Review Mercedes-Benz Arocs 2018

12/02/2019

Share this post:

Mercedes-Benz Arocs 2018

Editor rate:

Lihat promo

Pernahkah terbayang di benak Anda, sebuah truk besutan Mercedes? Bilamana kita sering mendengar sedan maupun Sport Utility Vehicle (SUV) dari Mercedes, nyatanya model truk juga digarap oleh pabrikan asal Jerman tersebut yang dinamai Arocs. Apakah kendaraan satu ini mampu menarik minat para kontraktor? Mari kita cari tahu kelebihannya dalam review Mercedes-Benz Arocs 2018.

Review Mercedes-Benz Arocs 2018
Review Mercedes-Benz Arocs 2018
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz Arocs 2018

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz Arocs 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Tak perlu diragukan lagi akan performa mesinnya yang luar biasa

Ruang kabin dirancang sangat mewah

Fitur keselamatan sudah dibekali teknologi lengkap

Kekurangan

Jika ditilik dari segi mesin, kini mengalami penurunan dengan hanya mendukung EURO III, tak seperti versi sebelumnya di Eropa yang sudah EURO VI

Tombol-tombolnya tidak tertata rapi sehingga terasa rumit

 

Review Mercedes-Benz Arocs 2018 - Generasi pertama Arocs sendiri hadir mulai tahun 2013 silam yang diperkenalkan lebih dulu di pasar Eropa. Menariknya, model ini sudah didukung mesin EURO VI yang tentu saja ramah lingkungan dan lebih efisien daripada mesin konvensional. Namun sayangnya, teknologi mutakhir ini hanya bisa dinikmati di pasar Eropa saja.

Mercedes-Benz Arocs 2013 adalah mobil dengan bertenaga super yang dikhususkan untuk kebutuhan konstruksi

Sosok Mercedes-Benz Arocs 2013 yang dirilis dengan mesin EURO VI

Di Indonesia, model satu ini sempat diperkenalkan di acara Mining Expo 2017 dengan kode 4042 K. Supaya makin merangkap kebutuhan pertambangan, tersedia beberapa varian layaknya Dump Trucks, Concrete Mixer dan Tractor. Kehadirannya meneruskan model Actros dan Antos yang sudah dikampanyekan sejak tahun 2011. Ditilik dari kapabilitasnya, Actros untuk kegiatan logistik jarak jauh, Antos sebagai kendaraan jarak dekat dan Arocs dikhususkan sebagai model Off-Road di wilayah pertambangan. Menariknya lagi, truk satu ini memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) sebesar 32 Ton. Menakjubkan, bukan? Seperti apa sosoknya? Inilah review Mercedes-Benz Arocs 2018.

Varian Mercedes-Benz Arocs 2018 ditawarkan dalam berbagai tipe

Mercedes-Benz Arocs 2018 Grounder (kiri) dan Loader (kanan)

Eksterior Mercedes-Benz Arocs 2018

Dari segi eksterior Mercedes-Benz Arocs 2018, menghadirkan beberapa fitur mumpuni untuk menunjang kapabilitas sebagai kendaraan konstruksi yang lebih baik. Kami mencatat bahwa, desainnya masih gahar layaknya versi sebelumnya, kekar tanpa melepas esensi modern. Khusus review kali ini, kami hendak membahas lebih mendalam tentang varian tertingginya.

Review Mercedes-Benz Arocs 2018: Eksterior Depan

Dari depan, wajahnya terlihat garang dan kokoh lewat desain Grille berukuran super besar yang tertata rapi, lengkap dengan logo kebanggaan Mercedes. Adapun sektor lampu masih menggunakan konfigurasi Bi-Xenon. Namun tak perlu khawatir dikarenakan Arocs sudah dilengkapi Cornering Light dan Fog Lamps sehingga kualitas pencahayaan terasa mumpuni meski di malam hari sekalipun. Secara keseluruhan wajah depannya sukses memvisualisasikan performanya yang kokoh sebagai truk konstruksi.

Eksterior Depan Mercedes-Benz Arocs 2018 didukung lampu Bi-Xenon

Wajah depan Arocs didukung dengan Grille berukuran super besar

Review Mercedes-Benz Arocs 2018: Eksterior Samping

Model Arocs Chassis 4042 memiliki panjang bodi 2.300 mm dengan lebar 2.500 mm. Racikan ini terbilang sangat pas untuk truk yang mampu mengangkut maupun menarik beban berat. Hal menarik lain terletak pada Frame bodi yang tampil lebih tinggi sehingga memberi dampak langsung pada Ground Clearance-nya. Tak heran jika hal tersebut mampu menunjang mode penggerak AWD dari Arocs yang memberi laju lebih mulus di medan berbatu sekalipun.

Samping Mercedes-Benz Arocs 2018 menggunakan dimensi panjang bodi 2.300 mm

Arocs juga berubah dalam hal sasis yang meninggi dan berdampak ke aspek Ground Clearance

Review Mercedes-Benz Arocs 2018: Eksterior Belakang

Tak begitu banyak hal yang bisa diutarakan tentang bodi belakang Arocs. Dari yang kami amati, sudah tersedia lampu Rear Combination yang memadukan fungsi lampu stop serta lampu sein dalam satu wadah. Di sisi lain, terlihat juga bentuk suspensi yang kokoh terbuat dari besi berkualitas dengan struktur solid.

Belakang Mercedes-Benz Arocs 2018 hanya dilengkapi lampu Rear Combination

Dari belakang, Arocs hanya menyuguhkan lampu Rear Combination dan Tail Lights

>>> Baca juga:


Interior Mercedes-Benz Arocs 2018

Tak seperti truk pada umumnya, interior Mercedes-Benz Arocs 2018 terlihat sangat elegan di segala sisinya. Namun sangat disayangkan banyak hal-hal menarik pada versi Eropa-nya dipangkas.

Review Mercedes-Benz Arocs 2018: Dashboard

Untung saja, truk ini dirancang dengan lebar 2.500 mm sehingga memberi kelegaaan kabin yang sangat nyaman. Berbagai hal dibalut dengan material berkualitas sehingga membuat Anda terlupa bahwa mobil adalah sebuah truk.  Di sisi lain, fitur mumpuni tersaji lengkap menghadap langsung kepada pengendara sehingga memberi kesan ergonomis. Ya, pengendara dapat dengan mudah meraih tombol-tombolnya sehingga tak perlu khawatir kehilangan konsentrasi. Namun cukup disayangkan bahwa dashboard-nya kini tidak semodern versi sebelumnya yang dijual di Eropa. Jauh dari ekspektasi kami.

Dashboard Mercedes-Benz Arocs 2018 dikemas sangat sederhana

Dashboard-nya kini terlihat sangat sederhana dan kalah mewah dibanding versi sebelumnya

Review Mercedes-Benz Arocs 2018: Setir

Kemudi setir Arocs sendiri menggunakan model 4 palang dengan memadukan warna Silver serta hitam. Kami juga terkesima dengan dua perangkat tombol di kedua sisi setirnya, mengingatkan kami kepada mobil-mobil masa kini. Dari tombol tersebut, Anda sudah bisa mengatur alur musik secara praktis serta mengaktifkan fungsi Cruise Control yang tentu saja jarang dimiliki oleh truk-truk lainnya.

Setir Mercedes-Benz Arocs 2018 dilengkapi dengan tombol multifungsi

Setir Arocs sendiri didesain dengan model empat palang

Review Mercedes-Benz Arocs 2018: Kursi

Kapasitas kursinya sendiri hanya menampung dua orang dengan ruang kosong pada sisi tengah. Ruang kosong ini diisi dengan kotak wadah yang bisa menyimpan berbagai minuman serta bekal selama perjalanan. Tentu hal ini menjadi salah satu kelebihan menarik dari segi akomodasi.

Kursi Mercedes-Benz Arocs 2018 mampu menampung dua orang dengan kotak wadah pada sisi tengah

Kursinya terbilang cukup akomodatif untuk dua orang

Adapun dari segi kursi, balutannya cukup nyaman dengan menjunjung tinggi aspek kenyamanan. Hal yang paling kami sukai adalah aspek Head Room yang tampil sangat lega hingga 1,9 m. Tentu tak perlu khawatir lagi akan postur tubuh pengendara dan penumpang. Secara keseluruhan, ruang kabinnya didesain sangat menyamankan seluruh penumpang.

>>> Artikel terkait:

Fitur Mercedes-Benz Arocs 2018

Tiba saatnya bagi Cintamobil.com membahas lebih mendalam tentang fitur Mercedes-Benz Arocs 2018. Dalam hal ini, kami akan mengupas tuntas baik dari segi keselamatan dan hiburan dalam kabinnya.

Review Mercedes-Benz Arocs 2018: Fitur Keselamatan

Mobil satu ini sudah dilengkapi teknologi pengereman lengkap dengan formasi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Selain itu, Arocs juga ditunjang dengan teknologi pembaca rambu-rambu lalu lintas (Traffic Sign Assist), menjaga kestabilan dalam mode Trailer (Trailer Stability Assist) dan tuas parkir elektronik.

Fitur keselamatan Mercedes-Benz Arocs 2018 dilengkapi dengan pengereman ABS, EBD dan BA

Fitur keselamatan Arocs dirancang cukup lengkap baik dari aspek pengereman dan kestabilan

Meski fiturnya tak begitu mengalami perubahan dari versi sebelumnya, mesinnya kini sudah didukung transmisi PowerShift 3 yang diklaim memberi sensasi pergantian gigi yang lebih halus serta presisi di tiap tingkatan. Dalam versi terbarunya ini, transmisi yang ditawarkan meliputi dua hal yakni 12 tingkat percepatan otomatis sebagai kelengkapan standar dan 16 tingkat percepatan manual sebagai fitur opsional.

Review Mercedes-Benz Arocs 2018: Fitur Hiburan

Dari segi hiburan, kami terbilang cukup kecewa karena fitur-fiturnya tidak secanggih pada versi sebelumnya yang dijual di Eropa. Entah mengapa akhirnya hal ini menjadi salah satu kekurangan yang akhirnya menurunkan ekspektasi kami akan Arocs. Adapun tombol-tombol tertata kurang praktis yang terlihat rumit bagi pengendara pemula. Dari catatan resminya, Arocs 2018 hanya menyajikan panel Head Unit radio saja dan fitur penyejuk AC dan Climate Control.

>>> Bandingkan juga dengan model truk menarik lainnya dengan klik link ini

Operasi Mercedes-Benz Arocs 2018

Cukup disayangkan, operasi mesin Mercedes-Benz Arocs 2018 tidak menyediakan konfigurasi EURO VI seperti model Eropa di versi sebelumnya.  Malahan, yang ditawarkan adalah mesin EURO III. Hal ini tentu disayangkan menurut kami dan pihak Mercedes hanya mengatakan bahwa mesin ini disesuaikan dengan kondisi jalan dan regulasi pemerintah.

Mesin EURO III-nya menawarkan dua pilihan kapasitas silinder meliputi 12.800 Liter dan 15.600 Liter dengan daya Output berbeda. Dalam hal ini, 12.800 Liter (OM 460) mampu menghasilkan daya 360 - 476 HP. Sedangkan pada 15.600 Liter (OM 473) bisa menghasilkan daya maksimum 517 - 578 HP. Semua pengoperasian mesinnya diatur secara elektronik serta X-Pulse Injection Turbocharger.

Mesin Mercedes-Benz Arocs 2018 hanya menawarkan EURO III, IV dan V

Mesin generasi baru Arocs 2018 tidak didukung EURO VI layaknya pada model sebelumnya

>>> Simak juga review model terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Spesifikasi Mercedes-Benz Arocs 2018

Mengingat model ini memiliki banyak sekali varian, maka Cintamobil.com hanya memberikan lampiran spesifikasi Mercedes-Benz Arocs 2018 pada varian tertingginya saja yakni Chassis 4042.

SPESIFIKASI MERCEDES-BENZ AROCS 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

2.300 mm x 2.500 mm x 2.700 mm

GVW

40 Ton

Berat Kosong

9.250 Kg

MESIN

Tipe Mesin

6 Silinder Segaris 15,6 Liter

Kapasitas Silinder

15.600 cc

Daya Maksimum

578 HP

Torsi Maksimum

2.800 Nm / 2.800 Rpm

Sistem Transmisi

12 Tingkat Percepatan Otomatis / 16 Tingkat Percepatan Manual (Opsional)

HANDLING

Sistem Suspensi

Steel Suspension and 4-Bellows Air Suspension

Sistem Rem

3-Stage Engine Brake

Daftar Harga Mercedes-Benz Arocs 2018

Sayangnya, Mercedes Trucks tidak memaparkan harga Arocs terbaru dalam waktu dekat ini. Namun jika mengaca pada versi sebelumnya, daftar harga Mercedes-Benz Arocs 2018 berkisar di angka 2,4 miliar untuk versi standar-nya. Namun Anda tak perlu khawatir, apabila harganya sudah dirilis secara resmi, Cintamobil.com akan meng-updatenya di sini.

>>> Simak juga harga lengkap dari Mitsubishi Fuso yang dijual dalam kondisi bekas dengan harga terjangkau

Kesimpulan Mercedes-Benz Arocs 2018

All New Mercedes-Benz Arocs 2018 tampaknya banyak menghadirkan beberapa penurunan dari versi sebelumnya.  Memang tak dipungkiri, versi sebelumnya dikhususkan untuk pasar Eropa saja sedangkan generasi terbarunya ini dirancang sesuai dengan kondisi dan regulasi pemerintah Indonesia. Penurunan sangat terlihat dari segi mesin yang dahulu EURO VI kini malah hanya menerapkan EURO III saja. Belum lagi dari segi interior yang terlihat sangat sederhana dan kurang mewah dari sebelumnya. Meski banyak kekurangan tapi kami masih cukup terpesona akan performa mesinnya. Kita nantikan saja Mercedes-Benz Arocs 2018 Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
Share this post:

Review lain

Ini Sudut Pandang Pengemudi Truk Terhadap Titik Buta Pada Truk

29/01/2019

Pengemudian

Truk dengan dimensi besar kadang dapat menjadi momok menakutkan bagi sebagian pengemudi mobil, apalagi pengemudi mobil yang baru pertama kali dapat mengemudikan mobilnya dijalan raya, tim tester Cintamobil.com lompat ke bangku pengemudi truk untuk mengetahui lebih jauh titik buta pada truk.

Lihat juga

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

04/02/2019

Editor rate:

Medium Duty Truck adalah salah satu kelas yang 'berdarah-darah' lazimnya seperti kelas di pasar mobil Low Multi Purpose Vehicle. Setiap pabrikan truk macam UD Trucks, Mitsubishi, Hino, hingga Isuzu melakukan berbagai strategi untuk memenangi pasar. Dan, di pertengahan bulan Januari 2019 ini PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan New Isuzu Giga untuk bertarung dikelas ini. Dan kini kami berkesempatan untuk mengulas lebih dalam mengenai New Isuzu Giga Tractor Head tipe GXZ 60 K ABS.

Lihat juga

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

30/01/2019

Editor rate:

Tak hanya mobil penumpang saja, medan persaingan Medium Duty Truck juga sama panasnya dan sengit, banyak pemain yang berkecimpung disini, ada Hino, UD Trucks, Isuzu, hingga Mitsubishi. Segala usaha dilakukan untuk meraup pasar sebanyak-banyaknya. Guna mencapai target penjualan tahun 2019 ini, Mitsubishi memperkenalkan andalan terbaru mereka, yakni sebuah Mitsubishi Fuso Fighter. Inilah ulasan kami mengenai Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019.

Lihat juga

Review Jeep Gladiator 2020

05/12/2018

Editor rate:

Mobil Off-Road paling tangguh, Jeep Gladiator, akhirnya dirilis di acara LA Auto Show 2018. Jujur, kehadirannya sangat kami tunggu-tunggu. Pesonanya yang sudah dimulai sejak tahun 1941, selalu diingat bukan dalam hal kecepatan namun dalam hal Off-Road. Seperti apa pembaruannya? Apakah model Off-Road satu ini juga mengikuti tren otomotif masa kini? Berikut simak review Jeep Gladiator 2020.

Lihat juga

Review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018 Indonesia

03/11/2018

Editor rate:

Konsep Honda Rugged Open Air Vehicle menggabungkan elemen-elemen dari truk pikap Ridgeline dengan memberikan tampilan sangar untuk dibawa ke bertempur ke medan-medan off-road, mulai dari gunung, hutan berlumpur, hingga padang pasir yang tandus.

Lihat juga