Review Hyundai Ioniq 2020: Mobil Masa Depan Dengan 3 ‘Rasa'

23/05/2019
editor rate: 4,6 user rate: 4,5
Tentu kita semua tahu, bahwa kendaraan di masa depan diharapkan tak lagi menggunakan bahan bakar konvensional lagi, namun sudah merambah ke arah listrik. Ya, bukan saja, masalah irit bahan bakar namun juga memberi dampak yang positif bagi lingkungan. Sama halnya dengan Hyundai Ioniq yang berdiri sebagai mobil masa depan, mengusung tiga julukan. Apakah itu? Mari kita simak bersama dalam review Hyundai Ioniq 2020.

PENGANTAR Hyundai Ioniq 2020

Review Hyundai Ioniq 2020 - Produk Hyundai asal Korea Selatan, nyatanya juga ikut berkompetisi mencicipi ‘kue’ dari kategori mobil masa depan. Bukan saja, Toyota, Honda hingga BMW, Hyundai tampak begitu gencar beberapa belakangan ini menyuarakan teknologi dan mobil masa depan.

Sama halnya dengan produk Hyundai Ioniq yang pertama kali dirilis tahun 2016. Berani kami katakan, bahwa mobil ini spesial, berbeda dari yang lain karena menjadi mobil pertama yang menawarkan tiga pilihan mesin yakni Ioniq Hybrid, Ioniq Electric dan Ioniq Plug-In Hybrid. Berbekal karakter uniknya tersebut, Hyundai mengklaim Ioniq sudah terjual sebanyak 60.000 unit sejak tahun 2016 lalu.

Varian Hyundai Ioniq 2020 terbagi menjadi tiga meliputi Hybrid, Plug-in Hybrid dan Electric

Pilihan varian Hyundai Ioniq 2020 didasari oleh pilihan mesin berbeda

Apa perbedaan dari ketiganya? Jawabannya akan dibahas lebih dalam di segmen operasi mesin. Yang jelas, ketiga jenis mesin tersebut adalah sebuah hal paling revolusioner dalam dunia otomotif. Bisa jadi, masyarakat Tanah Air baru bisa merasakan ketiga jenis mesin tersebut pada mobil-mobil lain, bertahap dalam 10 hingga 20 tahun mendatang.

Hyundai Ioniq 2020 hadir dengan sisi karismatiknya sendiri

Inilah Hyundai Ioniq, bernama Ion dan Unique

Kembali membahas Hyundai Ioniq hadir dengan tampilan yang lebih Fresh dan hendak dirilis di tahun 2020 mendatang. Setidaknya hal ini dilakukan untuk membuktikan kepada khalayak internasional bahwa pabrikan mobil asal Korea Selatan, nyatanya berdiri unggul dalam kemajuan teknologi mobil masa depan. Itulah pesan yang tersirat di balik pembaruannya kali ini. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, mari kita simak review Hyundai Ioniq 2020.

EKSTERIOR Hyundai Ioniq 2020

Seperti artikel Cintamobil.com lainnya, sisi eksterior adalah sajian pembuka bagi kami. Seperti halnya pada desain eksterior Hyundai Ioniq 2020 yang memiliki aura eksotis dan menonjol akan tampilan futuristik.

Review Hyundai Ioniq 2020: Eksterior Depan

Dari sisi depan, sudah terpancar jelas tatanan khas ala mobil masa depan. Grille yang dikemas agresif pada versi sebelumnya, kini disulap menjadi lebih tebal dan Flat. Bahkan, logo Hyundai terlihat lebih jelas karena rancangan desain Grille tersebut.

Eksterior Depan Hyundai Ioniq 2020 terlihat sangat kental akan nuansa futuristik

Paling menarik adalah wajah depan dari Hyundai Ioniq Electric

Aura ketegasan juga sangat terasa kental, khususnya pada segi lampu. Dari sisi ini, bisa Anda amati bahwa garis Grille tersambung dengan kedua lampu utamanya. Tegas dan rupawan, apalagi dipadu lampu kabut, menunjang kualitas pencahayaannya.

Review Hyundai Ioniq 2020: Eksterior Samping

Jika mengamati mobil ini dari sisi samping, alur bodinya dirancang tegas serta elegan, memperhatikan unsur aerodinamis untuk mendongkrak lajunya.

Eksterior samping Hyundai Ioniq 2020 dipersenjatai dengan beberapa fitur menarik dan juga dikemas sangat modern

Sisi sampingnya juga dikemas dengan guratan halus serta elegan

Adapun hal paling menarik dan sedikit asing di mata kami terletak pada segi peleknya. Nuansa futuristik ala mobil masa depan, juga ditampilkan pada sisi ini. Desain peleknya pun dirancang berbeda-beda sesuai varian. Paling menarik, adalah varian Ioniq Electric dengan pelek berdesain bilah kipas berukuran 16 inci.

Pelek Hyundai Ioniq 2020 menerapkan desain bilah pisau khususnya pada varian Electric

Inilah pelek menarik yang kami maksudkan

Review Hyundai Ioniq 2020: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya sendiri dikemas dengan lampu LED Taillights, tajam dan terlihat anggun khususnya di malam hari. Racikan desain semacam ini, mengingatkan kami pada Honda Civic, namun Ioniq dikemas lebih minimalis. Menariknya lagi, kedua lampu tersebut disatukan dengan fitur Rear Spoiler berbalut warna hitam. Tegas, elegan dan juga mencerminkan tatanan mobil di masa depan.

Eksterior Belakang Hyundai Ioniq 2020 dilengkapi dengan fitur Spoiler minimalis

Bodi belakangnya terlihat sangat berkelas, lekat akan pesona masa depan

>>> Informasi menarik:

INTERIOR Hyundai Ioniq 2020

Jika mengamati sisi luarnya, sudah cukup menarik buat kami untuk menyebutnya mobil masa depan. Lalu bagaimana dengan interior Hyundai Ioniq 2020? Apakah memiliki tampilan yang serupa?

Review Hyundai Ioniq 2020: Dashboard dan Setir

Melihat atmosfer kabinnya, rancangan interior sejatinya tidak begitu lekat akan nuansa futuristik. Malahan, kami melihatnya seperti mobil-mobil Premium keluaran saat ini. Adapun fitur-fiturnya dirancang sangat lengkap, hal ini bisa diamati dari hadirnya berbagai macam tombol di setiap lininya baik dashboard, Console tengah, setir hingga pintu.

Dashboard Hyundai Ioniq 2020 dikemas dengan tampilan mirip mobil-mobil Premium saat ini

Tampilan dashboard ditunjang dengan fitur lengkap, namun sekilas terkesan sedikit rumit

Namun jujur saja, bagi kami, hal ini terlihat cukup rumit, cenderung lebih menyukai kabin penuh fitur namun dikemas minimalis. Di sisi lain, dashboard Hyundai Ioniq 2020 juga dirancang dengan dominasi warna hitam saja, kurang atraktif, tak begitu sejalan dengan tema utamanya sebagai mobil masa depan.

Setir Hyundai Ioniq 2020 dikemas dengan bentuk tiga palang dan menyiku pada sisi bawahnya

Setir dikemas dengan desain ergonomis dan cukup stylish

Review Hyundai Ioniq 2020: Kursi

Beralih ke sisi kursi, Anda akan disuguhkan warna hitam sebagai pilihan standar. Bagi Anda yang ingin suasana futuristik, serba masa depan, tersedia pilihan warna Electric Shadow khusus untuk varian Ioniq Electric saja. Lucunya lagi, fitur ini tergolong opsional yang mana Anda harus merogoh kocek lebih untuk mengaplikasikannya.

>>> Artikel menarik lainnya:

FITUR Hyundai Ioniq 2020

Berlimpah fitur namun kurang pintar dalam pengemasan, itulah yang kami rasakan pada mobil ini. Namun jika berbicara masalah fungsi, fitur Hyundai Ioniq 2020 tergolong super lengkap, bahkan teknologi berbau masa depan juga bisa dirasakan pada mobil ini.

Review Hyundai Ioniq 2020: Fitur Keselamatan

Untuk masalah keselamatan, Hyundai menawarkan paket teknologi lengkap yang dinamai Hyundai SmartSense Technology Package. Fungsinya terbilang cukup bermanfaat, memberi Anda jaminan keselamatan lebih ketika berkendara.

Paket lengkap tersebut terdiri dari notifikasi ketika mobil hendak menabrak objek dari sisi depan (Front Collision Warning), mendeteksi adanya pejalan kaki (Avoidance Assist dengan Pedestrian Detection), menjaga lajur kendaran supaya tetap berada di marka (Lane Keeping Assist) dan High Beam Assist. Fitur tersebut sudah menjadi fitur standar yang sudah ada di tiap-tiap variannya.

Sedangkan jika berbicara fitur opsional, Hyundai menawarkan teknologi Lane Following Assist serta Intelligent Speed Limit Warning. Keduanya terbilang canggih, membuat Anda dapat berjalan di jalur marka meski kondisi jalanan sedang macet serta mampu membaca rambu-rambu lalu lintas. Namun, jika dilihat dengan kondisi infrastruktur Eropa yang berbeda dengan Indonesia, rasanya fitur jenis ini membutuhkan proses untuk akhirnya diterapkan di Tanah Air.

Fitur Hyundai Ioniq 2020 terbilang sangat praktis dan sudah dipersenjatai dengan fungsi keselamatan lengkap

Tak lupa, Blue Link dapat memantau kondisi kendaraan hanya dari Handphone Anda

Review Hyundai Ioniq 2020: Fitur Hiburan

Dari segi hiburan, mobil ini sudah menghadirkan layar Infotainment berukuran 10,25 inci AVN yang siap menyajikan hiburan selama perjalanan. Tepat di bawah panel tersebut juga tersedia fitur penyejuk AC yang sifatnya otomatis, memberi kesan praktis dalam mengatur kesejukan kabin. Tak lupa, tersedia juga Mood Lighting yang akhir-akhir menjadi tren di kalangan mobil-mobil mewah. Fungsinya terbilang menarik yakni mengubah suasana kabin dengan permainan warna-warna lampu yang bisa Anda atur sesuai keinginan.

Hyundai Ioniq 2020 Illumination Light bisa diatur sedemikian rupa sesuai keinginan

Mood Lightning juga diterapkan sebagai penunjang Mood Anda

>>> Klik di sini jika Anda ingin tahu ulasan lengkap dari mobil Hyundai lainnya

OPERASI Hyundai Ioniq 2020

Hal paling spesial dari mobil ini terletak pada jantung pacunya. Operasi mesin Hyundai Ioniq 2020 terbagi menjadi tiga pilihan meliputi Electric, Hybrid dan Plug-in Hybrid. Tentu hal pertama yang kami bahas adalah versi elektriknya, murni tanpa bahan bakar. Ioniq Electric kini diperkuat dengan baterai 38,3 kWh yang mana sebelumnya masih 28 kWh. Hal ini berdampak signifikan pada daya jelajah yang bisa ditempuh hingga baterai habis.

Hyundai Ioniq 2020 Electric mendapat ubahan menarik dari segi daya

Khusus pada varian Electric, kini mendapat penambahan daya baterai

Tercatat Ioniq Electric mampu menempuh hingga 294 Km. Daya motor listriknya juga mampu mencapai 136 PS dengan torsi puncak setara 295 Nm. Namun perlu menjadi catatan, meski tanpa menggunakan bahan bakar konvensional, mobil ini sangat bergantung pada stasiun pengisian listrik. Gampangnya, seperti POM bensin, namun yang diisi adalah listrik. Mengaca di Indonesia, infrastruktur ini belum hadir untuk saat ini sehingga mobil listrik masih masuk dalam tahap wacana.

Mesin Hyundai Ioniq 2020 khusus varian Electric dan Plug-In Hybrid, membutuhkan stasiun pengisian listrik

Dibutuhkan setidaknya, stasiun pengisian listrik untuk varian Plug-In Hybrid dan Electric

Jika Electric menggunakan 100 persen listrik, beda halnya dengan Hyundai Ioniq Hybrid. Model satu ini menggabungkan dua mesin yakni mesin utama berbahan bakar bensin serta motor listrik. Dalam hal ini, Hybrid mengisi daya listrik dengan cara Regenerative Braking atau di saat melakukan pengereman. Sedangkan Ioniq Plug-In Hybrid, mengisi daya listrik dari stasiun pengisian listrik. Namun tetap saja, baik Ioniq Hybrid dan Plug-in Hybrid, masih bergantung pada mesin konvensional.

>>> Ingin mobil-mobil Hatchback semacam ini? Coba simak model-model Hatchback berikut ini

spesifikasi Hyundai Ioniq 2020

Untuk informasi lebih lengkapnya seputar hal teknis, Anda bisa melihat spesifikasi Hyundai Ioniq 2020 di bawah ini.

SPESIFIKASI HYUNDAI IONIQ 2020

Model

Hybrid

Plug-In Hybrid

Electric

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.470 mm x 1.820 mm x 1.450 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

Ground Clearance

140 mm

MESIN UTAMA

Tipe Mesin

1.6 Liter ATKINSON KAPPA GDI

-

Kapasitas Silinder

1.580 cc

-

Daya Maksimum

105 PS / 5.700 Rpm

-

Torsi Maksimum

147 Nm / 4.000 Rpm

-

MOTOR LISTRIK

Tipe Motor Listrik

Permanent Magnet Synchronous Motor

Daya Maksimum

32 kW / 43,5 PS

44,5 kW / 60,5 PS

136 PS

Torsi Maksimum

170 Nm

295 Nm

Daya Jelajah

-

-

294 Km

Transmisi

6 Percepatan Dual Clutch Transmission

Single Speed Reduction Gear

kelebihan & kekurangan Hyundai Ioniq 2020

Meski mobil ini terbilang mutakhir dari beberapa aspek, namun masih saja, semua hal tak terlepas dari kekurangan. Nah, khusus di segmen ini, Cintamobil.com hendak melampirkan tentang kelebihan dan kekurangan Hyundai Ioniq 2020.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Hal spesial terletak pada penawaran tiga jenis mesin masa depan, Hybrid, Plug-In Hybrid dan Electric

Sayangnya, mobil jenis ini masih belum siap masuk ke Indonesia dengan kondisi infrastruktur saat ini

Fitur keselamatan sangat lengkap

Belum ada kabar pasti akan kehadirannya di Indonesia

Desain cukup mengesankan, berbeda dan mencirikan mobil masa depan

-

daftar harga Hyundai Ioniq 2020

Hingga artikel ini ditulis, Cintamobil.com belum mendapatkan informasi lebih lanjut terkait daftar harga Hyundai Ioniq 2020. Namun jika mengacu pada versi sebelumnya, Hyundai Ioniq dijual di kisaran harga $26.270 hingga $34.395, setara Rp. 377 jutaan sampai Rp. 500 jutaan.

>>> Klik sini untuk melihat daftar semua mobil Hyundai dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia

Video Hyundai Ioniq 2020

KESIMPULAN Hyundai Ioniq 2020

Hyundai Ioniq kini hadir dengan tampilan lebih baru, terlihat lebih futuristik daripada sebelumnya. Keunikan dari mobil ini juga masih dipertahankan dengan menawarkan tiga pilihan mesin superior yakni Hybrid, Plug-in Hybrid dan Electric. Tentu kita semua paham bahwa di Indonesia, arah dunia otomotif masih baru memasuki pintu gerbang Hybrid dan masih jauh untuk beranjak ke Plug-in Hybrid dan bahkan Electric. Namun, dari pergerakan Hyundai saat ini, khususnya pada Ioniq, memperlihatkan bahwa masa depan otomotif untuk menggunakan tenaga listrik, bukanlah isapan jempol belaka. Cantiknya lagi, Hyundai berdiri sebagai perintis utama dalam ‘kue masa depan’ ini.

>>> Jangan lupa untuk menyimak ulasan lengkap dan kritis tentang mobil-mobil pilihan Anda di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil