Review Honda Jazz VTEC 2005: Power Up Your Life!

02/08/2020

Share this post:

Honda Jazz 2005

Editor rate:

Rp. 100.000.000

Jual beli mobil Honda Jazz bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di seluruh Indonesia Lihat promo

Honda Jazz VTEC merupakan jawaban PT Honda Prospect Motor akan pilihan pasar yang lebih luas, mengusung tagline power up your life, seberapa menarik mobil ini?

Review Honda Jazz VTEC 2005: Power Up Your Life!
Review Honda Jazz VTEC 2005: Power Up Your Life!
0 Gambar

Pengantar Honda Jazz 2005

Mari kita simak spesifikasi Honda Jazz 2005 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin VTEC bertenaga dan irit BBM

Tampilan lebih sporty dengan body kit

Fitur ultraseat mengagumkan

Resale value kuat

Kekurangan

Bantingan suspensi cenderung keras

Bila perawatan tidak benar EPS dan CVT rawan bermasalah

Suara ban masuk ke kabin

Power window di jendela pengemudi sering seret

Gambar Honda Jazz i-DSI CKD 2004

Penjualan Jazz sukses besar saat itu

Kehadiran Honda Jazz di Indonesia memang seakan mengubah persepsi masyarakat akan sebuah image mobil untuk anak muda. Jazz bermesin i-DSI laris bak kacang goreng dan langsung mendapat tempat di hati kawula muda saat itu. Mahasiswi dan ibu-ibu muda menyukai mobil ini. Hal ini membuat Hyundai Getz dan Suzuki Aerio di kelas yang sama dan hadir lebih dulu seolah tak berdaya menahan laju Jazz.

Gambar emblem Honda Jazz VTEC

Jazz VTEC hadir di Indonesia tahun 2005

Namun, tak ada gading yang tak retak. Lemahnya akselerasi Jazz i-DSI membuatnya banyak menuai kritik. Tak heran, akselerasi 0-100 km/jam saja perlu lebih dari 14 detik dan itu terjadi pada transmisi manual! Padahal Jazz punya dimensi kompak dan kapasitas mesin yang tergolong besar yakni 1.500 cc. Alhasil PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia harus memutar otak.

Gambar tampilan samping Honda Jazz VTEC 2005

Jazz VTEC jadi jawaban PT HPM atas permintaan konsumen akan Jazz yang lebih bertenaga

Akhirnya Honda Jazz VTEC hadir di pasar mobil Tanah Air di tahun 2005, tepat dua tahun sejak Jazz i-DSI meluncur. Honda Jazz bermesin VTEC ini merupakan jawaban PT HPM agar dapat menembus pasar yang lebih luas, sekaligus menjawab keluhan “lambatnya” Honda Jazz. Seberapa menarik mobil ini? Mari simak review Honda Jazz VTEC 2005 ini hingga tuntas.

Eksterior Honda Jazz 2005

Review Honda Jazz VTEC 2005: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Honda Jazz VTEC 2005

Aerokit membuat kesan sporty Jazz kian mencuat

Tampilan eksterior depan Honda Jazz VTEC 2005 ini relatif sama dengan Jazz bermesin i-DSI. Hanya saja keberadaan aerokit di bagian depan menjadi pembeda utama dengan Jazz yang mesinnya berbusi 8 buah itu. Desain bumper depan juga sama persis dengan versi i-DSI, hanya saja keberadaan dua buah foglamp menjadi pembeda varian VTEC ini dibanding i-DSI.

Review Honda Jazz VTEC 2005: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Honda Jazz VTEC 2005

Velg 15 inci jadi pembeda utama bagian samping

Pada bagian samping, perbedaan antara Jazz VTEC dengan i-DSI kian kontras dengan penerapan side skirt plus velg 15 inci berkelir hitam dengan spoke (palang) yang rapat. Meski belum dilengkapi dengan ABS apalagi EBD, tapi rem cakram di roda belakang telah disematkan, hal ini seakan menjadi penanda jika performa dari Honda Jazz VTEC 2005 ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Review Honda Jazz VTEC 2005: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Honda Jazz VTEC 2005

Sensor parkir seperti ini merupakan tambahan pemilik atau bonus dari dealer

Lanjut ke bagian buritan Honda Jazz VTEC 2005 ini, sepintas masih sama saja dengan Jazz i-DSI, baik bentuk stoplamp yang semua bohlamnya masih halogen, hingga pemanas kaca belakang. Selain aerokit di bawah bumper, ternyata ada lagi hal yang membedakan varian VTEC dengan i-DSI, yakni penggunaan antenna model short pole pada atap bagian belakangnya. Kalau varian i-DSI posisi antena radionya berada di depan bagian tengah.

>>> Apa yang perlu lakukan jika Power Window Honda Jazz Macet? Inilah cara mengatasinya


Interior Honda Jazz 2005

Review Honda Jazz VTEC 2005: Layout Dashboard

Gambar Layout dashboard Honda Jazz VTEC 2005

Dashboard memang terkesan biasa, namun saat itu bentuk seperti ini sangat modern

Masuk ke bagian kabinnya, Anda tidak akan menemui beda apapun, layout dashboardnya masih sama dengan varian i-DSI. Tetap praktis karena banyaknya tempat penyimpanan baik terbuka maupun tertutup, latar speedometer berwarna putih yang sporty. Pengaturan AC juga lengkap arah semburan anginnya, bahkan sudah dilengkapi dengan heater yang mana pada mobil kekinian fitur ini sering disunat.

Review Honda Jazz VTEC 2005: Setir

Gambar setir Honda Jazz VTEC 2005

Untuk versi CVT sudah ada fitur steermatic

Lingkar kemudi Honda Jazz VTEC 2005 ini bermotif kulit jeruk sehingga tidak licin ketika digenggam. Meski tak tersedia tombol pengatur audio di setir namun posisi setir ini sudah bisa naik turun kendati tidak bisa telescopic (maju-mundur). Khusus untuk varian bertransmisi CVT telah tersedia tombol ‘pemindah gigi’ bernama steermatic di kemudi Jazz ini. Fitur ini merupakan satu-satunya di kelasnya saat itu.

Review Honda Jazz VTEC 2005: Bagasi

Gambar bagasi Honda Jazz VTEC 2005

Lantai bagasi rata, bahkan saat kursi belakang dilipat

Honda Jazz dengan kode bodi GD3 ini punya kapasitas bagasi yang luas. Meski di brosur tidak disebutkan berapa total liter yang pasti, namun Anda bisa lihat sendiri pada foto di atas, cukup luasnya bagasi Jazz VTEC 2005 ini. Apalagi ketika kursi belakang terlipat, permukaan lantai bagasinya bisa rata, sehingga akan memudahkan Anda memasukkan barang dengan dimensi yang besar.

Fitur Honda Jazz 2005

Review Honda Jazz VTEC 2005: In-Car Entertaiment System

Gambar head unit Honda Jazz VTEC 2005

Jazz VTEC sempat ada tipe 'ROCKS' dengan tatanan audio yang lebih baik

Honda Jazz VTEC 2005 ini memiliki tatanan audio yang sama persis dengan versi i-DSI. Yakni head unit berukuran dual DIN lansiran JVC yang mampu memutar kaset, CD maupun MP3. Namun, dulu Jazz juga punya trim ’Rocks’, yaitu edisi spesial Honda Jazz VTEC yang diproduksi dalam jumlah terbatas. Jazz ’Rocks’ hadir lebih spesial dengan tambahan USB Port untuk memutar lagu dalam format MP3 maupun WMA. Selain itu, Jazz ’Rocks’ juga memiliki tambahan top panel speaker yang sporty dan dapat mengeluarkan suara lebih maksimal yang ditempatkan di pilar depan mobil dengan kapasitas suara 24 bit lebih jernih dibandingkan dengan audio tape lainnya.

Review Honda Jazz VTEC 2005: Ultra Seat

Gambar fitur ultra seat Honda Jazz VTEC 2005

Ultra seat jadi fitur andalan Jazz

Bisa dibilang, fitur ultra seat adalah salah satu fitur unggulan di kabin mobil kompak buatan Honda ini. Dengan fitur ultra seat ini, pemilik mobil dapat dengan leluasa mengatur kursi sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, fitur ultra seat ini sudah menjadi nilai jual Honda Jazz saat pertama kali mengaspal di tanah air pada akhir tahun 2003. Setidaknya ada empat mode yang disajikan oleh fitur ultra seat pada mobil ini. Yaitu Refresh Mode, Tall Mode, Long Mode, dan Utility Mode. Tak ada pesaing di kelasnya yang sepraktis Honda Jazz.

Operasi Honda Jazz 2005

Gambar mesin L15 VTEC Honda Jazz VTEC 2005

Teknologi VTEC yang memanfaatkan 16 katup membuat powernya lebih besar 23 HP dari i-DSI

Honda Jazz VTEC 2005 menggunakan mesin L15A yang berbeda dengan i-DSI. Perbedaannya adalah dengan penerapan teknologi katup variabel VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control). VTEC adalah sebuah teknologi pengaturan bukaan katup dengan mengandalkan dua buah profil pada noken as alias camshaft. Fungsi utamanya adalah mengail torsi yang besar di putaran mesin rendah, namun tidak serta merta menghilangkan tenaga yang besar pada putaran tinggi. Bahasa mudahnya adalah, tujuan utama dari VTEC ini adalah mesin dari putaran bawah hingga atas terus terasa bertenaga.

Gambar ilustrasi cara kerja VTEC

Noken as alias camshaft punya dua profil berbeda

Masing-masing profil kem tadi bertugas pada rpm yang berbeda. Profil pertama yaitu low lift, ditugaskan untuk mengawal rpm rendah (dari mulai idle hingga 5.000 rpm). Sedangkan untuk profil kedua (high lift), bertugas pada putaran mesin di atas 5.000 rpm. Cara kerjanya juga sangat mudah dipahami, saat putaran mesin rendah, klep in masih terhubung dengan kem berprofil low lift lewat pelatuk (rocker arm) klep utama. Namun begitu putaran masuk di 5.000 rpm ke atas, ada semacam tonjolan yang didorong oleh sebuah solenoid untuk menghubungkan pelatuk klep kedua. Pelatuk klep kedua ini terkoneksi dengan profil kem high lift. Sehingga bukaan katup akan berubah sesuai profil kem high lift tersebut.

 

Gambar Honda Jazz VTEC warna merah sedang melaju kencang

Akselerasi Jazz VTEC jauh lebih baik dari Jazz i-DSI

Namun ketika putaran mesin turun lagi dari 5.000 rpm, tonjolan itu akan terlepas, dan katup akan terkoneksi kembali dengan kem berprofil low lift. Maka tak heran varian bermesin VTEC bertenaga lebih besar hingga 23 Hp dibanding varian i-DSI. Mesin 16 katup ini mampu mereproduksi tenaga 110 PS atau sekitar 108,5 HP pada putaran mesin 5.800 rpm dan torsi 143 Nm di 4.800 rpm. Tenaga dan torsi tersebut seluruhnya disalurkan ke roda depan melalui pilihan transmisi otomatis CVT dengan simulasi 7-percepatan dan manual 5-percepatan.

Spesifikasi Honda Jazz 2005

Berikut ini adalah spesifikasi Honda Jazz VTEC 2005.

Mesin Honda Jazz VTEC 2005

Seri mesin

 L15A, 4-Silinder, SOHC, VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control)

Pasokan Bahan Bakar

 Programmable Fuel Injection (PGM-FI)

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

 108,5 Hp (110 Ps) @ 5.800 rpm

Torsi Maksimum

 143 Nm @ 4.800 rpm

Kapasitas Silinder

 1,496 cc

Bore X Stroke

 73.0 mm X 89.4 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis CVT Simulasi 7-percepatan & Manual 5-percepatan (FWD)

Rangka Honda Jazz VTEC 2005

Panjang X Lebar X Tinggi

 3,830 mm X 1,693 mm X 1,525 mm

Jarak Sumbu Roda

 2,450 mm

Radius Putar

 4,7 Meter

Kapasitas Tangki

 42 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Honda Jazz VTEC 2005

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut with coil spring & stabilizer

 Belakang: H-shape Torsion Beam

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 N/A

Teknologi Safety Sasis

 Honda G-Force Control Technology (G-CON), Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, Mini MPV (Hatchback) B-Segment

Pelek

 Alloy, 15 inch

Jenis Ban

 Radial, 185/55 R15

Daftar Harga Honda Jazz 2005

Gambar girl band RATU jadi brand ambassador Honda Jazz

Harga bekas Jazz sangat bertahan bahkan hingga kini

Saat ini Honda Jazz VTEC 2005 ditawarkan dalam kondisi bekas dengan harga mulai Rp 75 juta hingga Rp 90 juta tergantung kondisi aktual kendaraan. Namun, dengan kondisi yang istimewa seperti di foto kami ini, harganya bisa tembus di atas Rp 100 juta. Luar biasa untuk mobil bekas yang usianya sudah di atas 10 tahun.

Kesimpulan Honda Jazz 2005

Gambar kesimpulan review Honda Jazz VTEC 2005

Jazz VTEC ini benar-benar merepresentasikan tagline 'Power Up Your Life'

Jika Anda mencari mobil untuk mobilitas sehari-hari, punya handling baik, praktis, dan cukup hemat BBM, maka Honda Jazz VTEC 2005 ini adalah mobil yang pas untuk Anda. Apalagi ia sudah didukung nama besar Honda yang menjamin ketersediaan spare part dan authorized service. Mesin bertenaga 110 PS nya mampu membuat Anda merasakan sensasi “power up your life!” laksana tagline yang digunakannya, sebab ia mampu berakselerasi di angka 11 detikan saja untuk transmisi CVT dan kisaran 10 detik untuk transmisi manual.

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

15/04/2019

Editor rate:

Inilah Honda Jazz yang menjadi andalan tim Honda Racing Indonesia. Tim balap Honda yang dimotori oleh pebalap kawakan Alvin Bahar ini siap meramaikan dan mendominasi kejuaraan balap turing di Indonesia. Inilah review kami mengenai mobil Honda Jazz yang dipakai oleh ia di tahun 2019 ini.

Lihat juga

Review Honda Jazz 2014

28/12/2018

Editor rate:

Lahir sejak tahun 2004 kini Honda Jazz menjelma menjadi sebuah hatchback alias mini MPV yang paling diperhitungkan oleh rival-rivalnya, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Berikut ini review Honda Jazz 2014 oleh kami Cintamobil.com

Lihat juga

Review Honda Jazz RS CVT 2017

19/04/2019

Editor rate:

Inilah mobil yang membuka kelas baru pasar mobil anak muda di Indonesia, meski kini kehadirannya sudah bergeser ke konsumen yang lebih mapan namun tetap saja kiprah Honda Jazz di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Mobil ini sempat mengalami ubahan minor di tahun 2017, so inilah ulasan kami mengenai Honda Jazz tipe RS 2017

Lihat juga

Review Honda Jazz 2020: Ganti Generasi, Semakin Ramah Lingkungan

29/10/2019

Editor rate:

Honda Jazz terus mengembangkan teknologi mesin mobil yang efisien dan ramah lingkungan, tanpa mengurangi kepraktisan dan keasyikan berkendara khas Honda. Apakah bergantinya generasi hatchback legendaris ini akan mempertahankan rumus tersebut?

Lihat juga

Review Honda Jazz 2013

17/01/2018

Editor rate:

Tahun 2013 lalu, Honda Jazz kembali dirilis ke pasaran. Hatchback yang sudah eksis sejak tahun 2004 ini memang langsung menjadi jagoan Honda untuk urusan penjualan. Dari tahun ke tahun, permintaan konsumen akan mobil ini terus melonjak. Bagaimana spesifikasi lebih lanjut dari mobil ini? Well, cintamobil.com akan memberikan review Honda Jazz 2013 terlengkap untuk Anda. Selamat membaca!

Lihat juga
back to top