Review Daihatsu Terios TX 2006: Rekomendasi SUV 7-Seaters Di Harga Rp. 100 Jutaan

30/11/2018
editor rate: 3,8 user rate: 4,0
Ingatkah Anda dengan Daihatsu Terios TX? Varian tertinggi Terios di kategori Sport Utility Vehicle (SUV) besutan Daihatsu. Di zamannya, mobil berwajah tangguh ini sangat populer di hati masyarakat khususnya bagi pecinta SUV perkotaan. Ada beberapa kelebihan menarik sehingga kami menuliskannya kembali kali ini dalam review Daihatsu Terios TX 2006.

PENGANTAR Daihatsu Terios 2006

Review Daihatsu Terios TX 2006 - Dalam proses perakitan Terios, Daihatsu berkolaborasi dengan Toyota yang akhirnya juga merilis Rush di tahun 2006. Sasis bodi dari keduanya menerapkan Platform dari Toyota RAV4 generasi kedua. Dari data yang berhasil kami himpun, kehadiran Daihatsu Terios menggantikan Daihatsu Taruna yang sudah berkiprah sejak 1999. Tentu sebagai Mini SUV, Terios dibekali kapabilitas yang lebih akomodatif daripada pendahulunya.

Generasi pertama Toyota Rush hanya mampu mengangkut 5 orang

Di kelas serupa, Toyota Rush juga hadir dengan kapasitas tampung 5 orang saja

Jika dibandingkan dengan generasi pertama Toyota Rush yang masih menerapkan 5-Seaters, Daihatsu Terios tampil lebih unggul dengan kapasitas kursi 7 orang. Lucunya, di tahun 2017 lalu, generasi terbaru Toyota Rush juga ikut mengadopsi konfigurasi 7-Seaters seperti Terios. Lantas apa saja kelebihan lainnya dari mobil ini? Simaklah review Daihatsu Terios TX 2006.

Daihatsu Terios TX 2006 sekilas terlihat maskulin tanpa unsur modern

Sosok Daihatsu Terios TX 2006 yang memiliki kelebihan dalam hal daya tampung hingga 7 orang

EKSTERIOR Daihatsu Terios 2006

Secara garis besar, eksterior Daihatsu Terios TX 2006 menyajikan desain maskulin dengan bodi berotot di beberapa sisinya serta balutan warna hitam sebagai penegas kesan tajam.

Review Daihatsu Terios TX 2006: Eksterior Depan

Dari sisi depan saja, Anda bisa mengamati siluetnya nampak maskulin. Front Grille berlatar hitam yang dihias apik dengan dua buah Projector Headlamp berukuran besar. Adapun aksen krom menghiasi sisi depan yang bisa diamati pada logo Daihatsu yang disematkan pada sisi tengah.

Eksterior depan Daihatsu Terios TX 2006 tampil sangat maskulin dengan Front Grille berlatar hitam

Eksterior depan Daihatsu Terios TX 2006 mengunakan lampu Projector Headlamp

Rumah-rumahan pada Fog Lamps serta bempernya juga dibalut latar hitam, memperkuat pesona tegas namun sporty. Tak lupa, Front Under Guard juga disematkan pada sisi depan. Selain memberi esensi maskulin khas SUV, fitur tersebut juga mampu meminimalisir benturan serta gesekan dari batu ataupun ketika menerjang banjir.

Review Daihatsu Terios TX 2006: Eksterior Samping

Kaca spion sampingnya sudah terbilang modern di zamannya, menerapkan lampu sein supaya pengendara lain dapat mengerti kemana arah manuver Anda. Kapabilitasnya sebagai SUV juga terasa kuat dari hadirnya Roof Rail pada sisi atap. Ya, jika Anda ingin mengangkut barang berlebih, fitur satu ini terbilang bermanfaat.

Eksterior samping Daihatsu Terios TX 2006 juga menerapkan kaca spion yang sudah didukung lampu sein

Eksterior samping Daihatsu Terios TX 2006 menyuguhkan fitur Roof Rail

Review Daihatsu Terios TX 2006: Eksterior Belakang

Esensi maskulin di zaman itu masih didefinisikan pada 'konde’ alias ban cadangan yang disematkan di bagian belakang. Ya, Terios menerapkan desain tersebut untuk mendefinisikan kesan gagah. Di sisi lain, lampu belakangnya menggunakan konfigurasi Combination Lamp sehingga memberi kualitas penerangan lebih mumpuni.

Eksterior belakang Daihatsu Terios TX 2006 dihias apik dengan lampu Rear Combination

Eksterior belakang Daihatsu Terios TX 2006 masih menerapkan desain 'konde'

Namun perlu menjadi catatan dari kami, desain 'konde’ pada Terios juga memberi kekurangan seperti halnya engsel pintu yang mudah aus. Apabila Anda membuka pintu belakang terlalu lama dan dilakukan dengan jangka waktu tertentu, engsel pintu akan mudah aus akibat menahan beban dari ban cadangannya.

>>> Baca juga:

INTERIOR Daihatsu Terios 2006

Mobil Mini SUV yang dikhususkan untuk area perkotaan juga menuntut interior Daihatsu Terios TX 2006 untuk menyajikan segala kelengkapan bagi kenyamanan keluarga.

Review Daihatsu Terios TX 2006: Dashboard

Dashboard-nya dikemas cukup rapi dan dilengkapi fitur hiburan menarik. Khusus pada varian tertingginya ini, Daihatsu Terios TX sudah dilengkapi fitur penyejuk Air Conditioning Double Blower. Dibanding varian terendahnya, TS yang masih menerapkan Single Blower, Terios TX lebih menawarkan kenyamanan lebih.

Dashboard Daihatsu Terios TX 2006 masih dikemas dengan esensi yang biasa-biasa saja

Dashboard Daihatsu Terios TX 2006 menyajikan berbagai fhiburan atraktif

Di sisi lain, hal menghibur lainnya juga dirasakan pada panel audio 2DIN yang sudah terintegrasi dengan 6 buah speaker. Hal tersebut juga memberikan kualitas suara yang lebih menggelegar tentunya, apalagi jika mendengarkan musik favorit Anda. Sayangnya, format audio tidak semodern seperti model saat ini. Pasalnya, audio Terios TX hanya menghadirkan format CD dan radio.

Review Daihatsu Terios TX 2006: Setir

Kualitas setir juga nampak sangat nyaman serta responsif. Electric Power Steering (EPS) sudah dihadirkan untuk memberi daya putar yang lebih ringan dan membuat pengendara tak mudah lelah. Menariknya lagi, tersedia tombol pengaturan audio pada kemudi setirnya yang hanya didapati pada varian TX.

Setir Daihatsu Terios TX 2006 sudah menggunakan teknologi Electronic Power Steering

Setir Daihatsu Terios TX 2006 sudah menerapkan tombol pengaturan audio

Review Daihatsu Terios TX 2006: Kursi

Adapun fitur khusus pada TX juga didapati pada aspek kursi. Pada bangku pengendara misalnya, sudah didukung pengaturan ketinggian sehingga pengendara bisa mengatur posisi duduk sesuai postur tubuhnya.

Kursi Daihatsu Terios TX 2006 menyediakan pengaturan ketinggian khususnya di bangku pengendara

Kursi Daihatsu Terios TX 2006 memiliki keunggulan dalam hal kapasitas yang mampu mengangkut hingga 7 orang

Dibanding generasi pertama Toyota Rush yang hanya mampu menampung 5 orang saja, Daihatsu Terios TX masih tampil akomodatif dengan konfigurasi 7-Seaters. Memang, di zamannya hal ini menjadi salah satu kelebihan yang dipertimbangkan oleh banyak pecinta SUV.

Review Daihatsu Terios TX 2006: Kapasitas Bagasi

Unggul di kapasitas kursi tapi tak unggul dari segi bagasi. Ya, karena Terios TX mampu mengangkut hingga 7 orang, kapasitas bagasinya menjadi lebih sempit dibanding Toyota Rush. Namun tak perlu khawatir, apabila Anda ingin mengangkut barang berlebih fitur Roof Rail pada atapnya bisa Anda gunakan.

>>> Artikel terkait:

FITUR Daihatsu Terios 2006

Lantas apa saja fitur Daihatsu Terios TX 2006? Apakah mobil satu ini menawarkan aspek keselamatan yang lengkap?

Review Daihatsu Terios TX 2006: Fitur Keselamatan

Dari aspek keselamatan, Daihatsu Terios TX sudah menghadirkan Dual Airbags yang disematkan di bangku depan. Tentu fitur satu ini mampu meminimalisir cedera ketika terjadi kecelakaan. Di sisi lain, sudah tersedia Seatbelt yang sudah didukung Pretensioners dan Force Limiter.

Fitur keselamatan Daihatsu Terios TX 2006 hanya menyuguhkan konfigurasi standar saja

Fitur keselamatan Daihatsu Terios TX 2006 sudah dibekali Dual Airbags di bangku depan

Adapun khusus pada varian TX, sudah dibekali teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang mampu memberi kualitas pengereman lebih empuk dan presisi. Tak lupa, fitur Key Reminder juga disematkan dengan fungsi notifikasi audio ketika kunci tertinggal di dalam kabin.

Review Daihatsu Terios TX 2006: Fitur Hiburan

Seperti yang dijelaskan di segmen dashboard, Daihatsu Terios sudah menghadirkan panel audio 2DIN yang didukung 6 buah speaker. Spesialnya, varian TX juga dibekali fungsi GPS sehingga Anda tak perlu takut tersesat di area-area baru yang belum dikenali.

​Fitur hiburan Daihatsu Terios TX 2006 sudah dilengkapi fungsi GPS

Fitur hiburan Daihatsu Terios TX 2006 terbilang spesial karena sudah mendukung fungsi navigasi

>>> Anda ingin tahu produk menarik dari Daihatsu lainnya? Klik di sini untuk informasi selengkapnya

OPERASI Daihatsu Terios 2006

Semua varian Terios baik TS dan TX menggunakan racikan mesin serupa. Operasi mesin Daihatsu Terios TX 2006 menerapkan kapasitas 1.495 cc dengan 4 silinder segaris. Mesin berkode 3SZ-VE VVT-i satu ini mampu memberikan daya maksimum 109 PS setara 6.000 Rpm dengan torsi puncak 4.400 Rpm. Sedangkan untuk efisiensi bahan bakar, Terios TX menyajikan performa irit karena sudah didukung teknologi Electronic Fuel Injection (EFI).

​Operasi mesin Daihatsu Terios TX 2006 mampu memberikan daya maksimum sebesar 109 PS

Operasi mesin Daihatsu Terios TX 2006 menggunakan kode 3SZ-VE VVT-i

>>> Bandingkan juga dengan model SUV terbaru lainnya yang tak kalah menarik

spesifikasi Daihatsu Terios 2006

Supaya informasi di artikel kali ini makin lengkap, berikut spesifikasi Daihatsu Terios TX 2006.

SPESIFIKASI DAIHATSU TERIOS TX 2006

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.385 mm x 1.745 mm x 1.740 mm

Jarak Poros Roda

2.685 mm

Radius Putar Minimum

5,2 m

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter 3SZ-VE DOHC 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT-i

Kapasitas Silinder

1.495 cc

Daya Maksimum

109 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

14.4 Kg.m / 4.400 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Manual / 4 Tingkat Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer

Suspensi Belakang

5 Link Rigid Axle dengan Coil Spring

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

EFI

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

45 Liter

kelebihan & kekurangan Daihatsu Terios 2006

Merangkum apa yang sudah dibahas di atas, Cintamobil.com memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan Daihatsu Terios TX 2006.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Eksterior terlihat maskulin sesuai zamannya dengan menggunakan desain 'konde’ pada sisi belakang

Desain 'konde’ seringkali bermasalah pada engsel pintu belakang jika dibuka terlalu lama karena menahan beban dari ban cadangan

Khusus varian TX, panel Head Unit-nya sudah mendukung fungsi navigasi

Sistem audio masih menggunakan format ala kadarnya dan belum beranjak modern seperti USB dan Bluetooth

Performa mesin terbilang tangguh dan irit bahan bakar dengan kapasitas 1.5 Liter

Kapasitas bagasi cukup sempit

Dibanding generasi pertama Toyota Rush yang hanya menampung 5 orang, Daihatsu Terios sudah menggunakan konfigurasi 7-Seaters

-

daftar harga Daihatsu Terios 2006

Tentu model satu ini sudah tak lagi dijual dalam kondisi baru. Namun tak perlu khawatir, berikut daftar harga Daihatsu Terios TX 2006 dalam kondisi bekas dan berkualitas.

TIPE MOBIL

HARGA DAIHATSU TERIOS TX 2006 BEKAS

Daihatsu Terios TX 2006

Kisaran Rp. 85.000.000 – Rp. 115.000.000

*Catatan:

  • Mengingat model satu ini hanya bisa diperoleh dalam mode bekas, maka harganya akan tampil bervariasi
  • Perbedaan harga tergantung berbagai faktor seperti kualitas, jarak tempuh hingga tahun pembelian

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak harga dan promo mobil yang menarik lainnya

Video Daihatsu Terios 2006

KESIMPULAN Daihatsu Terios 2006

Harga yang terjangkau, kapasitas 7 orang serta mesin bertenaga dan irit bahan bakar, menjadi penawaran menarik bagi Daihatsu Terios TX 2006. Apabila Anda menyukai esensi maskulin SUV dengan kelebihan yang sudah disebutkan, Terios TX menjadi rekomendasi terbaik dari kami. Belum lagi, Daihatsu yang memiliki diler di berbagai tempat menjadikan Anda lebih mudah untuk mengurus servis dan Maintenance. Jika dibandingkan dengan generasi pertama Toyota Rush, kami lebih menganjurkan Daihatsu Terios TX karena tampil akomodatif dan cocok untuk kebutuhan keluarga.

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil