

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 : Mekanisme Pedal Gas

Gambar menunjukkan Mekanisme Pedal Gas Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

Bukan hanya mobil Eropa kenamaan, beberapa merek Jepang atau Korea saja yang menggunakan pedal gas model organ, truk juga pakai

Tidak hanya mobil keluaran Eropa kenamaan atau beberapa merek Jepang, serta Korea saja yang telah menggunakan mekanisme pedal gas model organ, truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini juga menggunakan mekanisme yang sama. Namun, mekanisme pedal gas ini tidak sepenuhnya model organ, karena jika Anda lihat lebih dekat dan detail, disana akan terlihat bahwa Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 sebenarnya menggunakan pedal gas model ungkit yang digantung, namun dengan pengaturan sedemikian rupa, pedal gas serta rem diatur menjadi model organ yang rata dengan lantai, namun untuk pedal kopling masih menggunakan model gantung.

>>> Baca juga:

FITUR Mitsubishi Fuso 2019

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 : Double Filter Solar Dan Water Separator

Gambar menunjukkan Double Filter Solar Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

Mesin truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini sudah siap standar Euro 4, sayangnya kualitas solar industri di Indonesia belum baik

Ada alasan khusus mengapa truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini menggunakan format double filter solar serta double water separator, rinciannya yakni pre-filter + water separator, dan juga main filter + water separator terintegrasi. Alasan utamanya adalah sebenarnya mesin berkode 6M60-1AT2 yang terletak dibawah kabin truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini sudah siap dengan standar emisi Euro 3 bahkan Euro 4, namun sayangnya kualitas solar industri di Indonesia belum baik, karena masih mengandung sulfur yang tinggi.

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 : Audio System

Gambar menunjukkan Audio System Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

Head unit dengan label JVC siap menemani para sopir truk beserta kernet menyetel musik favorit mereka di truk ini

Perjalanan panjang tentunya akan sangat membosankan tanpa adanya hiburan, memang sih, pada truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini belum dilengkapi dengan AC sebagai fitur standar, hanya tersedia blowernya saja. Namun bukan berarti perjalanan dengan truk ini akan menjemukan, karena di dalam kabin truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini sudah tersedia head unit single din bermerek JVC yang dikawal dengan 2 speaker. Sehingga, supir truk beserta kernet dapat menyetel musik favorit mereka didalam truk teranyar Mitsubishi ini.

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 : New Shoot Peening Wheel Disc

Gambar menunjukkan Shoot Peening Wheel Disc di Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

Meski hanya dilengkapi 8 baut roda, namun demikian berkat penerapan peening wheel anyar, kekuatannya masih mencukupi

Pada saat acara press conference Mitsubishi Fuso Fighter yang berlokasi di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, kami dari tim Cintamobil.com sempat bertanya mengapa truk terbaru andalan Mitsubishi ini hanya dilengkapi dengan 8 baut roda, sementara rival lainnya sudah mengandalkan 10 baut roda, yang secara teori berarti untuk penguncian roda rival dari truk ini lebih kuat sekitar 20% dari Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019. Ternyata, meski hanya dilengkapi dengan 8 baut roda, namun kekuatan dari penguncian roda masih tetap kuat berkat penerapan new peening wheel anyar yang diklaim 1,5 kali lebih kuat dan lebih lebar dari Fuso sebelumnya, yang awalnya hanya 7 inchi menjadi 7,5 inchi.

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 : Aplikasi Penilaian Kinerja Sopir Truk

Gambar menunjukkan Aplikasi Penilaian Kinerja Sopir Truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

Aplikasi Runner dari Mitsubishi ini tidak hanya berfungsi sebagai detektor lokasi, namun dapat digunakan sebagai aplikasi penilaian kinerja sopir truk

Salah satu fitur canggih yang bisa dibilang Mitsubishi yang pertama kali mempopulerkan di Indonesia, adalah aplikasi Runner. Karena aplikasi Runner dari Mitsubishi ini tidak hanya berfungsi sebagai detektor lokasi, yang dapat membaca pergerakan truk yang sedang dikemudikan oleh supir truk. Namun, aplikasi ini mampu menjadi aplikasi penilaian kinerja supir truk, karena mulai dari pengaturan job order, jarak yang telah ditempuh, gaya mengemudi, jadwal perawatan berkala, hingga konsumsi bahan bakar dapat dipantau melalui aplikasi ini.

>>> KTB Hadirkan Jagoan Baru, Fuso Fighter Plus Fitur GPS Runner Telematics

OPERASI Mitsubishi Fuso 2019

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F 2019 : Mesin

Gambar menunjukkan Mesin 6M60 Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

Mesin 6M60 yang digunakan oleh Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini lebih bertenaga dan diklaim lebih hemat bahan bakar dari pendahulunya

Mitsubishi Fuso Fighter series semuanya dilengkapi dengan mesin 6 silinder berkode 6M60 yang diklaim lebih irit bertenaga dari pendahulunya dan juga lebih bertenaga. Dengan pasokan bahan bakar langsung alias direct injection dan setiap piston dilayani dengan 2 katup membuat tenaga yang dapat dihasilakan oleh mesin ini adalah sekitar 268,5 horsepower serta torsi sekitar 784,6 newtown meter. Apalagi mesin ini dikawinkan dengan transmisi EATON dengan tipe ES-111109 dengan mekanisme 9 percepatan maju dan 1 percepatan mundur, membuat truk Mitsubish Fuso Fighter FN61M 2019 ini akan lebih kapabel di kondisi jalan apapun.

>>> Untuk Anda Loyalis, Berikut 8 Pilihan Mobil Bekas Mitsubishi

spesifikasi Mitsubishi Fuso 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019.

Mesin Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

Seri mesin

6M60, SOHC, Direct Injection

Bahan Bakar

Solar

Tenaga Maksimum

268,5 Hp @ 2.600 rpm

Torsi Maksimum

784,6 Nm @ 1.400 rpm

Kapasitas Silinder

7.545 cc

Bore X Stroke

118 X 115

Tipe Transmisi

EATON (ES-11109) 9 Percepatan Maju - 1 Mundur

Rangka Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

Panjang Keseluruhan

9.750 mm

Lebar Keseluruhan

2.455 mm

Tinggi Keseluruhan

2.675 mm

Jarak Poros Roda

6.310 mm

Kapasitas Tangki

200 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

Ban Depan (Tunggal)

Gajah Tunggal 10.00-20-16PR

Ban Belakang (Ganda)

Gajah Tunggal 10.00-20-16PR

Power Steering

Hydraulic Power Booster

kelebihan & kekurangan Mitsubishi Fuso 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Model Terbaru, Kenyamanan Kabin Baik

Belum Full Airbrake System

Aplikasi Runner Membantu Pemilik Truk Menilai Para Driver

Baut Roda Masih 8 Buah

Jaringan Servis Mitsubishi Yang Begitu Luas

Lampu Belum Model Kristal

daftar harga Mitsubishi Fuso 2019

Berikut daftar harga Mitsubishi Fuso Fighter 2019 di semua variannya secara off the road.

TIPE MOBIL

HARGA MITSUBISI FUSO FIGHTER 2019

Mitsubishi Fuso Fighter Varian 4x2

IDR. 553.000.000 - IDR. 587.000.000

Mitsubishi Fuso Fighter Varian 6x2

IDR. 679.000.000 - IDR. 696.000.000

Mitsubishi Fuso Fighter Varian 6x4

IDR. 784.000.000 - IDR. 805.000.000

Mitsubishi Fuso Fighter 6x4 Tractor Head

IDR. 894.000.000

Video Mitsubishi Fuso 2019

KESIMPULAN Mitsubishi Fuso 2019

Gambar menunjukkan Mitsubishi Fighter Logo

Bagi Anda pebisnis skala menengah maupun besar truk ini dapat menunjang bisinis Anda

So, is this truck for you?  Bagi Anda seorang pebisnis skala menengah yang rasional, Anda sangat kami rekomendasikan untuk membeli truk Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019 ini, karena selain mesinnya baru, suku cadang dan jaringan servis luas, juga terdapat aplikasi Runners yang membuat Anda dapat 'mengontrol' langsung kemana perginya truk Anda.

>>> Lanjut baca artikel review mobil lainnya di sini

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil