Review Honda Civic RS 2021: Tampil Lebih Berkelas

03/11/2021

Share this post:

Honda Civic 2021

Editor rate:

Rp 567.000.000

Lihat promo

PT Honda Prospect Motor telah meluncurkan Honda Civic RS 2021. Dengan bahasa desain sophisticated sporty, Medium Sedan ini sekarang tampil lebih berkelas.

Review Honda Civic RS 2021: Tampil Lebih Berkelas
Review Honda Civic RS 2021: Tampil Lebih Berkelas
0 Gambar

Pengantar Honda Civic 2021

Mari kita simak spesifikasi Honda Civic 2021 di bawah ini.

Kelebihan
  • Mempertahankan performa yang terbaik di kelasnya
  • Tampilan lebih mudah diterima ketimbang generasi sebelumnya yang tergolong sangat anak muda
  • Dibekali dengan deretan fitur canggih nan menarik
  • Sudah disematkan Honda Sensing®
Kekurangan
  • Harga yang sangat tinggi karena masih diimpor dari Thailand
  • Belum ada varian hybrid seperti rival utamanya
  • Ground clearance rendah akan jadi problem saat melintasi jalan rusak maupun proses naik dan turun di kapal feri
  • Tidak ada varian bertransmisi manual, padahal kombinasi mesin turbo + transmisi manual membuatnya lebih fun

Honda Civic pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 1975. Dari masa ke masa, Civic terus mengalami evolusi seiring dengan perkembangan zaman dan keinginan pasar.

Di tahun 2021, PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan generasi kesebelas dari Civic yang mengusung bahasa desain yang lebih berkelas. Para desainer dan insinyur Honda berharap bahwa perubahan konsep Civic yang tadinya bernafas sporty akan membuat Medium Sedan ini lebih 'approachable' untuk segmentasi yang lebih luas.

Gambar Launching Honda Civic RS 2021

PT Honda Prospect Motor meluncurkan Honda Civic RS 2021 secara virtual pada 28 Oktober 2021

Apakah langkah tersebut menjadi sesuatu yang positif di mata para penggemar Civic? Atau justru konsumen memang menggemari Civic karena tampilannya yang sangat sporty? Mari kita nilai bersama-sama dalam review Honda Civic RS 2021 ini.

Mobil Baru Populer

Rp 512.8 - Rp 520 Juta
Rp 352.6 - Rp 370 Juta
Rp 1.07 - Rp 1.2 Milyar
Rp 489 - Rp 577 Juta

Eksterior Honda Civic 2021

Review Honda Civic RS 2021: Eksterior Depan

Dengan full model change, wajar jika tampilan eksterior Civic yang telah Anda kenal beberapa tahun ke belakang diubah total. Mulai dari bagian fascia depan, main grille besar ala Civic generasi kesepuluh kini berganti dengan grille yang lebih kompak. Desain honeycomb pada grille pun kini berganti menjadi block.

Lampu depan mengusung desain hexagonal dengan dimensi yang lebih pipih dengan Daytime Running Light di atas lampu utama yang menyerupai alis.

Gambar Fascia Depan Honda Civic RS

Fascia depan Honda Civic RS 2021

Desain bumper depan pun ikut berubah total. Tak ada lagi lekukan-lekukan agresif serta air dam dengan desain honeycomb di bagian tengah bumper. Kini, air dam tersebut mengusung desain garis horitzontal dengan aksen hexagon di bagian dalamnya. Rumah fog lamp juga jauh lebih simpel dibanding pendahulunya.

Secara keseluruhan, fasad Honda Civic RS 2021 tampak lebih berkelas. Sesuai dengan bahasa desain sophisticated sporty yang dibawa oleh Honda. Sangat berbanding terbalik dengan Civic RS generasi kesepuluh yang jelas lebih 'playful' dan bernuansa mobil balap.

Review Honda Civic RS 2021: Eksterior Samping

Tema berkelas juga terlihat pada bagian samping mobil. Lekukan-lekukan sporty kini berganti dengan garis yang lebih streamline dan elegan. Tak ada lagi aksen-aksen sirip pada side skirt seperti pendahulunya.

Gambar Tampak Samping Civic RS 2021

Tampak samping Honda Civic RS 2021

Untungnya, Honda masih tetap mempertahankan nuansa sporty pada velg Honda Civic RS 2021 dengan desain 5-double spoke. Velg tersebut dilabur dengan warna matte black yang jujur saja, kami justru kurang suka. Pemilihan warna ini terlihat aneh mengingat aksen hitam pada bagian bodi mobil menggunakan cat glossy.

Review Honda Civic RS 2021: Eksterior Belakang

Jika Anda ingat Civic generasi sebelumnya dengan bumper belakang yang ramai dihiasi dengan diffuser dan grille 'palsu', Honda Civic RS 2021 mengusung desain bumper yang lebih bersih.

Gambar Buritan Civic RS 2021

Tampilan buritan Honda Civic RS 202

Lampu kombinasi yang sebelumnya mengusung grafis huruf 'C' terbalik kini digantikan dengan grafis 'L' terbalik dengan desain yang lebih pipih. Yang kami suka, di atas bagasi Honda memberikan tambahan spoiler ducktail yang setidaknya membuat buritan sedikit lebih sporty.

>>> Baca Juga:


Interior Honda Civic 2021

Review Honda Civic RS 2021: Dashboard dan Cockpit

Honda Civic RS 2021 hadir menghadirkan desain interior yang simpel, dengan garis yang lebih bersih dan dashboard yang menampilkan elemen desain honeycomb yang menyembunyikan ventilasi AC dengan cerdik.

Konsol tengah yang besar dan terlalu ramai pada generasi sebelumnya kini jauh lebih purposeful. Semua yang ditampilkan bersifat fungsional bagi pengemudi maupun penumpang di samping.

Gambar Dashboard dan Cockpit Civic RS 2021

Tampilan dashboard dan cockpit Honda Civic RS 2021

Di bagian tengah dashboard ada layar floating touchscreen yang menampilkan berbagai menu infotainment mobil berukuran 9 inci. Penempatannya yang kini di atas dashboard membuat pengemudi lebih mudah untuk melihat informasi yang diperlukan.

Sedangkan untuk kluster instrumen kini sudah full digital dengan TFT Screen 10,2 inci, berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih semi-analog. Sebagian besar aktivitas pada mobil akan ditampilkan pada layar tersebut, seperti Honda Sensing, Navigasi, aktivitas lampu indikasi, dan masih banyak lagi.

Gambar Kluster Instrumen Civic RS 2021

Kluster instrumen menggunakan layar TFT 10,2 inci

Bagian roda kemudi atau setir juga kini mengusung desain yang baru. Kami suka dengan desain hexagon pada bagian tengah setir ini, termasuk tombol multifungsinya. Bagi kami, desain setir ini terkesan seperti mobil premium.

Review Honda Civic RS 2021: Kursi

Seperti pendahulunya, kursi depan tetap mendapatkan fitur pengaturan jok elektris. Sisi pengemudi memiliki 8 pengaturan arah sedangkan sisi penumpang 4 pengaturan arah.

Semua kursi dilengkapi adjustable headrest dan tentunya menggunakan sabuk pengaman tiga titik. Tak ketinggalan, kursi belakang dibekali dengan handrest untuk menunjang kenyamanan penumpang.

Gambar Kursi Civic RS 2021

Kursi mobil dilapis dengan kombinasi bahan kulit dan faux-suede yang membuat nuansa interior semakin sporty

Secara desain, kursi ini tampil sporty seperti layaknya sebuah Civic. Apalagi dengan balutan kombinasi material kulit dan faux-suede yang menggugah.

Fitur Honda Civic 2021

Review Honda Civic RS 2021: Honda Sensing

Mulai dari generasi kesebelas dan seterusnya, Honda Civic akan dibekali dengan fitur keselamatan aktif, Honda Sensing. Tak main-main, fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) itu juga termasuk yang paling lengkap.

Di dalamnya terdapat fungsi Collision Mitigation Brake System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Auto High Beam, dan Lead Car Departure Notification System.

Gambar Honda Sensing

Mulai dari generasi kesebelas, Civic akan dibekali fitur Honda Sensing

Sebagai satu kesatuan, fitur tersebut akan mendukung keselamatan berkendara yang optimal. Pengemudi pun bisa lebih fokus dalam mengemudi karena detail-detail kecil seperti menjaga mobil di lajur atau mengetahui mobil di depan sudah melaju sudah dibantu oleh sistem pintar nan canggih itu.

Review Honda Civic RS 2021: Fitur Keselamatan Lain

Tak hanya Honda Sensing, Honda Civic RS 2021 juga dibekali dengan fitur-fitur keselamatan lain, seperti Honda LaneWatch, 6 SRS Airbags, sistem pengereman dengan ABS, EBD + BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Auto Brake Hold, Emergency Stop Signal, Driver Attention Monitor, dan Seatbelt Reminder untuk semua tempat duduknya.

Review Honda Civic RS 2021: Mode Berkendara

Untuk mendukung sensasi berkendara yang sporty, Honda menyematkan mode berkendara SPORT untuk respon powertrain yang lebih agresif. Selain itu, ada juga mode ECON untuk karakter berkendara yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Review Honda Civic RS 2021: Honda Smart Key Card

Salah satu fitur paling unik pada All New Civic RS adalah penggunaan kartu sebagai pengganti anak kunci yang disebut Honda Smart Key Card. Kartu yang lebih tipis akan lebih praktis untuk disimpan di dalam kantung.

Gambar Honda Smart Key Card

Hati-hati, jangan sampai tertukar saat hendak membayar tol

Kartu tersebut memungkinkan pemilik mobil untuk mengakses beberapa fitur lain seperti Smart Entry System, One Push Ignition System, dan Walk-Away Auto Lock.

>>> Ini 4 Fitur Unggulan dari All New Honda Civic RS

Operasi Honda Civic 2021

Honda Civic Hatchback RS 2021 memakai mesin dengan kode L15BG dengan konfigurasi 4-silinder segaris yang dilengkapi dengan pengaturan timing variabel VTC dan pengaturan katup variabel VTEC.

'Gambar Mesin Honda Civic RS 2021

Tenaga naik 3,5 HP dan torsi naik 20 Nm dibanding pendahulunya

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 176 HP pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada rentang putaran mesin 1.700 - 4.500 rpm. Tenaga dan torsi mesin ini disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis CVT dengan teknologi Earth Dreams.

Spesifikasi Honda Civic 2021

Dimensi Honda Civic RS 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 4.678 mm x 1.802 mm x 1.415 mm
Jarak Sumbu Roda 2.733 mm
Jarak Terendah ke Tanah 150 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 46,9 Liter
Kapasitas Bagasi 419 Liter
Rangkaian Tenaga Honda Civic RS 2021
Mesin L15BG, VTEC Turbo, 4-Silinder DOHC 16-Katup, Direct Injection
Kapasitas Mesin 1.497 cc
Bore x Stroke 73 mm × 89.4 mm
Transmisi CVT (Earth Dreams Technology)
Kaki-kaki Honda Civic RS 2021
Sistem Kemudi Rack and Pinion with Electric Power Steering
Suspensi Depan & Belakang Depan: MacPherson Strut
Belakang: Multi-Link Suspension
Rem Depan & Belakang Depan: Ventilated Disc
Belakang: Solid Disc
Velg Alloy, 17 Inci
Ukuran Ban 215/50 R17

Daftar Harga Honda Civic 2021

Honda Civic RS 2021 hanya ditawarkan dengan pilihan transmisi CVT dan dibanderol dengan harga Rp 567.000.000 (on the road Jakarta).

Kesimpulan Honda Civic 2021

Memang secara harga, mobil ini jauh lebih mahal dibanding pendahulunya meski sudah menyesuaikan dengan regulasi PPnBM baru yang didasari oleh emisi yang dihasilkan oleh kendaraan.

Tentu, kami bisa melihat pesona dari mobil ini dengan desain yang lebih berkelas dan lebih mudah diterima bagi ketimbang generasi sebelumnya yang cenderung sangat anak muda.

Honda All New Civic Sedan RS 2021 warna merah

Bentuknya kini lebih mudah diterima, meski tidak se-sporty yang lama

Perlu diingat bahwa mobil ini hadir dengan tenaga yang sedikit lebih besar serta deretan fitur canggih nan menarik termasuk Honda Sensing. Jadi, kenaikan harga tersebut dapat kami wajarkan.

Secara keseluruhan, Honda Civic RS 2021 tetap membawa nuansa sporty meski dalam packaging yang lebih dewasa. Mobil ini juga tetap menjanjikan elemen fun to drive sebagaimana sebuah Civic.

Gambar Honda Civic RS

Medium Sedan dengan paket lengkap ini diganjar dengan harga yang premium

Kami masih melihat mobil dengan harga Rp 567 juta sebagai sebuah value for money yang baik mengingat semua nilai plus yang telah kami jabarkan di atas. Kami bahkan kesulitan untuk mencari kelemahan mobil ini di luar harganya.

Untuk itu, kami merekomendasikan Honda Civic RS 2021 untuk dipertimbangkan dibanding rival-rivalnya yang menurut kami kelasnya sedikit tertinggal dari mobil ini.

>>> Jangan Lupa Klik di Sini Untuk Melihat Review Mobil Lainnya

Taufan Rizaldy Putra
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top