Review KIA Sonet 7 2021: SUV Kompak dengan Kapabilitas Tiga Baris

18/05/2021

Share this post:

Kia Sonet 2021

Editor rate:

Rp 272.000.000

Lihat promo

Indonesia jadi negara pertama yang kebagian KIA Sonet 7 2021, yang pada dasarnya merupakan Sonet dengan tambahan kursi belakang, selain itu apa lagi ya bedanya?

Review KIA Sonet 7 2021: SUV Kompak dengan Kapabilitas Tiga Baris
Review KIA Sonet 7 2021: SUV Kompak dengan Kapabilitas Tiga Baris
0 Gambar

Pengantar Kia Sonet 2021

Mari kita simak spesifikasi Kia Sonet 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur Lengkap

Mesin teknologi baru

Baasi lebih dalam (jika kursi baris ketiga dilipat)

Pengaturan kursi baris kedua fleksibel

Kekurangan

Pengaturan setir belum mengadopsi telescopic

Kenyamanan baris kedua sangat terbatas

Tanpa sunroof

Sound System belum Bose

 

Sejak 2020 ini, sepertinya tren mobil mulai bergeser dari MPV atau SUV menuju kelas baru, yakni SUV Kompak. Pelopornya adalah KIA Sonet, yang diboyong oleh PT Kreta Indo Artha, yang menciptakan kelas baru di Indonesia. Belum puas dengan model kompak barunya, KIA Sonet hadir dengan varian 7-seater, yang rilis pada awal bulan lalu dengan melirik Toyota Rush Daihatsu Terios sebagai rival sepadan.

KIA Sonet 7 Seater

Indonesia jadi negara pertama yang kebagian Sonet 7

Tunggu, beneran nih sebuah Sonet, yang notabenenya punya dimensi lebih pendek dari Honda City Hatchback memiliki kapabilitas tiga baris? Kami juga sebenarnya tidak percaya, namun memang SUV Kompak satu ini memiliki 7-seater. Penasaran bagaimana impresi awal mobil ini, mulai dari eksterior, interior, performa, sampai dengan fitur? Simak review KIA Sonet 7 2021 dari Cintamobil.com ini sampai habis ya.

Mobil Baru Populer

Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta
Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 509.9 - Rp 709.5 Juta
Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta

Eksterior Kia Sonet 2021

Meski bertambah tambahan satu baris kursi, secara mengejutkan KIA Sonet 7 2021 tidak memiliki perbedaan apapun dari varian 5-seaternya. Baik itu secara dimensi, sampai styling mobil, semuanya terlihat sangat identik bak pinang dibelah dua.

Review KIA Sonet 7 2021: Tampilan Depan

Tampilan depan KIA Sonet 7 2021 masih sangat identik dengan versi 5-seater, di mana tampilan atraktif Tiger Nose Grille masih jadi identitas mobil. Grillenya dibuat cekung, dan dikombinasikan dengan headlamp berteknologi LED dengan DRL yang terlihat keren.

Tampilan depan KIA Sonet 7

Tampilan depannya terlihag sangat atraktif dengan model gril "Tiger Nose"

Tidak hanya di bagian atas, bumper bawah juga tidak kalah dinamisnnya dengan aksen abu-abu yang mengelilingi air dam memberikan kesan gagah khas SUV. Sayangnya, foglamp belum menggunakan teknologi LED, meski sudah dilengkapi projector.

Review KIA Sonet 7 2021: Tampilan Samping

Secara profil, KIA Sonet 7 2021 memiliki dimensi sama persis dengan versi 5-Seater nya, khususnya panjang mobil secara keseluruhan (4.120 mm), panjang wheelbase (2.500 mm).

Tampilan samping KIA Sonet 7

Jujur, sulit menemukan perbedaan antara Sonet dengan Sonet 7 di foto ini

Tidak cuma secara profil, tongkrongan mobil juga terlihat sama persis. Hampir tidak ada perbedaan antara Sonet 7 dengan varian 5-Seater. Kesan tangguh khas SUV diperkuat body cladding dari material plastik hitam, penggunaan velg 16 inci dual tone dan hadirnya roofrail memperkuat kesan macho mobil.

Review KIA Sonet 7 2021: Tampilan Belakang

Desain bagian buritan KIA Sonet 7 2021 juga tidak berubah sama sekali, ini kabar baik karena kami sangat menyukai beberapa detailnya yang enak dipandang. Beberapa detail dari model 5-Seater dipertahankan, mulai dari aksen ‘kuku harimau’ di rear-combination lamp, yang juga sudah memakai teknologi LED.

Tampilan belakang KIA Sonet 7

Bagian belakangnya terlihat modern dengan penggunaan rear combination lamp berteknologi LED

Kamera parkir dengan dua buah sensor parkir juga sudah tersedia di SUV kompak dengan harga kurang dari Rp 300 jutaan ini. Desain bumper belakang, yang dibuat besar dengan aksen silver dan hitam, menegaskan kesan maskulin mobil.

>>> KIA Sonet 7-Seater Siap Hadapi Persaingan Sengit Rush-Terios


Interior Kia Sonet 2021

Untuk menambahkan satu baris kursi lagi ke dalam kabin yang sama sekali tidak membesar, KIA Sonet 7 mendapat perombakan interior yang signifikan, terutama di bagian kursi dan layout bagasi mobil. Untuk lebih jelasnya simak uraian ini.

Review KIA Sonet 7 2021: Layout Dashboard

Tampilan dasbor KIA Sonet 7

Layout dashboardnya sama sekali tidak berubah

Mungkin satu-satunya bagian yang tidak mendapat perombakan adalah bagian interior, di mana layout dasbornya masih sama persis, yang terlihat modern dengan semua tombol ditempatkan bagian tengah, dan mudah dijangkau oleh pengemudi ataupun penumpang depan. Tidak hanya itu, pemilihan material dasbor juga sangat diperhatikan dengan penggunaan material berkualitas tinggi yang sama sekali tidak terlihat ataupun terasa murah, ya setidaknya jika dibandingkan mobil di rentang harga Rp 200 jutaan.

Evaporator di KIA Sonet 7

Keberadaan sunroof digantikan evaporator yang bertugas mendinginkan kabin belakang

Sayangnya, pengaturan setir hanya tilt, dan belum tersedia telescopic. Selain itu, sunroof yang ada di model 5-seater juga digantikan oleh kisi-kisi AC untuk kursi belakang. Namun bukan double-blower, melainkan evaporator yang sama seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Review KIA Sonet 7 2021: Kursi

This is where the magic happens, KIA melakukan beberapa perubahan pada layout kursinya untuk memastikan KIA Sonet memiliki kapabilitas 7-seater tanpa perlu mengubah dimensi layoutnya atau kabinnya sama sekali.

Bangku baris ketiga KIA Sonet 7

KIA menyisipkan kursi baris ketiga untuk Sonet tanpa mengubah dimensi mobil

Untuk kursi baris pertama memang tidak ada perubahan selain material yang dibuat jadi perpaduan kulit-fabric, namun tidak demikian dengan baris kedua. Kursinya dibuat lebih rendah, dan juga bisa disliding dan diberi fitur one-touch tumble, yang memudahkan akses masuk-keluar penumpang baris ketiga. Bagaimana duduk di baris ketiganya? Secara mengejutkan penumpang dewasa bisa duduk di sana, tapi dengan catatan bangku depan harus dimajukan ke posisi paling depan dulu.

Posisi duduk di baris belakang KIA Sonet 7

Kira-kira begini rasanya saat duduk di bangku baris ketiga

Kursinya juga cukup tegak dengan legroom yang terbatas, tapi masih ada sedikit celah di bawah kursi baris kedua untuk menyelipkan kaki. Secara umum, kami bisa mengatakan kursi baris belakangnya masih bisa diduduki. Namun, sepertinya lebih pantas untuk anak-anak, atau orang dewasa dengan tinggi di bawah 165 cm, itupun tidak untuk perjalanan jauh.

Review KIA Sonet 7 2021: Bagasi & Kepraktisan

Berbicara soal kapasitas bagasi, Anda mutlak harus menurunkan kursi baris ketiga untuk memiliki bagasi dengan ukuran yang lebih besar dari varian 5-seater. Bagasi jadi lebih dalam karena ketiadaan ban serep yang sebelumnya bersemayam di bagian bawah bagasi, jadinya kemana itu ban?

Bagasi KIA Sonet 7

Kapasitas bagasi Sonet ketika kursi baris ketiga dilipat

Untuk mengakomodir kursi baris ketiga, KIA memindahkan ban cadangannya ke kolong mobil, yang bisa turunkan dengan memutar kunci yang ada di bagasi, cukup praktis lah.

>>> Fitur Unggulan KIA EV6 Menjadikannya Acuan Bagi Mobil Listrik Lain

Fitur Kia Sonet 2021

Review KIA Sonet 7 2021: In-Car Entertainment

KIA Sonet 7 masih sama menggunakan head unit ukuran 8 inci dengan Multiple Bluetooth Connection, Voice Recognition, USB & AUX, dan Android Auto dan Apple CarPlay nirkabel. Tapi khusus untuk varian Premiere, KIA memberikan head unit berukuran 10,25 inci dengan fitur serupa.

Head unit KIA Sonet 7

Mendapat pilihan head unit lebih besar, sayang tidak ada pilihan Sound System Bose seperti varian 5-seater

Sayangnya KIA Sonet 7 tidak dilengkapi sistem audio Bose yang ada di varian 5-seater. Tapi keluaran suara dari 4 mid speaker + 2 tweeter masih bisa menghasilkan suara yang baik. Untungnya, fitur Smart Charging yang ada di model standar masih ada di versi 7-seater.

Review KIA Sonet 7 2021: Ringkasan Fitur Berkendara & Keselamatan

Berbicara soal fitur pengemudian dan keselamatan, hampir tidak ada yang membedakan KIA Sonet 7 dengan varian sebelumnya yang lebih dulu rilis. Mulai dari varian Smart dan Smart 7 CVT, hadir dengan keyless entry yang juga berfungsi sebagai remote engine start, jadi mesin mobil dan AC bisa dihidupkan hanya dengan menekan tombol pada kunci pintar tersebut. Menggunakan rangka mobil dengan teknologi Advance High Strength Steel and Press Hot Stampling, rangka KIA Sonet diklaim kokoh dan lebih aman.

Ban cadangan KIA Sonet 7

Fitur esensial seperti ABS dan EBD sudah tersedia di seluruh varian

Selain itu fitur esensial seperti dual-airbag, Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist System (BAS), hadir sebagai standar di seluruh varian. Jika yang Anda pilih adalah trim Premiere yang paling tinggi, maka akan mendapat tambahan 4-airbag, dan Electronic Stability Control, dan Hill Assist Control. Untuk sabuk pengaman sudah memakai lima buah model 3-point, dan dua model 2-point untuk penumpang tengah baris tengah dan belakang.

Operasi Kia Sonet 2021

Untuk powertrain, KIA Sonet 7 2021 menggendong mesin yang sama seperti Sonet standar, yakni mesin berjenis Smartstream Gamma II, yang baru memulai debutnya di Asia Tenggara. Mesin inline-4 1.497 cc ini menghasilkan tenaga 115 PS (113,5 HP) di putaran mesin 6.300 rpm dan torsi 144 Nm yang dicapai di 4.500 rpm. Menariknya, mesin ini juga dilengkapi teknologi katup variabel ganda CVVT dengan dual-injector, yang diklaim lebih efisien karena proses pembakaran bisa diatur sesuai kebutuhan.

Mesin Smartstream Gamma II yang digunakan KIA Sonet 7

Mesin dual injector memberi keunggulan performa dan efisiensi

Tenaga dan torsi mesin disalurkan ke dua roda depan melalui girboks CVT dengan Intelligent Variable Transmission Technology. Teknologi ini memiliki rasio chain pulley yang lebih besar, sehingga akselerasinya lebih spontan di putaran rendah dan efisien pada putaran tinggi. Untuk menambah kenikmatan berkendara, mobil ini dilengkapi 6 Driving Mode, yaitu ECO, Sport, Normal, Sand, Mud, dan Snow. Sayangnya untuk model 7-Seater juga hadir dengan kapasitas tangki bahan bakar 35 liter, yang lebih kecil 10 liter dari standarnya.

Spesifikasi Kia Sonet 2021

Mesin KIA Sonet 7 2021

Seri mesin

Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT

Pasokan Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection with Dual Fuel Injector

Jumlah Katup

16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

113,5 HP (115 PS) @ 6.300 rpm

Torsi Maksimum

144 NM @ 4.500 rpm

Kapasitas Silinder

1,497 cc

Bore X Stroke

75.6 mm X 83.4 mm

Tipe Transmisi

CVT with Intelligent Variable Transmission Technology (FWD)

Rangka KIA Sonet 7 2021

Panjang X Lebar X Tinggi

4.120 mm X 1.790 mm X 1.615 mm

Jarak Sumbu Roda

2.500 mm

Radius Putar

5,3 Meter

Kapasitas Tangki

35 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki KIA Sonet 7 2021

Suspensi Depan & Belakang

Depan: MacPherson Strut

Belakang: Coupled Torsion Beam Axle

Sistem Kemudi

Rack And Pinion, Motor Driven Power Steering (MDPS)

Rem Depan & Belakang

Disc Brake & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, Brake Assist

Teknologi Safety Sasis

Advance High Strength Steel and Press Hot Stampling

Struktur Sasis

Monokok, SUV B-Segment

Pelek

Alloy, 16 inch

Jenis Ban

Radial, 215/60 R16 

Daftar Harga Kia Sonet 2021

PT Kreta Indo Artha selaku APM KIA di Indonesia sudah resmi merilis harga KIA Sonet 7 2021. Adapun model yang dijual di Indonesia terbagi menjadi lima varian berbeda, dengan Sonet Standard 7 MT jadi yang paling murah dengan banderol tidak sampai Rp 200 juta-an. Sementara untuk yang paling mahal, Sonet Premiere 7 dengan girboks iVT, harga OTR (On-The Road) Jakarta yang ditawarkan berada di kisaran Rp 296 juta. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak tabel harganya di bawah ini:

Harga KIA Sonet 7 2021
Type Transmisi OTR DKI Jakarta
KIA Sonet Premiere 7 i-VT RP 296.000.000 ,-
KIA Sonet Dynamic 7 i-VT Rp 272.000.000 ,-
KIA Sonet Smart 7 i-VT Rp 258.500.000 ,-
MT Rp 245.500.000 ,-
KIA Sonet Standard 7 MT Rp 199.500.000 ,-

Kesimpulan Kia Sonet 2021

Kami awalnya sedikit sangsi dengan prospek KIA Sonet memiliki kursi baris ketiga, mengingat dimensi mobil ini tidak lebih panjang dibandingkan hatchback kompak seperti Honda City Hatchback atau Toyota Yaris. Ya walau agak sedikit dipaksakan, kami cukup terkesan dengan bagaimana KIA menyematkan kursi baris ketiga ke dalam kabin KIA Sonet tanpa harus mengubah dimensi mobil.

KIA Sonet emblem

Awalnya kami sangsi, tapi KIA dapat memaksimalkan kabin untuk satu baris tambahan

Sayangnya ada beberapa hal yang ‘disunat’ di Sonet 7 dibandingkan Sonet normal, mulai dari sunroof, yang digantikan dengan double-blower dan sistem audio head Bose yang agak sedikit disayangkan bagi para ‘audiophile’. Apakah mobil ini layak untuk Anda? Jika Anda naksir dengan KIA Sonet dan butuh kapabilitas 7-seater, atau mungkin sebuah SUV kompak yang bisa memuat banyak penumpang, mobil ini jelas bisa dijadikan opsi menarik.

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di sini

Derry Munikartono Ahnas Putra
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

AUTO 9 MOBIL

DI Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DI Yogyakarta

back to top